Friday, December 20, 2013

Cara Melakukan Optimasi SEO Off Page pada Blog

Seperti kita ketahui bersama bahwa optimasi SEO bertujuan untuk mendapatkan posisi yang bagus di search engine. Apabila postingan blog kita bisa duduk manis di halaman pertama Google, Yahoo!, Bing, dll maka besar kemungkinan akan banyak mendatangkan pengunjung organik dari search engine. Dan bukan tidak mungkin blog kita akan ramai pengunjung ribuan per hari.

Menurut beberapa sumber bahwa optimasi SEO ada 2 macam yakni optimasi SEO onpage dan offpage. Kedua jenis optimasi tersebut mempunyai teknik dan cara yang berbeda. Disini kita akan membahas optimasi SEO offpage.

Sebelum berbicara lebih lanjut, bahwa optimasi SEO offpage merupakan teknik optimasi yang dilakukan di luar halaman blog/web kita. Disini anda tidak perlu men-setting dashboard blogger atau mungkin membuat artikel di blog atau mungkin edit-edit template, melainkan anda perlu jalan-jalan ke berbagai situs/website di luar sana.
Cara Melakukan Optimasi SEO Off Page pada Blog
Image by 417marketing.com
Agar introduksinya tidak terlalu kepanjangan, mari kita simak Cara Melakukan Optimasi SEO Off Page pada Blog. Berikut adalah penjelasannya.

1. Submit Artikel ke Social Bookmark
Pernah dengan situs Social Bookmark? Itu lho situs yang menerima dan merangkum artikel dari berbagai blog atau website. Situs tersebut bisa membantu blog anda untuk meningkatkan trafik. Karena situs tersebut mempunyai pegarank dan alexa rank yang bagus. Yang perlu anda lakukan adalah mendaftar dan submit artikel ke situs social bookmark. Ada banyak sekali situs social bookmark di internet. Antara lain adalah lintas.me, infogue.com, dll. Silahkan pelajari lebih lanjut tentang Daftar 25 Situs Social Bookmark Terbaik Dunia.

2. Berkomentar di Blog Dofollow, Pagerank Tinggi, Alexa Rank Langsing
Anda perlu mencari backlink berkualitas dari berbagai blog atau website. Usahakan blog yang akan anda beri komentar adalah blog bertrafik tinggi yang mempunyai pagerank dan alexa rank yang tinggi. Selain itu juga blog dofollow. Anda pasti bertanya, dimana saya bisa menemukan blog dofollow? Anda bisa bertanya kepada Mbah Gugel dengan mengetikkan keyword Daftar Blog Dofollow Indonesia Terbaru.

3. Share Artikel ke Social Media
Usahakan setiap penerbitan posting terbaru di blog, diikuti dengan melakukan share ke social media. Tujuannya selain bisa menjaring pemirsa dari social media, juga bisa memperoleh backlink dari situs social media tersebut.  Hingga sampai saat ini, jejaring sosial yang paling potensial untuk mendatangkan trafik adalah Google+, Facebook, dan Twitter.

4. Pasang Iklan Baris Gratis
Tidak ada salahnya sekali-kali mempromosikan blog/web anda di situs Pasang Iklan Baris. Tujuan nya adalah selain bisa mengiklan kan blog anda, juga bisa memperoleh backlink dari situs tersebut. Ada banyak website yang menyediakan pemasangan iklan gratis. Antara lain adalah PasangIklanBaris.org, Internet-Action.info, PasangIklanBaris.asia, PasangIklan.co.id, dan masih banyak lagi.

5. Submit Blog Anda di Direktori Web Blog
Situs ini merupakan situs yang menampung berbagai blog/web untuk memperkenalkan blog kita kepada para blogger lain. Jika blog anda masih relatif baru, tidak ada salah nya untuk submit ke situs Direktori Web Blog. Hal itu dilakukan selain bisa memperkenalkan dan mempromosikan blog anda, juga anda akan mendapatkan backlink gratis dari situs tersebut. Di Indonesia, ada banyak sekali situs jenis ini. Antara lain adalah direktoriweblog.blogspot.com, direktoriweblog.com, webdirektori.blogspot.com, dan masih banyak lagi.

