Friday, March 14, 2014

Cara Menjaga Kebersihan Mulut

Anda bisa menghabiskan waktu beberapa jam setiap harinya untuk menjaga rumah tetap terlihat bersih dan rapi, tetapi pernahkan Anda berpikir bagaimana kebersihan mulut Anda yang sebenarnya, sudahkah terjaga kebersihannya? Sudah benarkah cara menjaga kebersihan mulut yang selama ini Anda lakukan?

Faktanya, mulut manusia dewasa adalah rumah bagi miliaran bakteri lho, bahkan jumlah bakteri di dalam mulut manusia hampir sama banyaknya dengan jumlah orang yang hidup di bumi. Para ilmuwan telah menemukan lebih dari 700 strain berbeda dari bakteri ada dalam mulut manusia.
Cara Menjaga Kebersihan Mulut
image : bihs-wiki.wikispaces.com
Berdasarkan data dari Wikipedia, mereka yang merawat gigi dan memiliki mulut yang bersih, jumlah bakteri hidup pada setiap permukaan gigi berkisar antara 1.000 sampai 100.000. Sedangkan mereka yang malas menjaga kebersihan mulutnya, bisa memililki antara 100 juta dan 1 miliar bakteri pada setiap gigi. Ini baru satu gigi; dikalikan dengan jumlah gigi di dalam mulut, jadi berapa tuh?

Seberapa bersihkah mulut Anda?
Meskipun bakteri mulut dan air liur dapat bermanfaat bagi kesehatan seseorang, keduanya juga dapat menyebabkan masalah. Banyak penyakit muncul yang ternyata berhubungan dengan bakteri mulut berbahaya. Terus, apa yang harus dilakukan untuk melindungi mulut dan mengurangi efek dari beberapa bakteri berbahaya?

Bakteri berada dalam mulut manusia dalam jumlah yang stabil, tetapi jumlah mereka bisa meningkat pada saat Anda makan dan jeda antara waktu menyikat gigi. Jika Anda tidak menyikat gigi secara teratur, bakteri mulut akan bergabung dengan partikel makanan untuk membentuk plak, zat lengket yang dapat melekat pada permukaan enamel gigi dan meningkatkan risiko kerusakan gigi dan penyakit gusi. Semakin lama Anda menunda untuk menyikat gigi, semakin banyak bakteri berada di mulut Anda.

Makanan manis dan bertepung adalah kabar buruk untuk gigi Anda karena bakteri suka makanan seperti ini. Selanjutnya  bakteri akan menghasilkan asam berbahaya yang bisa menyerang enamel gigi.  Bagi penggemar makanan manis, cobalah untuk memakannya pada saat jam makan saja. Ngemil yang manis-manis tanpa kenal waktu membuat gigi Anda berada di bawah ‘serangan’ yang konstan.

Cara terbaik untuk menjaga kebersihan mulut Anda:
(i) Menyikat gigi sedikitnya dua kali sehari dan pastikan Anda sudah membersihkan  seluruh bagian mulut termasuk gusi, pipi bagian dalam dan lidah setiap menyikat gigi. Mitos yang menyatakan semakin keras menyikat, semakin baik adalah mitos yang tidak benar. Terlalu keras menyikat dapat merusak permukaan enamel pelindung gigi yang dapat meningkatkan risiko kerusakan dan pembusukan, karena bakteri dapat menembus melalui enamel yang menipis.
(ii) Flossing juga penting karena dapat menangani area yang mungkin terlewat pada saat menyikat gigi. Benang gigi bisa menghilangkan sisa-sisa makanan dan bakteri di antara gigi dan di sepanjang garis gusi.
(iii) Menggunakan obat kumur juga bisa membantu untuk mengurangi bakteri dan membilas mulut Anda, membuat nafas Anda lebih segar.

Tips membersihkan gigi dan mencegah akumulasi bakteri mulut:
(i) Pada saat membersihkan gigi, jangan sampai terlewat menyikat area sudut dan garis gusi yang rentan terhadap plak dan kumpulan bakteri.
(ii) Gunakan sikat gigi dengan kepala yang kecil untuk memudahkan menjangkau sudut mulut Anda dan membersihkan area ini. Tidak dianjurkan menggunakan sikat dengan bulu terlalu lembut atau terlalu keras, yang sedang-sedang saja. Kok jadi kayak lagu :)
(ii) Jangan terburu-buru, luangkan waktu sekitar dua menit untuk membersihkan seluruh bagian mulut dan menyikat setiap permukaan gigi, sampai Anda merasa seluruh gigi sudah kesat dan bersih.

