Tuesday, February 25, 2014

Daftar Situs Social Media / Macam-macam Media Sosial di Internet

Pada zaman modern seperti sekarang ini kemajuan dibidang teknologi informasi begitu pesat. Semua hal serba cepat dan praktis. Selain itu, interaksi sosial kini sudah tidak mengenal jarak lagi. Pasalnya, dimanapun dan kapanpun kita berada, kita tetap bisa berinteraksi dengan orang-orang dalam kehidupan kita. Kita pasti sudah sangat akrab dengan Facebook yang mana media tersebut hampir kita gunakan setiap hari untuk berinteraksi dengan teman. Namun, tahukah anda bahwa ternyata media sosial yang ada di internet tidak hanya Facebook saja, melainkan ada banyak sekali. Oleh karena itu perlu kiranya kita mengidentifikasi beberapa media sosial tersebut agar kita bisa lebih tahu dan paham peran dan fungsinya. Dan tentunya agar kita tidak ketinggalan zaman. Baca artikel yang relevan Daftar Situs Search Engine / Mesin Pencari di Internet.

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Daftar Situs Social Media / Macam-macam Media Sosial di Internet beserta fungsinya, serta manfaatnya. Namun, ini hanya beberapa media sosial saja, tidak semua media sosial saya jelaskan disini mengingat keterbatasan pengetahuan yang saya miliki dan keterbatan ruang dan waktu. Oleh karena itu harap bisa dimaklumi. Berikut penjelasannya. Jangan sampai ketinggalan artikel menarik lainnya tentang Daftar Situs Penyedia Layanan Web Hosting di Indonesia.
Daftar Situs Social Media / Macam-macam Media Sosial di Internet
Media Sosial di Internet (Sumber Foto: thesocialmediahat.com)

Daftar Situs Social Media / Macam-macam Media Sosial di Internet

1. Blogger
Blogger merupakan media sosial yang sangat cocok untuk anda yang gemar tulis-menulis. Dari media ini, kita lebih berinteraksi sosial dalam hal pengetahuan, sharing informasi, sharing tutorial, sharing game, dan masih banyak lagi. Ketika kita sudah mempunyai blog di blogger, blog kita dapat diakses oleh siapa saja tanpa ada batasan ruang dan waktu (Baca: Cara Membuat Blog Pribadi di Blogspot Sendiri).

Blogger juga sangat cocok untuk anda yang suka mendesain blog, belajar tentang dunia blogging, internet marketing, dan bahkan Bisnis Online seperti ikut program PPC dan lain sebagainya. Kita dapat berinteraksi dengan sesama pengguna blogger atau pun non pengguna blogger via kolom komentar posting, follower blog, dan masih banyak lagi.

2. WordPress
WordPress juga mempunyai peran dan fungsi yang sama dengan blogger, yakni sama-sama sebagai blog yang dapat dimanfaatkan untuk tukar pengetahuan lewat tulisan, gambar, dan video melalui media ini. Media ini juga disediakan secara gratis baik itu hosting-nya ataupun domain-nya dan dapat kita gunakan sepanjang waktu. Oleh karena itu, pastikan anda mempunyai kedua media sosial ini apabila anda mempunyai hoby menulis, karena media sosial ini sangat cocok untuk mengembangkan minat dan bakat tersebut. Baca artikel yang relevan Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly di Blog.

3. Facebook
Facebook merupakan media sosial yang mana bersifat tertutup, dan terjamin akan privasinya. Kita hanya bisa berinterkasi dengan teman yang sama-sama mempunyai akun facebook. Media ini sangat cocok untuk curhat dan berbagi informasi, berhubungan dengan teman sekelas, keluarga, tetangga, pokoknya yang ada dikehidupan kita. Selain itu, facebook juga bisa dimanfaatkan untuk ajang promosi suatu produk. Pasalnya, dimedia tersebut disediakan ruang iklan.

Dengan menggunakan facebook, kita bisa memperbaharui status, menceritakan aktivitas kita kepada teman-teman, memperbaharui foto, video, bahkan kita bisa juga chatting dan video call. Pokoknya facebook sangat bagus untuk digunakan sebagai sarana berbagi kepada orang-orang dalam kehidupan kita. Jangan lupa baca juga Tips Mendapatkan Approval dari Google AdSense.

