Saturday, May 31, 2014

Cara Mengatasi Mata Tegang karena Penggunaan Komputer

Dicintai.com - Mata tegang (eye strain) secara umum didefinisikan sebagai suatu kondisi ketika ketegangan terjadi pada otot yang mengontrol mata.  Jenis gangguan mata ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, namun yang paling sering dikaitkan adalah karena membaca, menggunakan komputer, dan kegiatan lain yang melibatkan melihat barang-barang kecil seperti menjahit dan craft work lainnya. Baca juga Takut Operasi Katarak? Coba Tetes Mata Anti Katarak Ini

Kali ini Admin membahas computer eye strain dimana banyak pengguna komputer yang mengeluh mengalami ketegangan pada mata. Melihat monitor komputer untuk waktu yang lama memang dapat membuat mata Anda tegang. Gejala-gejala yang dialami bisa meliputi:
-mata tidak nyaman
-sakit kepala
-mata lelah, perih, seperti terbakar atau mata gatal
-sulit memfokuskan penglihatan
-mata berair
-mata kering
-penglihatan kabur atau ganda
-peningkatan sensitivitas terhadap cahaya

Meskipun ketegangan pada mata dapat menyebabkan ketidaknyamanan, biasanya hal ini bukanlah hal yang sangat serius dan akan hilang setelah Anda mengistirahatkan mata. Tetapi bukan berarti bisa dibiarkan lho. Anda mungkin tidak dapat mengurangi jumlah waktu Anda berada di depan komputer di tempat kerja tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi gejalanya.
Cara Mengatasi Mata Tegang karena Penggunaan Komputer, Dampak Terlalu Sering Bermain Komputer, Cara Mengobati Mata yang Terkenda Radiasi Cahaya Komputer, Sakit Mata Tegang, Kesehatan Mata
image:healthyandfitmagazine.com
Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi mata tegang karena penggunaan komputer, diolah dari berbagai sumber :

1.Istirahatkan mata Anda
-Secara teratur berpaling dari layar komputer Anda dan fokus pada objek yang jauh.  Misalnya, luangkan waktu sebentar untuk menatap ke luar jendela. Melihat jauh melemaskan otot yang berfokus di dalam mata, hal ini bisa mengurangi kelelahan mata.
-Terapkan aturan 20-20-20 dari Amit Agarwal, seorang blogger professional:
setiap 20 menit bekerja di depan komputer, Anda harus istirahatkan mata paling tidak 20 detik dengan melihat obyek atau benda yang jaraknya sekitar 20 kaki (6 meter).
2.Ambil waktu istirahat dari komputer Anda
Jangan terus menerus berada di depan komputer, menjauhlah dari layar komputer setiap periode waktu tertentu. Bahkan the Health and Safety (Display Screen Equipment) Regulations 1992 mengharuskan karyawan pengguna komputer untuk secara periodik beristirahat sejenak atau mengubah aktivitasnya; tetapi tidak menjelaskan secara pasti berapa lama istirahat yang dibutuhkan dan seberapa seringnya. Istirahat sering dan sebentar (misalnya setiap dua jam istirahat sekitar lima menit) disebutkan lebih bermanfaat daripada istirahat yang jarang dan lama.

3.Lakukan latihan-latihan untuk meringankan ketegangan mata.
-Latihan palming : menutup mata dengan telapak tangan selama sekitar tiga menit. Mata harus erat tertutup dan tidak bisa melihat. Latihan ini terus diulang sampai mata tidak lagi merasa lelah.

-Latihan lain: memejamkan mata selama sekitar sembilan detik, dan kemudian  latihan ini diulangi hingga sekitar dua belas kali. Latihan mata umumnya mudah dilakukan dan dapat dilakukan di mana saja. Latihan ini diyakini dapat membuat  mata untuk beristirahat dan mengeluarkan air mata untuk pelumasan mata.

