Friday, May 9, 2014

Mari Mengenal "Koperasi", Si Besar Yang Dianggap Kecil

Di Indonesia, koperasi seringkali dianggap sebelah mata oleh masyarakat, hal ini dikarenakan kebanyakan koperasi yang mereka kenal hanyalah merupakan badan usaha kecil-kecilan yang tidak begitu menjamin, belum lagi beberapa waktu lalu sempat tersebar kabar sebuah koperasi berinisial koperasi tenda biru (eh salah, berinisial TB maksudnya hehe) yang menyengsarakan para anggotanya karena para pengurus yang mengumpulan dana dari masyarakat sangat tidak bertanggung jawab. Baca juga Mindset Bisnis: Berkaca Pada Model Start-Up di Indonesia

Citra buruk koperasi ini tentu membuat banyak orang tidak tertarik untuk bergabung di dalamnya dan parahnya lagi bahkan banyak juga yang tidak ingin tahu terlebih dahulu apa itu koperasi. Pada kesempatan kali ini, saya akan membantu anda memperkenalkan badan usaha yang disebut "Koperasi" si besar yang sering dianggap kecil.

koperasi adalah, koperasi, sejarah koperasi, pengertian koperasi, potensi koperasi


Pengertian Koperasi

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang - orang atau badan hukum koperasi yang melandaskan segala kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi yang pastinya sebagai gerakan ekonomi rakyat berdasarkan asas kekeluargaan.

Prinsip Koperasi Menurut ICA (International Cooperative Alliance)

  • Pengelolaan yang bersifat demokratis
  • Keanggotaan bersifat sukarela
  • Partisipasi anggota dalam kegiatan ekonomi
  • Pengembangan Pendidikan, Pelatihan, dan Informasi,
  • Serta Kebebasan dan Ekonomi.'
Jenis-Jenis Koperasi
  1. Koperasi Sektor Riil --> Koperasi Konsumen, Koperasi Produsen, Koperasi Pemasaran, dan Koperasi Jasa
  2. Koperasi Sektor Finansial --> Koperasi Simpan Pinjam
Baca juga Gaya Hidup Modern - Pengaruh dan Dampaknya Bagi Kehidupan
Sumber Modal Koperasi
  1. Simpanan Pokok. Yaitu simpanan yang wajib dibayarkan anggota kepada koperasi sebagai mahar untuk masuk menjadi anggota koperasi. Simpanan ini tidak dapat diambil kembali oleh anggota.
  2. Sertifikat Modal Koperasi. Bentuknya seperti saham, namun hanya dapat diperjualbelikan antar anggota dan koperasi itu sendiri.
  3. Dana Cadangan. Dana cadangan merupakan sejumlah uang yang diperoleh dari penyisihan Sisa Hasil Usaha yang berguna untuk mengembangkan modal sendiri serta menutup kerugian koperasi apabila hal tersebut diperlukan
  4. Hibah. Hibah adalah sejumlah modal berupa uang atau barang yang diterima dari pihal lain dan bersifat tidak mengikat.
  5. Modal Pinjaman. Bisa dari anggota & calon anggota,  koperasi lainnya yang didasarkan atas perjanjian kerja sama, penerbitan obligasi, bank dan lembaga keuangan lainnya, serta sumber lain yang sah secara huku,

Sejarah Koperasi Dunia

Gagasan Koperasi muncul pertama kali dari pemikiran Robert Owen (1771 - 1858) yang menerapkannya pertama kali pada usaha pemintalan kapas di daerah New Lanark, Skotlandia. Lalu dikembangkan lebih lanjut oleh WIlliam King (1786 - 1865) dengan cara mendirikan sebuah toko koperasi di Brighton, Inggris. Pada tanggal 1 Mei 1828, William menerbitkan publikasi bulanan yang memiliki nama The Cooperator, dimana berisi tentang berbagai ide dan gagasan serta saran - saran praktis tentang mengelola toko dengan menggunakan prinsip koperasi.

Potensi Koperasi

Koperasi sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar untuk membangun perekonomian sebuah negara, terutama negara seperti Indonesia yang secara undang-undang sebenarnya menganut sistem ekonomi kerakyatan. Koperasi mempunyai peluang hebat di negara kita tercinta ini, karena dalam Koperasi setiap anggota memiliki kedudukan yang sama, tingkat suara yang sama, sehingga membuat keadilan lebih merata tidak seperti sistem ekonomi kapitalis. Koperasi juga mengedepankan peran sosial dalam masyarakat yang akan sangat menguntungkan bagi semua pihak. Untuk Mengenal Lebih jauh apa itu koperasi dan apa saja manfaatnya anda dapat membaca artikel lanjutan yang berjudul "Tujuan dan Manfaat Koperasi"

Jangan lewatkan posting menarik lainnya di Blog Dicintai.com tentang Cara Mudah Memilih Hotel Murah di Kota Kembang Bandung
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

10 comments:

  1. oh gitu ya jadinya sistem koperasi :D
    Cerita Dewasa

    ReplyDelete
  2. Koperasi oh koperasi... Ketinggal ama Mall...

    ReplyDelete
  3. kalau koperasi sih sudah lama tau namanya tp pengertian mendetailnya baru kali ini.makasih sharingnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap sama sama gan makasih juga udah mampir hehe

      Delete
  4. Dapat pencerahan baru nih, makasih ya Mbak :)

    ReplyDelete
  5. baru tahu lebih Tentang KOPERASI .. dari blog ini.. emang mantep2 info di blog ini thx infonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo cari tahu lebih lagi tentang koperasi mas hehe sama sama

      Delete
  6. Tapi masih banyak kok perusahaan yang pake sistem koperasi ini. Kantor Mama ku juga masih pake, bahkan laris :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bagus dong mbak, semoga koperasi makin maju di Indonesia, soalnya negara maju aja udah mulai sadar sama potensi koperasi ini :)

      Delete