Saturday, April 12, 2014

Beberapa Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Sulit Tidur

Beberapa Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Sulit Tidur - Kita perlu istirahat yang cukup setiap hari. Kurang tidur terus menerus akan berpengaruh buruk bagi kesehatan. Jika Anda mengalami masalah untuk tidur nyenyak hampir setiap malam, jangan mengabaikan masalah ini. Cari tahu penyebab yang paling mungkin dan coba untuk memperbaikinya. Bisa saja Anda memiliki kebiasaan-kebiasaan tertentu yang tanpa disadari ternyata menjadi penyebab masalah kurang tidur Anda. Baca juga Tips Memilih Model Rambut Wanita.

Yuk kita simak beberapa Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Paling Umum Masalah Sulit Tidur:

1.Jadwal tidur yang berbeda pada akhir pekan.
Banyak orang suka tidur lebih larut pada saat menjelang dan akhir pekan. Michael Breus PhD, seorang psikolog dan Doktor yang mengelola situs thesleepdoctor.com menyatakan bahwa salah satu tip tidur terbaik adalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya karena tubuh Anda membutuhkan konsistensi ini.  

Jika Anda pergi tidur larut malam  dan bangun terlambat pada setiap akhir pekan, jangan berharap untuk dapat tertidur dengan mudah pada waktu tidur Anda di Minggu malam dan mungkin di hari-hari kerja berikutnya.  Para ahli menamakan kebiasaan ini sebagai jet lag sosial, karena Anda memaksa tubuh untuk beralih di antara dua zona waktu yang berbeda setiap minggunya.

2.Menyalakan lampu terlalu terang di kamar tidur.
Para ahli mengatakan bahwa ketika Anda mencoba untuk tidur, sebaiknya hindari   cahaya mengganggu di kamar tidur, terutama cahaya yang keluar dari perangkat elektronik. Setiap cahaya di kamar tidur bisa mengganggu tidur karena otak Anda akan berpikir sudah waktunya untuk bangun. Selain itu, paparan cahaya mengenai mata Anda akan menurunkan produksi melatonin, hormon yang diperlukan untuk menimbulkan rasa kantuk dan menurunkan suhu tubuh.

3. Berolah raga di malam hari.
Berolah raga sekitar tiga jam sebelum waktu tidur akan mempercepat metabolisme tubuh dan meningkatkan denyut jantung. Anda akan sulit tertidur dan biasanya  bangun berulang kali sepanjang malam. Berolahraga secara teratur dapat membantu Anda untuk memiliki tidur yang lebih baik selama Anda melakukannya di pagi atau sore hari.

4.Konsumsi minuman beralkohol sebelum tidur.
Mungkin ada yang menganggap alkohol sebagai stimulator tidur; ternyata hal ini sama sekali tidak benar. Konsumsi alkohol malah akan membuat Anda merasa lebih lelah ketika bangun di pagi hari. Reaksi mengantuk dari minuman beralkohol hanya bersifat sementara. Baca juga Tips Merawat Pakaian Agar Awet dan Tampak Baru Lagi.

5. Minum kopi terlalu malam.
Kafein dalam darah akan membuat Anda terjaga lebih lama di malam hari. Lebih baik hindari minum kopi dekat waktu tidur. Para ahli mengatakan efek dari kafein dalam sistem tubuh  akan berlangsung selama 8-10 jam.
Beberapa Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Sulit Tidur, Faktor Penyebab Sulit Tidur
image:intenseintestines.org
 
6.Sering melihat jam.
Kebiasaan melihat jam secara teratur ternyata dapat memberikan instruksi yang salah terhadap ritme biologis tubuh (circadian) Anda. Ini dapat menyebabkan Anda terbangun setiap malam (sekitar jam 3 dini hari). Coba pindahkan posisi jam di kamar tidur Anda ke posisi baru yang tidak mudah Anda lihat.

7.Menonton TV dari tempat tidur Anda.
Menonton TV sebelum tidur bisa menyenangkan, namun bisa juga membuat Anda lebih sulit untuk beristirahat dengan baik. Kebiasaan ini akan mendorong aktivitas otak dan cahaya TV memberitahu otak Anda untuk tetap terjaga.

8.Memikirkan masalah besar di malam hari.
Cobalah untuk menghindari masalah serius ketika menjelang tidur. Jika Anda terbangun, pikirkanlah hal-hal menyenangkan yang akan membantu Anda untuk tidur lagi. Kalau Admin biasanya berdzikir atau mendengarkan murottal sampai tertidur.

9. Mengkonsumsi protein menjelang waktu tidur.
Jangan makan protein jika Anda merasa lapar ketika larut malam. Sistem pencernaan akan bekerja lebih keras untuk memproses protein, akibatnya Anda akan sulit untuk tidur. Makanan yang disarankan adalah makanan kecil berkarbohidrat seperti roti, biskuit dan cereal. Baca juga Tips Merawat Balita Yang Baik dan Benar.

10.Merokok sebelum tidur.
Jika Anda berpikir merokok sebelum tidur akan membantu Anda untuk bersantai, Anda benar-benar salah. Nikotin dalam sistem tubuh akan merangsang Anda untuk segar kembali dan terjaga beberapa kali sepanjang malam.

