Monday, March 10, 2014

Cara Membuat Halaman Contact Form di Blog / Website

Contact us atau Contact form merupakan formulir kontak yang dapat digunakan oleh visitor / pengunjung blog untuk menyampaikan pesan kepada administrator blog secara pribadi dan langsung. Isi pesan tersebut bisa berupa masukan, kritikan, saran atau pun hal lainnya yang mana tidak memungkinkan apabila ditulis pada kotak komentar postingan di blog. Oleh karena itu eksistensi contact form sangat penting sekali bagi sebuah blog dan website. Selain dapat dimanfaatkan sebagaimana yang dijelaskan diatas, juga sebagai pelengkap bahwa blog kita benar-benar profesional. Baca juga Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly di Blog.

Di internet, ada banyak situs yang menyediakan layanan pembuatan contact form secara gratis. Sangat sayang sekali apabila layanan tersebut tidak kita manfaatkan secara optimal. Oleh karena itu, mari kita pasang contact form pada blog kita, supaya dapat membantu visitor untuk menyampaikan pesan secara langsung kepada kita. Jangan lupa baca juga Cara Membuat Halaman About Me / Tentang Saya di Blog dengan Mudah.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan share informasi tentang tata Cara Membuat Contact Form di Blog untuk pengguna blogger pada khusus nya dan website pada umumnya. Dalam hal ini saya akan menggunakan layanan contact form dari 123 Contact Form. Silahkan disimak baik-baik tutorial yang akan saya sampaikan supaya anda tidak keliru dalam mempraktekkannya. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Membuat Halaman Contact Form di Blog / Website

1. Silahkan anda menuju situs 123 Contact Form di url ini www.123contactform.com. Nanti anda akan menjumpai halaman seperti gambar dibawah ini. Silahkan Klik Sign Up for Free.
Situs 123 Contact Form
2. Langkah selanjutnya adalah Klik Sign Up seperti contoh pada gambar dibawah ini.
Trik dan Cara Bikin Contact Form
3. Langkah berikutnya silahkan Isi Formulir Pendaftaran pada 123 Contact Form. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
Cara Membuat Halaman Kontak
Keterangan:
Username diisi dengan username yang anda inginkan
Pasword diisi dengan pasword yang akan digunakan untuk Log In nantinya
Confirm Pasword diisi sama persis dengan Pasword diatas
Email diisi dengan alamat Email anda

Kemudian Klik Create Account
4. Langkah nomor empat adalah pilih bentuk form yang anda inginkan. Dalam hal ini kita pilih Contact Form, karena kita akan membuat Contact Form, bukan yang lainnya. Seperti gambar dibawah ini contohnya.
Cara Membuat Contact Form
5. Selanjutnya, silahkan isi nama form anda. Diisi dengan nama terserah anda. Boleh Contact Form atau mungkin tidak diisi juga tidak apa-apa. Kemudian Klik OK.
Cara Buat Halaman Contact Us
6. Langkah berikutnya adalah Klik Continue seperti pada tampilan gambar dibawah ini. Itu merupakan sampel/contoh bentuk Contact Form yang akan kita buat nantinya.
Tips Membuat Halaman Kontak / Hubungi Saya di Blog
7. Berikutnya silahkan Cetang Email yang anda gunakan. Email tersebut nantinya akan dikirimi pesan dari 123 Contact Form bahwa anda mendapat pesan dari visitor, atau istilahnya Email notifikasi. Kemudian Klik Save, dan selanjutnya Klik Continue.
Tutorial Membuat Halaman Hubungi Saya
8. Langkah selanjutnya silahkan Pilih Blogger, karena Contact Form tersebut akan kita pasang pada blogger. Kemudian Copy seluruh Kodee HTML/JavaSript yang ada di dalam kotak. Contohnya seperti gambar dibawah ini. Jangan lupa, setelah anda Copy, silahkan Klik Ok/Publish pada pojok kanan atas.
Langkah-langkah Bikin Halaman Kontak di Blog
9. Kode HTML/JavaScript tersebut bisa anda Paste pada Halaman Posting atau Halaman Page blog. Terserah anda. Jangan lupa, pilih mode HTML apabila anda ingin mem-paste pada Halaman posting. Apabila kode HTML/JavaScript sudah anda paste, dan sudah berhasil, maka tampilan Contact Form akan seperti gambar dibawah ini.
Contact Form Blog Dicintai Com
Demikian panduan tentang Cara Membuat Halaman Contact Form di Blog / Website yang dapat saya sampaikan untuk anda sekalian. Semoga dapat bermanfaat untuk anda semuanya. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih. Wassalam. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di Ririn's Blog tentang Cara Membuat Halaman Daftar Isi / Sitemap / Peta Situs di Blogspot.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

