Thursday, May 22, 2014

Cara Memasang Url Posting Sebelumnya ke Dalam Posting Baru

Bagaimana Cara Memasang Url Posting Sebelumnya ke Dalam Posting Baru? Ini merupakan tutorial dasar untuk pemula blogging. Saya membuat tutorial ini untuk membantu sahabat-sahabat blogger yang baru saja bergabung dengan dunia blogging, dan masih bingung untuk Membuat Link Teks Pada Artikel di Blog. Link teks model ini biasanya dinamakan Internal Link, artinya link halaman posting lain dalam satu blog yang disisipkan dalam sebuah posting.

Apa sih manfaat dari pemasangan Link Internal? Pastinya sangat banyak, antara lain adalah (i) Bisa memberikan referensi bacaan kepada pengunjung, (ii) Bisa meningkatkan minat baca pengunjung, sehingga pengunjung saat datang ke blog kita, tidak hanya buka satu halaman posting saja, melainkan akan membaca berpuluh-puluh postingan, (iii) Sehingga bisa meningkatkan pageview (jumlah tayangan halaman blog), (iv) Bisa meningkatkan ranking halaman posting di SERP Google (Baca: Search Engine Result Page). Baca juga Cara Meletakkan Keyword didalam Postingan Blog Agar SEO Friendly
Cara Memasang Url Posting Sebelumnya ke Dalam Posting Baru
Image by blog.directorymaximizer.com
Akan sangat disayangkan apabila kita bikin postingan tidak disertai dengan Link Internal, mengingat manfaatnya banyak sekali. Mungkin saja sedikit cukup merepotkan dan menyita waktu kita, tapi kalau kita sudah terbiasa, pasti bisa menikmatinya.

Blogger dan Webmaster yang melek SEO, pasti dalam postingan blog nya selalu disisipi Link Internal. Entah itu hanya 1 buah atau 3 buah. Coba perhatikan blog CaraSeoBali.com. Blog tersebut mendapatkan 30 ribu pengunjung per hari. Nah, visitor nya aja sudah 30 ribu getu, bagaimana dengan jumlah pageview nya? Luar biasa bukan. Baca juga Statistik Traffic Apa yang Paling Akurat?

Tanpa panjang lebar, mari kita intip tutorial Cara Memasang Url Posting Sebelumnya ke Dalam Posting Baru. Berikut adalah uraiannya.
1. Silahkan buat posting / entri baru di blog anda

2. Setelah artikel sudah selesai anda buat, silahkan cari postingan sebelumnya yang relevan dengan topik artikel baru anda.

3. Silahkan buka posting yang relevan tersebut dan ambil url postingan nya (permanent link) di Address Bar Browser anda.

4. Silahkan buat tulisan dengan Anchor Text yang jelas pada artikel baru anda. Kalau bisa sama persis dengan judul posting sebelumnya.

Contoh Anhor Text yang Jelas: Cara Bikin Nasi Goreng
Contoh Anchor Text yang Kurang Jelas: Klik Disini

5. Silahkan block tulisan Anchor Text tersebut. Dan kemudian klik menu Link. Perhatikan screenshot dibawah ini.
Cara Membuat Link Teks Pada Postingan Blog
6. Silahkan isi form berikut ini.

Cara Bikin Internal Link yang SEO Friendly
Keterangan:
Nomor 1 adalah Anchor Text atau tulisan link yang ditampilkan di dalam postingan
Nomor 2 silahkan masukkan url posting sebelumnya
Nomor 3 adalah atribut target blank, artinya apabila link tersebut di klik maka akan membuka tab baru di browser anda. Silahkan dicentang
Nomor 4 adalah atribut no follow, atribut ini biasanya digunakan apabila kita menyisipkan link eksternal, bukan link internal. Misal: sumber artikel, dll

Setelah itu, silahkan klik tombol OK

7. Berikut adalah contoh Internal Link yang sudah saya buat
Contoh Link Internal di dalam Postingan
Itulah sedikit informasi yang bisa saya share untuk anda tentang Cara Memasang Url Posting Sebelumnya ke Dalam Posting Baru. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di Blog Dicintai.com tentang Apa Saja Kriteria Blog yang Diterima Google AdSense?
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

12 comments:

  1. ihhihi PERTAMAXX :D
    btw caranya gampang juga ya :D

    ReplyDelete
  2. wah... lengkap sekali penjelasannya bos, sepertinya saya ada yang salah nih, edit dulu ah....

    ReplyDelete
  3. internal link emang sangat penting peranannya untuk ningkatin pageview terutama yang masih berhubungan dengan postingan, ada berbagaimacam gaya dan model masang internal link nya ya, ada dengangaia seperti yang ada di blog ini, ada juga yang ditempelin pada kalimat yang disambungkan, dan kalimat yang dipaksakan supaya ng'link....pokoknya tujuannya mah sama lah yah...:p

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas tipsnya mbak, dengan memasang url posting sebelmnya tentu akan meningkatkan trafik artikel blog kita ya.

    ReplyDelete
  5. untuk link download saya masih menggunakan kata 'di sini'. maksudnya biar nggak kepanjangan.
    kalau seperti itu gimana mbak :?

    ReplyDelete
  6. terima kasih mbak atas tutorialnya dan saya tunggu kunbalnya

    ReplyDelete
  7. Yeee.. Caranya uda beneeeer.. :D
    Tapi kadang-kadang lupa Rin, ngga pake link internal. Heheh..

    ReplyDelete
  8. keren nih tutornya mbak jd bisa ngingetin saya,saya biasanya kelupaan ngasih internal link

    ReplyDelete
  9. terima kasih mbak udah mengingatkan

    ReplyDelete
  10. sukses buat mbak ririn dan teman2 admin lainnya ..... :)

    ReplyDelete