Monday, February 10, 2014

Cara Meningkatkan Pageview Blog dengan Mudah

Pageview merupakan jumlah tampilan halaman blog yang diakses oleh visitor. Jika jumlah pageview sebuah blog tinggi, itu artinya kualitas blog bagus. Banyak blog yang mempunyai pageview tinggi setiap harinya, ada juga yang mempunyai pageview rendah. Itu semua tergantung admin blog bagaimana cara mengelola blognya. Jumlah pageview menentukan baik tidaknya suatu blog dimata visitor. Semakin banyak jumlah pageview suatu blog perhari, semakin banyak yang melirik blog kita untuk berbondong-bondong memasang iklan. Tentu bukan semata-mata untuk tujuan komersial, tapi tujuannya adalah agar blog kita bisa terkenal dan laris dikunjungi banyak visitor. Itu yang menjadi kepuasan tersendiri bagi seorang admin blog.

Namun, untuk meningkatkan jumlah pageview suatu blog, itu tidak mudah. Ada berbagai aspek yang musti kita perhatikan dan musti kita lakukan. Siapa sich yang tidak suka kalau blognya laris dikunjungi banyak visitor?. Dalam kesempatan kali ini, saya ingin menjelaskan tips tentang bagaimana cara meningkatkan jumlah pageview blog dengan mudah. Jangan lupa baca juga Download Aplikasi Blog Dicintai.com untuk Hape Android.
Cara Meningkatkan Pageview Blog dengan Mudah, Tips Meningkatkan Jumlah Pageview Blog dengan Cepat, Cara Meningkatkan Traffic Blog

Cara Meningkatkan Pageview Blog dengan Mudah

1. Buat Judul Posting yang Menarik
Judul posting artikel hendaknya tidak dibuat asal-asalan, tapi dibuat semenarik mungkin agar dapat memikat hati pengunjung. Blog kita tentu banyak ditemukan oleh visitor melalui mesin pencari atau mungkin di media sosial yang sudah kita share. Ketika judul artikel kita menarik dan membuat penasaran visitor, maka mereka akan mengunjungi blog kita. Contoh judul artikel yang menarik dan keren adalah "Benarkah Facebook Akan Tutup Tahun 2017?", "Cara Agar Blog Ramai Pengunjung Ribuan Perhari", dan lain sebagainya.

2. Kualitas Postingan
Buat artikel yang berkualitas. Jangan hanya copy-paste artikel dari blog orang lain. Sebenarnya copy-paste boleh, asalkan anda menulisnya kembali dengan narasi anda sendiri. Jika anda belum tahu tentang bagaimana caranya membuat artikel yang berkualitas, silahkan anda bisa membaca Cara Menulis Artikel Berkualitas SEO Friendly di Blog. Artikel yang berkualitas akan menentukan jumlah pageview blog kita.

3. Kuantitas Postingan
Kuantitas postingan juga mempengaruhi jumlah pageview blog kita. Bagaimana mungkin pageview blog kita akan tinggi, jika jumlah artikel blog kita hanya 10 buah. Sangat rasional bukan?. Oleh karena itu, buat artikel sebanyak-banyaknya di blog anda, dengan tetap mengedepankan kualitas artikel.

4. Perhatikan Desain Template
Visitor tentu menyukai blog yang ringan ketika dibuka, dalam artian mempunyai loading yang tidak berat (Baca: Hal-hal yang Tidak Disukai Pengunjung / Visitor Blog). Oleh karena itu, hendaknya anda menggunakan template SEO Friendly yang mempunyai warna putih pada konten dan background blog. Selain itu, hendaknya anda menghapus kode-kode HTML Javascript pada template yang sekiranya tidak penting.

5. Perhatikan Layout Blog
Tata letak blog dapat memberikan kesan tersendiri bagi visitor blog. Blog yang mempunyai tata letak yang rapi dan teratur, tentu akan disukai oleh visitor blog, karena mudah dinavigasi oleh visitor. Oleh karena itu, hendaknya layout blog kita organisir sebaik mungkin. Tentukan main menu dengan jelas dan rapi, dan beberapa widget lainnya yang mendukung. Hindari pemasangan widget-widget yang tidak penting seperti widget Histats, Burung Twitter terbang, Feedjit, Jam, Kalender, Flag Counter, Alexa Rank, Peta Pengunjung, dll, karena al itu bisa menyebabkan loading blog jadi berat dan lambat.

6. Pasang Internal Link di Setiap Postingan
Internal link merupakan link yang disisipkan dalam suatu konten artikel posting. Tentunya dalam menyisipkan link tidak boleh asal-asalan, akan tetapi harus sesuai dengan topik apa yang dibahas dalam artikel tersebut. Dengan begitu, besar kemungkinan bagi visitor untuk mengunjungi link yang kita sisipkan dalam artikel kita.

7. Pasang Widget Artkel Terkait
Tidak semua template blog mempunyai widget artikel terkait (related post). Padahal eksistensi posting terkait sangat penting bagi blog kita, terutama dalam meingkatkan pageview. Biasanya posting terkait terdapat diakhir setiap postingan, yang mana memungkinkan visitor untuk mengklik dan membaca artikel tersebut. Oleh karena itu, jika blog anda tidak terdapat widget related post, hendaknya anda memasangnya. Dengan tujuan agar anda tidak membuat artikel terkait secara manual.

8. Pasang Widget Recent Post
Recent post atau yang lebih akrab disebut sebagai artikel terbaru di blog kita, itu juga mempunyai peran yang cukup penting. Dengan memasang widget recent post pada sidebar, itu dapat memberikan informasi kepada visitor tentang artikel terbaru yang ada blog kita, dan kemungkinan besar mereka juga akan membacanya. Sayangnya widget recent post yang ada di blogger sudah tidak berfungsi lagi. Oleh karena itu, jika anda ingin membuat widget recent post, anda bisa mempelajari Cara Membuat dan Memasang Widget Artikel Terbaru / Recent Post di Blog.

9. Pasang Widget Popular Post
Widget popular post juga mempunyai peran yang cukup penting bagi jumlah pageview blog. Dengan memasang widget posting terlaris di sidebar, akan memberikan informasi kepada visitor tentang posting kita yang paling sering dikunjungi. Widget ini sudah tersedia di blogger. Silahkan anda pasang disedebar blog anda.

10. Share ke Media Sosial
Media sosial merupakan media yang paling efektif untuk meningkatkan jumlah pageview dengan cara membagikan artikel kita dimedia tersebut. Namun, tidak semua media sosial dapat berperan dengan baik. Media sosial yang paling efektif untuk meningkatkan lalu lintas blog kita adalah Google+. Media ini sangat dianjurkan oleh blogger. Mungkin anda bisa mempelejarinya lebih lanjut Cara Meningkatkan Trafik Blog dengan Google Plus.

Demikian tips tentang tata Cara Meningkatkan Pageview Blog dengan Mudah. Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

66 comments:

  1. keren deh postnya. btw iklannya sudah GA ya gan., mau nanya nih, apa ngaruh ya jumlah suku kata dalam postingan agar dapat diterima GA ? jika ya berapa jumlah suku kata yang diperbolehkan?
    review my blog @ujangyoyo.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Iya mas jumlah tulisan juga berpengaruh. Tidak boleh terlalu sedikit mas. Ya minimal 2 paragraf mas. Itu pun harus substansial isinya, tidak boleh sembarangan :)

    Tapi menurut saya yang terpenting adalah niche (fokus blog). Blog hendaknya berisi konten spesifik, tidak boleh campur aduk mas. Mungkin seperti itu mas.

    Makasih sudah berkunjung di blog saya :)

    ReplyDelete
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    ReplyDelete
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    ReplyDelete
  5. @Agung Budianto, hehehe maaf mas komentar anda yang berupa spam sudah terhapus secara otomatis :D

    By the way terimakasih sudah berkenan berkunjung di blog saya dan sudah bersedia memberikan komentar di posting ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya mbak cara agar komentar spam terhapus otomatis gimana ya?

