Saturday, January 25, 2014

Gaya Hidup Modern - Pengaruh dan Dampaknya Bagi Kehidupan

Saat ini kita hidup dimasa yang serba praktis dan canggih, dimana semuanya dapat dilakukan dengan cepat dan cenderung instan. Gaya hidup seperti ini biasa kita kenal dengan gaya hidup modern, dimana timbulnya pola terbaru dari tingkah laku manusia dalam kehidupannya yang sesuai dengan tuntutan zaman. Dari sini kita dapat telusuri lagi kalau gaya hidup modern umumnya cenderung fokus pada pola hidup yang serba terbuka pada kemajuan bidang apapun, manusia terus mengeksplorasi kemampuan otaknya untuk berinovasi, dan waktu merupakan tolak ukur yang sangat dihargai. Namun, dalam perkembangannya gaya hidup yang sudah mengakar pada semua elemen ini menimbulkan pengaruh dan dampak penting yang tanpa disadari telah merubah mindset tiap individu. Nah, mau tahu apa saja pengaruh dan dampaknya? Simak penjelasannya dibawah ini ya.

Di zaman modern ini bisa dibilang semua bidang menggunakan teknologi tinggi. Ya, istilah high-end technology ini memang sudah “mendarah daging” di dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Mulai dari teknologi untuk publik maupun kepentingan individu. Penggunaan teknologi ini mendorong tingginya tingkat ketergantungan akan sumber daya, antara lain, bahan bakar minyak (BBM), BBG, listrik, hingga nuklir. Tapi disini kita ga akan membahas tentang itu hehe, melainkan pengaruh dan dampak gaya hidup modern di kehidupan masyarakat. Baca artikel terkait lainnya tentang Mindset Bisnis: Berkaca Pada Model Start-Up di Indonesia.
Pengaruh Gaya Hidup Modern terhadap Kehidupan Manusia
Image by theurbanhousewife.com
Hasil karya dari teknologi ini secara tidak langsung mempengaruhi gaya hidup manusia, kenapa? Karena prinsip dasar diciptakannya teknologi adalah untuk memudahkan kehidupan manusia dalam memenuhi berbagai kebutuhannya. Hal ini mendorong manusia untuk merubah gaya hidupnya dari yang sebelumnya serba manual dan sederhana ke gaya hidup yang instan dan praktis. Hingga ujungnya, semua ini akan mempengaruhi pola berpikir, dan gaya hidup kita dalam menjalani hidup. Lalu apa dampaknya? Apakah ini berarti suatu hal yang positif atau justru menjadi negatif? Yuk, kita telusuri satu-satu. Berdasarkan pengamatan, secara garis besar dampaknya dapat dibagi jadi tiga poin, yaitu:

Gaya Hidup Modern - Pengaruh dan Dampaknya Bagi Kehidupan

Gaya Hidup Instan
Pola hidup instan sudah menjamur dimana-mana, banyak sekali hal-hal yang sekarang sudah bisa diminimalisir dan tidak terlalu banyak membutuhkan tenaga untuk mendapatkannya. Contohnya dalam kehidupan sehari-hari seperti profesi tukang cukur yang saat ini cenderung menggunakan alat cukur listrik ketimbang yang manual. Jika dilihat dari manfaatnya, tentu lebih banyak alat cukur listrik, karena kemampuannya untuk memotong rambut lebih cepat dan juga tidak memerlukan tenaga lebih banyak bagi tukang cukurnya, sehingga mereka dapat mencukur konsumennya lebih banyak dan tidak mudah capek. Jadi ada segi positif dalam hal ini dimana penyedia jasa mendapatkan keuntungan dari segi efektifitas kerja dan tenaga, sedangkan konsumen mendapatkan efek positif dari segi waktu.

Contoh kedua, kita ambil dari lingkup yang lebih besar, yaitu dari layanan online. Nah, layanan ini merupakan salah satu terobosan dalam dunia bisnis yang tujuannya untuk lebih memudahkan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya. Konsepnya yang serba instan dan praktis membuat konsep layanan online meningkat pesat dan menjadi pilihan utama bagi masyarakat saat ini. Terlebih saat ini sudah muncul berbagai jenis layanan online yang bisa dibilang hampir sama dengan layanan offline yang umum kita gunakan. Mulai dari pembayaran telepon, listrik, sampai layanan online yang bersifat insidental, seperti layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online oleh Traveloka.com yang merupakan website sejenis dengan Tiket2, Tiket, Utiket dan Nusatrip. Konsep layanan ini memang sangat mengedepankan prosesnya, dimana konsumen tidak perlu pergi dari rumah (bisa melakukan dari manapun), tidak perlu mengantri, dan kemudahan prosedurnya membuat mereka jadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat.

