Saturday, June 15, 2013

Tips Berhenti Merokok

Tips Berhenti Merokok - Merokok merupakan kebiasaan buruk yang sangat merugikan bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar. Bagi diri sendiri dampak yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok adalah mudah terserang penyakit seperti kanker, paru-paru, gangguan kehamilan, dan janin. Tidak hanya itu, yang paling nyata adalah uang saku mudah cepat habis. Adapun dampak bagi orang lain juga sudah jelas, yakni menggangu pernapasan karena orang lain yang berada disekitar perokok akan menjadi perokok pasif. Dan bagi lingkungan akan menyebabkan polusi udara. Banyak alasan kenapa orang memilih untuk merokok antara lain (i) karena faktor lingkungan sekitar misalnya seperti pergaulan dengan teman yang semuanya adalah perokok, (ii) untuk mengurangi stress karena beban pikiran yang terlalu berat, (iii) gaya hidup, kalau laki-laki tidak merokok dibilang banci, katrok dan lain sebagainya. Apapun alasan mereka, tentu kebiasaan buruk tersebut tidak dibenarkan oleh kesehatan.

Ketika seorang pecandu rokok mulai mengalami titik nadir, dimana ia mulai berfikir tentang dampak buruk yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok, maka ia akan memutuskan untuk berhenti merokok. Namun, untuk berhenti dari kebiasaan buruk tersebut ternyata tidak mudah. Banyak perokok memutuskan untuk berhenti merokok, namun ditengah jalan ia kembali lagi dengan kebiasaan tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya langkah yang tepat untuk berhenti merokok. Berikut merupakan tips yang dapat anda lakukan untuk berhenti merokok.
Tips Berhenti Merokok
Image by Tempo.co

Tips Berhenti Merokok


1. Berkoitmen
Langkah pertama untuk berhenti dari kebiasaan merokok adalah dengan cara berkomitment (berjanji) untuk tidak lagi mengkonsumsi nikotin. Tentu dalam membuat komitmen harus dilandasi oleh niat dan keinginan yang kuat. Tidak hanya lewat ucapan saja, namun juga dari hati yang terdalam yakni mempunyai keinginan yang besar untuk tidak merokok.

2. Demi kesehatan
Salah satu cara yang paling ampuh adalah demi kesehatan. Mungkin perokok yang belum pernah mengalami gangguan kesehatan akibat kebiasaan merokok, belum bisa menerapkan langkah ini. Karena dia tidak tahu dan belum pernah terkena penyakit. Namun, bagi orang yang sudah pernah terkena serangan jantung, paru-paru atau penyakit lainnya yang mengancam jiwanya, bisa dipastikan setelah mereka sembuh tidak akan mengulangi kebiasaan merokok.

3. Kelola Stress
Biasanya keinginan untuk merokok ketika seseorang mengalami stress dan beban pikiran yang berat. Dengan cara merokok mereka dapat mengendurkan saraf di otak. Oleh karena itu, apabila anda berniat untuk berhenti merokok, silahkan kelola stress anda. Hindari beban pikiran yang terlalu berat yang memicu keinginan untuk merokok.

4. Berbanyak konsumsi buah dan sayur
Buah-buahan dan sayur ternyata selain dapat memberikan asupan nutrisi kedalam tubuh, juga dapat mengurangi keinginan untuk merokok. Orang yang membiasakan diri untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayur, mereka akan hidup sehat dan keinginan untuk merokok juga dapat menurun.

5. Gosok gigi setelah makan
Biasanya kebiasaan merokok dilakukan oleh seseoarang setelah mereka makan. Bila setelah mereka makan tidak merokok, mulut terasa kecut/masam sehingga mengharuskan diri untuk merokok. Salah satu solusi alternatif yang tepat untuk berhenti merokok adalah dengan cara menggosok gigi sehabis makan. Dengan begitu mulut terasa segar dan tidak terasa masam, sehingga keinginan untuk merokok menjadi tidak ada.

6. Batasi pergaulan anda
Pergaulan sangat menentukan kebiasaan seseorang. Bila seseorang bergaul dengan para perokok, maka ia cenderung akan merokok juga. Oleh karena itu, sebaiknya anda batasi pergaulan anda. Hindari berhubungan dengan para perokok dan perbanyak bergaul dengan orang-orang yang bukan perokok. Dengan begitu keinginan untuk merokok menjadi berkurang, karena faktor lingkungan sosial tidak mendukung.

7. Olahraga
Salah satu cara untuk mewujudkan hidup sehat adalah dengan cara berolahraga. Selain dapat menimbulkan badan menjadi sehat, segar, dan berstamina, juga dapat mengurangi kebiasaan merokok. Seorang perokok biasanya malas untuk berolahraga, karena staminanya menurun akibat kebiasaan buruk tersebut. Bisa dipastikan ia mudah lelah dan capek ketika berolahraga. Oleh karena itu, silahkan biasakan diri untuk berolahraga setiap hari. Dengan begitu akan mengurangi keinginan untuk merokok.

8. Hindari minum alkohol dan kopi
Salah satu minuman yang menimbulkan keinginan untuk merokok adalah alkohol dan kopi. Biasanya kedua minuman tersebut sangat berkaitan erat dengan merokok. Sebaiknya anda ganti minuman tersebut dengan minum air putih atau teh.

9. Tekanan kondisi lingkungan sekitar
Kondisi lingkungan juga memengaruhi seorang perokok. Lingkungan yang menetapkan aturan yang tegas tentang larangan merokok, sedikit-banyak dapat mencegah lebiasaan merokok. Coba anda perhatikan ketika anda berkunjung di rumah sakit, fakultas kedokteran, kantor pemerintahan, dan fasilitas lain yang melarang aktivitas merokok, bisa dipastikan ditempat tersebut tidak ada satupun orang yang merokok. Oleh karena itu, apabila anda berniat untuk berhenti merokok, sering-seringlah berkunjung ditempat tersebut.

10. Ingin hidup hemat
Kebisaan merokok merupakan kebiasaan hidup boros. Bagi anda yang mempunyai kondisi ekonomi lemah, sebaiknya kebiasaan buruk tersebut perlu diminimalisasi. Dengan tujuan untuk hidup hemat. Karena hemat adalah pangkal kaya.

Demikian Tips Berhenti Merokok yang dapat saya sampaikan untuk anda. Selamat mecoba untuk berhenti dengan kebiasaan buruk tersebut. Saya doakan semoga berhasil. Terimakasih banyak atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments:

Post a Comment