Sunday, March 2, 2014

Cara Mengelola Blog yang Baik dan Benar

Seperti yang kita tahu bahwa mengelola sebuah blog itu tidak mudah agar bisa tetap eksis dan terkenal. Dalam menyajikan informasipun kita tidak boleh asal-asalan, karena tulisan kita pasti dibaca oleh orang lain. Tidak sedikit dari kita yang mengelola blog hanya sebatas part time, namun tetap konsisten dan bahkan mereka bisa sukses. Ada juga mereka yang full time, namun hanya musiman saja atau hanya sesaat saja. Lalu seperti apakah mengelola blog yang baik dan benar?. Memang blog disediakan secara gratis oleh Blogger (Baca: Cara Membuat Blog Pribadi di Blogspot Sendiri) dan WordPress, namun bukan berarti kita seenaknya sendiri dalam mengelolanya. Namun dibutuhkan suatu tanggung jawab agar fasilitas yang mereka berikan untuk kita benar-benar dimanfaatkan secara baik dan benar.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan share informasi tentang tata Cara Mengelola Blog yang Baik dan Benar. Tentu, apa yang saya tulis ini bukan asal-asalan, melainkan hasil pengalaman saya sendiri. Tujuannya adalah agar kita bisa lebih baik dalam mengelola sebuah blog. Berikut merupakan point-point penting yang harus kita perhatikan dan kita lakukan agar bisa sukses dalam blogging.
Cara Mengelola Blog dengan Baik dan Benar
Image by http://sykcbloger.blogspot.com

Cara Mengelola Blog yang Baik dan Benar

1. Konsistensi dalam Menulis
Konsistensi dalam menulis merupakan point yang sangat menentukan keberhasilan dalam mengelola sebuah blog. Kita dianjurkan untuk mempublikasikan artikel di blog minimal satu minggu sekali, dan hal itu kita lakukan secara terus menerus. Minimal satu minggu dua artikel. Misalkan anda mempunyai banyak waktu, anda bisa mempublikasikan artikel setaip hari. Agar update artikel bisa teratur, silahkan dijadwal publikasi artikel secara otomatis. Baca juga Cara Memasang Iklan di Akhir Postingan Blog.

Hal tersebut akan lebih baik hasilnya dibandingkan dengan apabila kita mempublikasikan artikel setiap bulan langsung 50 artikel. Tentu hal diatas sangat mempengaruhi eksistensi laman kita di mesin pencari.

2. Suka dan Gemar Menulis
Blog ibarat buku tulis kosong yang mana memerlukan tulisan dari kita. Apalah artinya kita mempunyai sebuah blog namun kita tidak suka menulis?. Oleh karena itu, kita diharapkan suka dan gemar menulis untuk mengisi ruang kosong yang ada di blog kita.

Tentu, skill menulis tidak muncul begitu saja, namun diperlukan suatu latihan yang terus-menerus dan intensif. Tentunya hal itu kita imbangi dengan banyak-banyak membaca, sehingga kita akan mempunyai pengetahuan baru dan pengalaman baru. Paling-tidak apabila kita sering membaca, dapat menambah segudang kosa kata baru di memori kita. Silahkan pelajari selengkapnya tentang Tips Menulis Artikel.

3. Anti Plagiasi
Plagiasi (copy-paste) merupakan tindakan tidak terpuji. Plagiasi merupakan tindakan mencuri ide, gagasan, pemikiran dan tulisan yang mana eksistensinya sangat merugikan pihak sumber aslinya. Dalam dunia akademik, plagiasi melanggar kode etik ilmiah. Saya rasa hal tersebut juga berlaku di dunia blogging. Pasalnya di internet terdapat media yang menampung pengaduan tentang Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yakni DMCA.

Oleh karena itu, sebaiknya kita hindari tindakan tidak terpuji tersebut, karena akan sangat merugiakan orang lain. Apabla kita ingin mengutip suatu artikel, sebaikanya kita tulis ulang artikel tersebut dengan menggunakan narasi kita sendiri dan gaya bahasa kita sendiri, namun substansinya tetap sama. Itupun kita masih dianjurkan untuk menuliskan sumber aslinya yang berupa link aktif pada akhir artikel postingan. Dengan begitu kita akan terhindar dari praktek plagiasi.

