Thursday, April 24, 2014

Statistik Traffic Apa yang Paling Akurat?

Statistik Traffic Apa yang Paling Akurat? - Seperti kita ketahui bersama bahwa untuk mengetahui traffic blog (jumlah pengunjung dan jumlah pageview blog) itu bisa menggunakan tools apa saja. Namun, tidak semua tools bisa akurat hasilnya. Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan Statistik Traffic di Dashboard Blogger kita. Yupz, karena kita bisa mengeceknya setiap saat tanpa log in ke situs lain dan memang sudah bawaan dari Blogger nya sudah ada hehe :D

Apabila traffic blog bagi anda cukup penting, maka sudah menjadi keharusan agar anda bisa mengoptimalkan blog anda agar bisa rame pengunjung ribuan per hari. Caranya bagaiaman? Sejauh ini cara yang paling tepat untuk meningkatkan traffic blog yakni dengan cara mengaplikasikan teknik seo yang benar ke dalam blog baik secara on page ataupun off page. Karena sumber traffic utama adalah search engine, terutama Google. Baca juga Apa Saja Kriteria Blog yang Diterima Google AdSense?

Terlebih lagi jika anda ingin mengeruk uang dari blog, traffic merupaka indikator penting yang harus diperhatikan. Semakin tinggi traffic blog kita, maka penghasilan yang akan kita peroleh juga besar nantinya. Adalah langka sekali traffic blog rendah bisa mendapatkan uang banyak :D

Apabila anda memanfaatkan media blog untuk mendapatkan penghasilan dengan metode pemasangan iklan mandiri (direct advertiser) tentu syarat utama nya adalah traffic blog. Mereka yang dalam hal ini adalah advertiser sebagian besar ingin tahu traffic blog. Biasanya yang digunakan untuk mengetahui traffic blog secara realtime adalah traffic Histats. Kenapa Histats? Karena traffic blog bisa dilihat secara publik dan juga lebih akurat. Kalau Google Analytic dan Statistik Dashboard Blogger kan nggak bisa dilihat secara publik. Artinya traffic blog hanya bisa dilihat oleh pemilik blog saja.

Kembali ke topik bahasan, Statistik Traffic Apa yang Paling Akurat? Saya tidak akan menulis panjang lebar. Namun, biarlah gambar yang berbicara hehe :D Berikut adalah sekilas perbandingan antara Statistik Dashboard Blogger, Statistik Histats, dan Statistik Google Analytic untuk Ririn's Blog. Screenshot tersebut saya ambil pada tanggal 21 April 2014. Baca juga ya Cara Pasang Tombol Share Facebook Twitter Google+ di Blog

Statistik Traffic Dashboard Blogger adalah 2.795 pageview
Statistik Traffic Dashboard Blogger

Statistik Traffic Histats adalah 750 pageview
Statistik Traffic Histats

Statistik Google Analytic adalah 746 pageview
Statistik Traffic Apa yang Paling Akurat?

Dari screenshot diatas sudah jelas bahwa statistik dari Dashboard Blogger sangat tinggi, yakni 2.795 pageview. Sedangkan untuk Histats dan Google Analytic cenderung sama hasilnya yakni 750 pageview. Lalu mana yang akurat? Kalau menurut saya pribadi yang paling akurat adalah statistik dari Google Analytic dan Histas. Karena kedua tools tersebut mengabaikan atau tidak menghitung sumber traffic yang berasal dari bots. Sedangkan dari Statistik Dashboard Blogger itu semua pengunjung dihitung baik yang berkunjung itu manusia ataupun bots.

Demikian informasi yang bisa saya hsare untuk anda tentang Statistik Traffic Apa yang Paling Akurat? Ini hanya opini pribadi semoga banyak benarnya hehehe :D Kalau menurut anda bagaimana? Jangan ragu untuk mengemukakan pendapat melalui kotak komentar. Jangan lupa baca juga ya Cara Memilih Niche Terbaik untuk Blog Anda
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

49 komentar:

  1. saya juga nggunain hitstats mbak yang menurutku juga paling akurat.kayak penjelasan mbak eka yaitu sebanding atau hampir sama dengan google analytic,alhamdulillah advertising udah mau melirik blog saya dan berkenan memasang iklan

    ReplyDelete
  2. oh ternyata begitu ya mba :D mantap info'a

    ReplyDelete
  3. Wow.. Ngeri ah liat jumlah kunjungannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah biasa aja kok kak, masih ada blog-blog lain yang lebih tinggi traffic nya :D

      Delete
  4. Menyimak, mencoba menelaah ditengah kondisi statistik blog sy yang selalu rendah heheheheee thanks tuk postingannya :)

    ReplyDelete
  5. Google Analitik emang akurat 100% ya mba, tapi sayangnya hanya pemilik blog saja yg bisa ngelihatnya.

    ReplyDelete
  6. sebenarnya saya tidak mengerti ,bagaimana cara Histat untuk menghitung visitor ke blog kita,tapi dihampir semua blog pasti dipasang ,ahirnya saya juga ikut pasang juga,karena menurut para master blogger termasuk mbak Ririn katanya akurat,,,Terimakasih mbak Ririn....

