Monday, December 30, 2013

Tips Merawat Pakaian Agar Awet dan Tampak Baru Lagi

Siapa sih yang nggak suka kalau pakaiannya bisa awet dan selalu terlihat baru? Saya kira semuanya suka kan? Selain bisa lebih hemat, juga kita bisa menggunakan uang belanja pakaian untuk keperluan lainnya. Apalagi bagi anda yang punya uang pas-pasan, pasti lebih suka membelanjakan uang anda untuk kebutuhan pokok, bukan untuk membeli baju.

Bagi orang desa seperti saya, baju / pakaian alakadarnya. Jarang mengikuti trend yang sedang berkembang di masyarakat. Malah kadang ketinggalan model pakaian hehe :D Namun, bagi orang kota, penampilan selalu diperhatikan, baik itu pakaian, model rambut, dan atau aksesoris lainnya. Mulai dari anak-anak abg, dewasa, dan bahkan orang tua, umumnya orang kota selalu memprioritaskan performance, meski hutang menumpuk wkwkwk mungkin :D

Sebenarnya merawat pakaian tidaklah begitu sulit. Kuncinya adalah telaten. Butuh kesabaran, kerajinan, dan juga keseriusan dalam merawatnya. Mungkin bagi cewek, untuk hal yang satu ini tidak ada masalah. Namun, bagi cowok bisa dipastikan hanya sedikit yang bisa merawat pakaian dengan baik.
Tips Merawat Pakaian Agar Awet dan Tampak Baru Lagi
Image by everydayme.co.id
Beberapa waktu yang lalu saya sudah menjelaskan tentang Cara Mencuci Baju yang Baik dan Benar sebagai panduan yang praktis bagi anda yang ingin dan atau sedang belajar tata cara mencuci baju secara manual dengan tangan sendiri, bukan mesin cuci. Dalam kesempatan kali ini saya akan share tips sederhana tentang Tips Merawat Pakaian Agar Awet dan Tampak Baru Lagi. Berikut adalah penjelasannya.

Ganti baju anda dengan durasi waktu yang ideal
Untuk ganti pakaian memang tidak ada aturan, tapi ideal nya baju yang anda kenakan adalah sesuai dengan aktivitas anda. Apabila aktivitas anda padat yang mana sering mengeluarkan keringat, maka gantilah baju satu kali sehari. Namun, apabila kegiatan anda tidak sibuk, misal aktivtas anda santai, maka gantilah baju anda minimal 2 hari sekali. Khusus untuk pakaian dalam, yang meliputi BH, celana dalam, dkk sebaiknya ganti 1 hari sekali.

Cucilah baju secara teratur
Jangan menuggu baju kotor menumpuk berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan, karena dikhawatirkan baju anda akan jamuran hehe :D Tapi sebaiknya anda mencuci baju setelah baju tersebut selesai dipakai. Kalaupun itu tidak bisa, sebaiknya cuci 3 hari sekali atau 1 minggu sekali. Hal ini dilakukan jika waktu anda terbatas karena alasan kesibukan bekerja atau sekolah.

Cuci Baju yang baik dan benar
Mencuci baju yang paling baik adalah dengan cara mencuci secara manual pakai tangan dan sikat. Karena hal itu bisa lebih bersih dan tentunya bisa melatih kemandirian anda. Memang sih, mencuci dengan mesin cuci bisa lebih cepat dan mudah, tapi hal itu dikhawatirkan jika dibiasakan akan membuat anda jadi malas dan manja. Sebaiknya anda cuci sendiri. Belum tau caranya? Baca selengkapnya tentang Tata Cara Mencuci Pakaian.

Setrika
Baju yang sudah dicuci dan dijemur, pasti akan kelihatan kusut dan kaku karena terkena terik matahari. Sebaiknya, anda setrika baju tersebut agar bisa terlihat rapi. Jangan lupa untuk selalu pakai pewangi pakaian saat menyetrika agar baju anda tampak wangi dan rapi, sehingga terlihat seperti baru lagi.

Simpan di lemari yang bersih
Setelah baju anda di setrika, jangan langsung di buang, tapi di simpan di lemari khusus baju. Kalau ada lemari yang bisa pakai hanger, itu malah lebih baik. Tapi kalau tidak ada, anda bisa melipat baju anda dan kemudian di masukkan dan ditata di lemari. Untuk menghindari kecoa atau rayap, sebaiknya anda beri kapur barus atau pewangi di lemari anda agar mereka (kecoa dan rayap) tidak tinggal bersama-sama baju anda.