6. Menjadi Penulis Tamu / Guest Blogger
Hal yang jarang dilakukan oleh para blogger tapi sebenarnya menguntungkan adalah menjadi penulis tamu di blog/website lain. Dengan menjadi guest blogger, maka secara tidak langsung blog anda akan di promosikan oleh blog yang menampung guest blogger. Sehingga anda bisa menjaring pengunjung dari blog tersebut. Selain itu, anda bisa juga memperoleh backlink dari blog tersebut. Ada banyak sekali blog/website yang menyediakan fasilitas penulis tamu. Antara lain adalah Isnuansa.com, Rizkyzone.com, o-om.com, Blogguebo.com, dan masih banyak lagi.

7. Melakukan Ping pada Artikel Terbaru
Trik ini bertujuan untuk mempercepat proses indeks yang dilakukan oleh search engine. Sehingga, postingan yang baru diterbitkan beberapa menit di blog, bisa langsung cepat muncul di halaman Google, Yahoo, dan Bing. Sehingga, posting terbaru blog anda berpotensi mendatangkan banyak pengunjung jika bisa segera muncul di search engine. Situs untuk melakukan ping antara lain adalah TotalPing.com, GooglePing.com,dan lain sebagainya.

8. Buat 100 Blog Dummy dari Berbagai Platform
Anda bisa membuat blog dummy. Apa itu blog dummy? Adalah blog yang dibuat secara khusus untuk memperbanyak jumlah backlink yang menuju homepage atau halaman posting blog anda. Diharapkan blog tersebut lintas platform, yang meliputi Blogspot, WordPress, Blogdetik, LiveJournal, Selfhosted, dll. Silahkan baca selengkapnya Daftar Situs Penyedia Blog Gratis. Tidak usah banyak-banyak dalam membuat blog dummy. Saya kira 100 blog saja sudah lebih dari cukup. Usahakan blog tersebut mempunyai tema/topik yang relevan dengan blog anda. Selain itu, sebaiknya blog tersebut diisi dengan konten yang banyak dan original. Minimal 20 posting.

9. Menjadi i-Reporter di Surat Kabar Online
Trik ini hampir sama dengan menjadi penulis tamu di blog lain. Tapi ini kali ini yang menjadi target adalah situs koran online. Disini anda bisa memperoleh backlink dari situs tersebut dengan cara mengirim artikel agar bisa dimuat di website surat kabar online. Sejauh yang saya tahu, situs koran online yang menyediakan fasilitas i-reporter / netizen journalism adalah Merdeka.com. Setiap artikel yang dikirim dan dimuat di situs tersebut, akan disisipi link yang menuju homepage blog anda yang berguna untuk SEO.

10. Mencari Backlink di Situs Forum Dofollow
Di internet ada beberapa situs forum yang ramai pengguna nya. Selain rame, juga mempunyai ranking alexa dan pagerank yang tinggi. Adalah situs Bersosial.com, Ads-id.com, Kaskus.com, Forum.Detik.com, Kompasiana.com, dll yang merupakan situs forum. Disitu anda bisa mencari backlink. Caranya bagaiaman? Anda bisa share artikel atau mungkin bisa juga dengan cara berkomentar dengan menyisipkan link yang menuju blog anda.

11. Tukar Link / Link Exchange antar Sesama Blogger
Anda pasti sudah sering melakukan link exchange. Trik ini sangat berpangaruh terhadap nilai pagerank blog anda. Namun, anda perlu memperhatikan dalam melakukan tukar link. Antara lain (i) anda diharapkan tukar link dengan blog yang satu tema/topik, (ii) usahakan link dipasang di sidebar blog, bukan di halaman tersendiri, (iii) tukar link dengan blog berpagerank tinggi, (iv) jangan berlebihan dalam melakukan link exchange, (v) jangan tukar link dengan blog spam dan blog pornografi. Trik ini cukup berisiko, tapi bisa meningkatkan pagerank blog anda dalam waktu singkat.

