Thursday, March 27, 2014

Mitos atau Fakta Kesehatan?

Ketika sedang membicarakan berbagai hal yang terkait dengan masalah menjaga kesehatan, informasi benar dan informasi salah terkadang sudah campur aduk.  Anda mungkin pernah mendengar berbagai nasihat atau anjuran seperti jangan membaca dengan lampu redup atau cara terbaik mengatasi flu. Tapi apakah semua informasi itu benar ya? Baca juga ya Mengapa Merokok Lebih Berbahaya untuk Wanita.

Bisa jadi Anda tidak yakin mana yang hanya mitos, benar-benar fakta atau sedikit dari keduanya. Dari beberapa sumber, admin mengumpulkan beberapa informasi dan menyampaikannya di sini. Yuk kita simak:

1.Membaca di lampu redup tidak baik untuk mata Anda.
Informasi ini salah.
Hal ini tidak akan merusak mata Anda, tetapi memang membuat tidak nyaman. Marguerite McDonald, MD, seorang ahli mata di NYU Langone Medical Center menegaskan bahwa jika Anda membaca dalam cahaya rendah, otot mata Anda harus berusaha ekstra supaya penglihatan bisa tetap fokus; inilah yang dapat menimbulkan sakit kepala. Anda dapat membaca lebih nyaman, lebih cepat dan lebih lama dengan pencahayaan yang baik. Jangan lupa baca juga Inilah Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga.
Mitos atau Fakta Kesehatan?
image: elev8.com
2.Anda bisa terkena radang sendi (arthritis) kalau sering membunyikan ruas-ruas jari.
Informasi ini ternyata salah lho.
Sepertinya ini telah menjadi kebiasaan banyak orang nih. Setiap merasa jari-jari tangan kaku dan pegal, pasti deh langsung krek krek krek. Walaupun tidak menyebabkan radang sendi, kebiasaan ini sebaiknya dikurangi karena dapat memberikan tekanan ringan pada sendi. Buat Anda yang sudah menderita arthritis karena sebab lain, kebiasaan ini harus dihindari karena berpotensi membuat radang lebih parah.

3. Makanan jatuh ke lantai masih aman dimakan jika Anda ambil kurang dari lima detik.
Informasi ini bisa benar atau salah, tergantung pada kondisi lantainya.
Saluran pencernaan kita sebenarnya bisa mentolerir banyak kuman dan membunuh kuman tersebut, asalkan lantai rumah Anda tidak terkontaminasi dengan Salmonella.


Para peneliti di Clemson University pernah melakukan serangkaian percobaan : menjatuhkan jejak Salmonella pada lantai kayu, ubin dan lantai berkarpet. Mereka menemukan bahwa bakteri ini mampu bertahan hidup dalam konsentrasi cukup tinggi hingga empat minggu lamanya dan dengan mudah pindah ke makanan yang dijatuhkan di lantai.

Jadi, aturan lima detik ini sebaiknya dilupakan aja deh. Beberapa detik sudah cukup untuk menarik beberapa bakteri jahat ke makanan Anda dan itu bisa membuat Anda terkena gangguan pencernaan.

4.Mengkonsumsi vitamin C dapat mencegah flu.
Informasi ini kurang tepat.
Tidak ada bukti kuat yang menyatakan bahwa vitamin C dapat mencegah flu. Tetapi ada penelitian dilakukan di Basel, Swiss yang menyatakan bahwa konsumsi kombinasi 1.000 mg vitamin C dan 10 mg seng (Zinc) ketika Anda sedang sakit flu dapat meredakan gejala flu hingga 27 persen. Kombinasi vitamin ini juga dapat mempercepat kesembuhan dari flu yang biasanya berlangsung selama sekitar satu minggu.

Pastinya masih ada lagi Mitos atau Fakta Kesehatan lain yang menarik untuk dikaji kebenarannya. Semoga informasi yang disampaikan kali ini bisa bermanfaat buat Anda semua ya. Jangan sampai ketinggalan posting menarik lainnya di Blog Dicintai.com tentang Cara Mudah Memilih Hotel Murah di Kota Kembang Bandung.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

35 comments:

  1. tapi memang membaca dalam cahaya yang kurang sangat tidak nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, ngga bisa lama-lama bacanya.

