Thursday, May 8, 2014

Mengenal Manfaat Bersepeda

Setelah sebelumnya admin sudah share informasi tentang Kesalahan yang Sering dilakukan Orang Tua dalam Mendisiplinkan Anak, maka dalam kesempatan kali ini akan share tentang Mengenal Manfaat Bersepeda. Mungkin bisa mendorong lebih banyak orang untuk mencoba olahraga satu ini. Belakangan bersepeda telah menjadi gaya hidup. Hal ini tentu saja bukan hanya karena alasan hidup sehat tetapi juga adanya kampanye hemat energi dan global warming. Pada dasarnya olahraga yang mengandalkan tungkai ini memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Jika memang suka bersepeda atau  ingin mencobanya, tidak ada salahnya jika Mengenal Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut. Jangan lupa baca juga ya Takut Operasi Katarak? Coba Tetes Mata Anti Katarak Ini

1. Melatih ketahanan jantung dan paru-paru
Saat bersepeda, hal tersebut dapat melatih pernafasan kita lebih panjang. Ketika dilakukan secara teratur maka kebiasaan tersebut bisa membantu kita memelihara dan meningkatkan ketahanan jantung dan paru-paru. Kebiasaan tersebut bisa dicoba misalnya dalam kurun waktu 2 hingga 3 bulan. Dan rasakan perbedaannya.
Mengenal Manfaat Bersepeda, Beberapa Manfaat Naik Sepeda untuk Kesehatan Tubuh Kita dan Tulang
image by caramudahdiet.blogspot.com
2. Mampu memperlancar sistem peredaran darah
Dengan bersepeda juga mampu memperkuat otot jantung dan paru-paru. Hal ini mampu memperlancar peredaran darah dan oksigen dalam tubuh kita.

3. Memperkuat otot-otot tungkai bawah
Bersepeda memang mengandalkan tungkai, itulah sebabnya bersepeda secara teratur bisa memperkuat otot tungkai bawah. Dan tentu saja hal tersebut diharapkan bisa meningkatkan kepadatan tulang kita.

4. Membantu menstabilkan gula darah
Penyakit diabetes termasuk penyakit yang memerlukan kesabaran untuk menanggulanginya. Hal ini dikarenan perlu disiplin dalam mengendalikan gula darah. Nah, selain melalui diet makanan dan minuman serta obat maka upaya menanggulangi penyakit diabetes mellitus adalah dengan berolahraga. Melakukan latihan fisik dengan jadwal yang tepat dan dilakukan secara teratur. Dan bersepeda bisa menjadi solusi tepat. Bersepeda secara teratur dipercaya mampu meningkatkan sensitivitas kinerja insulin (obat diabetes) sehingga mampu menstabilkan kadar gula darah. Jika selalu dilakukan secara teratur, dalam jangka panjang bisa menurunkan glukosa dalam darah. Baca juga Cara Mengobati Telapak Kaki Pecah-Pecah

5. Mampu membakar lemak secara efektif
Setiap kegiatan fisik tentu bisa membakar lemak dalam tubuh begitu pula dengan bersepeda. Untuk diketahui pada dasarnya saat melakukan kegiatan fisik, pembakaran yang dilakukan pertama kali adalah dari cadangan karbohidrat yang dimiliki. Selanjutnya baru mengambil dari cadangan lemak yang dimiliki. Di sinilah pembakaran lemak tersebut terjadi. Jika sudah terbiasa, bersepeda selama 30 menit bisa membakar lemak sekitar 130 – 150 kalori. Tetapi hal tersebut berkaitan erat dengan berat badan maupun intensitas bersepeda yang dilakukan. Artinya besarnya pembakaran lemak antara 1 orang dengan yang lain tentu berbeda.

6. Menghilangkan stress
Saat berolahraga, tubuh biasanya akan menghasilkan hormon endorphin sebagai respon fisiologis. Dampak positif dari hormon endorphin adalah mampu memberikan perasaan senang pada suasana hati kita. Alhasil tidak ada salahnya, jika Anda merasa tertekan dengan pekerjaan, tugas kuliah, patah hati, tertekan dan sebagainya. Bersepedalah! Sistem peredaran darah dan oksigen lancar, hormon enforphin meningkat, bisa melihat pemandangan di jalan yang dilalui dan lainnya. Perasaan pun jadi lebih lega dan tenang dalam berfikir.

Bagaimana? Tertarik mencoba bersepeda setelah Mengenal Manfaat Bersepeda? Tidak ada salahnya mencoba! Jangan sampai ketinggalan artikel menarik lainnya tentang Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Sulit Tidur
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

14 comments:

  1. bersepeda itu murah dan menyehatkan :-)

    ReplyDelete
  2. nyaman juga buat jalan2 sore/pagi ....... :)

    ReplyDelete
  3. salah satu hobi saya juga nih,apalagi nggk menimbulkan polusi :)

    ReplyDelete
  4. Manfaatnya banyak tapi saya jarang bersepeda nih, lebih suka naik motor hehehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,
      untuk jarak dekat kan harus pakai motor mas :D

      Delete
  5. manfaat brspedaa mmang sangat banyak yia bos....

    ReplyDelete
  6. Pengen nggowes Mbaaaak, tapi ngga bisa di sini. Lha jalan aja penuh sama truk.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, jalanan kurang bersahabat sama pesepeda :)

      Delete
  7. ini mah kendaraan saya setiap hari..glidig ngontel

    ReplyDelete