4. Twitter
Twitter juga merupakan media sosial yang sangat menarik untuk digunakan. Kita bisa memanfaatkan media sosial ini untuk berbagi dengan follower-follower kita. Twitter sangat cocok untuk berbagi informasi seperti berita teraktual, akan tetapi tidak cocok untuk curhat. Pasalnya, akun twitter lebih bersifat terbuka, sehingga twit-twit kita kemungkinan besar bisa diakses oleh pengguna luar. Namun, ternyata itu bisa disetting apakah ingin untuk publik ataukah hanya pengguna twitter saja.

5. Google+
Google+ juga memunyai fungsi dan peran yang sama dengan facebook dan twitter, yakni sebagai media sosial untuk berinteraksi dengan orang-orang dalam kehidupan kita. Media sosial ini terbilang masih baru eksistensinya di internet, sehingga masih terus memperbaiki sistem-sistem yang ada dan terus mengevaluasi diri dari pengalaman penggunanya. Untuk proses pendaftaran, anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang Cara Mendaftar / Membuat Akun Google Plus.

Media sosial ini merupakan produk dari Google, yang mana kita cukup mempunyai satu akun saja di Google, kita sudah bisa menggunakan produk-produk yang lainnya. Google+ sangat cocok untuk membagikan beranekaragam informasi, baik itu tulisan, foto, video dan masih banyak lagi. Kita juga bisa membagikan posting artikel blog di Google+ karena media sosial ini terintegrasi dengan blogger. Satu lagi kelebihan Google+ adalah kita bisa menggunakan video call secara kolektif, baik itu berdua, bertiga, atau mungkin lebih. Fasilitas ini yang belum banyak dimiliki oleh media sosial yang lain.

6. Youtube
Media sosial ini juga merupakan produk dari Google. Youtube merupakan media sosial untuk berbagi video kepada publik. Semua pengguna internet baik yang mempunyai akun youtube ataupun yang tidak, semuanya bisa melihat dan mengunduh video tersebut. Media sosial ini sangat cocok bagi penggemar film, video lucu dan unik, video musik, tutorial, dan masih banyak lagi. Baca juga Cara Memasang Widget Alexa Rank di Blog dengan Mudah.

7. Photobucket
Photobucket merupakan media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk berbagi foto, dan foto slide show kepada sesama pengguna ataupun non pengguna. Fasilitas ini disediakan secara gratis, sehingga apabila kita ingin berbagi foto kita hanya perlu mendaftar pada situs tersebut. Kemudian kita bisa uploud foto, mengedit, dan mendesain foto sebaik mungkin, kemudian kita bisa membagikannya di media ini ataupun dimedia sosial yang lain.

Demikian Daftar Situs Social Media / Macam-macam Media Sosial di Internet yang dapat saya jelaskan peran dan manfaatnya. Sebenarnya media sosial di internet ada banyak sekali, namun karena keterbatasan pengetahuan yang saya miliki, saya tidak dapat menyebutkannya. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya di Blog Dicintai.com tentang Daftar Situs File Sharing / Media Penyimpanan File Online di Internet.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

31 comments:

  1. Nggak bisa membayangkan gimana jadinya kalau dijaman sekarang ini tidak ada yang namanya media sosial internet, ....mungkin kuper nggak punya teman kali ya, Mbak?

    ReplyDelete
  2. Belum tentu mas. Kalau menurut saya malah kuper tidaknya seseorang itu ditentukan oleh tinggi-rendahnya intensitas dalam pergaulan. Orang jaman dahulu juga bisa hidup kok tanpa media sosial. Karena pada waktu itu, sistem pergaulannya face to face, dalam artian bergaul secara langsung.

    Tentu hal itu berbeda dengan jaman sekarang. Dengan adanya media sosial itu dapat mempermudah dalam berinteraksi dengan teman dimanapun dan kapanpun kita berada. Jadi faktor resistensi seperti lokasi dan waktu dalam hal ini bisa diminimalisasi.

