Saturday, May 10, 2014

Manfaat Bermain Ayunan

Ayunan adalah salah satu permainan yang selalu menjadi favorit bagi anak-anak. Mudah ditemui di hampir setiap taman kota dan tempat bermain anak, kita sering melihat anak-anak berbeda usia sedang asyik dan bersenang-senang bermain ayunan. Bisa berayun-ayun dan menggoyangkan kaki di udara memang memberikan kegembiraaan tersendiri. Admin yakin banyak orang dewasa yang masih menyukai permainan ini tetapi fasilitas ayunan yang ditemui di taman kota biasanya kurang kuat dipakai untuk orang dewasa. Baca juga Beberapa Kesalahan Orangtua dalam Mendidik Anak

Permainan ayunan dapat dibuat dari berbagai bahan. Ayunan sederhana bisa dibuat dari ban mobil bekas dan tali tambang serta digantung ke cabang pohon yang kuat. Di taman bermain yang modern, fasilitas ayunan yang disediakan terbuat dari materi yang kuat dan mahal. Dibuat dari bahan apa pun, daya tarik dan manfaat dari ayunan bagi anak-anak akan tetap sama.

Ternyata ayunan tidak hanya permainan yang menyenangkan, tapi juga bisa memberikan beberapa manfaat bagi anak-anak. Yuk kita simak Manfaat Bermain Ayunan:
Manfaat Bermain Ayunan, Apa itu Ayunan dan Apa Manfaatnya untuk Kehidupan Kita
image: ebay.com
Manfaat fisik
Sebagai salah satu peralatan di taman bermain yang paling populer, bermain ayunan bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk memerangi dan mencegah obesitas pada masa kanak-kanak.  Ayunan mendorong anak untuk melakukan kegiatan luar ruangan (outdoor) yang bisa melibatkan semua kelompok otot dan membakar kalori. Gerakan menarik kembali dan mendorong maju dengan menggunakan kaki bisa membuat paha belakang dan paha depan bergerak juga. Pinggul dan lutut anak-anak juga akan berkembang lebih baik dan kuat. (Baca: Mengenal Manfaat Bersepeda)

Manfaat sosial
Bermain di luar ruangan atau bermain di tengah-tengah lingkungan alam sangat penting untuk mengembangkan ketrampilan sosial anak. Bermain ayunan bisa menghilangkan stres, membantu mengurangi kelebihan berat badan, mengajarkan anak untuk berinteraksi dengan anak-anak lain serta memberikan kesempatan kepada orang tua untuk mengajarkan anak supaya menghargai dan mencintai alam.

Manfaat emosional
Ayunan adalah permainan yang ‘bebas’ dan tidak terstruktur. Hal ini memberikan kesempatan kepada setiap anak yang bermain untuk menikmati dan menjadi diri sendiri. Berayun-ayun memberi mereka waktu dan kesempatan untuk berimajinasi dan berkreasi. Seorang anak bisa berimajinasi menjadi siapa pun atau apa pun yang mereka inginkan ketika mereka ‘terbang’ naik dan turun. Berayun sendiri atau dengan anak-anak lain yang sebaya, anak-anak dapat memproses apa yang telah mereka pelajari selama bermain. Baca juga Cara Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh

Peralatan ayunan adalah suatu keharusan di setiap taman bermain. Manfaat bermain ayunan yang dapat diperoleh terlalu besar dan terlalu penting untuk diabaikan. Jika anak Anda hendak menggunakan sebuah ayunan, pastikan keselamatan anak dengan mengecek terlebih dulu kekuatan dan keamanan dari peralatan ayunan yang bersangkutan.  Sebisa mungkin tetap dampingi dan awasi anak selama bermain.

Saat ini produk ayunan sudah dibuat untuk berbagai usia anak, bahkan untuk bayi sudah ada ayunan khusus bayi. Ketika bayi sudah bisa duduk dan kontrol kepalanya sudah terlihat stabil, orang tua bisa mulai mencoba mengajak sang bayi untuk berayun pertama kalinya di ayunan bayi.  Kebanyakan bayi mulai suka main ayunan sejak umur 8-9 bulan, tapi jangan paksakan bila bayi Anda masih takut dan menangis.

Orang tua bisa mengenalkan pengalaman dan sensasi berayun pertama kali kepada anak dengan cara memangku mereka ketika Anda memakai ayunan. Berayunlah dengan pelan-pelan saja, demi keselamatan anak di pangkuan.  Jika bayi atau anak Anda sudah menunjukkan keberanian dan kegembiraan bermain ayunan, berikan dia kesempatan main ayunan di ayunan khusus bayi atau anak-anak. Untuk menghindari kemungkinan risiko kecelakaan, dorong ayunan dengan pelan dan lembut. Jika banyak orang tua bisa membelikan berbagai mainan elektronik mahal untuk anak-anak mereka, seharusnya mereka juga mampu menyediakan satu set ayunan di rumah. Itulah Beberapa Manfaat Bermain Ayunan yang bisa admin bagikan untuk anda sekalian. Jangan sampai ketinggalan artikel menarik lainnya di Blog Dicintai.com tentang Manfaat Anak Membantu Pekerjaan Rumah
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

8 comments:

  1. hahahahahaha, dulu waktu sy kecil paling merinding kalo naik ayunan, apalgi klo ampe tinggi banget ayunannya ..... beeeeeh...ampe terasa pusing ..... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, kalau sampai tinggi banget, saya juga takut :)

      Delete
  2. saking seringnya main ayunan dulu ayunan di tempatku sampai putus talinya hahaha..

    ReplyDelete
  3. ternyata ayunan bisa bermanfaat juga ya :D baru tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Abdul, bermain ayunan juga bisa bermanfaat...

      Delete
  4. Sampe sekarang aku juga suka main ayunan, Mbak :D

    ReplyDelete