Friday, February 28, 2014

Cara Mendapatkan Backlink Gratis dan Berkualitas dengan Mudah

Backlink merupakan aspek yang cukup penting yang harus kita bangun (link building) sejak dini untuk blog dan juga sebagai upaya optimasi mesin pencari (Baca: Cara Melakukan Optimasi SEO Offpage pada Blog). Dengan memperoleh backlink sebanyak-banyaknya, maka semakin banyak blog/website yang merekomendasikan blog kita di search engine, sehingga hal tersebut akan dapat menyumbang banyak visitor / traffic. Namun, untuk memperoleh segudang backlink tidak boleh asal-asalan. Kita musti memperhatikan berbagai komponen. Banyak teman-teman blogger kurang tepat dalam usaha mendapatkan backlink, misalnya dengan link exchange, komentar spam dan lain sebagainya.

Sebenarnya untuk memperoleh backlink dengan skala besar itu cukup mudah, asalkan anda punya banyak uang. Misalnya dengan menjadi advertiser di Google AdWords, atau PPC lainnya. Namun, anda pasti tidak mau melakukan hal itu. Anda kan sukanya yang gratis-gratis? betul tidak? hayo ngaku!!! hehehe..
Cara Mendapatkan Backlink Gratis dan Berkualitas dengan Mudah
Image by http://tipsseoinstant.blogspot.com
Oleh karena itu, saya menjadi tertarik untuk share mengenai tata cara mendapatkan backlink secara baik dan benar, tentu juga mudah untuk dilakukan. Dan satu hal yang musti dicatat bahwa itu 100% gratisssss. Berikut merupakan cara memperoleh backlink dengan mudah. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya tentang Cara Membuat dan Memasang Widget Related Post Tumbnail di Blog.

Cara Mendapatkan Backlink Gratis dan Berkualitas dengan Mudah

1. Berkomentar di Blog Dofollow
Anda pasti sudah kenal dengan istilah blog dofollow dan nofollow. Oleh karena itu, kedua istilah tersebut tidak perlu lagi saya singgung lagi disini. Namun, saya hanya menekankan pada aspek komentar seperti apa yang musti kita tulis di blog dofollow.

Mugkin ada baiknya anda cari blog dofollow dengan meminta bantuan Google, dengan keyword "Blog Dofollow Indonesia". Nanti pasti akan ketemu beberapa blog dofollow. Silahkan anda pilih blog dofollow yang sesuai dengan niche (fokus blog) anda. Misalkan blog anda tentang seputar blogging, silahkan cari blog dofollow yang mempunyai niche blogging. Kemudian silahkan anda berkomentar di blog tersebut. Baca juga Cara Memasang Iklan di Akhir Postingan Blog.

Saya menganjurkan agar anda berkomentar dengan baik dan sesuai dengan topik artikel. Jangan mencari keuntungan diri sendiri, misalnya dengan meninggalkan spam atau lainnya. Misal pada kotak komentar terdapat name/url, gunakan nama tersebut sebagai nama yang digunakan dalam kotak komentar.

2. Mencari Backlink dari Forum Dofollow
Anda pasti sudah kenal dengan situs Kompasiana, Ads ID, Bersosial, Kaskus, dll. Itu merupakan beberapa situs forum dofollow. Lalu apa yang musti kita lakukan untuk memperoleh backlink dari situs forum tersebut?. Apabila anda belum menjadi member, silahkan mendaftar. Apabila sudah menjadi member, silahkan aktif dalam memposting artikel dan berkomentar di situs tersebut.

Tentu dalam meposting artikel tidak boleh asal-asalan, tapi kita perlu memperhatikan topik. Hendaknya topik artikel disesuaikan dengan niche blog kita. Dan kemudian, jangan lupa setiap posting artikel hendaknya disisipkan link aktif yang mengarah menuju ke blog kita. Baca juga Manfaat Menggunakan Domain Dot Com untuk Blog Anda.