      Delete
  2. Ke empat point tentang kesehatan di atas sangat
    Bermanfaat untuk kita ketahui, terutama pada
    Anak dan keluarga agar mereka lebih peduli kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mas Saud, kita jadi tau kebenarannya.

      Delete
  3. haur nuhun kana infona nya mba,,, heheheh

    ReplyDelete
  4. point ke 3 itu hanya mitos ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik dianggap mitos aja Mba Dwi, soalnya kita kan ngga tau seberapa bersih lantainya. Daripada sakit perut :)

      Delete
  5. wah ternyata selama nie yang banyak dikatakan orang tentang kesehatan seperti pada point kedua ternyata salah ya,terimakasih mbak atas sharing infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali Mas Marnes. Tapi sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering ya Mas :)

      Delete
  6. wah tenryata cuma mitos toh, kirain benar juga tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah singgah Mas Yobert.

      Delete
  7. kalau saya biasanya gak pernah ngambil makanan yg jatuh kurang dari 5 detik mbak, tapi biasanya saya ambil kurang dari 5 menit, dan jika sdh lebih dari 5 menit gak jadi saya ambil krn kadaluwarsa, hehehe :D

    makasih sharingnya tentang 4 teka teki tentang kesehatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, hati-hati kena sakit perut Mba Indri :)

      Delete
  8. yang pertama itu mbak yang masih dipercaya, karena rata-rata mereka-mereka yang dulu punya riwayat membaca dengan penerangan kurang baik akhirnya banyak yang kena miyopi/rabun jauh, termasuk saya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sering dilakukan pasti ada efeknya juga ke mata ya Mas...

      Delete
  9. Replies
    1. Saya juga Mas Febri, kayaknya dari waktu masih anak2 deh :)

      Delete
  10. wah saya gak pernah baca dalam suhu cahaya yang rendah mbk, soalnya selalu di depan komputer. itu gimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya tetap nyalain lampu Mas Budi dan matanya diistirahatkan beberapa menit (dgn. cara melihat jauh) setiap setengah jam di depan layar komputer. Ini teorinya ya Mas, saya sendiri sering kelupaan :)

      Delete
  11. Waduh, yang nomor 2 itu sulit dihentikan. Di sela-sela ngetik pasti ... krek kre krek jari, rasanya jadi segar kembali ... :D

    ReplyDelete
  12. kalau lantainya jarang dibersihkan tetap banyak penyakit ya mbak
    kalau buat jari saya juga sering mebunyikannya...

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. jika menyangkut fakta dan mitos kadang suka ragu ragu sendiri yang pada akhirnya ya diikuti umumnya azh deh

    ReplyDelete
  15. kalau mengkonsumsi vitamin C untuk sariawan bener kan mbak.? soalnya saya lagi sariawan nih mbak hehehe.. wah saya baru ingat kalau mbak ririn kan orang kesehatan ya.? hehehehe jadi tau semua

    ReplyDelete
  16. eh salah deh saya..? ini mbak ririn apa lina ya.?? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe saya juga bingung nih mas, ini mba Ririn atau mba Lina :D

      Delete
    2. Hehehe, ngga usah bingung Mas Nady. Biasanya sih admin yang nulis artikel juga bertugas menjawab komen, gitu Mas.
      Kalau sariawan bisa dengan vitamin C. Kalau sariawannya parah, juice jambu merah sangat membantu karena vitamin C tinggi.

      Delete
    3. Mas Heriyanto, kebetulan yang lagi tugas saya nih, Lina :)

      Delete
    4. oh gitu yah mba, sekarang adminya ada 2 yah, baru tau saya hehe :D

      Delete
  17. Kunjungan dini Hari Mbak Lina/Mbak Ririn
    Sukses terus dan semoga Nilai sehat selau
    Berpihak pada Mbak yang baik hati amin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas Saud, semoga sukses dan sehat selalu juga.

      Delete
  18. ane nyimak saja mbak,,
    makasih untuk informasinya,,, jadi nambah wawasan saya

    ReplyDelete