Saturday, May 17, 2014

Manfaat Field Trip untuk Pendidikan Anak-Anak

Manfaat Field Trip untuk Pendidikan Anak-Anak mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang terutama orang tua. Field trip bisa dipahami sebagai kunjungan ke lapangan atau karya wisata. Meskipun dikatakan sebagai karya wisata bukan berarti harus mengunjungi tempat-tempat wisata yang harus membayar tiket misalnya kebun binatang, musem dan sebagainya. Kegiatan field trip ini tidak harus dilakukan dari pihak sekolah tetapi juga bisa dilakukan para orang tua, kakak, saudara atau keluarga lainnya.

Mungkin bagi Anda, kunjungan ke tempat-tempat yang sepertinya sepele. Namun bisa jadi bagi anak-anak kunjungan tersebut menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tidak terlupakan. Anda sudah sering ke stasiun, sudah tidak terhitung naik kereta, dokar, becak, bajay, bentor, busway,  pesawat dan lainnya. Namun berapa kali anak atau keponakan Anda mengalaminya? Anda sudah sering ke toko buku, perpustakaan, pameran buku, pameran komputer, dan lainnya. Namun berapa kali anak atau keponakan sudah pernah diajak mengunjungi acara tersebut? Sederhana, tetapi bisa menjadi pengalaman tak terlupakan.
Manfaat Field Trip untuk Pendidikan Anak-Anak, Keuntungan Belajar Di Lapangan untuk Anak, Belajar dengan Alam dan Lingkungan
image by ratuima.wordpress.com
Apa saja Manfaat Field Trip untuk Pendidikan Anak-Anak yang bisa diperoleh? Ada beberapa hal, diantaranya :

1. Melalui kunjungan ke lapangan anak-anak bisa memperoleh banyak tambahan pengetahuan. Selain itu kunjungan lapangan bisa mencegah anak-anak bosan belajar. Apalagi anak-anak selalu suka bermain daripada belajar. Misalnya sebelumnya tengah belajar mengenai alat transportasi. Nah, pada pelajaran selanjutnya bisa dengan mengajak anak-anak ke stasiun, terminal atau bandara (jika memungkinkan). Sehingga anak-anak bisa mengetahui mengenai alat transportasi yang sebelumnya sudah dijelaskan.

2. Cara ini juga mencegah anak-anak merasa minder jika belum pernah ke stasiun, terminal bahkan bandara. Karena tidak semua anak berkesempatan merasakannya.

3. Jika yang melakukan program ini adalah pihak sekolah, cara ini bisa meningkatkan sosialisasi antara anak satu dengan yang lain.

4. Jika dilakukan para orang tua, cara ini juga bisa mendekatkan komunikasi antara orang tua dan anak. Tidak ada salahnya menyempatkan seminggu sekali mengajak anak-anak ke stasiun, terminal, museum, taman kota, kebun salak, sawah, pabrik gula dan sebagainya.

Kunjungan tersebut bisa membuat anak-anak mengamati secara langsung bahkan merasakan pengalaman langsung naik dokar, naik becak, dan sebagainya. Kegiatan ini bisa meningkatkan rasa ingin tahu, penalaran anak dan perkembangan anak secara sosial. Anak-anak tentu akan semakin percaya diri dengan pergaulan lingkungan sebayanya. Menceritakan pengalamannya dengan temannya atau dengan orang lain. Sehingga sudah tidak heran dengan berbagai lingkungan baru yang ditemuinya.

Nah, tidak perlu ragu mengajak anak, keponakan, sepupu untuk jalan-jalan bersama. Tidak harus ke lokasi wisata yang mengharuskan membayar tiket masuk. Tetapi ajak saja ke tempat-tempat yang sebelumnya belum pernah dikunjungi. Manfaat Field Trip untuk Pendidikan Anak-Anak perlu diketahui sehingga proses pembelajaran dan pendidikan untuk anak-anak pun menjadi lebih baik.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

22 comments:

  1. Wisata akan membuat mereka lebih mengenal alam dan dunia luar

    ReplyDelete
  2. refresing membuat peredaran otak kiri berjalan lancar,,,

    ReplyDelete
  3. Kunjungan Perdana, nyimak dulu
    hehe
    don't forget to follow my blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungannya mas, ditunggu kunjungan selanjutnya :)

      Delete
  4. Keren juga artikelnya,
    Jadi tambah pengetahuan bagi anak-anak

    ReplyDelete
  5. begitu ya...baru tahu saya mbak,sangat cocok buat pasangan yg punya anak kecil nih.makasih sharingnya ya

    ReplyDelete
  6. Itu lebih bermanfaat untuk ilmu pengetahuan, selain fresh cara ini bisa membangkitkan semangat anak untuk belajar.

    ReplyDelete
  7. banyak juga manfaatnya yia bos, hehehe...

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. Dengan cara ini bisa bikin anak merasakan perjalanan melalui angkutan umum sehingga mereka bakal mendapat pengalaman baru.

    Sungguh ini bener-bener cocok buat mereka.

    Asal perlu diperhatikan jangan terlalu lama di perjalanan bisa jadi mereka bosan.

    ReplyDelete
  10. Wah baru paham nih mbk yang dimaksud field trip, memang hal tersebut sepertinya baik untuk anak, guna mengenalkan dengan lingkungan. :)

    ReplyDelete
  11. field trip memang acara yang menyenangkan bagi anak - anak, kalau saya suka ngajak anak - anak naik bajaj, bemo, dan transjakarta Master ... eh anak - anak saya malah gak mau pulang heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada keasyikan diajak jalan2 pak :)

      Delete
  12. Kalo mengunjungi tempatnya, memang bikin semangat ya, Mbak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, saya kadang ngajakin keponaka ke stasiun nonton kereta :D

      Delete