Tuesday, April 29, 2014

Mengenal Manfaat Musik untuk Kesehatan

Mengenal Manfaat Musik untuk Kesehatan sebaiknya perlu diketahui. Setidaknya kita tidak hanya sekedar mendengarkan namun juga memperoleh manfaatnya. Secara tidak sadar, kita sering mengikuti irama musik yang terdengar. Saat musik berirama cepat misalnya musik rock secara tidak sadar kita pun menggerakkan anggota tubuh kita sesuai irama.

Mungkin saat menonton film horror, musik yang mengiringi adegan seram semakin membuat merinding, kaget bahkan ketakutan. Sedangkan saat mendengarkan musik sedih, tidak jarang bisa membuat kita larut dan ikut bersedih. Itulah sebabnya jika Anda sedang galau, patah hati sebaiknya  jangan mendengarkan musik-musik dengan irama sedih, lyrik galau karena hanya akan semakin membuat sedih padahal Anda harus segera move on!
Mengenal Manfaat Musik untuk Kesehatan
image by gramediamajalah.com
Memilih musik yang tepat bisa memberikan manfaat untuk Anda. Bahkan musik juga dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan anak ketika diperdengarkan sejak masih dalam kandungan. Ada baiknya kita Mengenal Manfaat Musik untuk Kesehatan beberapa diantaranya :

1. Mampu meningkatkan gelombang otak.
Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwasanya musik dengan irama cepat ternyata mampu meningkatkan gelombang otak. Musik irama dan tempo cepat bisa meningkatkan konsentrasi dan ketajaman pikiran. Sementara itu musik dengan tempo rendah bisa memberikan ketenangan dan efek menyembuhkan. Musik disebutkan juga memberikan manfaat dalam jangka panjang.

2. Memberikan manfaat bagi jantung dan irama nafas.
Musik yang tenang bisa memberikan manfaat positif bagi jantang karena bisa membuat detak jantung lebih nyaman. Tidak heran jika kemudian berkembang terapi musik untuk mencegah stres bertambah parah.

3. Meningkatkan Perasaan Positif
Musik bisa mengurangi bahkan mengusir depresi dan rasa cemas berlebihan. Sehingga meningkatkan perasaan positif dalam pikiran. Tidak sedikit orang yang kemudian hanya dengan mendengarkan musik bisa lebih kreatif dan optimis saat bekerja atau menjalani hidupnya.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat musik juga dipercaya meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu juga bisa menurunkan rekanan darah dan mengurangi ketegangan pada otot.

Nah, jika suka mendengarkan musik maka tidak perlu ragu untuk selalu mendengarkannya dalam berbagai kesempatan. Anda bisa menyiapkan deretan lagu khusus yang mungkin bisa membuat lebih tenang atau justru bersemangat. Toh, ada banyak jenis musik yang bisa didengarkan. Musik klasik, musik jazz, pop, dangdut, melayu, rock, dan sebagainya. Apalagi saat ini sudah semakin mudah memperoleh musik atau lagu dengan gratis. Ada yang legal, ada pula yang ilegal. Anda sendiri yang menentukan memilih musik yang diinginkan. Untuk mendengarkan musik pun bisa melalui telepon seluler, alat pemutar musik seperti MP3 yang bisa dibawa kemana-mana dan sebagainya. Alhasil perlu kiranya untuk Mengenal Manfaat Musik untuk Kesehatan sehingga Anda bisa benar-benar merasakan khasiatnya untuk kesehatan jiwa maupun raga.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

22 comments:

  1. Kebetulan nih saya suka musik, terutama musik klasik

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengernya malam2 mas, pas banget :D

      Delete
  2. musik emg ibarat magnet yang bisa menarik orang ikut dalam iramanya ,,,,, ehehe selamat siang mba diank .... :)

    ReplyDelete
  3. saya suka sekali nih dengar musik mbak, setiap hari headset lengket terus nih di telinga.
    thanks mbak wawasannya :)

    ReplyDelete
  4. wah ternyata musik juga berpengaruh baik pada kesehatan ya. terima kasih infonya..

    ReplyDelete
  5. Wah saya harus lebih banyak dengar musik nih Mbak biar tambah sehat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ingat makan, olahraga dan istirahat jg mas :D

      Delete
  6. ternyata musik bisa bermanfaat juga ya :D

    ReplyDelete
  7. wah bermanfaat juga ya,, baru tahu say teh,,hhe

    ReplyDelete
  8. owh ternyata ada efeknya juga ya mendengarkan musik,,_
    saya biasanya mendengarkan point 1 mbak,,_

    salam :
    moses bandwidth-lukisan hati

    ReplyDelete
  9. yang pasti musik sangat ampuh untuk meningkatkan kembali mood kita :-)

    ReplyDelete
  10. Biasanya bikin rileks trus bikin mood membaik, Mbak.. :D

    ReplyDelete
  11. Jika ditelusuri secara religius (bukannya sok alim ya mbak) saya lebih cenderung untuk mengenalkan alquran yang terbukti kebenarannya mengenai kesehatan dari pada musik.

    ReplyDelete
  12. Ternyata musik itu banyak Manfaatnya ya master, untung saya senag musik, sampai - sampai tiap hari uplod vidio di Youtube hehehe

    ReplyDelete
  13. wah ternyata musik juga banyak manfaatnya buat kesehatan ya mbak.. setahu saya hanya untuk hiburan dan untuk menghilangkan setres saja hehehehe

    ReplyDelete
  14. saya suka banget ma mausik sambil online atau ngeblog pasti denger musik hehehe

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete