Thursday, April 17, 2014

Mengenal Game Asal Indonesia, Pora The Lake Rescuer

Dunia game memang selalu menarik perhatian. Tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga orang dewasa. Setiap negara mampu menciptakan game dengan kreatifitasnya masing-masing. Tidak terkecuali Indonesia. Salah satu game asal Indonesia yang saat ini tengah menarik perhatian banyak orang tentu saja game finalis Imagine Cup 2014. Sebuah kompetisi yang diselenggarakan Microsoft.

Salah satu finalis tersebut adalah tim New Eleven Del dari Indonesia yang terdiri dari lima mahasiswa Istitut Teknologi Del. Tim ini melaju ke final dengan game yang bertemakan lingkungan hidup, Pora The Lake Rescuer.
Mengenal Game Asal Indonesia, Pora The Lake Rescuer
image by windowsphone.com
Pora diambil dari nama ikan pora-pora yang hidup di Danau Toba. Nah, ikan pora-pora inilah tokoh utama dari game tersebut. Pora diceritakan sangat kesal lingkungan tempat tinggalnya yaitu Danau Toba sangat kotor dengan banyak sampah. Kemudian dengan senjatanya berupa gelembung, Pora bertugas membersihkan sampah-sampah tersebut.

Melalui gelembungnya tersebut, Pora akan menangkap sampah dan membawanya ke permukaan danau. Kemampuan gelembung tersebut juga akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya level game yang dimainkan. Semakin besar gelembung tersebut, maka akan semakin banyak sampah yang ditangkap.

Seperti halnya game lainnya tentu saja ada rintangan dalam permainan tersebut. Dan rintangan dalam game Pora The Lake Rescuer adalah duri-duri. Jika tidak berhati-hati, duri-duri tersebut dapat memecahkan gelembung-gelembung Pora. Sehingga misinya pun akan gagal.

Game ini bisa dimainkan pada Windows Phone 8.1, Windows Phone 8, dan Windows Phone 7.5. Untuk mencoba bagaimana game tersebut bisa dibuka website windowsphone.com kemudian pilih game & apps. Lalu cari saja Pora The Lake Rescuer.

Game ini begitu menarik dengan unsur-unsur lokalnya. Tampil dengan suasana Danau Toba. Didominasi warna-warna bawah air yaitu hijau dan biru. Pora pun tampil tidak kalah menarik. Wajah imut ikan pora-pora yang didominasi warna kuning, menggunakan ikat kepala berwarna merah dan putih, warna bendera Indonesia. Layaknya pejuang kemerdekaan.

Game ini cukup menarik dan memberikan nilai positif. Memberikan pesan tentang buruknya sampah yang banyak di Danau Toba. Sebagai wujud keprihatinan. Dan bisa mengenalkan cinta lingkungan dan memperhatikan kebersihan lingkungan terutama kebersihan pada danau. Sangat cocok sebagai game yang dimainkan anak-anak dan remaja.

Imagine Cup sendiri merupakan sebuah kompetisi yang dilakukan Microsoft sejak tahun 2003. Sejak diluncurkan pertama kali, kompetisi ini telah menarik perhatian. Kompetisi ini memang diikuti oleh para mahasiswa untuk bisa memperkenalkan hasil karya mereka. Diikuti peserta dari berbagai negara. Berhasil masuk final tentu sudah sangat membanggakan. Apalagi bisa keluar sebagai juara. Babak final Imagine Cup 2014 tersebut diselenggarakan pada 29 Juli 2014 mendatang di Seattle, Amerika Serikat. Semoga saja tim Pora The Lake Rescuer ini bisa mencapai hasil terbaiknya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

25 comments:

  1. wah... menarik sekali nih, tapi hanya untuk windowsphone yia bos?

    sayang sekali nokia java saya ga bisa memanikannya, hmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, klo java kayaknya gak bisa mas, coba buka lewat PC/laptop aja mas :)

      Delete
  2. Hihihi.. Lucu ya ikan pora-poranya, Mbak.. Barusan cek windowsphone, banyak yang suka :D

    ReplyDelete
  3. ada link Downloadnya kagak Nihhh mbakkk :D sayaa tertarik nihhh pengen Nyoba main :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka aja windowsphone.com mbak, terus dicari aja pora the lake rescuer :)

      Delete
  4. wah kelihatannya menarik nih,jadi pengen nyobain main :)

    ReplyDelete
  5. Seru ya game ini, ntar saya coba ya Mbak :)

    ReplyDelete
  6. Termasuk game yang peduli pada lingkungan :)

    ReplyDelete
  7. keren game nya.. buatan anak bangsa lagi keren ,, :D

    ReplyDelete
  8. Gamenya sangat mendidik yah mbak Eka,.Ikan saja tidak suka akan sampah apalgi manusia.hehe

    Nice post....

    ReplyDelete
  9. Bagus game nya yah Mbak buat windows phone
    Tapi buat windows 7 yang saya pake gak bisa apa giman Mbak?

    ReplyDelete
  10. Baru tau ikan pora macam mana hehehe, seru juga kalo game nya suasana danau toba semoga makan banyak aja game asli indonesia :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,
      iya mas, tp sebenarnya udah byk jg game asli Indonesia cm kurang sosialisasi aja :D

      Delete
  11. memang sudah terbukti Indonesia pun bisa membuat game bagus :)

    ReplyDelete
  12. Indonesia semakin kreatif saja. Saya juga baru mulai mengajak anak-anak muda untuk membuat game edukatif, dan saya membantunya untuk mengiklankan di blog saya gratis. he..he..

    ReplyDelete
  13. betul mas, makin banyak game buatan Indonesia :D
    waah keren itu :)

    ReplyDelete
  14. Kasih Screnshot min biar keren !
    http://downloadgameah.blogspot.com/

    ReplyDelete