Wednesday, April 2, 2014

Cara Memasang Widget Google Page Rank di Blog

Beberapa waktu yang lalu saya sudah share informasi tentang Apa itu Google Page Rank? sehingga pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahasnya lagi. Namun, saya akan menjelaskan tentang Bagaimana Cara Memasang Widget Google Page Rank di Blog Kita. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah kenapa widget tersebut perlu dan penting untuk dipasang di blog? jawabannya adalah widget tersebut sebagai informasi untuk visitor dan advertiser blog bahwa blog kita mempunyai ranking yang tinggi di Google. Oleh karena itu, apabila blog kita mempunyai ranking yang tinggi, besar kemungkinan bagi webmaster yang lain akan berbondong-bondong berkunjung di blog kita untuk mendapatkan backlink. Belum tahu apa itu backlink? silahkan baca Pengertian dan Manfaat Backlink. Selain itu, para advertiser juga akan tertarik untuk memasang iklannya di blog kita apabila blog kita mempunyai page rank yang tinggi.

Untuk Memasang Widget Google Page Rank di Blog, caranya cukup mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Silahkan ikuti panduan tentang tata cara memasang widget tersebut yang akan saya sampaikan berikut ini. Mohon disimak baik-baik ya. Baca juga Cara Pasang Game Online di Blog.

1. Silahkan anda kunjungi situs Google PageRank Checker di url http://www.prchecker.info/. Nanti akan menjumpai halaman seperti gambar dibawah ini. Silahkan masukkan alamat blog anda pada kotak yang sudah tersedia, dan kemudian Klik Check PR.
Google PageRank Checker
2. Langkah selanjutnya silahkan lakukan verifikasi dengan cara tulis kode sesuai dengan angka dan huruf disebelahnya. Hal tersebut dimaksudkan untuk memastikan bahwa anda adalah benar-benar manusia. Setelah itu, Klik tombol Verify Now.
Update Google PageRank Bulan Ini Tahun Sekarang
3. Kemudian apabila hasilnya seperti gambar dibawah ini, yakni N/A atau Not Available, ada beberapa kemungkinan antara lain: 1) kemungkinan blog anda masih baru, sehingga belum diindeks oleh Google, 2) kemungkinan blog anda sudah diindeks oleh Google, namun Google belum meranking blog anda, 3) kemungkinan blog anda sudah diranking oleh Google sejak lama, namun blog anda dianggap sebagai halaman suplement (pelengkap), dan 4) kemungkinan yang terakhir adalah blog anda sudah dibanned oleh Google.
Cara Memasang Widget Google Page Rank di Blog
Apabila hasilnya N/A seperti tersebut diatas berarti widget tersebut belum bisa dipasang di blog kita. Sehingga kita perlu mencari akar permasalahannya apakah blog kita masih baru ataukah benar-benar sudah dibanned oleh Google. So, yang tahu pastinya adalah anda sendiri mengenai blog anda.
4. Apabila hasilnya seperti gambar dibawah ini, berarti blog anda sudah bisa dipasang widget Google Page Rank. Gambar tersebut sebagai contoh saja yang mana saya menggunakan contoh website Google untuk mengetahui Page Rank-nya dan untuk tujuan pembuatan tutorial ini, karena blog saya belum mempunyai page rank. Google mempunyai page rank 9. Itu artinya bahwa Google mempunyai rangking yang bagus. Apabila blog anda juga mempunyai page rank yang tinggi seperti punya Google, silhakan pasang widget tersebut dengan cara Klik tulisan Click Here.
Langkah-langkah Pasang Widget PageRank di Blog
5. Langkah selanjutnya adalah silahkan lakukan verifikasi lagi seperti contoh gambar dibawah ini. Dan kemudian klik tombol Generate Now.
Tata Cara Menaruh Widget Google PageRank di Blog
6. Setelah itu, silahkan anda pilih salah satu widget Google Page Rank. Apakah anda ingin memasang yang berukuran kecil, sedang, ataukah yang besar. Dan kemudian silahkan Copy seluruh kode HTML/JavaScript yang terdapat didalam kotak. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
Tutorial Cara Meletakkan Widget PageRank di Blog dengan Mudah
7. Langkah berikutnya, silahkan masuk ke Blog anda masing-masing. Silahkan masuk ke Dashbor > Pilih Tata Letak > Tambah Gadget > Pilih HTML/JavaScript > Paste-kan seluruh kode yang sudah anda Copy tadi > Klik Save. Dan lihat hasinya. Apabila berhasil, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
Widget Google PageRank di Blog Dicintai.Com
Perlu dicatat bahwa apabila alamat blog yang anda cek di Google Page Rank itu bukan blog anda, maka widget Google Page Rank yang sudah anda pasang di blog, nilainya akan tetap. Namun, apabila alamat blog yang anda cek di Google Page Rank itu blog anda, maka sewaktu-waktu nilainya bisa berubah dengan sendirinya, apakah semakin meningkat ataukah semakin menurun.

