Friday, December 27, 2013

Cara Mencuci Piring, Gelas, dan Peralatan Dapur Lainnya

Bagi ibu-ibu atau calon ibu, masalah cuci-mencuci bukanlah perkara yang sulit. Tapi bagi cewek abg (anak baru gedhe), apalagi yang hidup di perkotaan, mencuci perabotan makan atau dapur, sering kali tidak diperhatikan. Terlebih lagi bagi cowok, bisa dipastikan jarang sekali melakukan aktivitas ini. Dijamin deh hehehe :D

Memang sih, untuk urusan yang satu ini sering kali diserahkan pada ibu-ibu. Padahal dalam rumah tangga, semua urusan sebaiknya ditangani bersama-sama baik oleh ibu atau bapak. Apalagi bagi masyarakat perkotaan yang mempunyai aktivitas super sibuk, urusan cuci-mencuci sering kali diserahkan kepada pembantu rumah tangga.

Padahal, mencuci perabotan rumah tangga yang dalam hal ini peralatan dapur, merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan. Hal itu dikarenakan ada berbagai manfaat yang bisa anda peroleh dari aktivitas ini. Antara lain adalah (i) bisa sambil olah raga, karena badan kita bergerak, (ii) kita bisa menghemat uang saku kita, karena kita hanya perlu membeli sabun/detergen saja, tanpa menyewa pembantu, (iii) untuk melatih kemandirian kita, (iv) peralatan makan dan peralatan dapur jadi lebih bersih, dan masih banyak lagi manfaatnya.
Cara Mencuci Piring, Gelas, dan Peralatan Dapur Lainnya
Image by gemilang.co.id
Sebenarnya untuk hal yang satu ini, tergantung pada diri kita masing-masing. Kalau ada kemauan, disitu pasti ada jalan. Pokoknya jangan bermalas-malasan deh kalau kita ingin mencuci.

Beberapa waktu yang lalu saya sudah membahas tentang Cara Membuat Nasi Goreng Enak sebagai panduan praktis bagi anda yang ingin memasak nasi goreng. Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara Mencuci Piring, Gelas, dan Peralatan Dapur Lainnya. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Silahkan bawa alat-alat makan atau peralatan dapur yang kotor ke tempat cucian.

2. Silahkan buang sisa-sisa makanan ke tempat sampah.

3. Pisahkan antara barang yang satu dengan yang lainnya. Misalnya piring dengan piring, gelas dengan gelas, panci dengan panci dan lain-lain. Tujuannya adalah untuk memudahkan saja proses pencucian.

4. Silahkan basahi seluruh peralatan tersebut.

5. Siapkan detergen/sabun cuci/sabun colek. Dan kemudian, silahkan basahi sabun atau masukkan ke dalam kotak khusus yang dicampur dengan air. Jangan lupa siapkan juga busa/gabung khusus untuk mencuci.

6. Silahakn cuci seluruh alat-alat makan dan peralatan dapur tersebut dengan sabun yang sudah disediakan. Silahkan gosok satu persatu sampai selesai. Khusus untuk alat dapur seperti panci, wajan, dan yang lainnya yang meninggalkan bekas gosong atau minyak, anda bisa menyikatnya dengan sikat supaya bisa lebih bersih.

7. Silahkan bilas peralatan tersebut satu-persatu. Jangan sampai ada sisa sabun atau sisa minyak yang masih menempel pada piring, gelas dan lainnya.

8. Setelah semuanya dibilas, silahkan letakkan alat-alat dapur tersebut di rak khusus agar tidak ada air dan cepat kering.

Saya kira cukup sekian dulu perjumpaan kita kali ini. Kini giliran anda yang mempraktekkannya. Semoga berhasil ya.

Demikian tips sederhana yang bisa saya share untuk anda tentang Cara Mencuci Piring, Gelas, dan Peralatan Dapur Lainnya sebagai panduan praktis bagi anda yang ingin belajar cuci-mencuci. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Tips Berhenti Merokok. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih atas atensinya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

55 comments:

  1. Terima kasih tipsnya, sangat bermanfaat, memang saya jarang melakukan aktivitas yang satu ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bisa dicoba mas untuk bantu-bantu ortu cuci piring hehehe :D

      Delete
  2. ijin menyimak saja mbak ririn soalnya gak pernah cuci piring dan lainnya juga
    hehehe

    ReplyDelete
  3. makasih mbak ririn tipsnya ;) Alhamdulillah saya selalu nyuci piring sendiri :D

    ReplyDelete
  4. ada gak artikel tentang alat mencuci piring gelas dan lainnya otomatis seperti negara maju ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya malah belum pernah dengar mas kalau tentang cuci piring otomatis getu hehehe :D

      Delete
    2. ada sih cuma boros litrik kayaknya :)

      Delete
  5. kayaknya saya lakukan itu semua deh mbak

    ReplyDelete
  6. Tips menarik untuk kita semua terutama abg cewe, biar saat sah menjadi istri nanti sudah lihai dalam urusan cuci mencuci :D

    ReplyDelete
  7. Saya sering tuh mbak soalnya saya g bareng ma ortu sekarang jadi ngapa2in sendiri :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah berarti harus mandiri ya mas kalau nggak tinggal sama ortu getu :)