4. Suka dan Gemar Membaca
Aktivitas menulis sangat berkaitan erat dengan aktivitas membaca. Orang yang suka menulis bisa dipastikan ia juga suka membaca. Adalah sangat langka sekali orang yang suka menulis namun tidak suka membaca. Mungkin ada, tapi sangat sedikit jumlahnya.

Untuk menanamkan sikap gemar membaca, itu tidak mudah. Perlu ada treatment tertentu. Treatment yang paling tepat dan sudah saya implementasikan adalah selalu tanamkan rasa ingin tahu ketika kita dihadapkan pada suatu tulisan, baik itu artikel, opini, koran, buku, dan lain-lain. Dengan rasa ingin tahu yang tinggi, maka semangat membaca akan berlangsung efektif tanpa ada suatu paksaan.

5. Selalu Ingin Tahu terhadap Hal-hal Baru
Dalam dunia blogging kita diharapkan untuk menanamkan rasa ingin tahu yang tinggi terhadap hal-hal baru. Apalagi jika blog kita mempunyai niche tentang tutorial blogging, kita diharapakan selalu menginisiasi hal-hal yang inovatif. Dengan begitu apa yang kita sajikan dalam blog akan selalu up to date dan aktual, tidak usang lagi.

Kita mungkin masih ingat betul tentang tata cara mendaftar Google AdSense. Tentu cara mendaftar Google AdSense pada tahun 2013 dengan tahun 2009 itu sangat jauh berbeda. Perkembangan-perkembangan seperti itulah perlu kita ikuti, sehingga kita tidak ketinggalan.

6. Suka Bersosialisasi
Point yang  dirasa cukup penting dalam mengelola blog adalah suka bersosialisasi. Kita kembalikan kepada fitrah Blogger. Blogger diciptakan sebagai media sosial, yang mana memungkinkan penggunanya dapat berinteraksi satu-sama lain. Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya bersosialisasi dengan sesama pengguna blogger? kita bisa melakukan blogwalking mengunjungi blog orang lain dan memberikan komentar pada posting artikelnya. Jangan lupa untuk follow blog mereka. Kita juga diharapkan merespon komentar yang ada di blog kita.

Dengan begitu kita akan lebih dihargai oleh sesama pengguna blogger, dan pastinya kita akan diakui eksistensinya sebagai pengguna blogger. Hal-hal seperti itulah yang merupakan nilai-nilai positif yang bisa peroleh dari blogger, yakni dapat mempertemukan dan memungkinkan penggunanya berinteraksi satu sama lain.

7. Sajikan Artikel Positif dan Informatif
Kita diharapkan menyajikan suatu tulisan yang informatif dan bernilai positif. Karena apa yang kita tulis mungkin dapat memberikan wacana dan pengetahuan baru bagi visitor kita, sehingga mungkin mereka akan terinspirasi dengan apa yang kita sajikan di blog kita. Oleh karena itu, hendaknya dalam menulis, kita tidak boleh sembrono atau asal-asalan. Pastikan apa yang kita tulis sesuai dengan fakta dan kondisi riil. Tentunya dibutuhkan suatu data yang mendukung. Sehingga tulisan yang kita sajikan dapat dipertanggung jawabkan.

Saya lebih senang bila blog disukai oleh visitor dibandingkan dengan disukai oleh mesin pencari. Kok bisa? padahal kebanyakan para blogger ingin blog mereka disukai oleh mesin pencari. Oleh karena itu kebanyakan dari mereka sering mengoptimasi mesin pencari (SEO) baik dengan cara link exchange, memasang tag meta, membidik keyword, dan masih banyak lagi.

Jadi logikanya seperti ini, misalnya kita suka membaca surat kabar online, kebetulan yang kita baca artikel di website Kompas, dan kontennya sangat informatif dan bermutu tinggi, sehingga menjadikan kita suka dengan artikel-artikel dari Kompas. Tentu suatu saat nanti kita pasti akan mengunjungi Kompas lagi, entah itu via mesin pencari ataupun via alamat websitenya langsung.

Apabila blog kita disukai oleh mesin pencari, bisa saja kecintaan mesin pencari terhadap blog kita mengalami fluktuasi, dan mungkin saja suatu saat nanti bisa dibenci oleh mesin pencari. Kita kembalikan kepada fitrahnya bahwa mesin pencari adalah mesin, yang mana dia bisa berfungsi apabila dioperasikan oleh manusia. Alangkah baiknya jika dalam mengelola blog dengan cara mengalir saja. Sajikan konten yang bermanfaat dan berguna bagi visitor. Dengan begitu maka semakin banyak konten yang kita buat, semakin banyak pula kecintaan visitor kepada blog kita.