Demikian uraian dari saya tentang Bagaimana Caranya Memasang Widget Google Page Rank di Blog, terutama untuk blogger. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimaksih. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di Blog Dicintai.com tentang Cara Memasang Widget Alexa Rank di Blog. Thanks sudah singgah di blog saya :)
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

44 comments:

  1. Kalau blog saya sudah dapat PR mungkin baru pasang widgetnya, hehehe....

    ReplyDelete
  2. Iya mas blog saya juga belum mempunyai page rank, sehingga widget Google Page Rank belum bisa dipasang di blog. :D

    ReplyDelete
  3. wah mas eh salah mbak kalo pagerank ini kayaknya ngga bakalan bisa saya pasang deh soalnya hasilnya kayak gambar ke 3 hasilnya N/A , mungkin karena blog saya masih baru kali yah ??

    nice info

    ReplyDelete
  4. untuk mendapatkan page rank di Google Page Rank memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi jika blog kita baru, sehingga kita harus rajin-rajin update artikel yang berkualitas secara kontinyu. Terimkasih banyak mas sudah berkunjung di blog saya :)

    ReplyDelete
  5. Kalau pasang widget PR bawaan nya emosi terus, masih "0" jadi gak saya pasang.. :)

    @Porsered : kalau N/A coba pasang widget PR nya dulu selama 1 bulan, sampai N/A berubah menjadi 0,

    itu saran yang saya dapat dari pembaca blog saya..


    ReplyDelete
  6. Memang agak sulit mas untuk memperoleh page rank. Butuh waktu yang cukup lama. Saya sendiri kurang tahu bagaimana caranya agar supaya blog bisa secara natural memperoleh page rank. Kalau cara yang tidak natural sih banyak hehehe :D

    Terimakasih mas sudah menambahkan. Tapi nampaknya widget tersebut tidak akan saya pasang di blog. Karena bisa memperlambat loading blog nantinya. By the way terimakasih banyak ya sudah berkunjung di blog saya :)

    ReplyDelete
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    ReplyDelete
  8. Mohon maaf mbak riska komentar anda saya hapus karena substansi komentar bersifat promosi produk komersial atau iklan. Jika komentar anda tidak ingin dihapus di masa yang akan datang, silahkan berkomentar dengan baik dan benar. Thanks :)

    ReplyDelete
  9. Saya sedang nimbang-nimbang lagi ingin menghapus widget ini dari blog terkait manfaat atau tidaknya. Saya merasa widget pageview lebih asik, Mbak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena selera masing-masing blogger berbeda mas. So, apa kata hati, diikuti saja ;)

      Delete
  10. saya pasang juga mbak eka :d lagian kecil gag menghalangi pemandangan koq :d