    ReplyDelete
  7. Statistik blog saya masih rendah nih Mbak
    Perlu belajar trik ini saya coba nih makasih Mbak

    ReplyDelete
  8. histas dan analytic pasti selalu terpasang di blog saya mbak,karena selain memudahkan kita dalam mengupdate semua opening halaman yang ada pada blog.

    ReplyDelete
  9. izin nyimak infonya ya mbak , , ,

    ReplyDelete
  10. Oh bgt rupanya, makasih infonya, nice artikel..

    ReplyDelete
  11. saya masih kalah trafiknya, harus tambah semangat lagi nih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini bukan soal kalah menang mas :D tapi hanya sebagai contoh saja traffic diatas :D

      Delete
  12. ternyata setelah dicek pakai cara diatas 'masih' sedikit banget mbak,,_
    hehe.

    ReplyDelete
  13. Simak dan baca kemabli Mbak artikelnya
    agar saya lebih paham dengan traffic blog
    Maksih atas berbaginya salam sukses selalu

    ReplyDelete
  14. mungkin karena dasbor blogger juga mencatat lalu lintas kita sendiri jadi statistiknya menjadi lebih besar.
    betul nggak sih :?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, selain itu juga mencatat traffic dari bots kang. Coba cek rul referer pasti ada vampirestats.com ada adsensewatchdog.com dll :)

      Delete
    2. iya betul mbak. kedua situs itu selalu ada

      Delete
  15. kalo ane pakek google analityk, sedangkan histatus g pakek krn sesuatu :D xixixixi,mksh mbak infonya membantu ane yang baru belajar ngeblog ini.

    ReplyDelete
  16. wah iya nih mbak.. menurut saya juga sama seperti mbak ririn.. hitstat dan google analytic.. kalau dasbor blogger tidak terlalu akurat. saya juga sudah membuktikanya sendiri mbak hehehehe

    ReplyDelete
  17. weh weh kok bisa gitu ya mbak,,, jadi yang baiknya yang mana atuh,,, saya teh pusing nih,,hehehe

    ReplyDelete
  18. ternyata begitu ya mbak, terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  19. wah jadi tau nih Mbak, saya juga kadang melihat seperti itu Mbak, perbedaannya sangat signifikan antara dasbor ma histats, tapi saya jarang liat google analityc nya, makasih nih infonya Mbak :)

    ReplyDelete
  20. Menurut saya ada lebih akurat dari keduanya, insya Allah segera saya membahas sebagai alternatif dari keduanya.

    Makasih mbak.

    ReplyDelete
  21. wah... ternyata statstik bloger kurang akurat yia bos, padahal selama ini saya sudah percaya, hmm...

    ReplyDelete
  22. Saya pribadi lebih menggunakan google analytics. Kita bisa banyak mengeksplor data dari sana, apalagi saya cuma pengguna gratis.
    Great post Mbak Ririn.

    ReplyDelete
  23. kalo saya lebih mengandalkan hitstats mbak :)

    ReplyDelete
  24. Kalau saya sih, ketiganya mbak
    tapi masalah traffiknya jeblok
    hehehe


    baru mampir lagi mbak

    ReplyDelete
  25. Aku juga pakai histats, tapi sayangnya belum punya keberuntungan dengan traffic tinggi, he he...

    ReplyDelete
  26. Ternyata Google Analytics sama Histats ya Mbak yang lebih efektif.
    padahal udh senang bgt pas liat Traffic Dashboard Blogger karena tinggi banget...hehhe
    mksh ya mbak infonya...

    ReplyDelete
  27. kalo menurut opini saya yang nyubi histats mengabaikan atau tidak menghitung sumber traffic yang berasal dari hand phone yang pake aplikasi opera mini

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh begitu ya mas, saya malah baru tahu nih. thanks atas tambahannnya ya ;)

      Delete
  28. Ane baru tau kalau statistik di Google Analytics lebih baik. Mungkin memang benar sih, soalnya statistik di GA itu kecil banget, mungkin itu dikarenakan orang yang mengunjungi blog kita adalah kita sendiri, makanya di GA gak kehitung.

    ReplyDelete
  29. saya kurang tahu mas, tapi kadang tayangan kita sendiri juga dihitung kok :)

    ReplyDelete
  30. Sudah Saya Cek Di Histast Pageview Nya Beda Tipis Sama Dashboard Blogger Saya Hehe :)

    ReplyDelete
  31. Satu lagi artikel yang menarik dan bermanfaat untuk para blogger. Trims. Jika berkenan, sekali tempo mampirlah ke www.balisaja.com

    ReplyDelete
  32. bukannya kalau yang di analytic itu yang dilihat cuma jumlah pengunjung (UV) kalau di dashboard blogger itu jumlah halaman (pegeviews) jadi kalau ada visitor yang skaligus buka 10 halaman maka di count 10 pageviews.., tapi memang yang lebih akurat dan cukup terpercaya adalah di analytic karena sesuai ama yang di adsense.. :)

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Fungsi bot itu sendiri untuk apa ya?

    ReplyDelete