Saturday, April 5, 2014

Cara Memilih Niche Terbaik untuk Blog Anda

Ketika kita akan membuat sebuah blog personal baik itu dari Blogger, WordPress, ataupun Blog Premium, kita dihadapkan pada suatu pilihan yang cukup sulit. Pilihan yang cukup sulit tersebut diantaranya adalah niche blog. What is neche? niche blog merupakan topik atau tema sebuah blog yang memfokuskan diri pada hal-hal yang spesifik. Itu artinya blog yang kita buat hanya membahas hal-hal tertentu saja sesuai dengan nama blog kita. Misalnya blog ber-niche "Blog Pendidikan", berarti didalam blog tersebut hanya membahas tentang pendidikan saja, dan tidak membahas hal-hal yang lain.

Kenapa niche blog itu penting bagi sebuah blog? Jawabanya adalah blog yang mempunyai niche spesifik akan terlihat profesional dan lebih bonafide dibandingkan dengan blog gado-gado yang isinya berupa artikel campur aduk. Selain itu, blog yang mempunyai niche spesifik mempunyai kesempatan yang tinggi untuk diterima menjadi Publisher Google AdSense. Silahkan baca Tips Agar di Approve Google AdSense.
Bagaimana Cara Memilih Niche Terbaik untuk Blog, Tips Memilih Niche Yang Potensial dan Punya Prospek Bagus
Image by kupas-ampas.blogspot.com
Eksistensi niche mempunyai peranan yang cukup penting bagi keberlangsungan dan keberlanjutan dalam mengelola blog. Oleh karena itu, kita tidak boleh asal-asalan dalam memilah dan memilih niche apa yang hendak kita gunakan untuk blog yang akan kita buat. Apabila anda belum mempunyai blog, ada baiknya anda membaca tutorial tentang Cara Bikin Blog Pribadi di Blogger Sendiri yang sudah saya jelaskan beberapa waktu yang lalu.

Berbekal dari alasan tersebut diatas, saya menjadi tertarik untuk memberikan Tips Memilih Niche Blog yang Baik dan Benar. Tujuannya adalah supaya anda tidak keliru dalam memilih niche yang akan digunakan untuk blog anda. Berikut merupakan point-point penting yang harus anda perhatikan ketika akan memilih niche blog.

Cara Memilih Niche Terbaik untuk Blog Anda

1. Sesuaikan dengan Minat, Bakat, dan Hobby
Blog yang berisi konten tentang hal-hal yang kita cintai, tentu kita tidak akan pernah bosan untuk selalu mengelolanya secara terus-menerus. Biasanya hal yang kita cintai tersebut berupa minat, bakat, dan hobby yang melekat dalam diri kita. Kita bisa enjoy menuangkan ide, gagasan, dan pemikiran kita dalam bentuk tulisan kedalam sebuah blog. Biasanya niche blog yang sesuai dengan minat, bakat, dan hobby kita itu akan bertahan lama dan terjamin eksistensinya, karena kita tidak mudah bosan dengan blog tersebut.

Untuk menuangkan ide-pun rasanya tidak begitu sulit apabila blog kita sesuai dengan minat kita. Beda halnya jika kita memilih niche yang tidak sesuai dengan minat dan kesukaan kita. Bisa dipastikan kita akan kesulitan dalam menulis artikel dan mengelola blog tersebut secara kontinyu. Baca juga Cara Membuat Contact Form di Blog.

2. Sesuaikan dengan Bidang Keahlian Anda
Apabila anda seorang pakar atau ahli dalam bidang tertentu, tidak ada salahnya apabila anda memilih niche blog yang akan anda buat sesuai dengan bidang keahlian anda. Hal tersebut malah sangat dianjurkan, karena apa yang anda tulis dalam blog tersebut bisa dipertanggung jawabkan keabsahannya, dibandingkan dengan blog yang dikelola oleh bukan ahlinya.

