Saturday, May 3, 2014

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Jika pada artikel sebelumnya dicintai.com membahas tentang Tips Memilih Universitas, maka pada kesempatan kali ini kita akan memberikan tips yang lainnya yaitu tentang memilih jurusan kuliah yang tepat.

Bagi para sobat yang baru saja lulus SMA dan sederajat tentunya selain harus memilih universitas atau perguruan tinggi negeri kalian, kalian juga harus memastikan diri kalian dalam memilih jurusan yang akan kalian ambil di perguruan tinggi negeri. Salah-salah memilih jurusan yang tidak sesuai dengan diri kalian, malah akan membuat semangat serta daya juang kalian dalam belajar menurun di universitas atau perguruan tinggi nantinya.

Untuk itu, ada beberapa hal penting yang sangat perlu kalian pertimbangkan dalam memilih atau menentukan jurusan kuliah kalian nantinya, hal-hal tersebut perlu kalian pertimbangkan secara masak-masak dalam menentukan jurusan kuliah kalian. Berikut Tips memilih Jurusan Kuliah:
Tips Memilih Jurusan Kuliah


  1. Minat dan Ketertarikan : Sering kali kita temukan bahwa di lapangan banyak orang-orang yang memilih jurusan studi kuliah berdasarkan hanya pada prospek masa depan jurusan kuliah tersebut. Hal ini jangan membuat kalian lupa bahwa yang paling penting adalah minat dan ketertarikan kalian terhadap jurusan studi kuliah yang akan kalian tempuh nantinya. Jika sesuai minat dan ketertarikan kalian, maka segala masalah dalam pembelajaran di bidang tersebut tidak akan membuat kalian terlalu stress dan pusing, karena kalian menyukainya, kalian akan menikmati permasalahan-permasalahan yang ada nantinya. Baca juga  Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja
  2. Komitmen : Jika kalian sudah mantap dalam memilih sebuah bidang studi atau jurusan kuliah, maka kalian harus berkomitmen pada diri kalian sendiri, apakah kalian benar-benar rela mengorbankan waktu untuk mempelajari bidang tersebut?
  3. Biaya : Ada beberapa bidang atau jurusan kuliah yang memakan lebih banyak biaya, hal ini memang tidak dapat kalian sangkal begitu saja. Kalian harus memperhitungkan berapa kira-kira biaya yang akan kalian atau orang tua kalian keluarkan apabila memilih jurusan di universitas tersebut? Namun tetap ingat, uang dan biaya bukan lah segalanya! Jangan jadikan hal ini sebagai gunting pemutus tali antara semangat dan cita-cita kalian, cari beasiswa yang tersebar dimana-mana, karena uang bukanlah hambatan yang tidak bisa diselesaikan!
  4. Persiapkan Alternatif : Yang ini sangat diperlukan sekali, bisa dibilang kalian harus memiliki rencana cadangan apabila tidak dapat mendapatkan jurusan atau bidang studi di universitas yang kalian inginkan. Ingat, terkadang apa yang kalian inginkan belum tentu yang terbaik bagi kalian. Tapi tetap berusaha ya!
  5. Berdoa : Klise memang, tetapi bersandar kepada Tuhan Yang Maha Esa sambil diiringi usaha yang maksimal memang merupakan hal yang terbaik. Baca juga Mengenal Manfaat Musik untuk Kesehatan
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

10 comments:

  1. kuliah yg sesuai dgn bidang yg disukainya alias hobby pasti akan memberikan prestasi yg lebih ya mbak :) makasih tipsnya :)

    ReplyDelete
  2. bermanfaat tapi saya lulus smk aja tahun depan .. jadi bookmart aja dulu buat persiapan :D

    ReplyDelete
  3. Yang penting sesuaikan dengan prospek masa depannya mas.

    Sebab saya sendiri lulusan guru PKn tapi kerjanya sekarang menjadi Document Control.

    Jadi ya enggak menjamin kita bisa sama antara jurusan kuliah dengan pekerjaannya nanti. ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang seringkali seperti itu mas, namanya juga terbentur dengan keadaan hehe :D

      Delete
  4. Alternatif jurusan memang penting ya, apalagi waktu ujian masuk juga diharuskan milih beberapa jurusan :)

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Jadi mesti di sesuaikan dengan minat ya gan

    ReplyDelete