4.Menggunakan pencahayaan yang memadai
Mata tegang sering disebabkan oleh sinar matahari berlebihan yang masuk melalui jendela atau karena pencahayaan ruangan yang terlalu terang. Gunakan tirai untuk mengurangi paparan sinar matahari, kurangi pencahayaan di kamar Anda dan menghindari duduk di bawah lampu neon besar.
5.Mengurangi silau
Silau (glare) direfleksikan dari dinding berwarna terang dan permukaan yang mengkilap, demikian juga dengan refleksi di layar komputer yang dapat menyebabkan ketegangan mata. Sebuah layar anti-silau yang dipasang pada monitor dapat membantu. Jika Anda memakai kacamata, Anda bisa mencoba lensa dengan lapisan anti-refleksi untuk mengurangi silau.

6.Meng-upgrade layar komputer
Mengubah tabung lama (Cathode Ray Tube) monitor ke layar LCD modern dapat membantu menghindari mata tegang. CRT monitor dapat berkedip-kedip yang memberi kontribusi signifikan terhadap ketegangan mata, sementara layar LCD lebih nyaman di mata dan biasanya sudah memiliki permukaan anti - reflektif.  Ketika memilih sebuah layar LCD baru, pilih yang beresolusi tinggi.

7.Sesuaikan pengaturan tampilan monitor
-Pengaturan layar komputer dapat membantu mengurangi ketegangan dan kelelahan mata. Anda bisa mengatur tingkat kecerahan, kontras dan ukuran teks sehingga lebih nyaman untuk dibaca.
-Tulisan hitam pada latar belakang putih adalah kombinasi terbaik untuk kenyamanan baca (black on white).
-Mengurangi jumlah warna biru pada layar juga dapat membantu.
Cahaya biru adalah cahaya dengan panjang gelombang pendek yang lebih sering dikaitkan dengan mata tegang dari pada cahaya warna dengan gelombang panjang, seperti warna oranye dan merah.
8.Supaya lebih mudah dan praktis, Anda bisa memanfaatkan software gratis seperti software F.lux (https://justgetflux.com) yang berfungsi mengatur tingkat pencahayaan monitor secara otomatis berdasarkan koordinat lokasi kota Anda. Misalnya, Admin memasukkan lokasi kota Bogor dan software ini akan menyesuaikan tingkat cahaya monitor mengikuti waktu terbit dan terbenamnya matahari di koordinat Bogor.

9.Atur kembali tempat kerja Anda
-Harus terus melihat ke bawah pada selembar kertas dan kemudian ke monitor dapat berkontribusi pada ketegangan mata. Tempatkan kertas sejajar atau di samping layar komputer.
-Postur tubuh yang tidak benar saat bekerja dengan komputer dapat juga menimbulkan masalah. Pastikan komputer Anda dan kursi berada di ketinggian yang tepat. Layar komputer harus berada 20 sampai 24 inci dari mata Anda dan bagian tengah layar harus 10 sampai 15 derajat di bawah garis mata Anda.

10.Mengenakan kacamata khusus untuk memakai komputer yang diresepkan oleh ahlinya. Hindari membeli sendiri di toko online (tanpa pemeriksaan mata sebelumnya) untuk menghindari kemungkinan penipuan. Kacamata khusus ini sepertinya masih jarang di Indonesia. Jika Anda memakai lensa kontak, pertimbangkan untuk memakai kacamata saat bekerja di depan komputer karena lensa kontak dapat menjadi kering dan membuat Anda tidak nyaman.

11.Perbanyak konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata seperti wortel, tomat, bayam, dan brokoli serta melakukan pemeriksaan mata secara berkala ke dokter spesialis mata atau ahli optik.

Selamat mencoba cara mengatasi mata tegang karena penggunaan komputer yang lama.  Jika Anda punya cara yang lain, silakan share di komentar ya. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya di blog dicintai.com tentang Cara Agar Mudah Tidur Nyenyak Tanpa Obat Tidur
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

8 comments:

  1. hm tepat banget saya di sini sebab saya bisa seharian mantengin pc jika lagi ngeblogg dan sering dapat problem yang admin sampaikan

    ReplyDelete
  2. hore ...... mata saya kyak kurang srek klo sehari nggak melototin layar komputer ,,,heheheh ... tips akan sy praktekan mbak .....

    ReplyDelete
  3. Istirahat tiap 30 menit juga membantu meringankan ketegangan mata loh, Mbak.. :D

    ReplyDelete
  4. lebih baik jangan terlalu lama di depan komputer, setidaknya mata bisa istirahat barang sejenak biar otot tidak tegang

    ReplyDelete