Sunday, May 25, 2014

Jadikan Donor Darah sebagai Gaya Hidup

Jika Anda berbadan sehat dan memenuhi syarat untuk menjadi donor darah, jangan ragu untuk menjadikan donor darah sebagai rutinitas dan gaya hidup baru Anda. Alangkah indahnya jika mendonorkan darah bisa menjadi tren di kalangan anak muda dan mereka bangga jika bisa menjadi pendonor darah yang aktif dan rutin.

Palang Merah Indonesia masih kekurangan stok darah. Jumlah pendonor darah di Indonesia  dalam setahun hanya sekitar 1,3 juta orang saja sedangkan kebutuhan darah (sumber data:tempo.co) per tahun mencapai 4,8 juta kantong darah. Karena inilah PMI di setiap daerah terus aktif berkampanye agar lebih banyak masyarakat mau menyumbangkan darahnya. Jangan lupa baca juga ya Kesalahan yang Sering dilakukan Orang Tua dalam Mendisiplinkan Anak
Jadikan Donor Darah sebagai Gaya Hidup, Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh dan Kesehatan, Keuntungan Donor Darah, PMI, PMR, KSR, Palang Merah Indonesia
image:docstoc.com
Biasanya kita belum menganggap donor darah sebagai hal yang sangat penting jika kita belum pernah mengalami masalah yang terkait dengan donor darah secara langsung. Admin sendiri pernah mendonorkan darah, tapi sudah lama sekali. Tapi sejak pernah mengalami kesulitan mendapatkan kantong darah untuk persiapan  operasi, kita baru sadar betapa penting dan berharganya seorang pendonor darah ketika stok darah di PMI sedang kosong. Darah tidak bisa dibuat sintetisnya, sumber darah ya dari manusia juga.

Bagi Admin, pendonor darah adalah pahlawan bagi sesama, pada saat itu (padahal sudah malam hari) beberapa orang dari sebuah komunitas donor darah di Jakarta dengan suka rela datang ke PMI pusat dan mendonorkan darahnya untuk keperluan Admin. Berkat para donor darah, operasi bisa berlangsung sesuai jadwal. Sangat bersyukur dan terharu, padahal kita tidak saling kenal satu sama lain.  


Karena itu Admin ingin menjadi bagian dari pendonor darah rutin di Indonesia dan mengajak Anda untuk ikut bergabung. Sayangnya Admin masih harus menunggu beberapa bulan lagi untuk bisa memenuhi syarat sebagai pendonor darah (satu tahun setelah operasi dan menerima tranfusi darah).

Beberapa kekhawatiran mengenai donor darah ternyata tidak benar :
-Donor darah tidak membuat gemuk karena tidak ada kaitannya dengan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.
-Donor darah juga tidak akan membuat tubuh lemas jika perut Anda tidak kosong ketika mendonorkan darah dan segera makan dan minum yang cukup setelah mendonorkan darah. Hal ini sangat membantu tubuh untuk menyesuaikan diri dengan adanya perubahan volume darah.   Perlu Anda ketahui, darah yang diambil dalam setiap proses hanya 250 cc hingga 500 cc sedangkan tubuh manusia memiliki persediaan darah hingga 5000 cc.

Sebelum berangkat ke unit PMI di daerah Anda, pastikan Anda sudah memenuhi semua persyaratan menjadi pendonor darah. Syarat-syarat serta panduan donor darah bisa Anda lihat selengkapnya di situs Palang Merah Indonesia (http://www.pmi.or.id/ina/program/?act=detail&id_sub=59). Donor darah adalah kegiatan yang membutuhkan persiapan seperti sudah tidur minimal empat jam, sudah makan sekitar 3-4 jam sebelumnya dan tidak mengonsumsi obat dalam tiga hari terakhir. Jadi perhatikan baik-baik setiap syarat dan panduannya!


Donor darah adalah proses yang aman karena petugas hanya akan mengambil darah jika semua syarat kesehatan terpenuhi. Selalu ada pemeriksaan kesehatan seperti berat badan, tekanan darah, haemoglobin dan wawancara sebelum proses dimulai. Jika jarum suntik adalah alasan kekhawatiran Anda, jangan biarkan ketakutan ini menghalangi niat untuk membantu sesama. Hindari melihat proses penusukan jarum ke tubuh Anda dan alihkan pikiran ke hal lain yang menyenangkan.

Mengapa donor darah sebaiknya menjadi gaya hidup?
-Bisa membantu sesama yang sedang membutuhkan darah (korban kecelakaan, korban bencana alam, pasien operasi, penderita kelainan darah dll).
-Bisa membantu orang lain tanpa mengeluarkan biaya
-Mendapatkan banyak manfaat kesehatan.
Donor darah yang dilalukan secara teratur (setiap 3 bulan), apalagi jika dimulai sejak usia muda (minimal 17 tahun) bisa mengurangi resiko kanker, resiko penyakit jantung dan hati karena terlalu banyak zat besi dalam darah, serta kelebihan berat badan. Tubuh juga akan memproduksi sel-sel darah baru yang lebih baik dan sehat.
-Donor Darah Sukarela (DDS) yang telah berdonor sebanyak 100 kali akan mendapat penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial dari PMI dan pemerintah serta bertemu dengan presiden RI.

Jadikan donor darah sebagai bagian gaya hidup sehat. Anda bisa cek syarat-syaratnya untuk mengetahui apakah Anda bisa menjadi pendonor darah ataukah harus menundanya dulu atau tidak bisa menjadi penyumbang darah. Unit donor darah PMI kota Bogor tidak pernah libur, buka setiap hari hingga jam 19.00. Anda bisa mengakses www.ayodonor.pmi.or.id yang diantaranya berisi info akurat lokasi untuk melakukan donor darah. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda tertarik menjadi pendonor darah ya. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di blog dicintai.com tentang Beberapa Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Sulit Tidur
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

12 comments:

  1. Bener Mbak, apalagi yang memiliki golongan darah langka. Harus saling peduli sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak Beby, seperti yang darahnya rhesus negatif.
      Ketika stok darah sedang kosong, seperti habis bulan puasa dan lebaran, banyak orang panik nyari darah buat keluarganya yang sedang sangat membutuhkan.

      Delete
  2. Subhanallah, keren, saya jadi pengen mendonorkan darah saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga bisa menjadi pendonor darah rutin ya Mas Aldi.

      Delete
  3. sy belumpernah donor darah nih ,,,, :D

    ReplyDelete
  4. Jadi tau nih manfaatnya donor darah

    ReplyDelete
  5. Dulu waktu kuliah sih rutin donor 3 sampai 4 bulan sekali, tapi sekarang gak lagi, makanya bdan nambah berat nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa dilanjutkan lagi kebiasaan mulianya...

      Delete
  6. hehe...mash takut sama jarumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merem aja Kang Ucup, jangan dilihat jarumnya. Petugasnya sudah ahli, prosesnya tidak menyakitkan :)

      Delete