8. Optimalisasi Performa Blog
Tampilan blog hendaknya didesain sebaik mungkin dan semenarik mungkin. Navigasi menu hendaknya diorganisasi secara baik dan teratur, supaya mudah dinavigasi oleh visitor blog. Widget-wigdet yang mendukung misalnya seperti artikel populer, artikel terbaru, dan artikel terkait itu perlu kita pasang untuk memberikan referensi bacaan yang lebih banyak kepada para visitor. Silahkan baca Cara Mendesain Blog yang Baik dan Benar.

Tentu kita juga perlu memperhatikan lama tidaknya loading blog. Sebaiknya kita menggunakan template yang ringan dan tidak terlalu banyak widget-widget yang memberatkan loading blog. Dengan begitu, visitor akan merasa nyaman dengan blog kita. Bahkan bisa jadi mereka akan kembali lagi mengunjungi blog kita. Baca juga ya Cara Mendapatkan Backlink Gratis dan Berkualitas dengan Mudah.

9. Selalu Mendengarkan dan Merespon Kritikan dan Masukan dari Visitor
Salah satu aspek penting yang musti kita perhatikan adalah selalu mendengarkan masukan dan kritikan dari visitor kita. Bagi saya visitor adalah raja. Oleh karena itu, apa yang saya sajikan di blog ini benar-benar untuk kenyamanan para visitor blog dan dapat memberikan nilai lebih bagi mereka. Selain itu, kita harus siap mendengarkan masukan dan kritikan dari visitor. Karena hal yang menurut kita sudah baik belum tentu menurut orang lain baik. Sehingga kita harus siap untuk menerima masukan dari mereka. Dengan tujuan agar kualitas blog kita bisa lebih baik dari sebelumnya.

Demikian uraian tentang tata Cara Mengelola Blog yang Baik dan Benar. Point-pont tersebut menjadi indiktor yang sangat penting yang mana menentukan berhasil tidaknya kita dalam mengelola blog. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama introspeksi dan melakukan evaluasi terhadap apa yang telah kita lakukan dalam mengelola blog. Semoga blog kita bisa lebih berkualitas di masa yang akan datang dan bisa lebih bermanfaat bagi orang lain. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di Blog Dicintai.com tentang Daftar Situs Penyedia Domain Gratis Terbaik.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

57 comments:

  1. Panduan yang praktis dan mudah dipahami sebagai acuan khususnya bagi para Blogger. Selamat mengelola Blog dengan baik dan benar. Sukses selalu.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak Mas Herdoni sudah berkenan mampir di blog sederhana ini dan terimakasih juga sudah memberikan apresiasi yang luar biasa. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau begitu sudah siap bekerjasama dengan saya nih, coba buka http://ikerenki.blogspot.com/2014/03/proyek-nusajawacom.html

      Delete
  3. setuju sama artikel diatas, hanya saja konsisten dalam menulis posting itu cukup sulit untuk saya :D

    ReplyDelete
  4. iya memang konsistensi menulis itu sulit untuk diwujudkan, karena ide dan keinginan untuk menulis tidak selalu ada secara terus-menerus. Oleh karena itu, kita harus bisa menyiasati hal itu dengan cara menyiapkan kerangka konsep setiap sebelum kita menulis. Dengan begitu maka dalam menulis akan sesuai dengan prosedur dan topik yang ingin dibahas :)

    ReplyDelete
  5. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    ReplyDelete
  6. setuju sama poin2 diatas,,, saya blogger pemula,, sangat kesulitan dalam membuat artikel2 yang bisa menarik visitor banyak,,, mungkin ada baik nuya untuk memcoba saran2 diatas,,

    ReplyDelete
  7. Iya mas, blogger pemula memang harus banyak belajar. Tidak hanya belajar cara meningkatkan trafik saja, melainkan juga belajar bagaimana menulis artikel yang baik dan berguna untuk para pemirsa blog. Makasih ya sudah berkunjung di blog saya :)