      Delete
  8. Ini sih rutinitas harian mbak...makasih share nya

    ReplyDelete
  9. saya senang bacanya mbak tanda nya seperti nya menulis nya aktifitas mbak berarti rajin yah :) wah saya seperti nya kudu cari pasangan seperti ini salahsatu na hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau teorinya sih mudah mas, tapi praktek nya yang sulit hehehe ;D

      Delete
  10. hehehe lama gak nyuci piring sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa latihan cuci piring saya juga boleh hehehe :D

      Delete
    2. :D boleh mbak, 5000 untuk 10 piring :D B)

      Delete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon agar tidak menyisipkan link aktif di kotak komentar. Terimakasih :)

      Delete
  12. saya lagi nungguin cara mencuci mata dengan baik dan benar, belum di publish kayaknya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh itu masuk nya artikel cara mencuci muka mas. Kalau mencuci mata saja, nanggung kayaknya hehe :D

      Delete
    2. wah tapi pake apaan ya cucinya apa di rendem pake detergen

      Delete
  13. Saya gx pernah cuci" piring dll mbk tapi lumayan nih tipsnya siapa tau suatu saat kepaksa nyuci udah tau caranya :D

    ReplyDelete
  14. Bisa aja nih buat tips nya mba.. Besok tips nyuci apa lagi ya

    ReplyDelete
  15. ow.. tak pake abu gosok yah? dirumah saya selalu pake abu gosok biar bau amisnya hilang :D

    ReplyDelete
  16. Waduh kalo aku gak pernah nyuci piring.

    ReplyDelete
  17. Hal seperti ini sangat cocok buat anak-anak didik yang masih sekolah biar tahu cara mencuci piring dan peralatan rumah lainnya menjadi bersih.

    ReplyDelete
  18. Mencuci piring ada caranya juga ya mbak :)

    ReplyDelete
  19. Sama seperti ibu saya yang menuntut saya untuk lebih mandiri

    ReplyDelete
  20. okelah mbk, sekali" buat manjain istri. saya akan nyuci seluruh peralatan dapur hari ini. terimakasih tipsnya mbk.. semoga saya gk bosan nyucinya. hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. urusan cuci mencuci biasanya suami sering cuci tangan, hehehe :D

      Delete
  21. Kalau mas ustadz sih udah biasa, soale biar meringankan beban ibu juga kita mandiri terbukti setelah tinggal di pesantren dan sekarang di mess jadi biasa aja kegiatan tersebut enggak malas dilakukan.

    Apalagi di mess jangan mengandalkan satu orang aja.

    Kalau mau piring, gelas bawa aja ke mess mas ustadz cuciin. Apalagi kalau disuruh nyuciin mbak ririn mau banget deh hehe

    ReplyDelete
  22. Ini adminnya pernah nyuci perabotan sendiri.. Apa nyerahin semuanya ke sang mama yaa?? Ngomog" tipsnya cocok rin

    ReplyDelete
  23. tips ini sangat cocok juga bagi bapak2 yang gak ngerti cara cuci piring yg baik, hehehe :D
    makasih tipsnya ya sist ^^

    ReplyDelete
  24. Tipsnya bagi ibuk ~ ibuk ya mbak, tapi besok saya akan jadi bapak ~ bapak, gmana tuh, hehehe, niche share nya mbak. . . . .

    ReplyDelete
  25. Urusan mencuci piring biasanya bagian wanita hehe
    Tapi tips ini akan sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  26. aku sudah mencuci bersih semua piring dan gelas..tapi rak khususku tidak ada...pinjamin dong
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  27. terimakasih mbak tips nyupir nya..kebetulan saya jarang nyupir mbak. percaya tidak percaya, kalau saya nyupir pasti ada yang pecah, ntah gelas atau piring selalu ada yang pecah kalau saya nyupir mbak.. hehehehe

    ReplyDelete
  28. Istri sy bangga sama sy...karna sy suka bantu2 soal urusan cuci mencuci
    Hebatkan......hehe

    ReplyDelete
  29. Mbak Rin...blog yg satunya kok..dari kmrn ndak bisa kebuka ya..
    Apalagi kurng bagus ya koneksinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari ini ada perbaikan server di idwebhost mas, sehingga blog tersebut nggak bisa di buka. Kalau kemarin, bisa di buka :) Mungkin koneksi nya perlu yang kenceng mas, soalnya loading blog untuk versi hand phone agak berat

      Delete
  30. saya sih kalau habis makan selalu langsung dicuci soalnya kalau udah numpuk banyak udah males deh hehe...

    ReplyDelete
  31. Tambahan bu Bidan, cara mencuci botol untuk bayi, biasanya botol dan dot suka direbus dulu, kira-kira berapa lamanya ? untuk bayi berumur berapa botol dan dot tidak harus direbus dahulu ?

    ReplyDelete
  32. terima kasih untuk sharenya
    www.peluangproperti.com

    ReplyDelete
  33. Saluran air dapur anda sering mampet?
    Kini udah ada lho, alat penjebak lemak cucian dapur...
    Bisa diminta dikirimkan untuk ke seluruh indonesia lho

    harga grease trap

    klik aja , liat dulu gapapa

    ReplyDelete