Thursday, June 13, 2013

Cara Merawat Gigi Agar Tetap Putih, Sehat, dan Kuat

Cara Merawat Gigi Agar Tetap Putih, Sehat, dan Kuat - Mempunyai gigi yang putih, sehat, dan kuat memang menjadi bagian penting bagi kita. Pasalnya, selain bisa merasakan nikmatnya makanan dan minuman, kita bisa lebih percaya diri dengan gigi yang kita miliki. Mungkin anda tidak ingin merasakan bagaimana rasanya sakit gigi? tentu hal itu sangat dan tidak ingin anda harapkan bukan? mengingat bahwa sakit gigi sangat tidak mengenakkan. Untuk makan tidak enak, mendengar bunyi nyaring ingin rasanya marah-marah, dan menjadikan kita selalu ingin marah apabila kita sedang mengalami yang namanya sakit gigi.

Oleh karena itu, perlu kiranya kita sedini mungkin untuk merawat gigi kita. Tujuannya adalah supaya kita bisa terhindar dari sakit gigi. Selain itu, gigi kita bisa tetap sehat, putih, dan kuat sepanjang masa. Namun, untuk merawat gigi dengan baik dan benar itu tidaklah mudah. Ada berbagai hal yang musti anda lakukan dan anda perhatikan. Berikut merupakan point-point penting yang harus anda perhatikan.
Cara Merawat Gigi Agar Tetap Putih, Sehat, dan Kuat
Image by blog.kliktoday.com

Cara Merawat Gigi Agar Tetap Putih, Sehat, dan Kuat


1. Gosok gigi secara teratur
Salah satu cara yang sudah sering kita dengar untuk merawat gigi agar tetap sehat adalah gosok gigi secara teratur. Meski aktivitas ini terlihat sudah sering kita lakukan, namun tahukah anda bahwa gosok gigi yang teratur itu ada caranya tersendiri. Mungkin gosok gigi dua kali dalam sehari itu sudah cukup untuk merawat gigi, misalnya setiap kali kita mandi di waktu sore dan pagi hari.

Namun, hal tersebut ternyata masih kurang membuahkan hasil yang optimal. Waktu untuk gosok gigi yang baik adalah sebelum tidur dan sehabis makan. Tujuan gosok gigi sebelum tidur adalah untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi selama satu hari yang sudah kita lewati, sehingga ketika kita tidur gigi sudah bersih. Adapun gogok gigi setelah makan sudah jelas yakni untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan gusi yang baru saja kita makan.

Untuk menerapkan rutinistas seperti yang disebutkan diatas, ternyata tidaklah mudah. Apalagi jika mobilitas kita tinggi serta kegiatan kita cukup padat yang mana hal tersebut tidak bisa kita lakukan, mengingat membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu, perlu adanya organisasi waktu yang baik dari anda.

2. Hindari makanan dan minuman yang terlalu dingin
Makanan dan minuman yang terlalu dingin seperti es dapat membuat rasa ngilu bagi gigi yang sensitif. Meskipun demikian, bukan berarti gigi yang normal bisa bebas dari rasa ngilu. Bagi anda yang mempunyai gigi normal, ada baiknya jika tidak terlalu sering menyantap makanan dan minuman yang terlalu dingin baik itu es, buah-buahan yang terlalu dingin, dan lain sebaginya. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari rasa ngilu pada gigi anda, yang mana dapat menyebabkan sakit gigi.

3. Kurangi makanan dan minuman yang terlalu panas
Hampir serupa dengan penjelasan diatas bahwa anda diharapkan untuk mengurnagi konsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas. Hal tersebut dikarenakan dapat menimbulkan rasa ngilu pada gigi anda. Tunggulah beberapa saat apabila makanan dan minuman yang akan anda konsumsi masih terlalu panas, tinggulah hingga kondisinya mulai hangat.

4. Jangan merokok
Merokok selain dapat menimbulkan beranekaragam penyakit, ternyata juga dapat menimbulkan efek pada gigi. Seorang perokok bisa dipastikan mempunyai gigi yang kuning. Hal tersebut dikarenakan akibat nikotin yang ia konsumsi. Oleh karena itu, untuk merawat gigi anda agar sehat dan putih, jangan sekali-kali merokok.

5. Kurangi makanan yang mengandung coklat dan gula secara berlebihan
Makanan yang mengandung coklat dan gula dengan kadar tinggi sebaiknya perlu anda kurangi, dalam artian anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Sekilas memang tidak ada efek yang ditimbulkan pada gigi, namun ternyata hal itu berpengaruh bagi kesehatan gigi anda dalam waktu jangka panjang.

Demikian informasi tentang Cara Merawat Gigi Agar Tetap Putih, Sehat, dan Kuat yang dapat saya sampaikan untuk anda. Apabila terdapat kekeliruan dalam hal substansi maupun tulisan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments:

Post a Comment