Tuesday, May 20, 2014

Tips Membersihkan Kamar Mandi

Sepertinya masih banyak yang menganggap membersihkan kamar mandi adalah pekerjaan yang melelahkan dan tidak menyenangkan sama sekali. Jangankan mengerjakannya, ngebayanginnya aja sudah males. Tapi kalau Anda sudah tahu tips membersihkan kamar mandi dengan benar dan mengikuti langkah-langkahnya, bersih-bersih kamar mandi tidak serepot yang Anda bayangkan.

Simak langkah-langkah membersihkan kamar mandi berikut yang disarikan dari sumber Tabloid Rumah dan pengalaman Admin sendiri:
1.Kumpulkan dahulu -dalam satu wadah- semua pembersih dan alat-alat yang diperlukan. Perlengkapan yang Anda siapkan antara lain ember, sikat WC/kloset, sikat untuk menggosok, sikat gigi bekas, spons, pemutih/klorin (bisa menggunakan pemutih untuk pakaian yang mengandung klorin), larutan penghilang jamur/lumut (bisa dibeli di supermarket yang menjual bahan bangunan), dan sarung tangan karet untuk melindungi tangan.
2.Siram bathtub (kalau ada bathtub di kamar mandi Anda) atau bak air dengan larutan penghilang jamur. Biarkan.
3.Untuk membersihkan kloset, buat campuran air dan pemutih dalam ember dengan perbandingan 2:1. Jangan lupa kenakan sarung tangan dan jangan mencampur pemutih yang berbeda untuk menghindari timbulnya reaksi yang tidak diinginkan.
4.Tuangkan sedikit campuran pemutih tersebut ke dalam kloset. Gosok bagian dalam kloset dengan sikat WC. Ambil spons dan celupkan ke dalam ember berisi campuran tadi. Gunakan spons untuk menggosok seluruh bagian luar dari kloset sampai kaki dan bagian belakang tempat duduk kloset.  
5.Bilas spons dengan air bersih. Sapukan spons kembali ke seluruh bagian luar kloset untuk menghilangkan campuran pemutih tadi. Siram kloset dalam dengan air bersih. Urusan membersihkan kloset sudah selesai.
6.Bilas atau cuci spons yang tadi sudah dipakai untuk menyeka kloset. Celupkan lagi ke dalam ember berisi campuran pemutih, dan gosokkan spons ke bagian lain di kamar mandi seperti wastafel, keran, shower, tempat sabun dll. Untuk menghilangkan campuran kimia yang menempel, bilas spons dengan air bersih dan gunakan untuk menyeka area yang tadi Anda gosok.
7.Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas yang sudah dicelupkan ke dalam ember berisi cairan pemutih untuk membersihkan jamur atau lumut pada celah-celah di sekitar keran dan wastafel yang tidak bisa dijangkau dengan spons. Bilas keran, shower dan wastafel dengan air bersih, keringkan dengan lap bersih.
Tips Membersihkan Kamar Mandi, Cara Ngepel Kamar Mandi, Cara Bersihkan WC, TOilet, Kakus dengan Bersih
Image:hgtv.com
8.Gunakan spons dengan campuran di ember untuk membersihkan lis pintu, lalu bilas dengan air bersih.
9.Sekarang Anda kembali ke bak air/bathtub yang tadi sudah disemprot dengan penghilang jamur. Untuk menghilangkan bekas sabun yang mengeras dan menempel, ambil sikat dan gosok seluruh bagian bak. Setelah itu sikat juga lantai kamar mandi Anda. Gunakan sikat gigi bekas dengan campuran pemutih untuk menggosok saluran pembuangan air di bathtub.
10.Buang campuran di ember dan isi dengan air bersih. Gunakan air bersih untuk membilas bak dan lantai. Setelah itu, keringkan bathtub dengan lap bersih. Admin biasanya menggunakan lap kanebo untuk urusan mengeringkan karena lebih praktis. Yang penting pakai lap kanebo yang bersih. Jika kamar mandi cukup besar, keringkan lantai di bagian kamar mandi kering dengan bantuan alat pel.  
Agar tidak perlu terlalu sering bersih-bersih kamar mandi Anda, sebaiknya keringkan selalu wastafel, bathtub, shower dan keran setiap hari. Supaya memudahkan, letakkan lap kanebo di kamar mandi Anda. Cairan pembersih khusus untuk kloset bisa Anda gunakan beberapa kali seminggu untuk menjaga kloset tetap bersih dan menghindari keluarnya bau tidak sedap. Bahkan sekarang sudah tersedia berbagai produk pembersih atau pewangi yang bisa dipasang atau diletakkan di bagian dalam kloset. Jangan gunakan produk karbol atau antibakteri kuat lainnya untuk membersihkan bagian dalam kloset karena bisa mematikan bakteri positif pengurai kotoran. Baca juga Beberapa Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Sulit Tidur

Nah, membersihkan kamar mandi bisa jadi lebih mudah kan? Selamat mencoba
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

11 comments:

  1. wah bisa di coba nihh,,,maksih ya,,

    ReplyDelete
  2. membersihkan kamar mandi dapat mencegah resiko terinfeksi bakteri berbahaya :)

    ReplyDelete
  3. ada yang bilang, kebersihan kamar mandi mencerminkan kepribadian pemiliknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamar mandi yang dibiarkan kotor berarti pemiliknya .... :)

      Delete
  4. kadang klo ada noda membandel,repot juga ya mbk untuk membersihkannya..

    ReplyDelete
  5. Paling penting pake sarung tangan ya Mbak, karena biasanya cairan pembersih kamar mandi terlalu keras..

    ReplyDelete
  6. Dari dulu membersihkan kamar mandi/toilet memang bagian saya Teh hehe.., tadinya sudah mulai jenuh, tapi dengan membaca tips dari Teh Lina rasanya saya jadi bergairah kembali (~_~)

    ReplyDelete