Wednesday, May 28, 2014

Mengapa Nafas Perokok Begitu Berbau?

Mengapa Nafas Perokok Begitu Berbau? Mungkin hal ini seringkali dipikirkan seseorang yang memiliki teman maupun pasangan yang suka merokok. Karena tidak hanya pria saja yang merokok, wanita pun juga banyak yang suka merokok. Setiap merokok tentu saja asap rokoknya begitu menganggu orang yang tidak merokok. Tidak hanya itu saja setiap kali seorang perokok berbicara atau hanya sekedar bernafas di dekatnya selalu tercium bau yang khas dan tentu saja menganggu. Baca juga ya Tips Berhenti Merokok

Dampak buruk dari merokok memang sudah banyak dibahas. Tetapi tentu saja hal tersebut tidak terlalu berpengaruh hingga membuat seseorang memutuskan. Ada banyak hal yang membuat orang memutuskan untuk berhenti merokok. Namun kali ini dicintai.com tidak akan membahas mengenai hal tersebut.
Mengapa Nafas Perokok Begitu Berbau, Faktor Penyebab Bau Mulut Bagi Orang Yang Merokok, Dampak Negatif Merokok Bagi Tubuh Kesehatan, Akibat Merokok Bisa Menimbulkan Penyakit
image by medkes.com
Mengapa Nafas Perokok Begitu Berbau? Itulah yang akan dibahas kali ini. Bahkan jika pada akhirnya perokok tersebut memutuskan untuk berhenti merokok, dia akan tetap mengalami masalah bau mulut. Mengapa? Rokok pada dasarnya membuat mulut perokok kering. Hal ini kemudian meningkatkan jumlah plak yang menempel pada gigi. Plak yang menempel pada gigi ini, disadari atau tidak memiliki bau yang tidak enak. Plak bisa dikurangi dengan menyikat gigi secara rutin namun belum bisa membersihkannya. Tumpukan plak akan menimbulkan karang gigi.
Bayangkan jika plak yang menempel pada gigi tersebut semakin banyak. Akumulasi penumpukan plak tidak hanya membuat bau mulut tetapi juga akan mempercepat pembusukan dan pengeroposan pada gigi. Nah, plak-plak tersebut saja sudah menimbulkan bau mulut. Apalagi jika ditambah dengan kebiasaan merokok. Pasalnya tar dan nikotin dari rokok akan tertinggal di banyak tempat pada rongga mulut. Tidak heran jika bau mulut seorang perokok begitu khas dan sangat berbau.

Lalu apa yang harus dilakukan? beberapa diantaranya adalah :

1. Jika Anda seorang perokok atau sudah berhenti merokok dan ingin mengatasi bau mulut sebaiknya segera dibawa ke dokter gigi. Mengapa ke dokter gigi? Karena hanya mereka yang bisa membersihkan plak-plak yang tertinggal pada mulut. Plak yang menumpuk atau karang gigi tidak bisa dibersihkan hanya dengan menyikat gigi saja. Ada peralatan khusus yang dimiliki dokter gigi untuk mengatasinya.
2. Selain itu rajin menyikat gigi perlu dilakukan dan diakhiri dengan berkumur menggunakan obat kumur. Obat kumur tersebut sangat efektif untuk mencegah timbulnya plak dalam mulut.

3. Kebiasaan mengunyah permen karet tanpa gula juga cukup efektif untuk mengurangi bau mulut. Karena saat mengunyah permen karet akan ada banyak air liur yang keluar sehingga mulut tidak terlalu kering. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mulut yang kering membuat peningkatan jumlah plak pada mulut.

Nah, sudah mengerti bukan alasan Mengapa Nafas Perokok Begitu Berbau? Segera atasi sehingga tidak semakin menganggu :) Jangan lewatkan artikel kesehatan lainnya di blog dicintai.com tentang Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Mulut
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

18 comments:

  1. dulu sewaktu sekolah saya juga perokok mbak,,_
    tapi sebelum kecanduan nikotin saya menyiasatinya dengan point 3 (permen karet),,_
    pagi" dah dapet tips yang bermanfaat,,_
    terima kasih tipsnya,,_

    ReplyDelete
  2. Yap bener Mbak, plak itu yang bikin bau mulut ya.. Lagian scalling juga ngga sakit kok :p

    ReplyDelete
  3. Syukur dah, saya belum merokok :)
    Gimana mau ngerokok, makan aja trancam. haha

    ReplyDelete
  4. Nafas peroko bergitu bau dan tidak enak, karena yang mreka hisap semuanya racun kali ya....


    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. di artikel tersebut sudah dijelaskan pak :)

      Delete
  5. asap rokoknya bau apalagi bau mulutnya.. haduhh :/

    ReplyDelete
  6. Rajin2 bersihin gigi ke dokter gigi juga mengurangi bau gigi akibat penimbunan plak yg disebakan rokok. Jadi boleh aja tetep ngerokok asal rajin bersihin plak nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung masing2, kalau untuk bau mulut iy, tp u/ kesehatan lainnya tentu tidak :))))

      Delete
  7. klo di angkutan umum ada yg ngerokok bsa menggangu penumpang lain ya,terutama yg nggk suka dengan rokok

    ReplyDelete
  8. klo teman2 saya yg ngerokok biasanya suka ngemut permen biar bau rokoknya tertutupi

    ReplyDelete
  9. Jangankan bau nafasnya mbak, baju dan keringatnya juga bau lho heehee

    ReplyDelete
  10. Bisa juga sisa dari makanan yang mengendap di lubang gigi belum di bersihkan..

    ReplyDelete