Saturday, April 26, 2014

Mengetahui Pentingnya Karbohidrat

Mengetahui Pentingnya Karbohidrat bagi tubuh tentu tidak perlu diragukan. Karbohidrat merupakan salah satu zat gizi yang penting bagi tubuh disamping zat gizi lainnya seperti protein, lemak, vitamin, kalsium, kalium dan sebagainya. Karbihodrat berfungsi mampu memacu kinerja otak manusia. Kemudian memacu otot-otot pada tubuh terutama untuk memasuk energi ke seluruh organ tubuh manusia. Sebagian besar orang saat mengonsumsi makanan lebih mengutamakan banyaknya karbohidrat misalnya nasi. Setiap kali makan, yang diutamakan adalah nasi. Ada baiknya harus diimbangi dengan zat gizi lainnya seperti serat, vitamin, protein, kalsium dan zat gizi lainnya.

Kita tidak hanya harus Mengetahui Pentingnya Karbohidrat namun juga perlu mengetahui sebenarnya karbohidrat memiliki dua tipe. Ada dua tipe yaitu Karbohidrat Simpleks dan Karbohidrat Kompleks. Mungkin belum semua orang mengerti mengenai hal ini.
Mengetahui Pentingnya Karbohidrat
image by trikdiet.com
Karbohidrat Simplek merupakan karbohidrat yang mudah diserap tubuh. Hal ini dikarenakan bentuknya berupa gula-gula yang mudah diserap tubuh. Misalnya saja gula jawa, gula pasir, gula batu, permen, dan sebagainya. Penderita diabetes harus menjauhi jenis karbohidrat satu ini karena akan menaikkan gula darah dengan cepat.

Sementara, Karbohidrat Kompleks adalah karbohidrat yang akan dicerna terlebih dahulu dan nantinya baru diserap tubuh secara perlahan. Mengonsumsi karbohidrat komplek akan menaikkan kadar gula darah secara perlahan. Anda juga sudah terbiasa mengonsumsi karbohidrat kompleks ini, misalnya saja nasi, roti, kentang, pasta, mi, dan sebagainya.

Jika sudah mengetahui jenis karbohidrat tentu akan lebih mudah bagi kita untuk mempertimbangkan asupan karbohidrat dalam sehari. Terutama bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes maupun memiliki risiko terkena diabetes. Harus bijak ketika mengonsumsi karbohidrat. Baik karbohidrat Kompleks maupun Simpleks.

Pada menu-menu diet seimbang seringkali yang banyak dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks dan meminimalisir konsumsi karbohidrat simpleks. Namun bukan berarti semua karbohidrat simpleks harus dijauhi. Misalnya saja susu. Kita hanya harus lebih bijak dengan makanan yang dikonsumsi. Termasuk saat mengonsumsi karbohidrat.

Apalagi konsumsi karbohidrat terutama karbohidrat simpleks yang cenderung manis-manis bisa meningkatkan hormon serotonin dalam tubuh. Dimana hormon ini bisa memberikan rasa nyaman dan senang ketika mengonsumsinya. Membuat orang yang mengonsumsinya ingin makan lagi dan tambah lagi. Itulah sebabnya bagi yang sedang diet maupun anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan disarankan untuk membatasi konsumsi gula-gula. Konsumsi banyak makanan manis tidak akan membuat kenyang justru akan semakin merasa lapar dan ingin makan lagi.

Bijak dalam mengonsumsi makanan penting dilakukan. Setiap hal yang berlebihan selalu tidak baik apalagi makanan. Penting kiranya mengetahui manfaat setiap sumber zat gizi yang kita konsumsi namun perlu mempertimbangkan juga berapa kebutuhan tiap harinya. Nah, jika sudah Mengetahui Pentingnya Karbohidrat bagi tubuh maka sudah selayaknya jika kita lebih bijak dalam menentukan menu makanan sehingga mengandung zat gizi yang lebih seimbang untuk tubuh kita.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

23 comments:

  1. Baru tau kalo permen termasuk karbohidrat juga, Mbak.. :o
    Berarti bahaya banget yah, selama ini makannya karbo semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, nasi pun mengandung gula :)

      Delete
  2. Lho permen juga mengandung karbohidrat ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas tp yg simpleks, jd cepet keserap tubuh :)

      Delete
  3. Kebanyakn jelek keukaranga karbohidrat juga jelek... harus diukur y

    ReplyDelete
    Replies
    1. berlebihan memang tidak baik mas :D

      Delete
  4. Karbohidrat memang sangat dibutuhkan tubuh ya mbak , , ,terima kasih informasinya , ,
    aku pengen gemuk , , hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang mas, tp gemuk gak cm dg karbohidrat, imbangi dg protein dan zat gizi lain jg :)

      Delete
  5. Pada dasarnya memang harus seimbang..

    btw udah lama banget gak kesini hehe.. Apa kabar mbak rin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, :)
      salam kenal saya admin baru, nanti biar dijawab mbak ririn ya :) *colek mbak ririn :D

      Delete
  6. makanan memang tidak selalu bermanfaat kadang ada juga yang menimbulkan penyakit :)

    ReplyDelete
  7. org kalau kekurangan karbohidrat tenaganya jadi lemes ya mbak, hmmm :) ternyata roti tawar juga kaya karbohidrat ya mbak :D

    makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  8. karbohidrat memang penting cuma jangan sampai terlalu berlebihan takut bab terus,,,kwkwkwk

    ReplyDelete
  9. waduh padahal saya kalau belum makan nasi itu sama saja belum makan mbak... terus bagaimana donk mbak.. ada pengganti nasi nggak ya hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pakai nasi merah mas, lebih banyak serat, memang agak keras dan tidak semanis nasi putih tp lebih sehat :)

      Delete
  10. wah ternyata banyak juga ya manfaat krbohidrat bagi tubuh kita :)

    ReplyDelete
  11. Ini memang sangat penting bagi tubuh kita ya mbak, harus makan banyak yang mengandung karbohidrat nich :D

    ReplyDelete