    ReplyDelete
  11. Selamat Siang Mbak Ririn yang baiak hati. wah pastinya dengan
    Memasang Widget page rank di blog, maka rank blog jadi ketahuan
    Yah Mbak Rin, saya coba untuk di blog saya, terima kasih Mbak Ririn

    ReplyDelete
  12. met siang mbak...makasih share nya mbak,izin mencoba cara memasangnya ya

    ReplyDelete
  13. wah saya sudah pasang dari jaman dulu mbak... sampai wigget pageranknya karatan. masih saja 1 nggak naik-naik mbak hehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masih lumayan sudah punya pagerank, daripada tidak sama sekali hehe :D

      Delete
  14. saya sudah pasang mbak, tapi masih 0

    ReplyDelete
  15. Kebetulan saya sudah memasang widget google page rank.tapi jujur saja lupa lagi cara nya.ijin simpan buat jaga2.trims!

    ReplyDelete
  16. ntar kalo pr saya udh ga 0 lagi baru saya pasang mba :D

    ReplyDelete
  17. Kayaknya google page rank ku masih 0 deh. Hihihi.. Belom pasang sih, uda kebanyakan widget

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  19. Mau psang Google PageRank malu Mbak, gkgkgk ... abisnya masih nol gede sch,,

    ReplyDelete
  20. wah kalau untuk memasang widget page rank ini rasanya isin alias malu mbk, soalnya masil nol besar. hehe

    ReplyDelete
  21. ntar saya pasang juga Mbak kalau udah dapat PR 9 kayak google hehehe

    ReplyDelete
  22. sebenarnya blog saya sudah dapat PR tapi menurut saya memasang widget seperti Alexa, Google PR, dll kok tidak perlu, imo

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas, karena biasanya sebagai pajangan atau hiasan blog aja, tapi kalau untuk tujuan komersial, misal buka lapak iklan mandiri, perlu juga untuk dipasang widget tersebut, sebagai informasi tambhan kepada advertiser :)

      Delete
  23. Saya belum pasang mbak benar mungkin karena masih sangat baru jadi belum dapat nilai

    ReplyDelete
  24. wajib di coba nih, thx tutornya :)

    ReplyDelete
  25. wah bagus sharingnya mbak,,, blogspot saya blm bisa update,,, lupa paswordnya,,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwkk makanya jangan kebanyakan blog mas :D

      Delete
  26. dicoba tutorialnya, siapa tahu kalau sdh pasang mbah google mampir ke rumah

    ReplyDelete
  27. mm, apa dengan memasang widget ini akan mempercepat blog kita untuk dapat pagerank, mbak ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak juga kok mas, widget tersebut sebagai informasi saja, bukan untuk mempercepat mendapatkan pagerank :)

      Delete
  28. pagerank ini bisa untuk mengetahui kondisi blog baik/tdk juga ya mbak,ada banyak faktor yg bisa membuat pagerank nilainya jdi tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas, faktor tersebut yang tahu hanya google saja :)

      Delete
  29. postingan greget ini gan :D
    Kumpulan Cerita Dewasa Terbaru

    ReplyDelete
  30. berhubung saya belum ada ranknya dari google
    jadi gak berani masang mbak
    malu
    hehe

    ReplyDelete
  31. Uda mencopot widget PR google dan sejumlah widget statistik lainnya mbak Ririn....Habis, kembali ke angka 0 setelah ganti domain. Ntar dipasang lagi jika google sudah update PR kembali..

    ReplyDelete
  32. paga rank saya sempat dapat 2 mbak, tapi entah mengapa tiba tiba menjadi 0, padahal pengunjungnya tetap lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya kurang tahu mas, karena pagerank ini masih merupakan misteri :)

      Delete
  33. Makasih infonya mbak...saya akan coba di blog saya..
    http://mygreenGC.blogspot.com/

    ReplyDelete
  34. saya newbie nih mbak eka, jdi mampir blog sana sini buat nyari tau, he he..
    info yg bermanfaat, mkasih ya..

    ReplyDelete