Monday, April 28, 2014

Pentingnya Menjaga Kesehatan Pankreas

Pentingnya Menjaga Kesehatan Pankreas - Pandangan kedokteran Barat menetapkan pankreas sebagai bagian dari sistem pencernaan. Dalam ilmu pengobatan Cina, pankreas termasuk dalam sepuluh organ vital yang bertanggung jawab mengontrol produksi enzim untuk pencernaan dan metabolisme. Fungsi ini berhubungan langsung dengan lambung; jika pankreas gagal memproduksi enzim secara memadai, proses pencernaan di lambung akan terganggu sehingga makanan tidak tercerna, bahkan bisa membusuk dan mengendap. Baca juga Cara Mudah Mencegah Osteoporosis  

Pankreas terletak di bawah hati secara horisontal, antara lambung dan tulang ekor. Pankreas memiliki dua jenis jaringan eksokrin dan endokrin. Jaringan eksokrin menghasilkan enzim yang berguna untuk metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat serta mengeluarkan bikarbon yang berfungsi menetralkan asam lambung. Jaringan endokrin berfungsi menghasilkan hormon insulin dan glukagon yang bertugas mengatur pengiriman glukosa ke dalam sel-sel tubuh yang penting untuk pasokan energi.
Pentingnya Menjaga Kesehatan Pankreas
image: healthtap.com
Semua fungsi pankreas bisa berjalan berkat jaringan sistem saraf kompleks di perut yang melibatkan 100 juta sel saraf, jumlah yang lebih banyak daripada sel-sel saraf tulang belakang. Gangguan yang paling sering terjadi pada fungsi pankreas adalah berkurangnya produksi insulin. Kekurangan insulin di dalam tubuh menyebabkan terjadinya diabetes mellitus dengan kondisi kadar gula dalam darah yang tinggi. Baca juga Cara Alami Merawat Kulit Wajah

Ada dua tipe diabetes; pada diabetes tipe 1, pankreas tidak dapat menghasilkan insulin dalam jumlah cukup sehingga penderita harus mendapatkan suntikan insulin setiap hari. Kelainan ini bisa muncul sejak penderita masih anak-anak atau remaja. Pada diabetes tipe 2, pankreas masih menghasilkan insulin secara memadai tetapi tubuh penderita tidak dapat menggunakannya secara efisien. Kedua tipe diabetes ini dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit lain seperti penyakit jantung, gagal ginjal, kerusakan saraf, dan kebutaan.

Melihat peran penting dari pankreas dan betapa bahayanya gangguan fungsi pankreas, jangan ragu untuk mulai lebih memperhatikan pankreas. Berikut beberapa suplemen pilihan yang baik untuk Menjaga Kesehatan Pankreas:
-Asam folat
Bisa didapat lewat konsumsi sayuran hijau, sereal dan kacang-kacangan atau lewat suplemen. Asam folat mampu membantu menurunkan risiko penyakit kanker pankreas.
-Kromium
Bekerja membantu menstabilkan gula darah. Banyak terdapat pada kuning telur, daging sapi, beras merah, roti gandum, dan sayuran.
-Vitamin B3 dan B5
Seperti kromium, vitamin B3 dan B5 membantu mengontrol gula darah. Vitamin B3 bisa didapat dari kacang tanah, beras, kentang, hati sapi, dan hati ayam. Vitamin B5 banyak ditemukan di kacang-kacangan mentah, telur, dan brokoli.
-Buah merah
Kandungan tokoferol dalam buah merah membantu memperbaiki fungsi pankreas.
-Teh hijau
Studi yang pernah dilakukan terhadap sejumlah besar penduduk di Shanghai menunjukkan terjadinya penurunan jumlah penderita kanker pankreas setelah pemberian polyphenol dari teh hijau sebanyak 500mg/kg berat badan per hari.

Menjalani pola hidup sehat, mengontrol kadar lemak dalam darah serta hati-hati dalam minum obat juga penting untuk Anda lakukan karena penggunaan obat-obatan dari golongan thiazide, kortikosteroid, dan sulfasalazine dalam jangka panjang disebutkan dapat berefek negatif pada pankreas. Demikian penjelasan secara umum mengenai Pentingnya Menjaga Kesehatan Pankreas yang disarikan dari berbagai sumber, semoga bermanfaat. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang  Mengetahui Pentingnya Karbohidrat
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

14 comments:

  1. terimakasih infonya .. jadi lebih menjaga pankras :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo sama2 menjaga pankreas Mas Abdul :)

      Delete
  2. kalau mau meneliti, baaanyak sekali orang yang menyepelehkan masalah kesehatan sendiri, padahal di saat dia sudah merasakan sakit ujung2nya baru nyesel gak njaga kesehatan sendiri.

    nice share sis sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul, jangan sampai kita nyesel karena ngga peduli dengan kesehatan diri sendiri...

      Delete
  3. harus dijaga baik-baik ya mbk,klo sdh sakit kan malah jadi repot sendiri

    ReplyDelete
  4. Artikel yang benar-benar sangat berguna untuk menambah wawasan pengetahuan kita tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Great share Teh Lina.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kunjungannya Kang Bobby :)

      Delete
  5. beuuuh, ngeri deh kalo ngga bisa jaga kesehatan, terutama pencernaan ya termasuk pankreas, ngeri deh penyakitnya,, di desa gue ada yang ngalamin soalnya! hati hati deh, mudah2an kita sehat selalu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an kita sehat selalu semuanya ya!

      Delete
  6. Saya malah gk pernah perhatikan kesehatan jeroan hehehe, makasih nih di ingatkan kembali :)

    ReplyDelete
  7. kalau pankreas sehat otomatis system pencernaan juga lancar ya, begitu kan mbk? terima kasih sharenya..

    ReplyDelete
  8. Sistem pencernaan lancar kalau semua organ di sistem ini berfungsi dengan baik...

    ReplyDelete