Jadi perkembangan teknologi ini memang sangat bermanfaat, dan hasilnya adalah gaya hidup instan yang jika dilihat lebih detail manusia akan lebih dilayani lagi, dan ini juga menjadi tanda bahwa manusia pada dasarnya senang dengan perkembangan ini. Tapi apakah ini justru akan berpengaruh buruk kedepannya? Yuk, kita simak kedua poin berikutnya.

Lunturnya Aspek Sosial
Selain efek positif yang ditimbulkan, gaya hidup modern ini juga memiliki dampak negatif, diantaranya adalah pada aspek sosial. Pernah ngga anda merasa kalau komunikasi dengan keluarga berkurang? Atau kurangnya melakukan aktifitas sosial dengan lingkungan sekitar akibat kesibukan diri? Nah, dua pertanyaan ini sangat umum terjadi pada individu-individu di zaman modern, terlebih dikota besar/metropolitan. Orientasi yang fokus ke pekerjaan, karir, ataupun karena tuntutan hidup membuat kita jadi melupakan hakekat manusia sebagai makhluk sosial. Ya, ini adalah salah satu contoh permasalahan yang tanpa disadari sudah menjamur di berbagai belahan dunia.

Lalu bagaimana baiknya? Ya, kita kan dianugerahi akal oleh Sang Maha Pencipta, akal inilah yang bisa mengarahkan tiap individu untuk tetap fokus pada satu bidang, tetapi juga tidak melupakan bidang lainnya. Selama akal tidak dikalahkan oleh nafsu, tentunya aspek sosial akan tumbuh kembali dan tercipta keharmonisan satu sama lainnya. Amin

Efek Bagi Kesehatan
Dampak kedua yang sangat mungkin timbul adalah dari segi kesehatan. Kok bisa? Tentu saja, karena konteksnya yang serba instan dan praktis memungkinkan manusia untuk mendapatkan segalanya dengan lebih mudah. Hal ini membuat kita menjadi lebih sedikit bergerak dan pastinya sudah tahu kenapa kan hehe.

Selain itu dari segi penyajian makanan juga pastinya tidak mau kalah dengan bidang lainnya, dimana kita bisa menemukan penyedia makanan cepat saji yang konsepnya serba instan sehingga konsumen ga perlu nunggu lama. Apakah ada efek negatifnya? Ya tentu saja, dan saya yakin teman-teman semua pasti sudah mengetahuinya hehe. Wow, banyak juga ya ternyata, apakah ada lagi? Tentunya masih ada, diantaranya adalah semakin tingginya tingkat penyakit mental karena adanya dorongan dan tuntutan kuat dikehidupan saat ini.

Namun, banyaknya ancaman-ancaman ini juga diikuti oleh semakin mutakhirnya teknologi yang digunakan dalam dunia kesehatan. Hal ini ditujukan untuk menangani berbagai efek negatif yang ditimbulkan sehingga kita tetap sehat seperti sedia kala. Tapi sebaik-baiknya teknologi kesehatan, tentu akan jauh lebih baik lagi kalau kita sebagai manusia menjaga kesehatan, karena lebih baik mencegah daripada mengobati hehe.

Nah, itulah sedikit cerita saya mengenai Gaya Hidup Modern, Pengaruh dan Dampaknya Bagi Kehidupan Manusia. Kesimpulannya, kemajuan teknologi yang mendorong hadirnya gaya hidup modern ini tentu akan sangat bermanfaat bagi kita, jadi tinggal bagaimana kita menyikapinya saja. Yang baik tentu diambil, sedangkan yang buruknya jangan hehe. Semoga artikelnya bisa bermanfaat bagi saya pribadi dan teman-teman semua. Oh ya, bagaimana dengan tanggapannya? Silahkan didiskusikan ya. Terima kasih. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang Tips Hidup Hemat.