    Teman saya juga banyak yang tidak punya akun di media sosial, namun dia tetap bisa eksis dan bergaul dengan teman di dunia nyata. Kurang lebihnya seperti itu mas. Makasih banyak atas kunjungannya :)

    ReplyDelete
  3. saking banyaknya punya akun sosmed sampai lupa IDnya

    ReplyDelete
  4. Salah sendiri punya akun media sosial banyak-banyak hehehe :P

    ReplyDelete
  5. dari semua media sosial diatas yg paling saya suka adalah blogger mbak Eka, hehehe :D

    ternyata banyak juga ya sosial media yg bisa kita gunakan, hmmm makasih sharingnya mbak Eka :D

    ReplyDelete
  6. Skarang lg gila ba blogger ne Mbak Rin...

    ReplyDelete
  7. hanya photobucket dan wp yang aku tidak punya akun hehe...

    ReplyDelete
  8. Wih ada banyak ya media sosial sekarang, yang paling saya pake blogger sama fb doang.

    ReplyDelete
  9. kalau saya sering make Youtube, Blogger dan FB
    Youtube asik bisa lihat video musik gratis

    ReplyDelete
  10. wah ternyata ada media sosial yang namanya photoburket yia bos, hehehe....

    ReplyDelete
  11. saya paling aktif di satu sosmed aja nih Mbak, cuma blogger doang :D

    ReplyDelete
  12. Untuk saat ini media sosial yang cocok untuk menaikkan trafik sebuah blog atau website adalah Google Plus, sedangkan facebook yang digadang-gadang mampu menaikkan trafik blog/website sepertinya harus gigit jari karena privasi Facebook yang semakin ketat

    ReplyDelete
  13. saya sudah nyobain semuanya mbak,dan situs2 tersebut memang saat ini yg paling sering digunakan user di internet

    ReplyDelete
  14. yeee. blogger yang pertama, yang geratis memang selalu yang pertama wkwkwk

    ReplyDelete
  15. Dari ketujuh sosial media yang mbak sebutkan
    saya belum pernah coba dua
    yakni wordpress dan photobucket

    ReplyDelete
  16. Yang terakhir itu yang belum punya akunnya, gak bisa moto soalnya ..

    ReplyDelete
  17. Netlog mungkin termasuk situs socislmedia juga ya mbak Ririn? Tapi kayaknya belum begitu populer di jaringan dunia maya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya malah nggak tahu mas situs tersebut hehe :D

      Delete
  18. Kayak kiye.com juga situs sosial media Pesbuk ala ngapak gituh aku pernah daptar cuma dulu ko situsnya hilang entah kemana. sekarang ada lagi ga yah.

    ReplyDelete
  19. Yang terakhir itu saya belum penah mencoba...walau cuma sekedar mencoba saja nggak jauh2

    ReplyDelete
  20. Dari beberapa media sosial internet yang diterangkan diatas aku belum pernah mencoba photobucket.
    Wp juga pernah nyoba walau gagal hehe

    ReplyDelete
  21. media sosial yang paling mudah dan banyak anggotanya facebook ya mbak, baik dari kalangan bawah sampai atas tentu tidak asing lagi, bahkan ada temen pesan untuk makan siang lewat status facebook, hehe

    ReplyDelete
  22. Mungkin facebook dan twitter paling populer untuk kalangan kaum muda, tapi bagi saya blogger nomor satu wkwkwk

    ReplyDelete
  23. alhamdulillah saya sudah coba semua mbak ririn :D

    ReplyDelete
  24. Perlu diketahui juga backlink dari media sosial sangat diperhitungkan jadi perlu dipelajari juga cara mendapatkannya.

    Betul kan mbak?

    Datang ya ada postingan lanjutan kemarin.

    ReplyDelete
  25. dari semua sosial media yang disebutkan di atas yang belum pernah pake yaitu wordpress, kapan-kapan saya coba ah :)

    ReplyDelete
  26. 0uh gitu yah

    http://harafimulki.blogspot.com

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  28. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete