Friday, May 9, 2014

Mengenal Penemu Video Game

Video game banyak orang yang menyukainya. Tidak hanya anak-anak tetapi juga remaja bahkan orang dewasa pun ada yang menyukainya. Apa sebenarnya video game itu? menurut Wikipedia video game dipahami sebagai permainan yang menggunakan interaksi antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Video game biasanya menyediakan sistem reward seperti pemberikan poin atau skor tertentu. Reward tersebut diberikan saat berhasil menyelesaikan berbagai tugas yang ada pada game tersebut. Lalu siapa penemu video game? baca juga Kenali Bahaya Begadang!

Seberapa penting Mengenal Penemu  Video Game? Sebenarnya tidak perlu mengenal tetapi cukup mengetahuinya saja. Setidaknya dengan mengetahui informasi ini maka saat ditanya oleh anak atau keponakan mengenai siapa penemu video game maka kita bisa menjawabnya. Artinya mengetahui informasi ini berarti bisa sekaligus menjadi sarana komunikasi antara orang tua dan anak, antara kakak dan adik dan sebagainya.
Mengenal Penemu  Video Game
image by deviden749.wordpress.com
Untuk diketahui, penemu video game adalah pria berkebangsaan Jerman bernama Ralph H. Baer. Sejak masih kecil, pria kelahiran  8 Maret 1922 ini tinggal di Amerika Serikat.

Berdasarkan informasi melalui engineeringtown.com disebutkan bahwanya Ia mulai menciptakan video game pada 1966. Saat itu Baer yang merupakan lulusan National Radio Institure sebagai teknisi radio masih bekerja pada sebuah perusahaan yang bernama Sanders Associates. Perusahaan tersebut terletak di Nashua, New Hampshire, Amerika Serikat. Baca juga Mengenal Manfaat Bersepeda

Baer kemudian mengembangkan penemuannya tersebut hingga menjadi sebuah konsol game pertama. Game tersebut dinamakan Brown Box yang selanjutnya dipatenkan pada 1968. Selanjutnya pada 1972, game tersebut mulai dikenalkan kepada publik. Ternyata memperoleh sambutan yang luar biasa.

Akhirnya penemuan Baer tidak berhenti pada video game itu saja. Karena tidak lama kemudian, pria yang pada 1940 sempat bergabung dengan intelijensi militer di markas US Army di London pada perang dunia II ini menemukan konsol pistol.

Temuan kali ini memungkinkan video games bisa dimainkan di televisi. Sungguh mengesankan dan hal itu semakin membuat orang tertarik untuk mencoba permainan tersebut. Selanjutnya bersama dengan rekan-rekannya pada MicroPROS Technology Solutions, Baer kemudian terus menciptakan berbagai peralatan mendukung permainan tersebut.

Atas temuannya tersebut, Baer memperoleh sebuah penghargaan. Penghargaan berupa National Medal of Technology. Diberikan pada 13 Februari 2006 oleh Presiden Amerika Serikat saat itu. Penghargaan tersebut merupakan sebuah pengakuan atas jasanya dalam menemukan video games. Pada akhirnya, temuan tersebut mampu memberikan pengaruh terhadap perkembangan industri video game di dunia.

Ralp H. Baer juga mencatatkan namanya sebagai seorang insinyur televisi yang pada 1949 yang bisa dikatakan sangat jarang dimiliki banyak orang. Gelar Bachelor of Science tersebut diperolehnya di America Television Insitute of Techhnology.

Pada akhirnya, saat ini video games telah mengalami lebih banyak perkembangan. Dari desain gambar, warna, pemilihan musik dan genre game juga sering berubah. Tidak heran jika video game tetap memiliki banyak penggemar yang memainkannya. Baca juga Kenali Penyebab Perut Buncit
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

10 comments:

  1. Jadi itu to orangnya, tapi sama aje ane kagak bisa kenalan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ajak salaman mas, siapa tahu ketemu dalam mimpi :)

      Delete
  2. ahahahahahh baru tahu penemu game.. kalo ga ada itu saya ga bisa share di blog saya :D

    ReplyDelete
  3. Hheihe iya iya bener bener.
    Kebetulan tadi pagi di Trans 7 ada acara SPOTLIGHT juga sudah ditampilkan sejarah asal mula VIDEO GAME ini. Dari Angry Bird, Flappy Bird dan lain lain

    ReplyDelete
  4. Para gamer termasuk aku mesti berterima kasih nih sama beliau :D

    ReplyDelete
  5. ow..bapak ini to yang menemukan viseo game....sebagai cikal bakal game yang mendunia

    ReplyDelete