12. Rajin Blogwalking ke Blog Sahabat
Blogwalking merupakan aktivitas saling berkunjung dan berkomentar di blog lain. Aktivitas ini sarat akan manfaat. Oleh karena itu, sebaiknya anda membiasakan diri untuk melakukan blogwalking. Selain bisa mengundang pengunjung blog, juga bisa menjalin persahabatan antar sesama blogger. Agar anda bisa mendapatkan backlink dari blog teman, silahkan gunakan opsi Name/Url atau OpenID Blogger saat anda berkomentar.

13. Mendaftarkan Blog di Search Engine dan Mengirim Sitemap
Agar blog anda bisa muncul di search engine, anda perlu mendaftarakan diri ke berbagai situs search engine. Baru kemudian mengirim sitemap ke search engine. Sehingga blog anda dan juga halaman posting blog anda bisa di indeks secara keseluruhan di mesin telusur tersebut. Situs search engine yang paling potensial dalam hal ini adalah Bing, Yahoo!, Google, dll (Baca: Macam-macam Situs Search Engine).

14. Buat Template dan Widget Sendiri, Kemudian di Share
Trik ini tidak bisa dilakukan oleh setiap orang, yang dalam hal ini adalah para blogger. Untuk bisa membuat template dan widget sendiri dibutuhkan pemahaman tentang CSS, HTML, JavaScript, dll. Kalau anda bisa membuat template atau widget sendiri, anda bisa share hasilnya agar buatan anda tersebut bisa digunakan oleh blogger lain. Jangan lupa untuk selalu menyisipkan link yang menuju blog anda. Sehingga anda akan mendapatkan backlink gratis dan berkualitas dari blog yang memakai widget dan atau template buatan anda.

Demikian tips sederhana dari saya tentang Cara Melakukan Optimasi SEO Off Page pada Blog. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda sekalian. Thanks for visit and comment in this post.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

93 comments:

  1. selalu memberi motivasi , , itulah mbak ririn . . .
    ngefans berat dah . . .

    thanks ya mbak . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. akhirnya bisa juga dapet pertamax di blognya mbak ririn , , ,
      harus saingan dengan banyak pengunjung niyh , ,hehehe

      Delete
    2. hehehe akhirnya mbak ririn nongol lagi ya hehehe kangen sama artkelnya yang maknyus

      Delete
    3. Saya parkir disini aja ya mbak hehehe...

      Btw kalau tidak salah postingan ini udah ernah di share kayaknya di cara-ririn ya mbak...??? tehniknya lumayan banyak gk abis sehari :D

      Delete
  2. wah langsung saya praktekan mba. untuk nomer 9. perlu di pelajari lagi..

    ReplyDelete
  3. wow mbak keren bget ulasannya, ane mudah paham dgn ulasan ini...


    ReplyDelete
  4. Banyak juga ya mbk cara yang bisa kita lakukan untuk optimasi seo offpage

    ReplyDelete
  5. cara diatas memang harus dicoba nih agar meningkatkan website atau blogs hehehe... thanks infonya sob :)

    ReplyDelete
  6. Ohh jadi begituu.. thank yah.. saya mau coba praktekin :)

    ReplyDelete
  7. mantap sekali artikelnya,, perlu di coba nih...

    ReplyDelete
  8. Hmmm pagi rin.. Cara" yang bagus tapi sayang aku tifdak bisa menerapkan ityu semua..
    Hehee maklum lah bisanya cuma nulis n komment

    ReplyDelete
  9. mbak ririn
    kq blog yang satu lagi sudah ngak da y

    ReplyDelete
  10. Saya setelah buat artikel beberapa menit udah masuk 1-20 besar di google.co.id

    1. Submit artikel ke webmaster
    2. Blogwalking saja
    3. 1 minggu sekali cari backlink dari pagerank yang tinggi bukan di home page tapi di artikelnya yang mempunyai pagerank dengan alat bantuan extension dari google chrome :)

    Kalau melakukan autoping apalagi yang muncul website Vampire.com itu hanyalah spam. Yang datang dari robot bukan dari pengunjung.

    ReplyDelete
  11. Bikin template sendiri dan dishare ke temen- temen secara gratis ini kelihatannya juga ampuh untuk optimasi off page.

    ReplyDelete
  12. Banyak juga ya Mbak Ririn, harus mulai banyak belajar nih.