    ReplyDelete
  8. Matur suksma terimakasih tip2s diatas sangat bermanfaat bagi tiang yang seorang pemula di dunia blog.
    http://kumpulanartikelhindu.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. Iya pak sama-sama. Thanks juga sudah mau berkunjung dan berkomentar di blog saya ;)

    ReplyDelete
  10. sangat bermanfaat bagi pemula macam saya,tank's

    ReplyDelete
  11. Sama-sama Pak Priadimu. Terimakasih juga sudah berkunjung di blog saya :)

    ReplyDelete
  12. bermanfaat banget nih,
    saya sebagai pemula bisa belajar banyak dari blog ini,:-D

    ReplyDelete
  13. Kita sama-sama belajar mas. Saya juga masih pemula :)

    ReplyDelete
  14. Kalau Boleh Tau Anda Mulai Ngeblog pada Tahun Berapa ?

    ReplyDelete
  15. Saya mulai nge-blog tahu 2013 mas, tepatnya pada bulan april 2013 saya membuat blog ini. Tapi saya intensif belajar secara mendiri dengan membaca blog-blog yang sudah lama dan kemudian saya mencoba membuat totorial di blog ini. Oleh karena itu, saya masih pemula sekali di dunia blogging.

    Terimakasih banyak ya atas kunjungannya :)

    ReplyDelete
  16. Saya sangat setuju dengan informasi yang anda informasikan bisa di jadikan Petunjuk bgi para Newbi..dan org yg mmbtuhkan
    Salam

    http://masragil.heck.in

    ReplyDelete
  17. Wah terimakasih banyak ya mas. Mudah-mudahan tips yang dijelaskan diatas bisa dijadikan bahan untuk pengelola blog (para blogger). Thanks ya sudah mampir :)

    ReplyDelete
  18. saya selalu kagum sama Ririn,,,yang sudah punya blog elegan dan berbobot. aku juga pingin punya blog yang seperti ini bisa nggak yah ?

    ReplyDelete
  19. Wah terimakasih banyak mas kahar atas apresiasinya :) Saya masih belajar kok mas. Jadi ulasan yang saya tulis mungkin ada yang salah dan kurang tepat. Oleh karena itu, saya selalu minta saran, masukan, dan kritikan dari para pembaca sekalian.

    Tentu saja bisa mas. Asalkan anda mau mengelola blog anda dengan baik dan benar. Terimakasih atas kunjungannya :)

    ReplyDelete
  20. sangat setuju banget,tapi bahasanya agak sulit di mengerti. . . :-D

    ReplyDelete
  21. Hehehe mohon maaf maas kalau bahasanya sulit dimengerti, soalnya saya masih belajar menulis. Nanti akan segera diperbaiki. Terimakasih banyak ya atas saran dan masukannya :)

    ReplyDelete
  22. Salam kenal
    keren sekali postingan anda
    aslinya sy ga hobi baca tpi artikel anda sy baca jga
    soale sy baru mau bikin blog hehehe blum ngerti blog
    http://silogay.blogspot.com/
    thanks masukannya mba ririn

    ReplyDelete
  23. Terimakasih banyak atas apresiasinya Mas Van. Kita sama-sama belajar nge-blog mas. Saya juga saat ini masih belajar untuk Mengelola Blog yang Baik dan Benar.

    ReplyDelete
  24. memang untuk mengelola blog yang baik setidaknya cara-cara diatas harus dipraktekan

    ReplyDelete
  25. saya sendiri dalam mengelola kata-kata masih acak2an nih mbak,hehe

    ReplyDelete
  26. Masih perlu banyak belajar menulis nich Mbak...

    ReplyDelete
  27. master eka bisa dijadikan teladan dalam mengelola blog yang baik dan benar. ^^

    ReplyDelete
  28. Terima kasih infonya mbak, sangat bermanfaat sekali, sepertinya saya belum konsisten dalam menulis artikel ^_^

    ReplyDelete
  29. sip deh mbak ririn.. namun saya susah untuk mempraktekan semua tips di atas karena terbentur atau terhalang koneksi jaringan hilang, pln mati. dan kompi tidak mau nyala kecuali jam 12 malem ke atas... dan biasanya jam 12 malam pln di tempat saya mati.. tersiksa banget kan saya... hiks hiks hiks

    ReplyDelete
  30. wah... bermanfaat sekali bos, biarpun saya ga pinter menulis tapi semoga aja saya tidak menjadi plagiat, hehehe...