Usaha yang lain adalah dengan cara mengomentari artikel orang lain yang sama-sama member situs forum. Hendaknya dalam menulis komentar harus sesuai dengan topik artikel, jangan asal-asalan berkomentar dan seenaknya sendiri meninggalkan link aktif. Dengan begitu, anda akan memperoleh backlink yang cukup baik.

3. Submit Artikel ke Situs Sosial Bookmark Dofollow
Cara yang satu ini bisa dibilang cukup mudah dan tidak banyak menyita waktu. Anda tinggal mendaftar menjadi member pada situs tersebut, kemudian setiap anda selesai menerbitkan artikel di blog, silahkan submit artikel anda ke situs tersebut secara rutin.

Di internet ada beberapa situs sosial bookmark dofollow yang mana mungkin bisa dijadikan partner untuk memperoleh backlink sebanyak-banyaknya. Misalanya seperti situs Lintas.me, Infogue.com, Laptopgue.com, dan masih banyak lagi. Baca Daftar 25 Situs Social Bookmark Terbaik Dunia.

4. Menjadi i-Reporter pada Media Massa Merdeka.com
Belum banyak teman-teman blogger yang memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan oleh Merdeka.com untuk memperoleh backlink dengan cara menjadi i-reporter (citizen jurnalis) pada media massa tersebut. Mungkin karena persyaratannya cukup ribet dan banyak memakan waktu, sehingga anda tidak begitu berminat untuk menjadi i-reporter pada situs tersebut.

Padahal sebenarnya apa yang ditawarkan oleh situs tersebut sangat baik untuk meraup backlink sebanyak-banyaknya. Kita hanya perlu mendaftar menjadi member i-reporter di media massa tersebut, kemudian kita menulis artikel sesuai dengan minat kita, karena topik artikel dibebaskan asalkan sesuai dengan kode etik jurnalis. Kemudian pihak Merdeka.com akan mereview artikel kita apakah layak diterbitkan ataukah tidak. Apabila artikel kita diterbitkan, setiap akhir artikel terdapat tautan atau banner yang mengarah menuju blog kita yang berguna untuk SEO. Baca juga Pilih Blogger atau WordPress untuk Ngeblog?.

Tentu hal itu akan sangat menguntungkan bagi kemajuan blog kita dalam membangun backlink bukan?. Namun, sampai sejauh ini belum banyak teman-teman blogger yang bersedia menjadi i-reporter pada situs tersebut. Tertarik menjadi bagian dari Merdeka.com? Silahkan kunjungi url ini http://app.merdeka.com/ireporters/

5. Optimalisasi Jejaring Sosial Google+
Cara yang satu ini terbilang paling mudah untuk kita lakukan dalam usaha mendapatkan backlink. Apakah anda sudah mempunyai akun Google+? Kalau belum punya, silahkan daftar dulu atau baca selengkapnya tentang Cara Mendaftar Membuat Akun Google Plus. Nah, apabila anda sudah punya akun social media yang satu ini, silahkan perbanyak jumlah teman yang ada di lingkaran anda. Selain itu, silahkan bergabung pada komunitas yang sesuai dengan niche blog anda.

Apabila teman yang ada di lingkaran anda sedikit, itu tidak ada artinya untuk meraup backlink sebanyak-banyaknya. Apalagi ditambah judul artikel yang anda share tidak menarik sama sekali. Oleh karena itu, hendaknya judul artikel postingan dibuat semenarik mungkin dan perbanyak teman di lingkaran anda. Dengan begitu blog anda akan memperoleh backlink secara optimal ketika anda men-share postingan ke Google+. Baca juga Cara Memasang Widget Alexa Rank di Blog dengan Mudah.

Salu hal yang musti anda perhatikan ketika share artikel postingan adalah waktu. Usahakan ketika membagikan artikel pada waktu yang tepat. Misalnya di Indonesia kebanyakan orang menggunakan media sosial ini antara pukul 18.00-21.00 WIB, bisa dipastikan banyak pengguna Google+ yang sedang online. Sehingga mereka banyak yang akan membaca artikel kita. Itulah mengapa kita sangat dianjurkan oleh Blogger untuk mengoptimalkan penggunaan Google+, karena hal itu sangat penting bagi trafik blog kita.

