Tuesday, March 11, 2014

Tips Wisata Murah di Jogja

Jogja memang dikenal sebagai Kota Wisata dengan beragam obyek wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata pantai, wisata museum, wisata belanja, wisata kuliner dan lainnya. Tentu saja lokasinya berjauhan sehingga jika memang ingin mengunjungi banyak lokasi wisata harus menggunakan alat transportasi. Jika ingin lebih bebas memang sebaiknya membawa alat transportasi sendiri misalnya motor atau mobil. Bisa juga dengan menyewa motor atau mobil. Toh, ada banyak jasa sewa motor dan mobil di Jogja.

Kendaraan umum pun bisa digunakan tetapi terbatas, tidak semua lokasi wisata di Jogja bisa ditempuh menggunakan alat transportasi umum. Kecuali menggunakan taksi mobil maupun taksi motor (ojek tapi menggunakan argo).
Tips Wisata Murah di Jogja
image: www.yogyes.com
Nah, jika ingin berlibur di Jogja tetapi tidak mengeluarkan banyak biaya kecuali untuk makan dan penginapan serta transportasi yang tidak terlalu banyak, Anda pun bisa melakukannya. Khususnya bagi Anda yang tidak terlalu banyak memiliki banyak waktu untuk berlibur. Hanya satu hari satu malam atau dua hari saja. Bagaimana caranya? Silakan dilanjutkan membacanya.

1. Jalan-jalan di Malioboro. Jika menggunakan kereta dan berhenti di Stasiun Tugu bukan Stasiun Lempunyangan. Begitu keluar dari Stasiun Tugu, tidak perlu naik becak atau transportasi lainnya tinggal belok kanan nanti ketemu rel silakan lewati rel dan jalan terus saja. Nanti akan ketemu Jalan Malioboro artinya Anda langsung bisa menjelajahi Malioboro.

2. Mencari Penginapan. Jika ingin mencari penginapan, terus saja jalan di Jalan Malioboro tersebut dan tengoklah di bagian kanan jalan akan menemukan Jalan Dagen dan Jalan Sosrowijayan. Tinggal belok di salah satu jalan tersebut ada banyak pilihan penginapan ada yang murah, sedang, dan mahal sekalipun.

3. Pasar Beringharjo dan Benteng Vredeburg. Jika ingin melanjutkan wisata Anda, jalan-jalan saja di jalan Malioboro terus saja sampai ketemu Pasar Beringharjo, jalan lagi ketemu Benteng Vrederburg. Jika ingin masuk benteng ini, Anda dikenakan biaya sekitar Rp 2000,- dan bisa berfoto di bangunan peninggalan Belanda ini. Jika masuk di benteng ini juga bisa sekaligus masuk ke Taman Pintar.

4. Taman Pintar. Di Taman Pintar ini, asalkan tidak masuk di Gedung Oval dan gedung lainnya Anda bisa menikmatinya secara gratis. Melihat anak-anak bermain air, ayunan, mencoba berbagai mainan yang sarat dengan pengetahuan.

5. Shopping Center. Ketika di Taman Pintar,  cari saja masjid yang ada di lokasi tersebut nanti begitu keluar dari gerbang yang berada di dekat masjid, belok kiri akan ketemu “shopping center”, pusat membeli buku-buku. Baik baru maupun bekas, buku-buku edisi baru atau lama, majalah bekas, majalah jadul, komik-komik bekas bahkan contoh paper maupun makalah. Intinya jika ingin belanja buku, di sinilah tempatnya.

8. Taman Budaya. Keluar dari shopping belok kiri kemudian jalan terus, akan ketemu Taman Budaya, jika beruntung di lokasi ini sering terdapat pameran lukisan, foto, dan lainnya. Sehingga Anda bisa berfoto di sini.

Nah, bagaimana? Jika tidak lelah, Anda bisa melakukannya seharian tidak perlu menyeberang jalan besar, tidak perlu takut nyasar. Untuk kembali ke penginapan, tinggal keluar dari Taman Budaya dan kembali melalui rute awal. Tetapi jika terlalu lelah atau lupa bagaimana rute awal dan enggan mencari jalan alternatif yang tidak jauh, Anda bisa menggunakan becak yang mudah ditemui di depan Taman Budaya maupun Taman Pintar tetapi harus pandai menawar yaa.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

45 comments:

  1. untung saya baca lagi, wisata musium hehe, yogya cocok sekali untuk liburan anak sekolah maupun keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blum prnah nich Mbak wisata ke jogja, pdahal anak orang jawa, hehehe.... lam knal admin barunya