Artikel ini ditulis oleh Wandry - SEO Executive Traveloka.com
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

57 comments:

  1. hidup boleh modern tapi tetap menjujung agama sebagai pedoman hidup :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul itu mas. Seratus deh buat mas intan hehehe :D

      Delete
  2. Zaman yang serba di kendalikan fengan technology ya mbak apa2 mudah tapi berat di uangnya..sekarang semuanya juga seba instan dari dalam rumah saja semua serba lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus punya banyak uang ya mbak supaua bisa mengikuti trend :)

      Delete
  3. Begitulah kehidupan, hanya mengimbangi lingkungan terdekat mba... harus mampu mengendalikan diri sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi, kalau baik diambil, dan kalau bururk jangan diambil ya mas :)

      Delete
  4. Harus pandai menyaring budaya modern nih

    ReplyDelete
  5. Gaya hidup moderen mungkin menjadi indikasi kualitas hidup manusia, mbak Rin. Namun perlu diiringi dengan nilai-nilai agama, moral-sosial, dan budaya agar tidak membunuh esensi nilai kemanusiaan seseorang. Gaya hidup boleh moderen namun jati diri tetap dikedepankan. Iya kan mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar itu mas uda. Jadi, meskipun jaman sekarang sudah serba canggih dan modern, kita tetap memegang teguh nilai-nilai sosial masyarakat ya :)

      Delete
  6. tergantung pribadi mau dibawa diri pribadi , tetapi tetep menjunjung tinggi adat istiadat indo :)
    karena ga ikut jaman malah ketinggalan juga sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya berarti kita harus bisa mengendalikan diri ya mas, agar tidak terjerumus dengan gaya hidup modern :)

      Delete
  7. betul mb ririn, jadi ingat serial doraemon the movie apa gitu judulnya, karena serba instan semua di kerjakan robot, tubuh jarang gerak dan akhirnya semua manusia jadi lemah kemana mana harus bawa kursi roda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya mas. Kalau begitu, kita harus sering melakukan olahraga ya agar tubuh kita tetap sehat :)

      Delete
  8. Bisa pesan tiket dengan hanya klik, ehehe oh iya saya sudah kirim email ya mbak mohon dicek, salam keren. Jogja ada gempa nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gempanya kerasa ampe garut nih mas

      Delete
    2. gaya hidup modern harus dibarengi dg cinta lingkungan atau go green, jangan sampai musibah bertambah, cirebon juga terasa gempa,

      Delete
    3. Ayo pada pesan tiket pesawat dan hotel. Murah meriah lho hehehe :D
      Iya kemarin saya juga merasakan gempa nih :)

      Delete
  9. intinya dalam menyikapi kehidupan jaman skrg kita hrs pandai2 memilih mana yg baik n mana yg buruk ya mbak, hmmm makasih telah berbagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, yang baik dipilih dan yang tidak baik ya jangan dipilih hehehe :D

      Delete
  10. tekhnologi modern itu harusnya membantu kita untuk mempermudah aktivitas sehari2. tapi jangan sampai ketergantungan dan merugikan, ya. apalagi jadi "anti" sosial :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeblog termasuk sarana dari modernisasi..iya juga ndak sih

      Namun tetep ... Hub sisial terhadap lingkungan sekitar .jgn sampai terabaikan juga,kan ya... :)

      Delete
    2. Iya kalau bisa kita jangan sampai diperbudak oleh teknologi ya mbak :)

      Iya betul itu mas budi. Ngeblog juga termasuk dari perkembangan dan kemajuan teknologi :)

      Delete
  11. Tekhnology modern itu bisa memudahkan&mempercepat sesuatu..
    Tapi mungkin juga membuat orang jadi malas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa ya jangan malas ya mbak muya cute :)

      Delete
  12. Kemajuan zaman berikut kecanggihan tekhnlloginya memang membawa kemudahan bahkan terkadang bisa jd godaan ya mbak... :)
    namyn ya itu tadi sebagai pelakudi dalamnya seyogyanya kita bisa lebih bijak utk menelan dan mensortirnya dari hal yang dianggap baik atau sebaliknya :)
    Good share mbak Rin :)


    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, jadi meskipun lifestyle kita modern dan serba canggih, tapi kita jangan sampai melupakan budaya dan adat istiadat Indonesia ya :)

      Delete
    2. Yes....
      Seratus dan sepakat :)

      Delete
  13. boleh saja memanfaatkan teknologi modern ( untuk memudahkan ) namun ingat akan batasan-batasan yang harus kita patuhi dalam hidup,artinya jangan sampai kebablasan geetoo hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar seperti itu pak. Kita sebaiknya menggunakan teknologi secara wajar ya :)

      Delete
  14. kalau tidak mengikuti zaman katanya kampungan,jadi mungkin karena alasan ini perubahan negatif banayk terjadi dalam kehidupan berlingkungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya mbak. Tapi kalau bisa ya kita mengedepankan nilai-nilai budaya, sosial, dan adat istiadat sebagai orang Indonesia, meski kita juga ikuti perkembangan jaman dan hidup dijaman modern ini :)