Demikian informasi yang bisa saya share untuk anda tentang Cara Mendapatkan Backlink Gratis dan Berkualitas dengan Mudah. Apabila terdapat kekeliruan baik dalam substansi ataupun tata tulis, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jangan sampai ketinggalan posting menarik lainnya di Blog Dicintai.com tentang Tips Memasang Iklan di Blog yang Baik dan Benar. Terimakasih atas atensinya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

56 comments:

  1. Memang SPAM menjengkelkan dan koment dengan link hidup itu sangat merugikan yang punya blog.
    Terimakasih atas sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali yang Mas Djangkru katakan saya sependapat deh Mas :)

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. Sebenarnya berburu backlink sich boleh-boleh saja, karena konten komentar yang berkualitas juga menentukan posisi SEO pada blog kita. Tapi kalau konten komentarnya hanya mencari keuntungan sepihak seperti SPAM, itu sangat merugikan pemilik blog. Dia untung dan kita yang punya blog rugi.
    Terimakasih banyak pak sudah berkunjung di blog saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. daripada berburu backlink mending mainke nusajawa.com atau ikerenki aja hahah

      Delete
  3. Keren mbak,,Kunjungan balik ya mbak :) udah aku perbaki blogku untuk target tahun depan dapetin adsense T_T bantu donk mbak,,Blog ini udah aku add di blog roll

    ReplyDelete
  4. terimakasih banyak Wahyur Pras :)
    salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    ReplyDelete
  6. Mas Korban Tempir, mohon maaf komentar anda saya hapus karena anda menyisipkan link aktif pada kolom komentar.

    Jika komentar anda tidak ingin dihapus dimasa yang akan datang, silahkan belajar cara berkomentar yang baik dan benar. Ok? sippp!!

    ReplyDelete
  7. Ini bermanfaat mbak, ada beberapa yang saya baru ketahui, termasuk jadi i-reporter di merdeka.com, makasih infonya ..

    ReplyDelete
  8. Selamat pagi Mbak Ririn yang baik hati yang selalu berbagi kebaikan untuk
    Semua teman blogging. termasuk artikel ini, ijin coba agar blog saya bisa sehebat
    Blog Mbak Ririn. terima kasih yah Mbak Rin. salam hormat selalu :))

    ReplyDelete
  9. Kalau nulis di kompasiana saya udah lama kalau merdeka kayaknya boleh juga tuh buat publikasi sekaligus backlink.

    Mau saya coba.

    Memang backlink itu harus dicari dan dikejar biar semakin populer blognya kita.

    ReplyDelete
  10. Tutorial bermanfaat untuk mendapatkan backlink gratis mbak Ririn. Tentu saja perlu dilakukan secara alami ya mbak?

    ReplyDelete
  11. Jadi penulis di blog lain yang belum pernah, abis ga pnya pngalaman sama skali sch... thanks info'y Mbak..

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. menjadi i-reporter kayaknya menarik ya mbak tapi pastinya butuh perjuangan...sebenarnya saya pribadi kurang begitu tau manfaat backlink tapi setelah saya membaca arikel mbak eka jadi tau deh makasih ya mbak

    ReplyDelete
  14. pengen nyobain jadi penulis di merdeka mbak,emangnya yg bikin ribet persyaratannya gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. syarat nya nggak ribet kok mas. Silahkan bisa dicoba daftar di merdeka com

      Delete
  15. ternyata mendapatkan backlink yang berkualitas itu gampang-gampang susah yah mabak Ririn,awalnya sya cuek saja sama yang namanya baclink itu,ternya sangat bagus yah untuk pertumbuhan blig kita,Terimakasih mbak Ririn telah berbagi pengetahuan baru buat saya,,,

    ReplyDelete
  16. memang ini sangat dibutuhkan agar blog kita traffiknya naik trus
    hehehe
    begitu ta mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupz, betul itu mas. Seratus deh buat mas onqi hehe :D

      Delete
  17. hmm garits dan berkualitas yah mbak, boleh nih dicoba, maksih mbak Rin atas infonya, sukses selalu :D

    ReplyDelete
  18. Boleh juga ni di coba mbak ririn caranya, dari pada spam mulu hehehe

    ReplyDelete
  19. Betul juga mbak. Alhamdulilah ada cara cari backlink dengan mudah hehe

    ReplyDelete
  20. detail sekali bos, thx informasinya bos, ijin mempraktekannya yia bos, hehehe.....