      Delete
    2. Nomor 1, 3 dan 4 sudah pernah saya kunjungi. Luar biasa sekali. Jogjakarta adalah salah satu tempat liburan FAVE saya setelah BALI dan Jakarta

      Delete
    3. @gunawan : salam kenal mas, *salaman dulu :D monggo jogja menunggu hehehe,
      @asep : hehehe, saya lebih sering di jogja :D

      Delete
  2. banyak juga ternyata ya mbak tempat wisata murah di jogja :) kapan2 saya mau main ke jogja mampir ke rumahnya mas diankp dan juga ke rumahnya mbak Ririn kalau diperkenankan, hmmm :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @indri : hehehe, silakan mbak main di jogja, tp saya gak punya rumah di jogja :D
      @ririn : udah biasa dikira cowok mbak :D

      Delete
  3. Pengen juga ke jogja tapi sibuk pekerjaan di ibu kota mba,, heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pas luang aja mas, lumayan menghilangkan penat :)

      Delete
  4. paling menyenangkan melewatkan malam hari di sekitar malioboro

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul! sambil menikmati wedang ronde atau kopi jos :)

      Delete
  5. wisata dijogja yang disebutkan diatas saya tahunya cuma malioboro
    yang lainnya tidak tahu
    murah juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,
      kalau cuma sekedar jalan2 dan gak belanja pun bisa mas :)

      Delete
  6. saya pernah jalan2 ke tepat itu mbk, memang murah karena gak ada tiket masuk atau bayar permainannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, apalagi kalau pas ada acara2 budaya gitu, jadi makin asyik :)

      Delete
  7. Aku belom pernah ke Jogja. Heheh.. Kayaknya banyak banget tempat seru di sana ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak, sekali2 ke jogja, byk tempat2 seru lainnya :D

      Delete
  8. Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat, kalo saya kebetulan jalan-jalan ke jogja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas, terimakasih jg sudah berkunjung ke artikel ini :)

      Delete
  9. wah... setelah menyimak tips ini, saya jadi pengin ke jogja nih..., tapi kpan yia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo silakan :D
      kalau pas luang atau libur aja mas :D

      Delete
  10. sampai sekarang saya belum bisa pergi ke Yogya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang kok mas, apalagi kalau naik kereta dan turun di stasiun tugu :D

      Delete
  11. Mmmm, kapan ya bisa ke jogja...??? dari dulu pengen ke jogja tapi belum kesampaian Mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan diniatkan dan dijadwalkan waktunya hehehe, :D

      Delete
  12. Jadi kepengen ke jogja nih mbak...beragam budaya yang begitu indah dan kejawen ada disini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak ke jogja :D
      betul mbak, apalagi klo pas sekaten :)

      Delete
  13. hmmm nyam nyam makasih mba eka rekomendasiinya nih hehehe
    wisata kuliner nya sepertinya wisata kuliner ke jogja liburan bulan depan hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,
      wisata kulinernya banyak banget mas di jogja :)

      Delete
  14. nyimak aja mas.. rumah saya jauh banget sama jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyimak juga boleh mas, terimakasih sudah mampir :)

      Delete
  15. Wah mbak ririn manas manasin saya nih. Tau nggak sih kalau saya sangat pengen main ke jogja dari tahun 2012 kemarin. Sampai sekarang nggak keturutan hehehe

    ReplyDelete
  16. Wah udah lamajuga nih mbak Rin
    Saya ndak pelesiran ke jogja.. :)

    Katanya kalo nginjakin kaki ke sana blm mampir ke malioboro..blm syah ke jogja nya ya,mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo, silakan pelesiran lagi di jogja :D

      Delete
  17. wah jadi pengen ke jogja nih.. salam kenal ya makasih infonya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama :)
      salam kenal juga, terimakasih sudah berkunjung :)

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. wisata jogja memang menarik untuk di kunjungi dan masih banyak wisata yng terkenal lainnya di sekitar jogja selain terkanal seni budaya nya juga di kenal kota pelajar.jika anda menginginkan paket tour selain di jogja silahkan kunjungi kami ya..
    salam sukses gan..
    http://bromoexoticadventure.blogspot.com

    ReplyDelete
  20. okey, terimakasih juga atas kunjungannya :)

    ReplyDelete
  21. Lokasi yang disebutkan diatas deket2 semua kok :D. Bagi yang ingin ke Jogja, kalo keliling sehari rasanya ga cukup deh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,
      betul mas, deket2 semua :D
      bisa kok seharian, dari pagi tp masing2 tempat gak bisa lama-lama :D

      Delete