11. Bergadget ria sebelum tidur.
Dr. Breus menyatakan bahwa beberapa pasiennya tidak bermasalah dengan adanya TV di kamar tidur. Tetapi aktivitas yang sangat interaktif dengan gadget seperti menjawab email, menulis status di sosial media atau posting di blog dapat mempersulit otak untuk beristirahat dan akibatnya Anda akan sulit tidur.

Tidur yang cukup tidak perlu hingga delapan jam setiap malam. Kebanyakan orang dewasa tidak membutuhkan tidur tepat delapan jam setiap malam. Jika Anda bisa bangun di pagi hari tanpa bantuan jam alarm dan tidak merasa lelah di siang hari, bisa dikatakan Anda sudah mendapatkan jumlah waktu tidur yang tepat untuk Anda, berapa pun lamanya. Setiap manusia itu unik, kebiasaan di atas tidak berdampak sama ke setiap orang. Semoga penjelasan singkat ini bisa membantu Anda untuk tidur lebih baik dan nyenyak, tentunya dengan memperbaiki kebiasaan-kebiasaan yang salah terlebih dulu.

Itulah sedikit uraian tentang Beberapa Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Sulit Tidur. Semoga bermanfaat. Jangan sampai ketinggalan posting menarik lainnya di Blog Dicintai.com tentang Cara Agar Mudah Tidur Nyenyak Tanpa Obat Tidur.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

19 comments:

  1. kalo saya sepertinya terlalu asyik browsing sebelum tidur, jadi sering kemaleman tidurnya bos, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju.... klo dah asik browse jadi tidurnya larut ... krn wktu yg nyaman ya malam ....hehehe

      Delete
    2. Biasanya koneksi internet juga lebih lancar kalau malam kan. Semua blogger kayaknya punya kebiasaan ini deh. Mungkin tidur lewat tengah malamnya diusahakan jangan sampai tiap hari, badan dan otak butuh istirahat juga.

      Delete
    3. setju lah pokoke ...hehehe

      Delete
  2. benar sekali mbk, kalau lagi minum kopi emang saya gak pernah bisa tidur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dengan saya Mas, kalau minum kopi hitam lewat Maghrib, waktu mau tidur nggak ngantuk2 :)

      Delete
  3. Kalau saya kalau sambil minum kopi malah tidak bisa tidur, tapi kalau sudah malah bisa tidur, tinggal keadaan badan saja bagaimana. he,, he, he,,,

    Salam

    ReplyDelete
  4. ah, masa' sih sering ngeliatain jam dinding/beker bisa menyebabkan sulit tidur?

    ReplyDelete
  5. jadi baiknya gimana Mbak, berolah raga sebelum tidur atau tidak, kunjungan rutin

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum wr wb.Mohon maaf mbak Ririn saya baru bisa berkunjung lagi nih.maklum habis pesta rakyat baru selesai hehehe

    Benar adanya mbak ,tapi kebiasaan seperti:
    5. Minum kopi terlalu malam.
    10.Merokok sebelum tidur.
    Masih sulit untuk menghindar dari kebiasaan tersebut,namun harus terus mencobanya paling tidak bisa mengurangi kebiasaan buruk tersebut.
    Terimakaish mbak auntuk artikelnya,,,,

    ReplyDelete
  7. Kalau yang membuat saya sering tidur malam dan menyebabkan susah tidur adalah ngeblog, heehee karena terlalu sibuk nulis akhirnya lupa waktu hingga larut malam

    ReplyDelete
  8. acara sulit tidur telah berlangsung sejak mulai jadi anak kos kosan tahun 88, saking lamanya ke 11 poin diatas tentang kebiasaan penyebab sulit tidur itu udah ngga berlaku lagi...gimana nih? ada tipsnya ngga supaya bisa tidur dibawah jam 00?mohon penerawangannya gan

    ReplyDelete
  9. ane sih, mungkin sdh jd kebiasaan..!, ane senang suasana malam..!, mungkin karena masalalu (topsecret), menurut ane,..malam membuat hati tenang gak ada gangguan, makin larut makin syahdu,.. pikiran dibekukan klw malam bisa jd rileks..tp disayangkan kebiasaan ini gak disertai dgn lakukan hal2 positif bg ruh..astagfirullah..! (curhat mode:ON)..:):)

    ReplyDelete
  10. Yang terakhir tuh bener banget, Mbak. :p

    ReplyDelete
  11. nambahin mbk,minum teh sebelum tidur juga bisa.. bagi mereka yg nggk terbiasa bisa menyebabkan susah tidur

    ReplyDelete
  12. Kayaknya saya terlalu asik browsing dah..

    www.tasmurahuno.com

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. No 11 hampir setiap orang melakukannya tu mbak... :D + internetan., :)

    ReplyDelete
  15. Ternyata bukan kuantitas ya Teh Lina, walaupun tidur tidak lebih dari 4 jam per hari namun bila kualtias tidurnya terpenuhi, badan tetap fit dan segar bugar ya Teh...
    Terima kasih sudah berbagi artikel menarik ini.

    ReplyDelete