Wednesday, April 23, 2014

Cara Alami Merawat Kulit Wajah

Cara Alami Merawat Kulit Wajah saat ini semakin diminati untuk menjaga kesehatan dan kemulusan wajah. Hal ini tidak lain karena banyaknya kosmetik yang membahayakan kesehatan kulit yang berhasil ditemukan Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM). Kosmetik yang harusnya digunakan untuk merawat kulit wajah seperti mencegah maupun mengurangi jerawat, menghilangkan bekas jerawat, flek hitam, mencegah kerutan dan sebagainya justru mengandung zat-zat yang berbahaya.

Zat-zat berbahaya yang berhasil ditemukan BPOM dalam beberapa kosmetik diantaranya adalah mercury yang dalam jangka panjang bisa menimbulkan gangguan pada ginjal bahkan kanker kulit. Ada pula kosmetik yang mengandung formalin dan zat berbahaya lainnya. Memilih kosmetik saat ini harus semakin cerdas dan bijak.
image by resepcantik.net
Inilah yang mendorong banyak orang berupaya merawat kulit wajah menggunakan bahan-bahan alami. Cara Alami Merawat Kulit Wajah yang bisa dilakukan sehari-hari baik pria dan wanita diantaranya adalah :

1. Menggunakan Bengkoang
Bengkoang mampu mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah. Anda hanya perlu memarut atau memblender bengkoang yang sudah dikupas sampai halus. Kemudian gunakan sebagai masker wajah. Tunggu hingga mengering dan bilas dengan air dingin. Keringkan dengan handuk lembut.

2. Menggunakan Buah Mengkudu
Buah mengkudu matang baunya memang tidak enak. Namun buah mengkudu mampu membuat kulit wajah menjadi halus. Anda hanya perlu mengambil buah mengkudu matang, hancurkan kemudian saring. Selanjutnya gunakan sebagai masker dan diamkan sekitar 15 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat dan dibilas kembali menggunakan air dingin.

3. Menggunakan Mentimum
Mentimun sangat baik untuk merawat kulit wajah. Mampu menyegarkan wajah, mengurangi minyak berlebih dan mengurangi jerawat. Mentimun bisa diparut atau diblender. Kemudian digunakan sebagai masker wajah. Bisa dilakukan setiap hari. Mentimun juga bisa digunakan untuk mengurangi lingkaran hitam pada mata akibat kurang tidur.

4. Menggunakan Buah Tomat atau Jeruk Nipis
Baik buah tomat maupun jeruk nipis sangat baik untuk mengurangi minyak dan jerawat pada wajah. Pilih salah satunya kemudian ambil airnya. Airnya bisa digunakan untuk masker. Anda juga bisa menggosokkan irisan buah tomat atau jeruk nipis. Jika jerawat terlalu parah biasanya kulit akan terasa agak pedih. Jika tidak tahan segera bilas dengan air.

5. Menggunakan Buah Alpukat
Buah alpukat sangat cocok untuk merawat kulit kering dan kasar. Anda hanya perlu mengambil buah alpukat matang dan haluskan. Bisa ditambah susu murni dan gunakan sebagai masker.

Hanya saja menggunakan bahan alami tentu tidak akan membuat Anda melihat hasilnya dengan cepat. Tidak seperti kosmetik dengan bahan kimia yang hasilnya cepat terlihat. Selain itu perawatan dari dalam juga dibutuhkan yaitu memperhatikan pola makan sehari-hari, istirahat yang cukup dan konsumsi air putih yang cukup juga berperan. Cara Alami Merawat Kulit Wajah membutuhkan kesabaran dan ketlatenan untuk bisa melihat hasilnya dengan baik.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

38 comments:

  1. dalam merawat kulit wajah, saya dan ibunya lebih suka pake bengkuang, selain adem...sisanya bisa langsung dibikin rujak...enak banget abis merawat kulit wajah makan rujak...ehmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. manteb!! siang2 panas makan rujak :)

      Delete
  2. Kaum adam nyimak aje y... ini kususon bune

    ReplyDelete
    Replies
    1. laki-laki juga perlu merawat wajah, untuk kesehatan :)

      Delete
  3. berarti kalau rajin mengkonsumsi jus alpukat bikin bagus ke kulit ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mbak, termasuk perawatan dari dalam :)

      Delete
  4. sangat beermanfaat bagi yang mau kulitnya terawat mba :D

    ReplyDelete
  5. coba wajah yang lagi ditempelin buah-buah itu dipake jalan-jalan, seru kali. hehe

    ReplyDelete
  6. untuk dapat hasil yg maksimal..kudu di topang juga sama makanan dan istirahat yg cukup ya mbak Rin...: :)

    sip deh..kebetulan bahan2. pun nya mudah didapat ya
    terima ksh ya mbak Rin..

    ReplyDelete
  7. Cara yang bermanfaat untuk saya coba nih Mbak Dian agar kulit
    Wajah saya, lebih sehat dan bersih. saya ijin coba Mbak makasih tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan, tidak hanya perempuan yg boleh merawat wajah :)

      Delete
  8. wah saya jarang dirawat nih mbak hehehe coba diresapi dulu caranya soalnya berburu dengan waktu

    ReplyDelete
  9. Kadang kelupaan, beli bengkoang buat maskeran eh uda dicemilin aja. Hihihi.. :p

    Makasih tipsnya Mbak, ngebantu banget ^^

    ReplyDelete
  10. sepertinya boleh dicoba untuk merawat kulit yang kusam ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan dicoba, bahannya mudah didapat :)

      Delete
  11. Wajah alami dambaan semua orang.. I Like it

    ReplyDelete
  12. berarti harus tiap hari dong mba ririn kita konsumsi buah buahan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak harus tiap hari mas, tapi usahakan u/ ingat konsumsi buah :)

      Delete
  13. Wah, ternyata cara alamai perawatan wajah itu menggunakan buah-buahan yang ada di sekitar kita ya mbak...?

    ReplyDelete
  14. saya biasanya pake bengkoang Mbak :D

    ReplyDelete
  15. yang alami memang lebih baik, ternyata banyak sekali buah yang bisa digunakan untuk merawat kulit wajah, kalo saya paling suka alpukat

    ReplyDelete
  16. harus dirawat dg baik ya mbk biar tetap sehat.cara alami memang lebih baik

    ReplyDelete
  17. kulit wajah saya sangat jelak banget mb..... :) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada yg jelek mas, yg ada terwat dan kurang terawat hehehe, :D

      Delete