Demikian tips sederhana yang bisa saya share untuk anda tentang Tips Merawat Pakaian Agar Awet dan Tampak Baru. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan terimakasih atas perhatiannya. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Ririn's Blog tentang Manfaat Memakai Jilbab. Kurang lebihnya mohon maaf. Thanks atas perhatiannya.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

36 comments:

  1. Keren tipsnya, sangat bermanfaat ^_^

    ReplyDelete
  2. Persis banget mbak Rin. Tips yang mbak uraikan memang dapat membuat pakaian menjadi awet dan terlihat seperti baru. Terima kasih tipsnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama mas. Silahkan bisa dicoba ya hehe :)

      Delete
  3. Jarang naruh baju di lemari, soalnya stok pakaiannya cuma sedikit he.. maklum anak kost :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah anak kost harus rajin tuh hehehe biasanya suka laundry kalau anak kost hehe :D

      Delete
  4. iya mb ririn kalau mau awet sebaiknya dalam penjemuran juga harus di perhatikan, tak boleh lama lama, kalau memang sudah kering sebaiknya di pindah ke tempat yang sejuk, agar baju tak cepat pucat warnanya.
    nice tips mb.

    ReplyDelete
  5. gak bisa jadi baru lagi e mbak bajunya kalau ngikutin cara ini??
    hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget, tapi kan bisa tampil seperti baru lagi hehehe :D

      Delete
  6. wah kalau pakaian kita terus awet & tetap baru lalu gimana dengan pakaian baru yang ada di toko-toko mbk, kan gak laku. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk toko baju pada bangkrut dan tutup ya mas soalnya baju nya nggak laku :D

      Delete
  7. Biasanya sih untuk baju kesayangan mbak eka...sebabnya kalau sehari-hari ya pakai yang biasa alias yang bebas bergerak...
    makasih tipsnya mbak bisa dipraktekin nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata SEBABNYA sebaiknya di ubah menjadi kata KARENA mbak, sehingga bisa lebih enak di baca hehe :)

      Delete
  8. cuci baju secara baik dan benar apalagi manual, itu mungkin yang harus dipikirkan soalnya istri kebiasaan masukin ke loundry ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mungkin perlu di biasakan mas untuk cuci sendiri, sekalian buat olah raga :)

      Delete
  9. Pakaian bersih dan tampak rapi adalah salah satu hal yang paling saya sukai mbak karena rapi dan bersih dari segi tampilan sangat disukai banyak orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sepertinya mas abed rajin nich suka yang necis-necis heheehe :D

      Delete
  10. lumayan nih mba tipsnya :)

    walau terkadang saya jarang ganti baju hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang ganti baju nya berapi minggu sekali mas wkwkwk :D

      Delete
  11. kalo aku kadang 3 hari gak ganti mbak, tapi kalo kerja'an nya cuma tidur trus

    ReplyDelete
  12. Wah bisa hemat duit nih pake trik ini, gk usah beli baju lagi :D

    ReplyDelete
  13. Jangan lupa mbk di masukan ke dalam kulkas agar lebih awet dan kelihatan segar...wkwkwk :D

    ReplyDelete
  14. Wah keren tips nya makasih mbak cepet2 cari pasangan aja biar awet bajunya :D

    ReplyDelete
  15. Memang benar mbak dengan kita memperhatikan kebersihan pakaian maka kesehatan tubuh kita ikut terjaga.

    Biasanya penyakit kulit itu gara-gara dari pakaian yang jarang diganti makanya itu bisa menularkan bakteri atau kuman yang tak tampak.

    Ada tambahan dikit, biasanya saya suka pasang camper buat pengharum pakaian dan mencegah kecoa dan sejenisnya masuk ke lemari hehe

    ReplyDelete
  16. Heheee bukan cuma cowok rin
    Yang tidak bisa merawat baju dengan baikk..
    Niehh disini adaaa!!!
    Thanks tipsnya rin
    Mudah"n mbak muya bisa mempraktekkanya biar lebih cute dengan baju yang selalu tampak baru :-D

    ReplyDelete
  17. Paling penting awet dan tampak baru :)

    ReplyDelete
  18. tipps yang sangat menarik untuk dipraktekan ni mbak,, coz bajuku gk pernah dirawat..hehe

    ReplyDelete
  19. jangan lupa pakai pewangi pakaian juga mbak hehe

    ReplyDelete
  20. saya punya pengalaman beli baju baru,, pas beru 3 hari udh kusut kayak di kaman sapi,, akhirnya beli baru lagi,, nah dengan informasi ini,,mudah-mudahan saya bisa menjaga dan merawat baju saya dengan baik, terima kasih gan, sangt bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  21. Artikelnya sangat menginspirasi sekali, sukses selalu buat anda. Jika anda sedang mencari pakaian ukuran besar/jumbo, silahkan cek website kami www.jualbajuukuranbesarmurah.tokoalif.com , jual baju ecer harga grosir, terimakasih.

    ReplyDelete