Friday, May 16, 2014

Cara Hemat Mempercantik Interior Rumah

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah yang terlihat indah? Mempercantik interior rumah tidak perlu menguras kantong lho. Tidak perlu khawatir jika Anda sedang tidak memiliki dana lebih untuk membeli berbagai hiasan interior. Dengan  kreatifitas dan kejelian, Anda bisa berkreasi dengan memanfaatkan perabot rumah  yang sudah ada, mendaur ulang barang bekas dan memanfaatkan apa yang ada di halaman atau kebun rumah.

Membeli pernak-pernik dan perabot baru untuk mendekor rumah bisa saja Anda lakukan, tapi nilai lebih dan tantangan dari menghias rumah adalah mempercantik interior tanpa mengubah total kondisi asli ruangan. Sentuhan kecil yang membuat ruangan tampil lebih cantik dari biasanya tentu lebih berarti daripada mengubah suasana dengan adanya satu set perabotan baru.
Cara Hemat Mempercantik Interior Rumah, Cara Bikin Rumah Cantik, Tips Membuat Rumah Indah
image:chirpstory.com
Contohnya, Anda bisa memberikan sentuhan country ke dalam dapur Anda dengan cara menggantungkan beberapa peralatan masak pada sebatang kayu atau bambu.  Memanfaatkan barang bekas untuk mendekor ruangan tidak hanya membuat Anda menghemat pengeluaran tetapi juga membantu mengurangi jumlah sampah ke lingkungan. Botol dan kaleng bekas bisa dimanfaatkan sebagai berbagai wadah penyimpanan yang indah. Kembangkan imajinasi Anda sendiri atau gunakan majalah, buku dan internet sebagai sumber ide dekorasi. Jika Anda memiliki bakat seni, berbagai benda di sekitar Anda bisa menjadi media lukis yang menarik. Mungkin Anda pernah melihat berita tentang seorang ibu yang memiliki penghasilan lebih dari lumayan dengan menjual barang cantik yang dibuat dengan  melukis kaleng kerupuk, kaleng susu dan kaleng cat?

Lalu apa yang bisa dimanfaatkan dari halaman rumah? Dipadukan dengan wadah dari berbagai barang seperti botol bekas yang sudah dicuci bersih, mangkok, gelas atau wadah tanah liat; Anda bisa memajang dan merangkai bunga, daun, batu serta tanaman kering menjadi hiasan yang menarik.

Jika Anda jeli, sebenarnya tidak sulit mencari elemen interior yang murah dan unik. Benda-benda dari dapur dan pasar tradisional bisa menjadi elemen interior yang menarik dan langka.
Silakan disimak beberapa ide kreatif dekorasi yang dirangkum dari beberapa sumber:
1.Cobek di dapur tidak hanya bisa dipakai untuk menumbuk cabai, bawang dan bumbu lain. Anda bisa menggunakan cobek sebagai wadah pot pouri, tempat menyajikan buah atau kue kecil, tatakan lilin atau wadah hiasan kerang-kerangan. Pilih ukuran, bentuk dan bahan cobek sesuai interior rumah Anda. 
2.Talenan kayu dapat digunakan sebagai alas hiasan dinding. Tempelkan foto, kerajinan tangan atau gambar hasil karya anak Anda di atasnya. Gantung di tembok atau disandarkan di atas credenza (meja pajangan). Selain sebagai alas pajangan, talenan dapat juga dipakai untuk menempelkan pesan.  Ide lainnya, Anda dapat mengecat atau melukis di atas talenan, lalu memajangnya sebagai hiasan.
3.Loyang kue dari bahan aluminium dapat dimanfaatkan sebagai tempat lilin, vas bunga atau wadah penyimpanan.
4.Keranjang telur bisa juga berfungsi sebagai wadah buah, tempat meletakkan surat, koran atau majalah.
5.Anda memiliki tikar yang sudah tidak terpakai? Tikar bekas ini dapat didaur ulang menjadi alas piring atau taplak meja kecil. Cuci bersih tikar tersebut, lalu gunting sesuai ukuran yang diinginkan.
6.Papan congklak dapat digunakan sebagai wadah permen atau tempat untuk memajang koleksi kerang Anda.
Anda punya ide kreatif dekorasi lain yang murah tapi ngga murahan yang bisa dishare?

Ketika mulai menata, hindari penataan interior yang terlalu ramai supaya benda-benda ini bisa menjadi fokus utama di ruangan tersebut. Benda tradisional yang biasanya terbuat dari bahan alami bisa diperindah dan diperkuat kesan naturalnya dengan menambahkan benda-benda alami lainnya seperti batu-batuan, kerang, biji-bijian dan tanaman. Untuk memberi kesan elegan, Anda bisa mengelompokkan benda-benda dengan warna dan bentuk senada. Contohnya, atur berderet beberapa cobek batu kecil yang bisa Anda gunakan untuk tatakan lilin.

Demikian uraian Cara Hemat Mempercantik Interior Rumah yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan bisa membuat suasana rumah menjadi lebih indah  ya. Jangan lewatkan posting menarik lainnya tentang Cara Memilih Pakaian Sesuai dengan Bentuk Tubuh
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

17 comments:

  1. Makasih.. Inspirasi buat saya yang baru pindahan

    ReplyDelete
  2. Hahaha kalau saya lakukan tipz di atas. Bisa di lempar panci sama ibu saya mbak.. Pas mau masak cobek nya nggak ada. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe Mas Nady bisa aja nih. Buat ibunya dibeliin dulu yang baru kalo di rumah cobeknya cuma satu :D

      Delete
  3. hehe saya malah belum rumah sist :) tapi boleh dicoba nih tipsnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan. Terima kasih ya sudah mampir :)

      Delete
  4. Hihihi.. Boleh juga idenya, Mbak :D

    ReplyDelete
  5. Tipsnya keren nih Mbak, kapan-kapan saya coba ya :)

    ReplyDelete
  6. Nyimak dulu soalnya belum punya rumah pribadi.
    hehe

    ReplyDelete
  7. kreatif banget mbak,saya salaut nih,jadi ingin mencoba tipsnya,Terimakaish mbak sudah berbagi tips,,,

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. Wah keren ya idenya jadi barang bekas masih bisa berfungsi sekalipun hasilnya sederhana.

    Itu perlu dicoba. Hehe.

    ReplyDelete