Friday, September 27, 2013

Tata Cara Mencuci Pakaian

Tata Cara Mencuci Pakaian - Dewasa ini perkembangan teknologi telah banyak memengaruhi kehidupan kita. Tentunya dengan adanya teknologi tersebut, telah banyak memberikan kita kemudahan dalam segala hal. Misalnya, dalam mencuci pakaian. Dahulu, mencuci pakaian hanya bisa dilakukan secara manual yakni dengan tangan. Sekarang, mencuci baju bisa dilakukan dengan mudah yakni dengan menggunakan mesin cuci. Dan hampir sebagian besar orang, terutama yang tinggal di daerah perkotaan, telah banyak yang menggunakan mesin cuci dalam hal mencuci pakaian. Hal itu menurut penulis sah-sah saja, tidak ada masalah sama sekali. Namun, tahukah anda bahwasanya pakaian yang di cuci secara manual ternyata lebih bersih ketimbang di cuci menggunakan mesin cuci. Oleh karena itu mengapa saya lebih senang mencuci sendiri pakaian saya dibandingkan saya cucikan ke jasa laundry yang umumnya menggunakan mesin cuci.

Ada beberapa kelebihan apabila pakaian kita cuci sendiri. Antara lain adalah (i) pakaian bisa lebih bersih, wangi, dan rapi, (ii) kita bisa memantau pakaian mana yang mudah luntur dan mana yang tidak, (iii) kita bisa menghemat biaya, karena mencuci secara manual cukup hanya menggunakan sabun dan air beberapa liter saja, dan (iv) yang terakhir adalah dapat melatih kemandirian, ini penting kita terapkan agar kita tidak selalu menggantungkan diri pada teknologi.

Tata Cara Mencuci Pakaian
Image by p2kp.org

Namun, untuk mencuci pakaian dengan hasil yang optimal, ternyata tidak mudah. Ada beberapa aspek yang harus kita perhatikan dalam mencuci pakaian. Berikut akan saya jelaskan tentang Tata Cara Mencuci Pakaian secara runtut, yakni mulai dari mencuci, merendam, menyikat, membilas, hingga sampai menjemur.

Tata Cara Mencuci Pakaian

1. Cara Merendam
Hendaknya pakaian yang akan kita cuci, terlebih dahulu kita rendam. Kita bisa menggunakan detergen untuk merendamnya. Jangan terlalu lama merendam pakaian, karena hal itu bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Usahakan merendam selama 30 menit atau 1 jam. Itu merupakan waktu yang efektif untuk merendam. Karena selain kotoran yang terdapat pada pakaian sudah mulai memudar, juga detergen yang digunakan sudah bekerja secara efektif.

Usahakan dalam merendam itu harus dipisahkan antara pakaian yang putih dengan pakaian yang mudah luntur. Ini penting untuk kita praktekkan, mengingat apabila dicampur maka pakaian yang putih akan kelunturan, yang mana itu sulit untuk dihilangkan.

2. Cara Menyikat
Usahakan setelah pakaian kita rendam, itu kita sikat. Tujuannya apa? tujuannya adalah untuk memastikan noda yang ada di pakaian sudah hilang. Selain itu, supaya hasil bisa lebih optimal. Lebih-lebih untuk pakaian yang berwarna putih, itu wajib untuk di sikat. Ada baiknya kita memprioritaskan bagian-bagian mana yang harus di sikat. Misalnya untuk baju/kemeja, biasanya bagian leher dan lengan itu sering kotor, sehingga harus di sikat. Adapun untuk celana, bagian yang sering kotor yakni terdapat pada bagian mata kaki, atau ujung celana.

3. Cara Membilas
Pastikan ketika membilas itu benar-benar bersih. Jangan sampai masih meninggalkan busa pada pakaian yang kita cuci. Hal itu dimaksudkan untuk menghindari adanya sabun yang tersisa pada pakaian, yang pada gilirannya dapat menimbulkan bekas pada pakaian yang kita cuci. Ada baiknya setelah selesai membilas, kita rendam beberapa menit dengan menggunakaan pengharum pakaian. Tujuannya adalah supaya pakaian bisa lebih wangi dan harum.

4. Cara Menjemur
Usahakan pakaian yang akan dijemur terlebih dahulu kita peras sampai kadar air dalam pakaian benar-benar berkurang. Tujuannya adalah supaya pakaian yang akan dijemur, nantinya mudah kering, sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengeringkan pakaian.

Sebaiknya pakaian yang dijemur itu menggunakan henger. Tujuannya adalah supaya pakaian yang dijemur, nantinya kalau sudah kering, itu tidak terlipat-lipat. Selain itu, tempat untuk menjemur pakaian hendaknya terdapat ditempat yang teduh, namun banyak angin. Hindari kontak langsung dengan matahari, karena dapat memudarkan warna pakaian.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Tata Cara Mencuci Pakaian. Semoga dapat memberikan pemahaman baru tentang arti penting mencuci secara mandiri. Semoga dapat bermanfaat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

2 comments:

  1. Kalo nyucinya dikali kayaknya lebih enak.. Hehehe

    salam kenal ya...

    ReplyDelete
  2. Kalau sungai nya bersih sih nggak masalah. Tapi kalau kali nya kotor kan nggak bagus untuk dibuat nyuci pakaian :)

    ReplyDelete