Saturday, May 10, 2014

Tujuan dan Manfaat Koperasi

Halo para bloggers! Setelah pada hari sebelumnya penulis menghadirkan artikel yang berjudul "Mari Mengenal 'Koperasi' Si Besar Yang Dianggap Kecil" maka pada kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang koperasi, terutama pada Tujuan dan Manfaat dari Koperasi.

Tentunya apabila kita ingin mengenal sesuatu, melakukan sesuatu, atau yang lainnya kita perlu mengetahui apa tujuan dan manfaat dari sesuatu tersebut. Dalam hal ini kita akan mengenal lebih jauh tentang koperasi, maka ada baiknya kita mengetahui dulu apa tujuan dan manfaat koperasi tersebut. Langsung saja kita ke pokok bahasan, okay! Baca juga Tips Memilih Buku yang Tepat untuk Anak

Koperasi, Tujuan dan Manfaat Koperasi, Tujuan Koperasi, Manfaat Koperasi


Tujuan Koperasi

Tentunya Koperasi sebagai badan usaha juga harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan, untuk di Indonesia pembentukan koperasi memiliki berbagai macam tujuan, yaitu:

  1. Memajukan Kesejahteraan Anggota
  2. Memajukan Kesejahteraan Masyarakat
  3. Membangun Tatanan Ekonomi Nasional
Ketiga tujuan pokok dari Koperasi tersebut saling memiliki keterkaitan antara satu sama lain. Dengan adanya koperasi kebutuhan para anggota dapat diperoleh di koperasi. Dengan terpenuhinya kebutuhan anggota koperasi tersebut maka semakin meningkat pula kesejahteraan anggota koperasi. Dengan memajukan kesejahteraan anggotanya tentu koperasi secara otomatis juga memajukan kesejahteraan masyarakat sekitar dengan berbagai peran sosialnya serta juga membangun tatanan ekonomi sosial.
Apabila kita menelusuri keseluruhan dari tujuan koperasi tersebut maka kita akan menyadari bahwa tujuannya keseluruhan adalah mwujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Manfaat Koperasi

Manfaat koperasi sebenarnya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan anggota saja. Namun, apabila anda menjadi anggota dari sebuah koperasi, anfa akan memperoleh manfaat - manfaat lainnya, yakni:
  1. Setiap anggota dapat berlatih bertanggung jawab
  2. Setiap anggota dapat memahami cara berorganisasi dan bergotong royong, dimana sifat gotong royong merupakan pribadi bangsa Indonesia yang sesungguhnya.
  3. Pada akhir tahun setiap anggota akan mendapatkan keuntungan yang disebut SHU (Selisih Hasil Usaha)
Itulah sedikit uraian tentang Tujuan dan Manfaat Koperasi, semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya. Jangan lewatkan posting menarik lainnya tentang Mengenal Game Asal Indonesia, Pora The Lake Rescuer
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

7 comments:

  1. ternyata kopersi sangat bermanfaat ya... tapi saya jarang ke koperasi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, untung loh jadi anggota sebuah koperasi hehe

      Delete
  2. Yang jelas koperasi untuk menguntungkan para anggotanya ya teman. Nice share

    ReplyDelete
  3. Banyak manfaat yang didapat yah Mbak kalau kita menjadi anggota dari Koperasi,Pada akhir tahun setiap anggota akan mendapatkan keuntungan yang disebut SHU (Selisih Hasil Usaha) itu yang paling menyenangkan
    Nice post mbak Ririn....

    ReplyDelete
  4. Wah gtu toh manfaat jadi anggota koperasi.

    Memang menyebabkan mandiri alias dapat penghasilan sendiri karena tiap bulannya juga digaji hehe

    ReplyDelete
  5. Kalo di tempat saya bnyak koperasi keliling, koperasi harian, hehehe..

    ReplyDelete
  6. Koperasi amat membantu anggotnha

    ReplyDelete