    ReplyDelete
  21. Banyak juga cara mendapatkan backlink berkualitas gratis tentu saja yang akan membantu mempopulairkan blog yang kita kelola, namun banyak juga yang tidak saya optimlkan ternyata.

    ReplyDelete
  22. cara cara di atas memang ampuh, tapi sayangnya sulit untuk diimbangi dengan waktu dan kesanggupan haha

    ReplyDelete
  23. Kita katanya bagus berkomentar di blog dofollow, biar dapat backlink, tp sepertinya banyak juga blog nofollow mbak, jadi kadang ribet jg pilih-pilihnya, jadi jarang menghiraukan itu yg namanya nofollow dan follow

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas betul juga ya hehehe :D yang penting kita berkomentar aja ya :D

      Delete
  24. Ternyata sulit juga yah mendapatkan backlink yang berkualitas kecuali yg social bookmarking n g+, sisanya merepotkan. hehe. ^^

    ReplyDelete
  25. Saya dah coba dan daftar di merdeka.com mbak, akhirnya tips yang ini keluar juga tu, heehee

    ReplyDelete
  26. saya sudah jadi member di kaskus dan juga log viva, tapi untuk merdeka belum, sepertinya harus dicoba nih

    ReplyDelete
  27. wah begitu banyak juga ya mba caranya,,,, o,y numpang tanya nih mba,,, ketika kita berkomentar dengan url apakah ke home page atau url lainnya ..makash

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau blog kita masih baru / usia nya masih muda, sebaiknya pakai name/url homepage blog kita

      Apabila blog kita sudah lama, misal berumur 1 tahun, sebaiknya pakai name/url postingan blog kita :)

      Delete
  28. ....pantesan backlink desa masih kurus banget, rupanya kudu ikutan jadi ireporter di merdeka ya...ke tekapeh ah.
    makasih yeu

    ReplyDelete
  29. Baru bisa mampir, hehehehe.. beberapa hari ini gak ngeblog soalnya :D

    ReplyDelete
  30. Ternyata banyak cara utk mendapatkannya ya mbak
    Dan dari beberapa ada yg sudah saya coba
    Trima ksh ya mbak Rin :)

    ReplyDelete
  31. back link saya masih sedikit, langsung praktekkan mungkin kali yah :D

    ReplyDelete
  32. wah joss banget nih infonya gan

    www.ifan-nurhidayat.blogspot.com

    ReplyDelete
  33. Point no.5 memang harus diperhatikan :)

    ReplyDelete
  34. Replies
    1. kalau link nya di pasang di komentar ya nofollow mas, tapi kalau link nya dipasang di postingan kompasiana, itu dofollow.

      Delete
  35. Makasih infonya, saya ijin nyimak sekalin gabung heeeeeeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya silahkan. Terimakasih sudah mau gabung ;)

      Delete
  36. Sangat membantu terutama untuk pemula di bisnis online,,


    BISNIS TNETS| TOUR & TRAVEL NETWORK
    www.BisnisTnets.com

    ReplyDelete
  37. ubek-ubek terus blog ini ah... banyak ilmu yang sangat bermanfaat, lanjuuuuut....

    ReplyDelete
  38. Nice info gan..
    http://gairah-hamil.blogspot.com/2014/05/tips-cara-terbaik-cepat-hamil-secara-alami-dan-terbukti.html

    ReplyDelete
  39. Terima kasih telah share artikel bermanfaat ini.
    Jika sobat berkenan, kunjungi http://coretan-kemal.blogspot.com

    ReplyDelete