Monday, April 14, 2014

Cara Mudah Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan sebuah penyakit yang terjadi karena kekurangan kalsium. Tulang mudah patah dan kurang kepadatannya. Berdasarkan keterangan di Wikipedia disebutkan bahwasanya kepadatan tulang penderita osteoporosis secara perlahan akan berkurang. Bahkan ada beberapa yang tidak memiliki gejala. Osteoporosis bisa diderita siapa saja baik pria maupun wanita. Dan akan semakin terlihat ketika sudah berusia lanjut karena kalsium akan semakin berkurang.

Wanita pada saat mengalami siklus bulanan atau mestruasi, kadar kalsium yang dimiliki juga berkurang. Sementara pria perokok aktif, suka mengonsumsi minuman beralkohol, kopi dan jarang berolahraga juga semakin mengurangi kepadatan tulang karena kalsium semakin berkurang. Wanita memang dua kali lebih rentan mengalami osteoporosis. Tetapi bukan berarti pria lebih tahan dengan osteoporosis. Tergantung bagaimana gaya hidup dan pola konsumsi makanan maupun minuman.
Cara Mudah Mencegah Osteoporosis
image by republika.co.id
Namun Anda tidak perlu khawatir, ada Cara Mudah Mencegah Osteoporosis yang bisa dilakukan sehari-hari, yaitu :

1. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Kalsium. Terutama bagi Anda yang suka merokok, minuman berkafein dan beralkohol. Anda harus mengimbangi banyaknya kalsium yang keluar tersebut. Bisa dengan minum susu, makan buah seperti jeruk, alpukat, pisang, dan pepaya. Kemudian sayur-sayuran seperti buncis, jagung muda, dan brokoli. Ikan laut juga sumber kalsium yang baik.

2. Perbanyak Asupan Vitamin D. Salah satunya adalah melalui sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi akan membantu penyerapan kalsium pada tulang.

3. Lakukan Olahraga secara Teratur. Jika Anda tidak menyukai olahraga, ada baiknya jika segera mulai melakukan olahraga fisik dengan teratur. Misalnya saja bersepeda atau berjalan kaki. Tahukah Anda jika berjalan kaki selama sekitar 60 menit setara dengan berjalan kaki sebanyak 10 ribu langkah. Melakukan window shopping di mall juga bisa menjadi solusi.

4. Sebaiknya Kurangi Konsumsi Rokok, Kopi dan Minuman Beralkohol. Mengimbanginya dengan makanan maupun minuman berkalsium memang bisa menjadi solusi untuk menyeimbangkan kebutuhan kalsium. Namun akan lebih baik jika Anda semakin mempertimbangkan frekuensi konsumsi rokok, kopi maupun minuman beralkohol yang Anda lakukan.

5. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Tulang secara Teratur. Agar lebih maksimal apakah Anda berisiko terkena osteoporosis atau tidak ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tulang secara teratur. Anda bisa melakukannya di Rumah Sakit, Klinik Kesehatan ataupun apotek.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwasanya osteoporosis seringkali tidak memiliki gejala yang terlihat. Semakin bertambah usia maka jumlah kalsium pada tulang kita pun juga akan semakin berkurang. Itulah sebabnya, sebelum semua terlambat bukankah tidak ada salahnya jika mulai memperhatikan kesehatan tulang kita? Mulai memperhatikan gaya hidup sehat, berolahraga dan mengonsumsi makanan tinggi kalsium. Toh, Cara Mudah Mencegah Osteoporosis tidak membutuhkan biaya yang mahal bahkan bisa dilakukan sehari-hari.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

48 comments:

  1. Melakukan kebiasaan sehat seperti diatas memang baik untuk mencegah osteoporosis, hanya saja melatih kebiasaan itu yang cukup sulit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setidaknya perlu dicoba mas, untuk berjaga-jaga :D

      Delete
  2. kopi juga ternyata bisa menyebabkan osteoporosis ya, kok saya baru tahu ya, kayaknya harus kurangi ngopi nih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kafein nya bisa mengurangi kalsium pada tulang :)

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon agar tidak berkomentar spam. Terimakasih :)

      Delete
  4. waduh... ternyata kopi juga salah satu penyebabnya yia bos... simalakama nih... ngopi osteoporosis ga ngopi lemes, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. diimbangi dg sayuran dan buah mas :D

