Sunday, April 20, 2014

Manfaat Buku Bagi Perkembangan Anak

Manfaat Buku Bagi Perkembangan Anak belum semua orang tua menyadarinya. Buku seringkali hanya diberikan pada anak-anak yang sudah bisa membaca. Anak-anak yang belum bisa membaca sebagian besar tidak diperbolehkan memegang buku karena takut mereka akan merusak buku. Buku akan dicorat-coret atau malah sobek. Padahal memberikan buku pada anak yang belum bisa membaca sekalipun juga termasuk cara memperkenalkan anak pada buku. Sehingga ke depannya anak tersebut bisa tertarik untuk dibacakan buku tersebut. Atau setidaknya membuat anak tersebut berani bertanya gambar apa yang ada pada buku tersebut.

Ada beberapa manfaat buku bagi perkembangan anak yang belum banyak diketahui para orang tua, diantaranya adalah :
Manfaat Buku Bagi Perkembangan Anak
image by clawinx.blogspot.com
1. Mengajarkan Ketrampilan Membaca pada Anak
Meskipun anak belum bisa membaca, sebenarnya para orang tua bisa memperkenalkan atau mulai menumbuhkan minat baca pada anak. Bahkan bisa dilakukan sejak anak masih dalam kandungan. Jika anak dalam kandungan bisa diperdengarkan dengan musik maupun diajak bicara oleh orang tuanya, maka membacakannya buku saat anak tersebut masih dalam kandungan juga bisa dilakukan. Nah, setelah anak tersebut lahir kebiasaan membacakan buku tetap bisa dilakukan. Kapan saja terutama menjelang tidur. Membacakan buku atau mendongeng bisa merangsang perkembangan otak dan kecerdasan mereka. Selain itu bisa membuat mereka tertarik dengan buku-buku. Bisa dimulai dengan buku dengan lebih banyak gambar yang berwarna-warni. Gambar-gambar buah, hewan dan sebagainya.

2.  Mengembangkan Kreatifitas pada Anak
Membacakan buku atau sering diberikan buku bisa meningkatkan kreatifitas mereka. Sehingga Anda tidak perlu heran mengapa anak begitu banyak bertanya ini dan itu. Bertanya mengapa terjadi hujan, pelangi dan sebagainya. Anda tidak perlu marah hanya perlu menjelaskan. Bisa juga dijelaskan menggunakan buku. Anda membuka buku dan memberitahukannya pada anak. Atau bisa juga mempraktikkan membuat benda-benda sesuai buku yang mengajarkan kreatifitas tertentu. Misalnya membuat celengan dari botol bekas dan sebagainya.

3. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa pada Anak
Anak-anak khususnya balita sangat cepat menangkap kosakata baru. Tidak heran jika kita selalu diingatkan untuk mengucapkan kata-kata baik ketika bersama mereka. Nah, buku merupakan sumber kosakata baik yang perlu banyak dikenalkan pada anak-anak. Kata-kata pada buku telah mengalami pengeditan sebelumnya. Sehingga lebih tertata. Terutama buku untuk anak-anak. Tentu lebih baik mereka membaca buku dengan kosakata yang baik dibandingkan menonton televisi yang kata-kata para pelaku televisi (khususnya acara-acara humor) yang tidak terkontrol kata-kata yang digunakan. Saat masih balita adalah waktu yang paling tepat memperkenalkan pada mereka berbagai bahasa. Baik bahasa Indonesia maupun bahasa asing misalnya bahasa Inggris. Apalagi saat ini sudah banyak buku cerita dengan dua bahasa. Tentu lebih memudahkan mereka untuk belajar.

Nah, saat ini Anda tentu sudah tidak ragu lagi untuk memperkenalkan buku pada anak-anak. Apalagi setelah mengetahui Manfaat Buku bagi Perkembangan Anak.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

38 comments:

  1. intinya buku bermanfaat bgi siapa yg membacanya, ... betul tho mb ? hhehe

    ReplyDelete
  2. Baca buku dan baca artikel blog ini dijamin cerdas,
    tapi perasaan tulisannya terlalu kecil mbak (sorry protes) he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin artikelnya bisa ditulis di Microsoft Word -> Copas di Notepad > Copas di Entri Baru Blogger.

      Tapi paling bagus sih langsung ditulis di Entri Baru Blogger. Tapi kalau belum terbiasa memang agak sulit mbak :)

      Delete
  3. Buku bermanfaat bgt bergantung isiny, kalo isinya buruk maka buruklah pembacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, apalagi untuk anak2 harus pintar2 memilih buku bacaan :)

      Delete
  4. setuju banget point 3 : kata-kata para pelaku televisi (khususnya acara-acara humor) yang tidak terkontrol kata-kata yang digunakan.
    Tak terkecuali acara humor yang trend dengan jogetnya :-p

    ReplyDelete
  5. Apalagi kalo bukunya penuh warna dan gambar-gambar ya Mbak, bakalan betah deh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditambah bahan kertasnya yang bagus juga kualitasnya, saya pun betah berlama-lama membacanya :D

      Delete
  6. Lumayan nih Mbak pengetahuan sebelum punya anak :D

    ReplyDelete
  7. Banyak sekali buku yah Mbak Ririn, mungkin yang di maksud Buku
    Di artikel ini buku Pendidikan yang baik dan pas dengan usia anak-anak
    Karena dengan membaca buku yang sesuai dengan usia si pembacanya
    Maka akan lebih menumbuh kembangkan pola pikir dan meningkatkan
    Iq si anak tersebut. makasih atas berbagi Buku yang bermanfaatnya Mbak Ririn

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, buku yang tepat untuk anak2, buku cerita pun yg cocok u/ anak2 krn ada pesan moral jg di dalamnya :)

      Delete
  8. Bener banget ntu sob.
    Tapi sayang, banyak anak - anak sekarang yang kurang berminat dengan membaca buku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul jadi tugas orang2 sekitarnya u/ membantu anak2 jd suka membaca :)

      Delete
  9. buku memang sangat baik untuk perkembangan anak, untuk itu kita perlu meningkatkan minat baca pada anak-anak agar mereka tetap gemar membaca

    ReplyDelete
  10. Manfaat buku bagi dunia pertumbuhan anak dalam hal pengetahuan dan merangsang daya otak anak memang bisa sangat membantu ya Mba, jadi para orang tua juga dapat terlibat langsung lebih dekat dengan para anak-anaknya.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, bisa jadi sarana komunikasi :)

      Delete
  11. buku memang banyak manfaatnya,, saya juga mendapat ilmu dari buku

    ReplyDelete
  12. memang sangat bermanfaat sekali buku ini, apalagi bagi anak,

    ReplyDelete
  13. hmmmm updatenya tiap hari y mbak...

    ReplyDelete
  14. sebenarnya membaca buku akan membuat anak-anak menjadi lebih pintar dan berwawasan tapi kenapa yah di negara kita buku adalah sesuatu yang membosankan sehingga semakin ditinggalkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terkadang krn susah akses mendapatkan buku jg berpengaruh mas :)

      Delete
  15. saya suka membaca karena sedari kecil saya sering bertemu buku-buku, jadi kalau di rumah kita ada anak kecil, kita harus menyimpan buku di tempat yang terjangkau anak-anak biar mengundang penasaran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat, buku menarik membuat anak2 tertarik :)

      Delete
  16. dikenalkan sejak dini, supaya mereka mnjadi terbiasa, krna manfaatnya memang luar biasa

    ReplyDelete
  17. Betul sekali mbak Ririn,makanya sekarang banyak bermunculan sekolah-sekolah khusus untuk anak yaitu pendidikan usia dini ( PAUD ) namun tidak ada salahnya kalu dirumahpun anak2 tersebut diberikan buku dengan tujuan memperkenalkan buku sejak dini agar bisa cepat merangsang minat baca kelak ketika mereka sudah mulai mengerti.
    Nice post mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, buku2 yg menarik skrg jg makin banyak :)

      Delete