    ReplyDelete
  31. Saya juga sependapat mbak lebih senang kalau disukai visitor dari pada mesin pencari bukan apa2 kalau isi tidak nyambung juga bakal ditinggalkan pengunjung...saya juga lagi belajar setapak demi setapak memperbaiki blog saya yang sangat jauh dari keinginan..yang pasti ada niat pasti ada jalan ya mbak
    makasih infonya ini memang harus diterapkan

    ReplyDelete
  32. saya sendiri kurang sekali dalam konsisten mbak eka kalo optimasi menyusul daari tips tips nya mbak eka aja :)

    ReplyDelete
  33. Kami akan mencoba menerapkannya Mbak, terimakasih atas masukannya

    ReplyDelete
  34. hehehe hanya bisa tersenyum melihat panduan di atas...
    karena saya tidak memilikinya.
    dan membaca ini saya malas kalau soal baca membaca.
    paling kalau blogwalking baru saya membaca

    ReplyDelete
  35. Salam rindu buat kamu ririn..

    Mbak ini gemar membaca dr menulis....ternyata mbak ini bknlah admin blog yg bagus cuma blh menjadi seorang pemberi komen....hehehe

    ReplyDelete
  36. saya akan belajar untuk mempraktekkan mbak...tapi rasanya sulit yah hehe...
    kalau saya membahas sejarah daerah kan intinya menuliskan kembali materi yang sebenarnya sudah ada ya mbak...itu termasuk plagiasi atau tidak mbak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sebaiknya kita mencantumkan sumber nya mas apabila kita menulis artikel dari sumber lain :)

      Delete
  37. wah bener tuh apa yg di sampaikan mbk ririn,kuncinya adl rasa ingin tau yg tinggi.Hmm,ini kepo apa bkn yah hehe...

    ReplyDelete
  38. kalau kita nyontok poin2 pentingnya aja kira2 baik nggak mbak?

    Oh iya saya mau nanya diluar artikel, kalau boleh tau blog mbak yang ini pertama pasang iklan mandiri pada saat trafiknya masih berapa ya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya boleh mas kalau kita hanya nyonto point-point nya saja :)

      Dulu blog ini traffic nya 1.000 pageview per hari mas baru buka lapak iklan :)

      Delete
  39. saya setuju dengan apa yang disampaikan, terutama untuk SEO dan Visitor. Bagusnya sih artikel untuk visitor bukan seo

    ReplyDelete
  40. Point yang amat saya setujui ada dua mbak eka, yang pertama mengenai saran atau kritik dari teman dan yang kedua menulis dengan Original Content, jika ini menjadi komitmen, mudah-mudahan kita menjadi blogger yang benar-benar professional.

    ReplyDelete
  41. Kalau mencantumkan link aktif ke blog lain, apakah merugikan blog kita enggak ya Mbak? Baru-baru ini saya mencoba menggunakan referensi bahasa Inggris, dan link artikelnya saya taruh lengkap di akhir artikel, tapi link tidak aktif

    ReplyDelete
  42. saya ini termasuk orang yang malas menulis lho mbak, makanya susah buat ngurus blog

    ReplyDelete
  43. Masih ada poin yang belum terlaksanakan :)

    ReplyDelete
  44. harus dicoba nih? lumayan. makasih infonya

    ReplyDelete
  45. Makasih sudah berbagi tips mbak, untuk konsistensi menulis saya tidak bisa sehari satu artikel, paling dua atau tiga artikel tiap minggu .. kadang bingung mau nulis tema apa ..? hehehe

    ReplyDelete
  46. ada satu poin lagi yang mungkin perlu ditambahkan mbk, yakni menjaga kesehatan karena satupun diantara poin di atas tidak akan bisa kita lakukan jika kita jatuh sakit. hehe

    terima kasih tipsnya..

    ReplyDelete
  47. Saya setuju mbak dengan cara di atas setidaknya bisa membuat blog kita makin maju dan dipercayai kualitasnya.

    Begitupun blog saya sedang menuju hal itu.

    Makasih mbak.

    ReplyDelete
  48. wah ... yg penting tetap usaha... agar maximal ..... selamat malam mb ririn :D

    ReplyDelete
  49. Lengkap sekali Mbak cara mengelola blog yang baiknya...
    Ternyata masih banyak sekali yang belum saya lakukan he.. :)

    ReplyDelete