Tuesday, May 6, 2014

Cara Mudah Mencegah Rambut Lepek

Cara Mudah Mencegah Rambut Lepek - Mudah dilakukan jika mengetahuinya. Rambut selalu menjadi daya tarik baik bagi pria maupun wanita. Rambut lurus, ikal, berombak tentu menarik perhatian. Begitu pula gaya potongan rambut keren. Namun memiliki rambut yang keren namun terlihat lepek atau terlihat basah atau lengket tentu kurang enak dilihat dan bisa mengurangi rasa percaya diri. Baca juga 6 Cara Alami Mengecilkan Perut

Rambut lepek terjadi karena adanya ketidakseimbangan kelenjar minyak dalam memproduksi sebum. Sebum diketahui sebagai kandungan minyak yang mampu memberikan kelembaban pada kulit kepala. Sebum juga mampu melindungi dari polusi. Hanya saja, jika sebum tersebut diproduksi secara berlebih justru menimbulkan masalah pada rambut misalnya rambut lepek hingga kerontokan.

Saat kelenjar pada kulit memproduksi sebum secara berlebihan, hal ini akan membuat kulit kepala menjadi lembab. Selanjutnya bisa menimbulkan lebih banyak keringat. Lama kelamaan tumbuh jamur dan timbul ketombe yang menyebabkan rasa gatal pada kulit kepala. Produksi minyak berlebih tersebut juga menyumbat pori-pori pada kulit kepala. Akhirnya nutrisi yang diperlukan tidak mampu diserap oleh rambut. Inilah yang membuat rambut mudah rapuh sehingga rontok.

Jika memiliki anggota keluarga yang memiliki jenis rambut berminyak bisa jadi ini juga merupakan penyebabnya. Karena faktor genetik termasuk salah satu penyebabnya. Selanjutnya faktor makanan terutama makanan pedas dan berminyak. Sedangkan faktor dari luar lebih dipengaruhi karena kesalahan saat memilih shampo dan kondisioner. Begitu pula cara pemakaian yang salah juga berpengaruh. Selain itu menggunakan jilbab dan helm terlalu lama juga bisa menumbuhkan keringat dan minyak berlebih. Baca juga Cara Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah
Cara Mudah Mencegah Rambut Lepek, Cara Mengobati dan Mengatasi Rambut Lepek Rusak
image by perawatan-rambutku.blogspot.com
Namun tidak perlu khawatir, karena ada Cara Mudah Mencegah Rambut Lepek yang bisa dilakukan baik Pria maupun Wanita diantaranya adalah :

1. Mengurangi makanan berlemak, mengandung minyak dan pedas. Jika Anda suka jenis makanan ini sebaiknya mulai dikurangi bahkan dihindari. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pemicu pertambahan minyak dan keringat pada kulit kepala.

2. Sebaiknya mencuci rambut sesering mungkin. Misalnya dua hari sekali dengan shampo dan kondisioner untuk rambut dan kulit kepala berminyak. Hindari shampo untuk kulit kepala dan rambut kering karena shampo maupun kondisioner tersebut mengandung banyak minyak.

3. Sebaiknya saat menggunakan kondisioner, foam atau gel untuk rambut jangan sampai mengenai kulit kepala. Karena sebenarnya hal tersebut hanya digunakan hingga batang rambut.

4. Bagi perempuan berjilbab ada baiknya setelah keramas dan rambut masih basah jangan langsung ditutup. Biarkan rambut hingga kering. Selain itu berikan waktu untuk membuka jilbab. Saat terlalu sering ditutup bisa membuat kulit kepala berkeringat dan berminyak.

5. Saat menggunakan alat-alat stylish rambut misalnya pengering rambut pastikan tidak menggunakan temperatur yang terlalu tinggi atau panas. Selain itu jangan sampai mengenai kulit kepala. Cukup sampai di batang rambut saja.

Nah, cukup mudah bukan Cara Mudah Mencegah Rambut Lepek yang bisa Anda lakukan? Cukup dilakukan secara teratur dan sabar maka rambut indah dan sehat bisa diperoleh. Jangan lewatkan artikel terkait lainnya tentang Pentingnya Menjaga Kesehatan Pankreas
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

8 comments:

  1. kayaknya untuk menghindari point 1 susah mbak apalagi menghindari makanan pedas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,
      betul juga mas, mungkin jangan sampai berlebihan :)

      Delete
  2. klo buat rambut berminyak ada caranya nggk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya artikel di atas kan juga gitu mas :)

      Delete
  3. wah swangat bermanfaat nih .. :D untung rambut saya dikit jadi ga segitu nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe,
      kalau cowok memang lebih enak ngerawat rambutnya mas :D

      Delete
  4. Yang nomor 4 pernah ngalamin Mbak, malah jadi banyak ketombe. Hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbak, dan gatel banget :))

      Delete