Misalnya anda seorang tenaga kesehatan/praktisi kesehatan. Anda bisa membuat blog yang membahas seputar kesehatan dalam blog anda. Dengan begitu blog anda ber-niche "Kesehatan" yang mana konten yang disajikan hanya seputar kesehatan, bukan yang lain.

3. Sesuaikan dengan Tujuan dari Pembuatan Blog
Setiap orang tentu mempunyai tujuan yang tidak sama dalam membuat blog. Banyak diantara kita membuat blog untuk tujuan mencari uang/penghasilan tambahan. Ada juga diantara kita membuat blog hanya menyalurkan hobby tulis-menulis. Bahkan ada juga yang membuat blog hanya sekedar mencari teman, dan masih banyak lagi. Apapun bentuk tujuan anda dalam membuat dan mengelola blog itu tidak menjadi masalah, asalkan dibarengi dengan niat dan i'tikad yang baik, pasti akan bermanfaat untuk diri anda dan orang lain. Baca juga Cara Mengelola Blog yang Baik dan Benar.

4. Pilih Niche yang Mempunyai Prospek Bagus
Point ini berkaitan erat dengan tujuan pembuatan blog untuk mencari uang. Hal tersebut memang bukan suatu hal yang baru, karena sudah menjadi hal yang lumrah dan umum diantara kita dalam membuat blog. Niche yang mempunyai prospek/masa depan yang bagus adalah topik blog yang bisa bertahan lama eksistensinya (tidak musiman saja). Selain itu, niche tersebut mempunyai nilai kemanfaatan yang tinggi bagi pengunjung dan administrator blog.

5. Pilih Niche yang Mempunyai Persaingan Sedikit
Point ini juga berkaitan erat dengan tujuan pembuatan blog untuk mencari penghasilan tambahan. Memang, blog yang dimanfaatkan untuk mencari uang, salah satu aspek penting yang sangat berpengaruh adalah dari segi trafik/lalu lintas blog. Semakin tinggi trafik blog, semakin besar pula penghasilan yang akan kita peroleh dari blog kita.

Tentu persaingan yang sedikit tersebut juga banyak dicari oleh orang banyak. Sehingga asumsinya bahwa visitor yang akan mengunjungi blog kita besar. Dari situlah mengapa kita perlu untuk memilih niche yang mempunyai persaingan sedikit, namun banyak dicari orang.

6. Mulai Blogging dan Tetap Konsisten pada Niche Blog Anda
Point yang terakhir ini dilakukan apabila anda sudah tepat dalam memilih niche blog. Silahkan mulai blogging dengan menyajikan konten yang berguna dan bermanfaat bagi pengunjung. Silahkan buat artikel yang berkualitas dan unik. Dan yang terakhir adalah tetap konsisten pada niche blog anda. Selamat blogging dan semoga sukses.

Demikian Cara Memilih Niche Terbaik untuk Blog Anda yang dapat saya informasikan untuk anda sekalian. Semoga dapat memberikan cakrawala baru tentang makna dan arti penting sebuah niche. Harapan saya semoga anda tidak salah pilih dalam memilih niche blog anda. Terimakasih atas perhatiannya. Jangan sampai ketinggalan update terbaru dari Blog Dicintai.com tentang Tips Menulis Artikel Bahasa Indonesia di Blog.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

51 comments:

  1. Betul sekali Mba, niche sangat penting untuk sebuah blog. Pembahasan bisa lebih terarah dan fokus, tidak amburadul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Terimakasih banyak mas atas apresiasinya :)

    ReplyDelete
  3. Terimakasih atas infonya neng, ne saya juga baru belajar n baru terjun juga ke dunia adsense, o ya mau tanya ne, kalo seandainya kita sudah membuat niche blog untuk adsense kemudian kita monetisasi dengan infolinks juga (adsense + infolinks) apa ada dampak negativenya dengan akun adsense kita nantinya. (Mohon bimbingannya bwt Newbie)
    Terimakasih untuk sharenya n maju terus !....

    ReplyDelete
  4. Sebenarnya tidak apa-apa pak di blog ada dua iklan atau lebih, misal adsense dengan infolink, adsense dengan kliksaya, dan lain-lain. Tapi menurut saya itu tidak efektif. pengunjung lebih suka adsense dibandingkan yang lain.

    Saran saya mending satu saja cukup. AdSense saja sudah lebih dari cukup. Iklan yang dipasang di blog juga jangan banyak-banyak. Cukup 1 unit iklan atau 2 unit iklan saja. Menurut saya itu jauh lebih efektif dari pada anda memaksimalkan iklan yakni semua unit dipasang semua.

    Mungkin itu saran dari saya pak. Thanks sudah mau mampir kesini dan sharing :)

    ReplyDelete
  5. sangat bermanfaat :) blogwalking :)

    ReplyDelete
  6. seepp...setuju mbak ririn.
    Tapi saya jadi minder, apakah niche blog saya mempunyai prospek yang cerah ...

    ReplyDelete
  7. Optimisme terkadang juga penting mas. Cerah tidaknya blog kita dimasa yang akan datang, itu tergantung dari kita masing-masing dalam mengelolanya. Kalau kita bisa mengelola blog dengan baik dan benar serta konsisten, bisa dipastikan prospek blog kita bisa cerah. Apapun niche blog kita, asal itu konsisten terhadap niche tersebut, pasti lama-kelamaan akan membuahkan hasil yang optimal. Thanks mas atas kunjungannya :)

    ReplyDelete
  8. soal nice, saya memilih nice yang saya bisa aja mbk. msalahnya kalau kita tidak bisa tidak akan nice. hehe terima kasih tipsnya..

    ReplyDelete
  9. niche blog tu membosankan ya mba.
    mending juga gado-gado. enak mba rasanya..
    tapi emang sih, niche blog tu emang hebat dalam hal SEO atau Posisi di Search Engine Google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong blog saya juga gado-gado :)
      Ada yang bilang blog gado-gado melanggar TOS Blogger yang berujung dihapus Google. Benar enggak ya Mbak?

      Delete
    2. Nggak benar itu mas. TOS Blogger nggak bilang seperti itu kok. Coba cek di url ini http://www.blogger.com/content.g?hl=id

      Delete
    3. Terimakasih banyaaaak atas link-nya ya Mbak, saya pelajari lagi biar lebih memantapkan hati. :)

      Delete
  10. Ohh, jadi seperti itu ya mbaa..
    Tapi kalo memilih nice blogging itu selalu ada kendala pada kebosanan :D

    ReplyDelete
  11. Kalau niche blog itu dijadikan blog kedua yang fokus ttg ponsel.

    Kalau adamsains memang gado-gado sesuai dengan keahlian dalam banyak bidang. Itung-itung membangun image.

    Makasih mbak masukannya

    ReplyDelete
  12. Wah saya sudah terlanjur gado gado mbak . Tapi untuk mengatasi kesulitan saya dalam membuat post. Jadi saya lebih memilih gado gado aja deh.?

    ReplyDelete
  13. Rin, aku terlalu banyak hobi jadinya dicampur semuaaa.. Wakakakkkk.. :D
    Tapi emang penting ya niche blog ini, dulu diajarinnya juga mesti gitu sih. Pelan-pelan deh dicoba. Makasih infonya yaaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak harus alon-alon, sing penting kelakon hehe :D

      Delete
  14. mungkin kalau harus memilih niche blognya itu harus sesuai kemapuan ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semampu nya saja, nggak perlu dipaksakan. Kalau menurut saya sih niche atau bukan niche itu tergantung selera individu masing-masing. Kebetulan blog saya juga blog gado-gado, soalnya kefefet hehehe Tapi sebenarnya saya lebih suka blog niche :)

      Delete
  15. Nah niche ini yg nggak kpikiran sejak awal ngeblog...jadinya campur adud

    ReplyDelete
  16. saya sukanya makan gado-gado Mbak makanya blognya juga jadi blog gado-gado :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya nggak begitu suka sama gado-gado, tapi kalau pecel saya suka :D

      Delete
  17. Dulu pngn buat yg khusus, sering bingung cari bahan postingan akhirnya gado2 aj Mbak, hehehe...