      Delete
  5. saya pernah mendengar cerita ada seorang perempuan yg tangannya patah hanya karena tertindih disaat tidur, setelah diperiksa ke dokter ternyata dia terkena osteoporosis :(

    bahaya banget ternyata ya mbak osteoporosis itu, hmmm makasih tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah!! ngeri :(
      smg bisa jadi penyemangat u/ kita biar selalu jaga makanan, minuman dan selalu olahraga :)

      Delete
  6. yang jelas intinya harus selalu hidup sehat ya mbak dian.. dari beberapa poin di atas semua menjelaskan tentang prilaku hidup sehat untuk mencegah osteoporosis hehehe

    ReplyDelete
  7. wah sangat bermanfaat artikelnya. agar mencegar osteoporosis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, biar bisa mengingatkan u/ selalu menjaga kesehatan :)

      Delete
  8. Ternyata dari kopi juga ya Master, kalau mengurangi Konsumsi Rokok, dan Minuman Beralkohol sudah bisa saya lakukan tapi kalau untuk mengurangi minum kopi itu yang belum bisa saya lakukan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. diimbangi dg susu, sayuran dan buah juga mas. saya jg suka ngopi :)

      Delete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. Dan aku pun rasanya kemungkinan besar terkena -_-' ., tak bisa pisah dengan kopi >.< tapi males olahraga, olahraganya cuma olah jari... Ketak-ketik

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jugaa suka ngopi tp jg suka bersepeda, makan buah, sayur dan minum susu biar seimbang hehehe, :D

      Delete
  11. Ternyata wanita lebih rentan terkena osteoporosis,ih jadi ngeri juga nih,berarti harun diperbanyak makanan dan minuman yang berkalsium.Terimakasih mbak Eka untuk artikelnya,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. betuul mbak, harus menjaga makanan yang dikonsumsi :)

      Delete
  12. Cara yang bermanfaat nih Mbak untuk menjaga kesehatan tuh
    Tentang pada osteoporosis, makasih atas cara nya salam sukses

    ReplyDelete
  13. kebiasaan sehat biasanya susah dilakukan mbak eka :) pasti rata rata orang seperti itu kalo dah sakit baru idup sehat hehehe

    ReplyDelete
  14. Apakah ada batasan umur untuk bisa terkena osteoporosis?thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo anak-anak atau remaja sepertinya tidak karena masih dalam masa pertumbuhan, tp setelah proses pertumbuhan tulang selesai biasanya lebih rentan terkena osteoporosis,

      Delete
  15. Point 3. Lakukan Olahraga secara Teratur

    solusi alternatifnya menggelitik: window shopping di mall heheheheheee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe,
      jalan-jalan di mall tanpa belanja :D

      Delete
    2. Owh motivasinya Olahraga ya di mall, bukan belanja heheheheee :)

      Delete
  16. Makasih banyak tips nya mbak.Sayang nya no 4 masih lanjut(Rokok+kopi)hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas,
      gak pha2 mas, setidaknya bisa mulai dikurangi frekuensinya atau diimbangi dengan makanan lainnya :D

      Delete
  17. Mau lebih rajin ngebon di pagi hari ah :D

    ReplyDelete
  18. Simak kembali Mbak artikel bermanfaat nya nih
    Makasih sudah berbagi tips kesehatanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas, terimakasih juga sudah berkunjung :)

      Delete
  19. kaum laki2 gax dibahas y mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. artikel di atas mencakup info u/ laki-laki dan perempuan mas :)

      Delete
  20. Masalah olahraga itu yang saya belum bisa wujudkan secara teratur mbak, tetapi ada niat kuat untuk itu biar tulang ndak cepat keropos heehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, harus dipaksakan sedikit demi sedikit :D

      Delete
  21. dan jangan lupa minum minuman pencegah osteoporosis hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju saya
      minum minuman pencegah osteoporosis
      kayak di TV TV tu
      hehe

      Delete
  22. harus rajin berolah raga ya Mbak biar bisa mencegah osteoporosis, kalau gak sempat berjemur di pagi hari hehe

    ReplyDelete
  23. Saya termasuk juga yang belum bisa maksimal olahraga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. setidaknya jalan-jalan di mall aja mbak :D

      Delete