Friday, May 2, 2014

Tips Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah

Tips Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah bisa jadi belum semua mengetahuinya. Telapak kaki pecah-pecah adakalanya membuat seorang pria atau wanita merasa kurang percaya diri. Sebagian orang menganggap bahwa kaki pecah-pecah merupakan hal sepele. Padahal jika tidak segera ditangani dengan baik maka akan menimbulkan penyakit baru yang lebih membahayakan di sekitar telapak kaki. Tidak heran jika sampai ada yang kesulitan berjalan karena parahnya telapak kaki yang pecah-pecah sehingga terasa sakit saat digunakan untuk berjalan.

Lalu apa sebenarnya penyebab telapak kaki pecah-pecah?  Telapak kaki pecah-pecah terjadi karena kadar cairan yang berada di lapisan kulit telapak kaki berada di bawah normal. Inilah yang kemudian membuat telapak kaki terlihat kering dan pecah-pecah.
Tips Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah
image by icaraku.blogspot.com
Penyebab lainnya bisa juga terjadi peradangan pada kulit karena iritasi, alergi, genetik maupun penyakit diabetes. Bisa juga karena kurangnya lemak pada lapisan kulit terluar. Pada dasarnya lemak yang berada pada lapisan kulit terluar tersebut memiliki fungsi sebagai pelindung kulit. Hal ini agar bakteri dan jamur tidak masuk ke dalam lapisan kulit dalam. Bakteri dan jamur tersebut bisa menyebabkan infeksi pada kulit. Faktor lain yang juga memberikan perlindungan terhadap kulit adalah pelembab alami yang dimiliki setiap manusia.

Biasanya orang yang mengalami kaki pecah-pecah karena kelembapan udara di lingkungannya turun. Hal inilah yang membuat kadar air dalam udara berkurang dan kulit pun menjadi kering. Faktor suhu dan cuaca yang dingin pun juga bisa menjadi pemicunya. Apalagi jika Anda berada di dataran tinggi seperti pegunungan maka kulit pun akan terasa lebih kering karena kadar oksigen yang semakin berkurang. Coba saja berlibur selama dua minggu di Bromo atau Kaliurang, Yogyakarta atau Dieng maka anda akan merasakannya. Beberapa hari di lokasi tersebut akan membuat kulit terasa kering.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ada beberapa Tips Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah yang bisa dilakukan yaitu :

1. Saat kecenderungan memiliki kulit kering maka ada baiknya secara rutin menggunakan pelembap berupa lotion pada telapak kaki. Anda bisa memilih lotion yang memang memiliki kadar moisturizer tinggi sehingga mampu mengembalikan kelembapan kulit.

2. Jika berada di daerah dataran tinggi maka Anda juga harus lebih rutin dalam menggunakan pelembab tersebut.

3. Menjaga kebersihan kaki. Kulit pecah-pecah membuat kotoran dan bakteri lebih mudah masuk sehingga harus sering dibersihkan.

4. Sebisa mungkin kaki tidak terlalu sering terkena deterjen. Deterjen memiliki sifat dapat mengurangi lemak yang melindungi kulit terluar kita.

5. Sebaiknya memilih sepatu dengan bahan lembut sehingga tidak terlalu banyak menimbulkan gesekan terhadap kulit. Penggunaan sepatu yang terus menerus juga bisa memicu terjadinya telapak kaki pecah-pecah. Karena penggunaan sepatu dalam jangka waktu lama bisa meningkatkan suhu pada permukaan kulit.

Jika keluhan belum berkurang dan justru semakin parah maka ada baiknya Anda membawanya ke dokter kulit sehingga memperoleh perawatan dan pengobatan yang lebih tepat. Tetapi sebelumnya Anda bisa mencoba terlebih dahulu Tips Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

12 comments:

  1. kaki pecah2 bahasa gaulnya di saya Rorombeheun ...

    ReplyDelete
  2. Wah kalau kaki saya sih nggak pecah pecah mbak. Tapi kapalan. Jadi tumitnya menjadi tebal dan anti duri hehehe gimana ya cara mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe,
      hampir sama mas, diolesi pakai lotion aja, atau cream baby, saya sudah mencoba dan berhasil, tapi harus rutin dan sabar :)

      Delete
  3. Katanya sih karena jarang pake sendal Mbak, walopun di dalem rumah.. Pernah liat cewek yang tapak kakinya pecah-pecah mengerikan waktu di rumah makan. Kasian deh liatnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, ada yg sampe perih bgt gt :)

      Delete
  4. wah bisa buat jaga2 nih agar kulit kaki tdk pecah2 :D biasanya di daerah dingin kulit suka beku dan pada musim kemarau kulit kaki pecah2, berarti memang kakinya punya kelainan kulit kering ya mbak :D makasih tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kelainan mbak, tp emang gitu klo udara dingin :)
      sama2 mbak :)

      Delete
  5. contoh lotion yang memang memiliki kadar moisturizer tinggi apa mb ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sukannya pake cream baby mas, apa aja mereknya :))
      tergantung selera dan kecocokan kulit masing2, dicoba aja semua, yg wangi u/ cowok jg ada :D

      Delete
  6. Klo ini biasanya gara-gara terkena deterjen,kulitnya nggk kuat dan lama-lama bisa pecah-pecah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, harus pinter milih deterjen, soalnya ada yg bikin kulit mengelupas atau pecah2 ada pula yg enggak :)

      Delete