Wednesday, April 9, 2014

Cara Memasang Facebook Like Box di Blog

Cara Memasang Facebook Like Box di Blog - Seperti yang kita tahu bahwa eksistensi fans page di Facebook sangat bermanfaat sekali bagi sebuah blog. Dengan mempunyai halaman suka dengan jumlah penggemar jutaan, kita bisa dengan mudah membagikan posting artikel kita pada halaman tersebut. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk meningkatkan jumlah visitor di blog. Silahkan baca Cara Meningkatkan Jumlah Pageview Blog. Oleh karena itu, apabila anda sudah mempunyai blog, pastikan bahwa anda sudah mempunyai halaman fans page. Apabila anda belum punya, silahkan baca Cara Membuat Halaman Facebook.

Sayangnya, untuk mendapatkan jumlah penggemar yang banyak itu tidak mudah, apalagi jika yang gratisan. Mungkin apabila anda mempunyai uang banyak, anda bisa mempromosikan halaman fans page anda di facebook. Namun, apabila anda tidak mempunyai uang yang cukup untuk mempromosikan halaman anda, ada solusi alternatif yang tepat yang bisa anda lakukan untuk menambah jumlah penggemar fans page anda, yakni dengan memasang widget Facebook Like Box di blog.
Widget Facebook Like Box di Blog Dicintai.Com
Facebook Like Box atau yang biasa disebut dengan kotak suka mempunyai peran yang cukup penting bagi sebuah blog. Pasalnya, dengan memasang widget tersebut di blog, dapat memungkinkan visitor untuk memberikan like pada halaman fans page kita. Apalagi jika jumlah visitor blog kita banyak setiap harinya, tentu hal itu sangat efektif bagi eksistensi sebuah fans page dan kemajuan blog kita. Oleh karena itu, kita tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk mempromosikan halaman fans page milik kita. Baca juga Cara Daftar Buat Account Email Yahoo Indonesia.

Ada beberapa langkah yang cukup singkat untuk Membuat dan Memasang Widget Facebook Like Box di Blog, terutama untuk blogger. Berikut penjelasannya. Mohon disimak baik-baik ya.

Cara Memasang Facebook Like Box di Blog

1. Pastikan halaman fans page anda sudah mempunyai username absolut/tetap. Contohnya seperti ini http://www.facebook.com/DicintaiCom. Karena pihak facebook mulai bulan Juni 2013 telah memberikan aturan bagi sebuah fans page untuk membuat username absolut. Silahkan baca Cara Membuat Username Halaman Facebook.

2. Silahkan kunjungi laman Developer Facebook di url https://developers.facebook.com/docs/plugins/like-box-for-pages untuk membuat widget Facebook Like Box. Nanti anda akan menuju laman seperti gambar di bawah ini. Silahkan masukkan username halaman fans page anda dan atur sesuai dengan keinginan anda.
Tata Cara Memasang Facebook Like Box di Blog
Keterangan:
Nomor 1 diisi dengan url halaman fans page anda. Contoh: http://www.facebook.com/DicintaiCom
Nomor 2 merupakan ukuran lebar kotak like box
Nomor 3 merupakan ukuran tinggi kotak like box
Nomor 4 merupakan tampilan wajah penggemar fans page anda. Check list untuk menampilkan wajah
Nomor 5 merupakan warna thema like box. Hanya ada dua opsi yakni ligth dan dark saja
Nomor 6 merupakan ringkasan update status fans page anda. Check list untuk menampilkan update status
Nomor 7 merupakan garis batas like box. Check list untuk menampilkan garis
Nomor 8 merupakan kepala/header like box. Check list untuk menampilkan

Setelah selesai mengatur pembuatan like box, silahkan klik tombol Get Code.

3. Langkah selanjutnya anda akan menjumpai laman seperti gambar di bawah ini. Silahkan pilih tulisan IFRAME, dan kemudian copy seluruh kode HTML/JavaSript yang ada di dalam kotak.
Cara Membuat dan Pasang Widget Kotak Like Halaman FB di Blog
4. Untuk memasang widget Facebook Like Box di blog. Silahkan anda Log In ke blogger > pilih Dashbor > pilih Tata Letak > tambahkan Gadget > pilih HTML/JavaScript > silahkan paste seluruh kode yang sudah di copy tadi > klik Save dan lihat hasilnya.

Demikian panduan tentang Cara Memasang Facebook Like Box di Blog, especially for blogger. Atas perhatiannya saya ucapkan terimkasih. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di Blog Dicintai.com tentang Cara Pasang Widget Pengunjung Online di Blog.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

24 comments:

  1. developer facebook itu sebelah mana y mbk aku klik2 kok g ada yg laman gmbrny kyk gitu, minta bantuannya y mbk... makasih....

    ReplyDelete
  2. alamat Url halaman suka (fans page) anda apa? nanti saya akan bantu membuatkan Facebook Like Box untuk anda, supaya bisa dipasang di blog anda :)

    ReplyDelete
  3. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    ReplyDelete
  4. Facebook mbak ike sudah saya like dan sudah saya add.

    Permasalahannya ada pada halaman fans page mbak ike yakni alamat fans page mbak ike itu belum mempunyai username absolut. Sehingga anda harus membuat username absolut terlebih dahulu. Kemudian baru bisa membuat Facebook Like Box di Developer Facebook.

    :)

    ReplyDelete
  5. wah, gitu ya mbak,..jadi dengan memasang facebook like di blog harapannya bisa meningkatkan eksistensi blog ya, lagi pula cara memasangnya mudah..

    ReplyDelete
  6. Cara yang membantu buat like fakacebook di pasang di blog yah Mbak
    Makasih atas tutorialnya. salam sukses

    ReplyDelete
  7. dengan memasang facebook like box di blog kita punya banyak kesempatan dapat like yang buanyak pada artikel kita ya mbk. hehe

    ReplyDelete
  8. Keknya bisa dipake buat blogshop juga ya, Rin? :D

    ReplyDelete
  9. Saya sudah menerapkan cara di atas mbak, terima kasih atas tipsnya ya!!

    ReplyDelete
  10. Widget ni penting yah mbak dipasang di blog,thanks yah mbak informasi nya.

    ReplyDelete
  11. rasanya saya belum pasang widget ini mbak...dengan memasangnya pasti kesempatan dapat banyak like dari facebook bertambah :)

    ReplyDelete
  12. wah... ternyata mudah sekali yia bos...

    ReplyDelete
  13. Dulu saya pernah memasangnya tapi karna alasan load jadinya dinon-aktifkan.

    Ga bisa dipungkiri loading cepat menjadi pengaruh tingginya jumlah pengunjung

    ReplyDelete
  14. facebook memang masih bertahan yah mbak eka walau pun ada g+ tetapi sebagian blogger masih ada yang memakai like fb ini mungkin karena lebih familiar

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena sumber traffic dari fb juga lumayan besar mas, jadi banyak blogger yang berlomba-lomba memperbanyak jumlah liker halaman facebook nya ;)

      Delete
  15. Ternyata emang penting juga ya bagi traffic blog...aku juga udah pasang, he he!

    ReplyDelete
  16. lumayan mudah juga ya cara pasangnya,saya malah belum masang facebook like box ini

    ReplyDelete
  17. wah,bagus ni mbk.. boleh deh nanti saya cobain

    ReplyDelete
  18. alhamdulillah saya sudah ada mbak

    ReplyDelete
  19. Mantap Mbak, kebetulan saya juga udah punya satu di FB :D

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete