Tuesday, May 13, 2014

Cara Mudah Mengurangi Rasa Panas Akibat Sambal

Cara Mudah Mengurangi Rasa Panas Akibat Sambal - Kepedasan akibat makan sambal atau cabai itu hal yang biasa. Bahkan menjadi sensasi luar biasa karena mampu menambah keinginan untuk makan. Namun adakalanya setelah makan sambal tangan kita juga ikut terasa panas. Padahal sudah cuci tangan namun tangan masih juga terasa panas. Hal ini juga bisa terjadi setelah mengiris cabai saat menyiapkan bumbu masakan atau juga akibat mencuci bekas sambal. Rasanya tentu tidak nyaman.

Mengapa bisa terjadi demikian? Hal ini tidak lain karena dalam cabai tersebut terdapat suatu zat yang bisa menyebabkan rasa panas. Untuk mengurangi rasa panas atau pedas di mulut bisa dilakukan dengan minum air hangat. Awalnya memang terasa sensasi lebih panas atau sensasi menyakitkan hingga membuat mata berair namun rasa pedas tersebut akan berangsur berkurang. Baca juga Tips Memilih Baju Sesuai dengan Bentuk Tubuh
Cara Mudah Mengurangi Rasa Panas Akibat Sambal, Cara Mengatasi Mulut Kepedesan Akibat Makan Cabe
image by infospesial.net
Bagaimana dengan rasa panas di tangan? Rasa panas di tangan jika tidak segera diatasai rasanya begitu menganggu. Untuk menulis, mengetik maupun beraktifitas lainnya menjadi tidak konsentrasi. Rasanya ingin selalu merendam tangan dalam air dingin namun tetap tidak berhasil mengurangi rasa panas tersebut.

Apakah Anda pernah mengalami hal tersebut? Anda tidak perlu khawatir karena menggunakan beberapa bahan yang ada di dapur, hal tersebut bisa segera diatasi. Ada beberapa Cara Mudah Mengurangi Rasa Panas Akibat Sambal di tangan, diantaranya adalah :

1. Segera cuci tangan dengan sabun dan keringkan. Semakin lama berkutat dengan irisan cabai atau sambal akan semakin membuat tangan terasa panas.

2. Jika tetap terasa panas, coba remas daun bayam dicampur dengan minyak goreng. Remas-remas sampai daun dan minyak tercampur. Setidaknya selama 2 – 3 menit. Kemudian cuci tangan dengan sabun hingga bersih. Bayam bisa juga diganti dengan sawi.

Baca artikel yang relevan 3 Manfaat Mandi Air Dingin di Pagi Hari

3. Jika masih terasa panas, coba remas sedikit garam dapur dicampur sedikit air. Remas-remas setidaknya 2 – 3 menit selanjutnya cuci lagi dengan air dan sabun.

4. Jika masih saja terasa panas, siram tangan Anda dengan alkohol 70% (jika ada) atau menggunakan kapas, oleskan seperlunya saja.

5. Ada pula yang mencoba dengan merendam tangan dalam beras mentah. Diamkan lama dalam beras hingga panas di tangan semakin berkurang. Air cucian beras juga bisa digunakan.

Cara-cara tersebut merupakan cara tradisional yang memang terbukti manjur mengurangi rasa panas di tangan. Kuncinya adalah sabar dan tidak terburu-buru. Mungkin ada juga cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa panas di tangan. Tetapi setidaknya, setelah mengetahui cara untuk mengurangi rasa panas tersebut, Anda tidak perlu ragu membantu ibu memasak di dapur, untuk mengiris cabai atau membantu istri mencuci piring setelah makan dengan sambal. Karena menggunakan bahan-bahan sederhana, ada Cara Mudah Mengurangi Rasa Panas Akibat Sambal yang bisa dilakukan dengan mudah. Jangan lewatkan posting keren dan menarik lainnya di Blog Dicintai.com tentang 5 Tips Ampuh Menghindari Penyakit
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

22 comments:

  1. o ternyata ada trik tersendiri toh untuk mengurangi panas akibat sambal,makasih sharingnya,baru tahu setelah baca artikel ini nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, beberapa diajarkan ibu saya :D

      Delete
  2. saya termasuk orang yang paling tidak tahan dengan rasa pedas. biasanya sehabis makan makanan yang banyak mengandung cabai langsung mules

    ReplyDelete
  3. Terima kasih infonya..kita memang tak suka cabai..pedas...

    ReplyDelete
  4. Cocok buat istri yang gemar PEDAS....

    ReplyDelete
  5. paling sering pake cara yang nomor 5 Mbak :D

    ReplyDelete
  6. Kalo aku biasanya pas giling cabe dibiarin aja, Mbak. Hihihi :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. atau diblender :D
      cara aman mbak, biar tangan gak kecabean :D

      Delete
  7. kalo saya paling menggunakan cara yang pertama aja mbak :)

    ReplyDelete
  8. kalau remasan garam..itu pernah saya lakukan....,
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  9. wah triknya bagus bagaiman cara mengurangi panasakibat sambell, tapi aq suka sambel bgt, kalo masak lagi proses belajar :D ,

    ReplyDelete
  10. menurut saya cara yang paling ampuh dan mudah adalah dengan menggunakan garam mbak. kalau menggunakan alkohol 70% sayang, apalagi kalau tiap hari bikin sambal :)

    ReplyDelete
  11. Cocok ini untuk istri saya mbak, hehhee...

    ReplyDelete
  12. Klo saya kadang ngemut garam klo ada hehe.. klo minum yg manis2 malah pedesnya nambah

    ReplyDelete
  13. Sebagai tambahan, rendam dengan air hangat mb, soalnya kalau lagi makan terus kepedasan kan efektif kalau minum air hangat, walaupun rasa pedas meningkat tapi hanya sementara, sudah itu pedas dan panasnya akan hilang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ups ternyata sudah di bahas ya di paragraf awal, hhe ketauan deh kalau bacanya suka loncat-loncat.. hhi

      Delete
  14. Cuci tangan aja pake sabun udah ampuh menurut saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara di atas dipakai kalau dicuci pakai sabun ternyata tangan masih panas :)

      Delete
  15. ternyata banyak jalan menuju Roma ya master. Ups, maksud saya banyak cara untuk menghilangkan rasa panas akibat sambal atau cabe

    ReplyDelete
  16. klo mulut kepedesan paling enak dikasi minum air, mungkin tangan juga sama apa yah mba ...hehehe, :D

    mkash tips yah mba .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tangan rasanya panas, kalau disiram air kadang gak ngaruh :)

      Delete