25 komentar:

  1. Jadi keliat lebih frop dengan memasangnya ya,mbak Rin :)

    ReplyDelete
  2. blog saya belum memiliki contact form, tipsnya saya coba mbak, siapa tahu, form ini memudahkan pengunjung

    ReplyDelete
  3. Bisa jadi pilihan nich Mbak123 Contact Form klo ga pngen yg dri blogger...

    ReplyDelete
  4. wah bagus nih,di blog saya belum ada contactnya mbk hehehe..

    ReplyDelete
  5. Kebetulan blog saya belum ada mbak dan memang lagi cari2 informasinya dan sudah ketemu disini
    makasih ya mbak saya coba praktekkan

    ReplyDelete
  6. contact form ini penting ya mbak, jadi pengguna bisa dengan mudah menghubungi kita :D makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  7. Cukup simple ternyata ya Mbak :), makasih tipsnya :)

    ReplyDelete
  8. saya pernah coba 123 ini, namun loadingnya agak berat jika dibandingkan dengan google form :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mas loading nya agak berat. Tapi saya suka karena tampilan nya sederhana hehe :D

      Delete
  9. ternyata ada juga ya contact form dari pihak ketiga, baru tahu saya ...

    ReplyDelete
  10. wah asik nih...jadi tau cara bikin sesuatu yang menarik lainnya selain bikin halaman contact form ya....makasih ilmunya ah

    ReplyDelete
  11. Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat sekali, contact form memang penting sekali :)

    ReplyDelete
  12. Betul, memang penting agar pesan tersebut bisa terkirim ke e-mail kita sehingga antara pengunjung dan pengelola blognya aktif berkomunikasi.

    Ini bagus buat kemajuan blog kita mbak.

    Makasih udah ngasih caranya sewaktu-waktu bisa saya terapkan.

    Datang ya ada postingan terbaru

    ReplyDelete
  13. Waaww seru niih rin..
    Jadi teman bloggers kita bisa kirim yang rahasia" gitu..
    Boleh di coba niih rin
    Trims sharingnya

    ReplyDelete
  14. Menarik nih Mbak Rin contact form saya belum pernah pakai
    Ijin coba yah Mbak Ririn, terima kasih salam sukses Mbak Rin :)

    ReplyDelete
  15. saya pernah mencarinya, munyeng gak ketemu tapi sekarang sudah saya temukan di sini.

    terima kasih mbk..

    ReplyDelete
  16. ikh mbak eka ada ada aja jadi kepinin nih :d coba coba dulu akh :d kontak form lebih mendekatkan pada pengunjung

    ReplyDelete
  17. kalau baca artikel ini seperti mengingatkan kembali ke blognya mba ririn yang dulu hilang, soalnya saya sudah pernah nyoba pakai tutor mba ririn yang dulu. hihi...

    ReplyDelete
  18. Contact form alhamdulilah sudah buat

    ReplyDelete
  19. panjang bener caranya bos, harus jeli nih biar ga salah, hehehe........

    ReplyDelete
  20. Makasih mbak eka, tutorialnya bermanfaat banget buat saya oh iya mbak tolong di visit ya : http://wwweagle3zio.blogspot.com/

    ReplyDelete