    ReplyDelete
  18. iya mbak, dengan membuat blog berdasarkan niche tertentu akan lebih memperlihatkan profesionalitas kita dalam membahas atau membuat artikel untuk blog niche tersebut, tapi yang sering jadi kendala adalah menulis postingannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kendala nya memang ada pada ide postingan, tapi kalau kita kreatif, pasti bisa :)

      Delete
  19. blog saya amburadul isinya bos, susah nentuin niche bos, hehehe....

    ReplyDelete
  20. Sepertinya hampir semua niche terpilih mempunyai banyak persaingan mbak Ririn. Dalam pengamatan Uda, niche pendidikan pun sudah semakin ketat persaingan. Barangkali, kepiawaian mencari kata kunci yang memberi peluang untuk mendapatkan pengunjung. Dan itu salah satunya Uda pelajari dari cara mbak menulis artikel. Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, memang cukup tinggi tingkat kompetisi niche pendidikan, yang penting kita berusaha terus mas :)

      Delete
  21. Kadang suka pengen bikin blog dengan niche khusus, beda sama blog pribadiku yg isinya gado-gado itu. Tapi mungkin kurang niat sih, jadinya rencana itu nggak jadi-jadi, haha....

    ReplyDelete
  22. mungkin terasa lebih mudah posting ya mbak, blog yang spesifik bahasannya dan ditekuni sesuai keahlian kita, sepertinya blog-blog niche tersebut alexanya jg cepat ramping

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pastinya lebih profesional mas, dan topik yang dibahas dalam blog jadi ter-arah :)

      Delete
  23. sy pernah sempet punya impian..kalo udah tamat sekolah..pingin jd peliput berita...karena gak kesampean..
    lewat media blog...deh jd pelampiasannya..hehe
    namun karena emang dasarnya...kurang pengetahuan dan pendirian..jadi super gado2 juga deh jadinya..

    tapi memang benar apa yg udah seperti mbak Ririn sampaikan diatas...dan sy dapet sekantong ilmu lagi jadibya..
    trima kasih ya mbsk Rin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh semacam wartawan / jurnalis getu ya mas. Luar biasa deh kalau begitu. Bisa dikembangkan di blog :)

      Delete
  24. dari pertama buat nice blog saya belom diketahui mbak...

    ReplyDelete
  25. Trik dan cara yang sangat effesien nih Mbak Ririn
    Gak ada salahnya saya coba dan belajar di artikel ini
    Makasih atas berbaginya Mbak Ririn :)

    ReplyDelete
  26. ada dua blog saya yang telah saya pilih niche blognya mbak yaitu aneka ragam makalah dan 7Top ranking. tetapi bagi blog aneka ragam makalah sepertinya musimam, sebab jika musim libur pengunjungnya sepi

    ReplyDelete
  27. Ane paling setuju dengan yang nomor 1 mbak, memilih niche sesuai hobi.

    Karena dengan menulis artikel yang pas dengan hobi kita, maka artikel yang kita tulis nanti pasti memiliki kualitas yang lebih baik. Selain itu, bisa menjadi motivasi tambahan ketika sedang malas ngeblog.

    ReplyDelete
  28. blog saya, semua isinya gado-gado mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nggak apa-apa mbak, yang penting semangat dan konsisten ngeblog nya ;)

      Delete
  29. Pemaparan diatas sungguh benar adanya. Perlu pemikiran yang serius dalam menentukan niche blog agar tidak tersesat nantinya. tentunya harus disesuaikan dengan minat. Namun menurut saya adakalanya sebuah blog tidak harus memiliki niche. Yang terpenting adalah konten dari blog tersebut berkualitas seperti konten-konten yang ada pada dicintai.com. Nice post...

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  31. Hadeeww x_x saya sudah terlanjur gado-gado niih.. Soalnya saya suka sharing apapun yang terlintas di otak saya.

    ReplyDelete