    ReplyDelete
  13. Walaupun blog cara-ririn sampe saat ini belum diketahui keberadaanya namun kehadiran Ririn's Blog cukup memberikan kontribusi buat para blogger pemula seperti saya, karna blog ini justru lebih lengkap topik pembahasannya :)

    Ternyata banyak juga ya cara untuk mengoptimasi seo off page pada blog, pelan tapi pasti Insya Allah saya akan mencoba mempraktekannya. Terimakasih mbak Rin atas sharing info yang bermanfaat ini :)

    ReplyDelete
  14. jadi kalau membuat blogg dengan on page itu gimana yaa mbak ? karena terkadang saya waktunya tentu mbak buat ngeblogg . yhanxs mbak ririnx sudah berbagi info

    ReplyDelete
  15. 100 blog dummy! aiyoyoooo... pengsan sekejap! ;-)

    ReplyDelete
  16. terimakasih mbak ririn atas penjelasannya, memang untuk membuat blog kita bagus dalam segi apapun, kita di haruskan telaten dalam membangunnya ya mbak...?

    ReplyDelete
  17. Asyikk ,,,,,
    optimasi lagi ...

    Follow blog saya ya
    http://infoejaman.blogspot.com/
    :)

    ReplyDelete
  18. Teknik opimasi yang bagus keduanya mbak on page dan off page.
    Saya cari-cari blog mbak,ternyata sudah dihapus google ya mbak,saya turut prihatin mbak,sudah diajuin banding mbak?

    tetatp semangat mbak mudahan diblog ini semangatnya tidak kalah dengan semangat blog yang kemarin.

    ReplyDelete
  19. Komplit dah Ilmunya di share habis. Tapi berat semua tahapannya Mbak.

    Akan dicoba secara bertahap dah

    ReplyDelete
  20. Masih kurang semuanya mbak untuk pemberitauannya diatas...harus giat belajar nih mbak..makasih ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga banyak yang belum dilakukan seperti point-point di atas pantesan blog saya seonya kurang bagus nih :)

      Delete
  21. Halo Mbak eka akhirnya blog ini juga ya yang dihajar, hehe alias dikembangkan salam sukses seonya, maaf OOT kasih suport saja hehe, coba buka merdeka.com ah.

    ReplyDelete
  22. wah perlu di cobain one by one nih. :)
    maaf mbak telat :(

    ReplyDelete
  23. kalau menurut pengalaman saya, cara seo off page tidak lagi dapat dijadikan acuan, sebab google tidak lagi menggunakan sistem seperti itu. dengan algoritma nya yang baru, google mengindeks sebuah artikel dengan menggunakan sistem pageview dalam sebuah halaman. nah jalan satu-satunya dalah mencari sebanyak-banyaknya pembaca. maka dari itu saran saya adalah memperbagus artikel

    ReplyDelete
  24. Selamat sore jelang Malam Mbak Rin
    Wah maaf saya ketinggalan berita ini blog barunya
    Mbak Ririn yah? selamat bergabung lagi yah Mbak
    Semoga di tampilan dan wajah baru ini semakin
    Memicu kebersamaan kita semangat dalam blogging :)

    ReplyDelete
  25. waduh 100 blog dummy, wah banyak banget

    ReplyDelete
  26. 100 blog dummy, gimana buatnya kak?

    ReplyDelete
  27. Cara melakukan optimasi seo off page pada blog harus emlakukan beberapa tahapan salah satunya dengan memiliki blog dumy dan munsumit tulisan alam artikel book sosial direktori web blog. Bila hal ini di kerjakan secara koon sisten maka akan melahirkan sebuah hasil SEO onpage yang sangat baik bagi blog itu sendiri.

    Salam,

    ReplyDelete
  28. wah bener juga nih
    btw ilmu baru lagi :D
    makasih gan

    ReplyDelete
  29. ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan blog kita mbk, terutama bagi saya yang bukan seorang blogger melainkan hanya seorang fotografer. terimakasih banyak udah berbagi ilmunya

    ReplyDelete
  30. Ulasannya cukup luas juga nih mbak, makasih tipsnya memang seperti itu yang sebenarnya.
    Makasih ya mbak!