Selain menyikat gigi minimal dua kali sehari,  memeriksakan gigi ke dokter gigi secara berkala juga penting.  Jangan ke dokter gigi kalau Anda sudah sakit gigi saja ya. Berkonsultasi ke dokter gigi juga merupakan cara menjaga kebersihan mulut yang sangat efektif serta mengurangi resiko penyakit gusi dan gigi berlubang. Jika ditemukan ada masalah seperti lubang kecil pada gigi, bisa ditangani sejak dini kan. Semoga info ini bermanfaat.

Sumber data : en.wikipedia.org, bihs-wiki.wikispaces.com
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

29 comments:

  1. informasi nya sangat bermanfaat sob

    ReplyDelete
  2. Ini blognya mbak rin jg ya ,,
    Banyak bgt ternak blognya Hahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Wahyu, ini blognya Mbak Ririn juga

      Delete
    2. Kalau blog nya dihapus google kan masih punya blog lagi ya mbak hehehe :D

      Delete
  3. mulut kalau bersih dibuat ngomong bisa enak ya mbak, hehehe :D
    makasih tipsnya sangat bermanfaat utk menjaga kebersihan mulut saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak Indri, mulut bersih bikin lebih pede :)

      Delete
  4. Tips yang baik buat saya mbak
    salam kenal untuk admin barunya
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mas Onqi, moga infonya bermanfaat :)

      Delete
  5. mulut yang bersih nafas akan segar ...

    ReplyDelete
  6. wah wah..., makin byk nih penulis di blog ini ya.

    ReplyDelete
  7. Cara Mbak Ririn ini sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi
    apalagi untuk anak saya yang masih dalm masa pertumbuhan
    Makasih atas tipsnya Mbak Rin. salam hormat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mewakili Mbak Ririn nih. Terima kasih kembali Mas Saud.

      Delete
  8. Ya memang bermanfaat nih, makasih mbak.

    Kalau bisa sih sumber referensinya dicantumkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa-apa mbak lina. Kalau memang itu hasil karya sendiri, saya kira nggak perlu di kasih sumber nya.

      Delete
  9. Baru-baru ini aku mulai rajin ngontrol kesehatan gigi. Soalnya keadaannya makin mengenaskan. Hiks.. Nyesel deh kenapa ngga dari dulu ya, padahal kan demi kesehatan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa jangan hanya rajin kontrol saja kak, tapi juga rajin gosok gigi hehehe :D

      Delete
  10. yang menjadi permasalahan bagi saya saat ini adalah gigi yang sudah berlubang, dan semoga tips ini menjadi perbaikan signifikan bagi saya, terima kasih mbak eka dan mbak yang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lubang gigi harus segera ditambal, Mas Ibrahim, karena bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit2 lain. Terima kasih kembali dari para admin :)

      Delete
  11. Infonya menarik sekali dan bermanfaat. Kalau saya gosok gigi tiga kali sehari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kebiasaan yang sangat baik Mas Aldi, silakan dilanjutkan terus :)

      Delete
  12. Wah kok saya ketinggalan info kesehatan yang bermanfaat nih.. :)

    Terima ksh mbak Rin dan mbak Lin udah berbagi ke kita2.. :)

    ReplyDelete
  13. Saya tiap hari gosok gigi 2 kali sehari, tapi kok gigiku masih aja putih cenderung kekuning2an yah :( . Pernah nyoba cara gosok gigi "cara kuno", pake batu bata, tapi huekkk dah, rasanya pahit hahaha :P

    ReplyDelete
  14. Bau mulut tampak sederhana, tapi kalau sudah kumat, waduuuh bisa membuat orang bisu karena malu.

    Flossing itu praktisnya apaan sih, Mbak? Maklum tahunya cuman gosok gigi dan kumur mulut :)

    ReplyDelete