Sunday, May 18, 2014

Cara Mencegah Anak-Anak Kecanduan Menonton Televisi

Bagaimana Cara Mencegah Anak-Anak Kecanduan Menonton Televisi? - Anak-anak sangat suka menonton acara televisi. Sudah banyak diketahui bahwasanya anak-anak seringkali lebih banyak ditemani televisi dibandingkan orang tuanya. Meskipun televisi adakalanya memberikan informasi yang mampu menambah pengetahuan, namun sayangnya acara televisi yang bersahabat dengan anak sangat minim.

Banyak acara televisi yang tidak cocok untuk anak-anak. Bahkan film-film kartun yang selama ini ditayangkan, tidak semuanya cocok untuk anak-anak. Sayangnya di masyarakat, kecenderungan menganggap bahwa semua film kartun cocok untuk anak-anak. Baca juga Cara Mudah Memilih Buku yang Tepat untuk Anak
Cara Mencegah Anak-Anak Kecanduan Menonton Televisi, Cara Agar Anak Tidak Sering Nonton TV Tipi
image by wolipop.detik.com
Belum lagi acara-acara yang banyak mengumbar kata-kata yang tidak pantas. Sinetron yang penuh adegan kekerasan, percintaan dan sebagainya. Padahal anak-anak adalah peniru terbaik. Mereka akan dengan mudah menirukan apa yang mereka lihat. Baik adegan pada film, gaya berbicara maupun perilaku orang dalam televisi. Padahal apa yang dilihat di televisi sebagian besar adalah rekayasa. Anak-anak belum bisa membedakannya. Sehingga membutuhkan pendampingan selama menonton televisi (Baca: Kesalahan yang Sering dilakukan Orang Tua dalam Mendidik Anak). Hal ini diperlukan untuk menjelaskan apa yang mereka lihat bukan hal sesungguhnya.

Dampak negatif lainnya tentu saja kekhawatiran anak-anak kecanduan televisi. Dimana mereka tidak bisa meninggalkan televisi. Lebih banyak kegiatan dilakukan di depan televisi. Mulai dari makan, ganti baju, belajar, mengerjakan PR dan sebagainya. Sering berada di depan televisi juga dikhawatirkan berpengaruh terhadap kesehatan mereka. Anak-anak jadi kurang aktifitas fisik, sosialisasi mereka pun juga semakin berkurang.

Nah, untuk itulah ada beberapa Cara Mencegah Anak-Anak Kecanduan Menonton Televisi yang bisa dilakukan, yaitu :

1. Selalu dampingi anak-anak saat menonton televisi. Jika terpaksa meninggalkan anak-anak di depan televisi, pilihkan acara yang memang cocok untuk anak-anak.

2. Jika anak-anak sudah bisa diajak berkomunikasi, ajak mereka untuk membuat kesepakatan. Misalnya jam berapa saja mereka bisa menonton televisi, acara apa saja yang boleh ditonton, dan sebagainya. Ajak seluruh anggota keluarga menyepakati dan melakukan kesepakatan tersebut.

3. Jangan letakkan televisi di kamar anak-anak. Televisi sebaiknya diletakkan di ruang keluarga sehingga bisa mengontrol acara apa yang sedang dilihat.

4. Berikan alternatif kegiatan lain yang disukai. Misalnya suka menggambar, Anda bisa membelikannya buku gambar, buku mewarnai, pensil warna baru dan lainnya yang membuat mereka tertarik untuk beralih dari televisi.

5. Ajak anak melakukan kegiatan fisik bersama. Misalnya bersepeda, jalan-jalan, dan sebagainya. Aktifitas ini juga bisa membuat mereka bertemu dengan banyak orang dan belajar keramahan maupun bersosialisasi dengan orang lain.

Untuk mencegah anak-anak terkena dampak buruk dari televisi memang diperlukan kerja keras dari semua. Meminta stasiun televisi untuk mengganti acara menjadi acara televisi yang mendidik tentu hal sulit. Alhasil agar anak tidak terkena dampak negatif dari acara televisi maka orang tua lah yang bisa membentengi anak-anak dari tontonan yang tidak perlu. Cara Mencegah Anak-Anak Kecanduan Menonton Televisi juga dipengaruhi bagaimana komunikasi orang tua dengan anak sehingga anak-anak pun tidak akan merasa kurang kasih sayang atau kurang perhatian. Baca juga Mengenal Manfaat Musik untuk Kesehatan
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

18 comments:

  1. Cocok banget buat anak-anak yang kecanduan nonotn TV, makasih udah sharing

    ReplyDelete
  2. Betul setidaknya cara ini bisa mengurangi kecanduan mereka dalam menonton televisi yang perlu diwaspadai itu kartun dan sinetron karena ga semua mendidik kebanyakannya menghibur.

    ReplyDelete
  3. Anak2 jaman sekarang kalo ngak nonton TV yaa main gadget.

    ReplyDelete
  4. udah pasti tivinya didahuluin dari pada buku sekolah,,,hehe

    ReplyDelete
  5. Kalau pas saya sedang dirumah, saya suka matikan tuh televisinya dari aliran listrik yang kekamar anak saya, biar anak - anak saya mengaji, ngerjakan PR, makan dulu setelah semuannya beres baru saya, dirumah saya kan itu setrum listrik untuk TV saya pisah,biar saya bisa matikan langsung tak gembok dari panelnya, tapi kalau tidak ada saya ibunya suka ngasih juga, sama aja bohong ya master hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga tuh mang triknya. saya ikut terapkan untuk anak saya ya mang :)

      Delete
    2. wah! tips nya oke ni pak :) dan memang perlu kerjasama seluruh anggota keluarga :)

      Delete
  6. Sebenarnya ini kekhawatiran besar bagi saya,mungkin bagi orang tua lain yang mengalami hal seperti saya.Saya tidak bisa 24 jam mengawasi anak saya,mendampingi ketika menonton acara televisi juga tidak bisa selalu saya lakukan,Terimaksih atas tips nya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. untuk waktu tertentu sebaiknya anak diberi pengertian ttg batasan berapa lama nonton tv agar lebih mudah diatur pembagian waktunya dengan belajar

    ReplyDelete
  8. Kebanyakan orangtua malah nyetelin tv biar anaknya diem.. Padahal nonton tv terus kan ngga bagus ya, Mbak. Caranya oke nih buat ngilangin candu nonton tv

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, orang tua mau gak mau harus peduli :)

      Delete
  9. ternyata bukan nikotin aja yang bisa kecanduan ya, nonton tv juga bisa kecanduan hehe..

    ReplyDelete