    ReplyDelete
  31. selain yang sudah disebutkan di atas, membuat blog valid html5 juga salah satu optimasi seo off page ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalau nggak ngerti kode html susah juga yah kang supaya blognya bisa valid html5 :)

      Delete
  32. tetap semangat ya mbak....
    support terus untuk blog nya... :D
    salut saya,, penggemarnya banyak bangeeeet.. :D

    ReplyDelete
  33. 10 cara di atas itu pasti diurutkan dari cara yang termudah sampai yang tersulit, karena memang yang kesepuluh itu susah banget..

    ReplyDelete
  34. selamat malam mbak rini.. :) artikel yg sunngguh menarik mbak, dan patut di coba.. apa lagi cara terakhir itu.. pengen jga rasanya saya lakukan hmmm.. :)

    ReplyDelete
  35. banyak yg komentar tapi gak ada yg dibales... sama adminya ???
    mau komen... jadi gak jadi ...

    ReplyDelete
  36. 6,7,8, dan 9 yang belum aku lakukan. Aku belum pede dengan penampilan templatku, apalagi gaya postingku yang masih acakadul tata bahasanya.

    ReplyDelete
  37. Wih keren mbak caranya, seperti diketahui bahwa optimasi seo off page ini sangat bermanfaat untuk blog kita, makasih mbak telah sharing dengan caranya yang sangat komplit :)

    ReplyDelete
  38. sangat bermanfaat artikel mengenai optimasi seo off page ini.. ada di antara 14 cara itu saya telah lakukan.. masih banyak yang perlu saya perbaiki.. terima kasih sharing caranya.. :D

    ReplyDelete
  39. wah mantab nih .. point nomor 14 tuh paling asik sepertinya.. bikin template bagus.. terus dishare.. sayang banget saya kurang faham ini.. masih newbie dan lagi hobbi otak atik tampilan template belum bisa bikin...

    hehe.. saya tunggu mungkin mbak ririn mau berbagi template yang bagus bagus lagi ...

    ReplyDelete
  40. wah ternyata banyak sekali ya yang harus dilalui untuk bisa menjadi juara... thx dah dishare tentang cara optimasi seo off page yang sangat gamblang dan mudah dipahami

    ReplyDelete
  41. wow banyak banget yah mbak cara melakukan optimasi seo off page pada blog nya, makasih yah akan saya coba praktekkin :)

    ReplyDelete
  42. makasih mbk artikelnya bermanfaat. izin coba lain waktu :)

    ReplyDelete
  43. apakah mba Ririn gk seempat backup kontennya ya? heehe.. maaf nih mba, saya telat kemari, saya ikut sudah buat kejadian kemaren ya. Sukses selalu mba :) maaf OOT :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sedih kang, malah harus semangat biar mbak Ririn jadi tambah semangat

      Delete
  44. lengkap banget mbk Rin.., ada bbrp point yg aq gk pernah terapkan.., malas aja.. *smile

    makasih ya..!

    ReplyDelete
  45. Untuk pembuatan template sendiri membutuhkan kerja keras dan sangat lama mbak. hehe yang simpel aja tapi berkualitas yanbg di perlukan

    ReplyDelete
  46. Ada sejumlah point yg belum sempet saya jalanin nih mbak
    Mudah2 an...kalo udah du terapin..jd lebihh ok nih..
    Trims ya mbak Rin :)

    ReplyDelete
  47. terima kasih mbak , caranya ..........
    langsung terapin .........

    ReplyDelete
  48. Sebenarnya saya kurang begitu ngerti dengan SEO ini hehe :D

    ReplyDelete
  49. kalo menurut saya, mencari backlink lebih mantebb sis

    ReplyDelete
  50. Wahhh... saya ketinggalan nih ...
    :)

    follow blog saya ya ..
    http://infoejaman.blogspot.com
    :)

    ReplyDelete
  51. wah banyak sekali ya untuk SEO off page, kalo saya pilih blogwalking, sama submit di social bookmark saja, kalo yang lainnya riset kata kunci aja di google adword

    ReplyDelete
  52. untuk saat ini saya gag ngelakuin apa apa mbak eka :d
    disamping google lagi bebenah nanti malah ngecapruk heheheh
    nanti setelah si mbah sudah beres akan saya terapkan optimasi nya
    salam sukses

    ReplyDelete
  53. wah langsung saya praktekan mba master eka. untuk nomer 1-5 sepertinya saya harus mempelajarinya dulu kalau no 6 - 14 sepertinya saya harus mempelajari juga.. hehehe

    ReplyDelete
  54. Bikin blog dummy 100 ? Haaahhhhhh ?

    ReplyDelete
  55. keren banget... saya yang emang dasar otaknya cetek mesti raba-raba dulu. pengen banget pnya blog yang ber-SEO tapi kurang ngerti :tepokjidad:

    ReplyDelete
  56. wah.. tahapanya buanyak bener... harus alon - alon neh. udah dikeluarin semua belom mbak ilmunya? :D

    ReplyDelete
  57. Banyak hal dilakukan seorang Blogger diantaranya melakukan optimasi SEO off page pada blog. Kiranya yang perlu untuk dicermati oleh para Blogger ada pada tips nomor 8 yaitu 'Buat 100 Blog Dummy dari Berbagai Platform'. Pembuatan blog yang dirancang untuk mengarahkan lalu lintas pengunjung ke situs kita dapat dianggap spam oleh Google yang dapat berakibat fatal bagi kita. Hal ini dapat dibaca pada dokumen 'Kebijakan Konten Blogger'. Terima kasih sharing dan motivasinya. Salam cemerlang!

    ReplyDelete
  58. cara daftar d search engine bagaimana?

    ReplyDelete
  59. Jadi bagaimana donk tata cara yang paling aman ngurus 100 blog dummy agar tidak terhindar dari cap spammer dan terhindar dari banned ?. sy newbie nih... pengen bkin blog dummy, tp yg jadi pertanyaan saya, apakah boleh nama 100 blog dummy saya namanya sama semua dari segala penyedia blog gratis. contohnya gini, 123.blogspot, 123.wordpress, 123.blogdetik, sampai ke 100 blog dummy saya semua nama blog nya "123" ya itu 123 itu salah satu contoh aja gan. boleh gak ya ? atau harus bbeda-beda nama blog nya ? mohon jawabannya ya. terims.

    ReplyDelete
  60. nyimak.. super sekali bisa saya coba...
    menjadi i reporter harus bener bener memahami bener sastra ya.

    ReplyDelete
  61. ane blom bisa bikin template sendiri

    ReplyDelete
  62. bermanfaat sekali informasinya :) salam kenal ya gan.

    ReplyDelete
  63. banyak banget yang koment yah mbak, kalau ping itu gimana? apakah sama dengan crawl Url? kayaknya itu juga bisa mempercepat indeks gugelgelegel deh mbak ririn... salah gak sih
    balas donk, balas ya, balas please :D hehe

    ReplyDelete
  64. Nomor 8 hampir tidak mungkin saya lakukan mbak ririn. Jika setiap blog diperlukan minimal 20 artikel, maka perlu di buat minimal 2 000 artikel (untuk 100 blog dummy) original dengan topik yang sesuai dengan blog utama kita.

    ReplyDelete
  65. belum pernah nyoba buat dummy mbk,ada resikonya nggak sih?

    ReplyDelete
  66. Ada satu lagi social bookmarking yang bisa membuat artikel website anda SEO oleh google. Nama situsnya adalah www.mantapps.com, jadi anda bisa membuat artikel gratis disana dan bisa menaruh backlink website anda.

    ReplyDelete
  67. jurus yang jitu.... siap-siap mau pasang kuda-kuda ah biar blog ane bisa nembus pejwan dengan ilmu yang telah ditrasfer mbak siap sayah gunakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga sukses untuk blog nya ya mas ;)

      Delete
    2. sama-sama mbak, kayaknya blog mbak ditaburin zat adiktif deh he... saya jadi ketagian neh n ngbuka trus blog mbak, mampir ke blog saya dong

      Delete
  68. blog dummy saya belum pernah coba mbak ... kayaknya agak sulit untuk membuatnya

    ReplyDelete