      Delete
    2. Mas marness bisa baca artikel di url ini http://www.aiizahh.com/2013/03/cara-menghapus-link-aktif-pada-komentar.html

      Delete
    3. terimakasih mbak atas petunjuknya, saya akan coba ke tekape :)

      Delete
    4. saya sudah mencobanya mas marnes, dan kemungkinan cara yang diberikan mbak eka berhasi, salam kenal

      Delete
  6. ada g selain cara diatas,soalnya saya sudah coba masih ja pageviewnya rendah

    pmsukses.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. sebenarnya ada banyak cara mas yang bisa diaplikasikan untuk Meningkatkan Jumlah Pageview Blog. Tentunya semua itu harus dilakukan secara telaten dan juga sabar. Anda bisa membaca artikel saya tentang Cara Agar Blog Ramai Pengunjung di blog saya yang sudah saya tulis beberapa waktu yang lalu.

    ReplyDelete
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    ReplyDelete
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    ReplyDelete
  10. Thanks mas Pangeran atas kunjungannya. Sorry, komentar anda terpaksa saya hapus karena substansi komentar anda tidak relevan dengan topik artikel.

    Apabila komentar anda tidak ingin di hapus di kemudian hari, silahkan berkomentar yang baik dan benar. Ok

    ReplyDelete
  11. Saya coba cara nya yah Mbak Rin semoga blog saya
    Sehebat blognya Mbak Rin Pageview nya terima kasih

    ReplyDelete
  12. waduh banyak banget mbk syaratnya, kalau saya cukup diklak klik sendiri aja mbk. hehee

    terimakasih sharenya . .

    ReplyDelete
  13. Ada lagi tambahan dari saya menjadikan link terbuka ke halaman baru soalnya itu terbukti meningkatkan pageview.

    Juga memudahkan pengunjung membaca yang disukainya.

    Betul apa yang dibahas mbak, makasih ya?

    Mampir ada jadwal trustrank update

    ReplyDelete
  14. buat konten yang banyak dicari orang, itu luar biasa :)

    ReplyDelete
  15. Terimakasih mbak atas penjelasanya yang super ini. Jujur kalau masalah menarik pengunjung saya harus masih banyak belajar. Apa lagi sekarang saya belum bisa buka blog. Karena ada masalah dengan kompi saya mbak.
    Tapi kemarin tgl 8 tumaen view blog saya mencapai 2rb lebih. Alhamdulillah.. Saya sendiri tidak tau kok bisa begitu..

    ReplyDelete
  16. Terimakasih banyak nie mbak udah share info yang bermanfaat, saya akan mencoba untuk menerapkannya di blog saya :)

    ReplyDelete
  17. sepertinya cara di atas mirip sama optimasi SEO ya mbak.. klo saya yg blm nyoba itu,memasang widget recent post sama popular post.

    ReplyDelete
  18. thanks udah berbagi triknya mbak
    secara traffik blog saya masih rendah banget
    hiks hiks

    ReplyDelete
  19. Sepertinya widget artikel terkait saya belum pasang mbak...point2 diatas aa yang sudah saya jalankan ada juga yang belum..nah yang belum saya mencoba untuk mengatasinya semaksimal mungkin agar pageview saya meningkat
    makasih ya mbak

    ReplyDelete
  20. bermanfaat sekali tipsnya mbak :) saya tdk pernah menavigasi blog yg koadingnya berat, karena hanya buang2 waktu saja, hehehe :D
    makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  21. Terima kasih tipsnya mbak Ririn karena dapat menambah dan mmperbaharui pengetahuan kita tentang pageview blog.

    ReplyDelete
  22. Point 3 ma 4 kayaknya harus saya benahi Mbak :D

    ReplyDelete
  23. saya masih bermasalah dengan loading blog yang berat ...

    ReplyDelete
  24. jika kita setiap hari kita update artikel blog,kemudian berhenti 5/6 hari, apakah visitor akan berkurang

    Terima kasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa tetap konsisten mas. Misal, kita update 2 sekali, atau 3 hari sekali, atau 1 hari sekali. Usahakan kita tetap konsisten menulis. Agar traffik blog kita bisa naik dan nggak berkurang :)

      Delete
  25. Penting banget ya mbak poin diatas. Saya usahain deh biar makin jos gandos kotos-kotos :D

    ReplyDelete
  26. Paling banter ya link internal+widget artikel terkait+dan yang pokok ya judul hehehe, tapi kalau judul keren ga ada widget+linkin ya percumah :p #sebatas opini.

