Saturday, May 10, 2014

Tips Memilih Buku yang Tepat untuk Anak

Seperti yang dituliskan sebelumnya mengenai Manfaat Buku Bagi Perkembangan Anak maka buku sudah selayaknya menjadi sahabat  anak. Bagi para orang tua yang sering membaca buku atau rajin ke toko buku maka memilih buku untuk anak bukanlah hal yang susah. Namun bagi orang tua yang jarang ke toko buku dan tidak suka membaca bisa jadi kesulitan memilih buku untuk anak-anak.

Memilih buku yang tepat untuk anak diperlukan agar mereka mudah membaca dan memahami buku tersebut. Usia anak bisa dijadikan pertimbangan saat memilih buku. Selain itu minat anak juga perlu diperhatikan. Ini akan terjadi saat anak sudah bisa membaca dan memiliki bacaan favorit. Sebagai orang tua perlu menjalin komunikasi mengenai kesukaannya membaca buku tertentu.

Jika Anda merasa bingung saat akan membelikan buku untuk anak, keponakan, anak teman atau sahabat dan sebagainya ada beberapa Tips Memilih Buku yang Tepat untuk Anak yang bisa dilakukan, diantaranya :
Tips Memilih Buku yang Tepat untuk Anak
image by senyumsetia.com
1. Memilih buku sesuai usia.
Ada beberapa penerbit yang menyediakan keterangan buku tersebut cocok untuk usia berapa saja. Namun ada beberapa penerbit yang tidak menyertakannya. Anda bisa mencarinya di bagian sampul atas kanan atau bawah kanan atau kiri di bagian sampul depan atau belakang.

2. Memilih buku dengan warna-warna gambar-gambar menarik
Buku dengan warna maupun gambar yang menarik jelas akan membuat anak tertarik untuk membacanya. Apalagi saat ini sudah semakin banyak buku yang disertai peraga atau bonus mainan di dalamnya.


3. Memilih buku dengan pola kalimat yang sederhana dan mudah dipahami
Memilih buku dengan pola kalimat yang sederhana dan tidak rumit. Kalimat-kalimat tersebut mudah dipahami dan tidak membingungkan. Bukan kalimat majemuk yang bertumpuk-tumpuk. Karena hal-hal yang rumit tentu susah dipahami anak-anak termasuk banyaknya kata-kata ilmiah tanpa penjelasan.

4. Memilih buku dengan alur yang sederhana
Cerita dengan alur maju mundur tentu akan susah dipahami anak. Sebaiknya memilih buku cerita dengan alur sederhana sehingga mudah dipahami.

5. Memilih buku cerita dengan tema sesuai dengan kehidupan anak-anak dengan tokoh yang mudah dikenal.
Pilih saja buku cerita dengan setting kehidupan anak-anak. Misalnya anak-anak sekolah, anak-anak kampung dan sebagainya. Begitu pula dengan tokoh-tokoh dalam buku tersebut juga mudah untuk dikenali.

6. Memilih buku dengan kemasan menarik
Buku dengan kemasan menarik misalnya dengan banyak gambar dan warna. Selain itu untuk anak-anak usia balita bisa juga diberikan buku-buku dengan sampul yang tebal dan tidak mudah sobek atau rusak. Hal ini untuk mengantisipasi agar buku tidak mudah rusak meskipun mereka memainkannya.

Nah, Anda tidak perlu ragu untuk membelikan buku bagi anak, keponakan dan sebagainya sehingga anak-anak tersebut semakin tertarik untuk membaca buku dan memperoleh manfaatnya. Anda hanya perlu mengikuti Tips Memilih Buku yang Tepat untuk Anak yang mudah untuk diterapkan. Jangan lupa baca juga artikel lainnya tentang Manfaat Bermain Ayunan
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

9 comments:

  1. buat nnti klo dah punya anak nih ... atau mw beli buat hadiah sepupu ,,,, mksh buat adminnya ...sukses selalu ,,,, :)

    ReplyDelete
  2. Hahaha saya masih singel mbak..
    Memang buku besar manfaat nya sih daripada gadget. Tapi kalau anak ya tentu bukunya yang bergambar ya mbak. Kalau yang polos biasanya anak kurang suka. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho, beli buat keponakan, sepupu kan boleh mas :)

      Delete
  3. sangat bermanfaat artikelnya.. bisa menjadi referensi bagi para orang tua untuk mendidik anak :D

    ReplyDelete
  4. Buku yang banyak gambar lucu dan warna cerah biasanya bikin anak betah liat-liat ya, Mbak ^^

    ReplyDelete