      Delete
  15. Seiring dengan perkembangan teknologi, gaya hidup manusia pun menjadi berubah. Mungkin sebagai bentuk adaptasi manusia pada sebuah perubahan di sekitarnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang benar seperti itu mbak. Jadi, teknologi diciptakan oleh manusia dengan tujuan untuk mempermudah kelangsungan hidup nya. Jadi, jangan sampai kita nya yang malah terjerumus oleh perkembangan teknologi tersebut, artinya kita sendiri yang diperbudak oleh teknologi :)

      Delete
  16. ada yang bosan dengan gaya hidup modern...makanya salah satu channel tv paling diminati di dunia membuat acara Naked and Afraid, coba aja tonton, jadi ingat betapa susahnya manusia mencoba survive di alam liar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sepertinya menarik kak acara tersebut. Saya jadi penasaran nih hehe :)

      Delete
  17. Memang kita harus mengikuti zaman ya mba, Tapi jangan terlalu fanatik. seperti halnya facebook. sebelum ada FB orang selalu silahturahmi datang kerumah-rumah. kalau sekarang tinggal sapa di timeline. gak tau tuh positif apa negatif ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekarang banyak orang memilih social media untuk berinteraksi dengan orang lain ya mas ketimbang berinteraksi secara langsung hmmmm ;)

      Delete
  18. semakin hari manusia disuguhkan dengan sesuatu yang mudah, praktis dan instant sehingga membuat kita menjadi malas untuk bergerak, bahkan makanan yang serba instant juga sebenarnya sangat tidak sehat untuk kesehatan kita, makasih sharingnya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu mas, kalau soal makanan ini orang cenderung lebih suka yang instan ya, padahal itu tidak bagus buat kesehatan kita. Hmmm :)

      Delete
  19. Salam rindu buat kamu ririn..

    Semakin canggih dn moden gaya hidup...semakin banyak tekanan yang manusia terima demi memenuhi tuntutan gaya hidup yg sedemikian...ramai manusia yg menghadapi tekanan emosi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga mbak amir selalu sehat ya dan nggak emosian hehehe :D

      Delete
  20. Ternyata dampak gaya hidup modern banyak pengaruh negatifnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau kita tidak menggunakan akal dan fikiran dalam memanfaatkan teknologi, maka perkembangan teknologi tersebut bisa berdampak negatif mas :)

      Delete
  21. moderen bukan berarti membuka yang seharusnya tertutup atau menutup yang seharusnya terbuka :D

    ReplyDelete
  22. Ririn...kenapa sih mbak enggak boleh turunkan komen dikedua2 entri di atas?kotak komennya mana...?hehehehe.......

    ReplyDelete
  23. Nambah keliat ngefrop nih blognya di cintai..
    Privacy policy plus disclamair nya meluncur ya mbak Rin :)

    ReplyDelete
  24. Ya segalanya ada dampak positif maupun negatifnya mbak, termasuk gaya hidup modern... kalo saya sih jauh dari modern, maklum saya wong ndeso :D

    ReplyDelete
  25. gaya hidup modern saya rasa tak masalah mb' asalkan tetap bisa memfilter dan tahu batas2annya dan tak berlebihan

    ReplyDelete
  26. layanan online memang bisa merubah polah hidup kita, demikianlah teknologi ..ada sisi negatif dan ada juga sisi positif..tergantung bagaimana kita menyikapi :-)

    ReplyDelete
  27. Ini kunjungan perdana tika kali yah, pas buka blog ini terus liat2 artikel, eh baru nyadar kalau blog ini admin nya mbak ririn :)

    ReplyDelete
  28. poin gaya hidup nstan itu yg terkadang menghalalkan segala cara ... selamat pagi mba ...

    ReplyDelete
  29. lunturnya asperk sosial mungkin bagian paling penting untuk dicermati dari Gaya hidup Modern... derasnya Budaya individualistik yang menggerus dan hampir mencabut akar budaya kita, perlu disikapi secara serius, mengingat, dampak ini mulai semakin akut ditengah masyarakat... salam kenal, thanks tuk artikelnya yang inspiratif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul itu mas, orang jaman sekarang lebih individu, terutama di kota, jadi nilai sosial dan budaya luntur. Thanks atas komentar nya ya :)

      Delete
  30. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete