Wednesday, May 14, 2014

Manfaat Minum Soda

Minuman soda atau berkarbonasi dianggap berbahaya bagi tubuh dan Manfaat Minum Soda jelas tidak banyak diketahui. Selama ini memang banyak informasi yang menyebutkan bahwasanya minuman soda bisa menyebabkan diabetes, perut buncit, obesitas, dan sebagainya. Intinya mengonsumsi minuman soda akan menyebabkan berbagai macam penyakit atau bisa dikatakan berbahaya bagi tubuh.

Padahal mengonsumsi minuman soda dalam keadaan dingin waktu cuaca panas begitu menyegarkan. Tidak heran jika minuman soda tetap disukai baik anak-anak, remaja maupun dewasa. Tetapi benarkah minuman soda berbahaya bagi tubuh? Baca juga Cara Mengobati Telapak Kaki Pecah-Pecah
Manfaat Minum Soda, Keuntungan, Kegunaan, Khasiat Minum Minuman yang Bersoda untuk Kesehatan Tubuh
image by segiempat.com
Mengutip dari sebuah koran lokal di Jogja, Harian Jogja menyebutkan bahwasanya minuman berkarbonasi disebutkan memiliki fungsi hidrasi. Fungsi hidrasi bisa dipahami sebagai fungsi yang mampu mencegah tubuh mengalami dehidrasi dan menambah asupan cairan. Hal ini disampaikan seorang Ahli gizi industri pangan IPB, Made Astawan.

Menurut Made, minuman karbonasi tersebut dibuat dengan karbondioksida atau CO2. Karbondioksida pada proses karbonasi minum tersebut menurutnya sama dengan gas alam yang dikeluarkan saat proses bernafas dan dihirup tanaman pada proses respirasi.

Awalnya minuman berkarbonasi dibuat untuk hiburan dan membuat minuman memiliki sensasi berbeda. Minuman ini mulai dikomersialkan bagi publik sejak 1830. Sehingga sudah ratusan tahun minuman ini dikonsumsi. Meskipun memiliki manfaat untuk mencegah dehidrasi, sayangnya di masyarakat minuman ini dianggap berbahaya bagi tubuh.

Padahal minuman soda juga memberikan manfaat lain bagi tubuh. Hal ini disampaikan oleh dokter ahli gastroentologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, Ari Fahrizal Syam. Menurutnya minuman soda justru memiliki manfaat untuk kesehatan lambung dan usus. Minuman soda justu bagus untuk melancarkan proses buang air besar.

Ari menjelaskan bahwasanya soda dalam minuman tersebut bukanlah penyebab diabetes, obesitas, penyakit lambung maupun karies pada gigi. Berbagai dampak buruk yang terjadi tersebut disebabkan oleh kandungan gula ataupun pemanis buatan pada minuman tersebut. Sehingga tidak perlu khawatir akan mengalami kegemukan atau perut buncit setelah mengonsumsi minuman bersoda. Untuk diketahui dalam 200 ml minuman bersoda mengandung 110 kilo kalori.

Melalui penjelasan tersebut mungkin sebenarnya kita tidak perlu khawatir mengonsumsi minuman soda asalkan tidak berlebihan. Apalagi untuk anak-anak perlu gizi yang cukup untuk masa pertumbuhannya. Seperti yang banyak diketahui, anak-anak cenderung menyukai minuman yang manis termasuk minuman soda. Sehingga tetap harus dibatasi dan diimbangi minuman lainnya khususnya air putih. Karena air putih tentu jauh lebih bermanfaat bagi ginjal karena membantu menyaring racun-racun dalam tubuh. Jika terlalu banyak mengonsumsi minuman berasa tentu tidak baik untuk ginjal. Tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga orang dewasa.

Nah, jika Anda penggemar minuman bersoda maka tidak perlu ragu mengonsumsinya. Namun jika memiliki riwayat keluarga menderita penyakit diabetes tetap harus berhati-hati. Karena kandungan gula pada minuman soda sangat tinggi. Bijak apa yang akan dikonsumsi jauh lebih baik untuk tubuh kita. Termasuk saat ingin merasakan Manfaat Minum Soda bagi tubuh kita.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

13 comments:

  1. makasih informasinya sist Ririn :) jadi nambah mengerti

    ReplyDelete
  2. Minum soda berguna banget buat yang suka sunggugutan kek aku, Mbak. Langsung lancar ^^

    ReplyDelete
  3. jadi, sunggugutan apaan ni mbak? :D

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata banyak juga manfaat minum minuman bersoda ya mbak.. Tapi katanya minuman bersoda itu bikin gemuk ya mbak.?

    ReplyDelete
  5. yang saya tahu minuman bersoda enak.
    gak pernah tahu apa manfaatnya.

    ReplyDelete
  6. Minuman ini berbahaya bagi penderita hepatitis, tapi berguna juga bagi orang orang yang gampang dehidrasi.

    ReplyDelete
  7. Kalau saya masih ngeri-ngeri mb, katanya ga bagus buat lambung, tapi kalau ada yang ngasih gratisan tetep saya ambil... hhe

    ReplyDelete
  8. Pantes perut saya buncit.. kebanyakan soda rupanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho, emang soda bikin perut buncit mas? kan bukan karena sodanya :)

      Delete
  9. berarti saya masih aman meminum soda ya master, khan keluarga saya tidak mempunyai riwayat diabetes.

    ReplyDelete
  10. bisa nambah referensi perpustakan ilmu saya nih mbak

    ReplyDelete