    ReplyDelete
  27. Loading blog saya termasuk berat dan kualitas postingan masih payah :D

    ReplyDelete
  28. jalan2 malm ah kerumahnya mb ririn ... siapa tahu ada teh hangat,,,, hehehe dan dapat pgview dari mb ririn ..hehehe :D

    ReplyDelete
  29. untung widget FB sama follow blog gak termasuk.. kalau termasuk mungkin akan saya cabut. Tapi saya masih pakai flagcounter. sayang kalau mau dicabut :) Terimakasih tipsnya mba

    ReplyDelete
  30. Terima kasih tipsnya rin..
    Dan yang nmr7 itu yang seperti apa rin
    Yang pasang widget post terkait

    ReplyDelete
    Replies
    1. Post terkait itu bukannya yang related post itu ya? letaknya di bawah postingan

      Delete
  31. tips2-nya mantab banget ini..

    blog sya blm begitu ramai visitornya mungkin krn gag terlalu kontinu postingannya.

    ReplyDelete
  32. makasih infonya mbak, sangat membantu, tapi kalau saya kesulitannya dalam kualitas dan kuantitas postingan ..

    ReplyDelete
  33. Mav..mbak Rin..baru hadir....
    Soalnya dari semalam ada gangguan jaringaan dari modem saya... :)

    Sip mbak tips di atas memang lagi dan udah saya coba bertahap dan pelan2....
    Dan pinginnya..bisa naik nih PV nya kayak blognya mbak Ririn... :)

    ReplyDelete
  34. Mau ambil pertamax di posting terbarunya blm bisa ya mbak Rin... :)

    Nanti saya balik lagi deh... :)

    ReplyDelete
  35. Semuanya sudah terangkum dengan simpel ya mbak cara meningkatkan pageview blognya :)

    ReplyDelete
  36. pageview memang susah susah gampang kadang membuat konten kadang pas kadang meleset jauh mbak eka hehehe

    wah banyak yang berubah nih saya bener" jarang ke dunia maya nya nihg hehehe

    ReplyDelete
  37. bangat juga caranya ya...
    harus kerja keras neee....

    ReplyDelete
  38. Sangat membantu Mbak untk pemula sperti saya, mkasih ilmu'y... :)

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. kunjungi
    www.indonesiakitaa.blogspot.com

    ReplyDelete
  41. Saya baru poin menambah kuantitas artikel, tapi itu dia kualitasnya masih rendah.
    Eh, popular post juga baru beberapa waktu saya pasang lagi. Dulu dicopot karena takut menambah sesak blog.

    Recent post widget tidak aktif mungkin karena setiap postingan di blog sudah otomatis recent post ya mbak?

    ReplyDelete
  42. dari sekian tips yang telah mbak Eka jelaskan diatas yang sampai saat ini masih saya pelajari adalah bagaimana meningkatkan Kualitas Postingan itu sendiri mbak, maklum sekolah saja hanya sampai bangku SD, jadi kosakata saya pun masih amburadul, itu yang membuat saya kesulitan sampai sekarang *nangis

    ReplyDelete
  43. oke.. mantab nih.. siap di coba tips tipsnya.. semoga bisa nambah ya pageview nya.

    ReplyDelete
  44. Pasang menu navigasi yang mudah dimengerti juga termasuk gak gan?

    ReplyDelete
  45. Kalo ane biasanya nulis ulang artikel di Ms.Word (tentunya aku ubah2 sedikit kalimat2nya). Itu udah termasuk artikel yang unik belum sih ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya termasuk unik mas asal di edit tulisan nya :)

      Delete
  46. artikel - artikelnya semakin mantab mbak. :)
    tq for share.

    untuk point layout sepertinya masi kurang pengalaman soalnya blog saya masi tetep berat. >.<

    ReplyDelete
  47. Ass... mbak eka saya mau nanya mbak eka tamatan apa. sebab saya kagum dengan jawaban mbak dari pertanyaan teman2 yang lain. berkunjung ya mbak ke blog saya. hehehehe

    ReplyDelete
  48. Praktekin ah... semoga pageview blog ku makin meningkat

    ReplyDelete
  49. Salam kenal. Semoga tetap dicintai...!

    ReplyDelete
  50. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete