Monday, March 17, 2014

Inilah Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Olahraga memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Melalui olahraga, sistem metabolisme pun menjadi lancar, racun dalam tubuh pun berkurang melalui keringat. Olahraga pun bisa melancarkan peredaran darah. Bahkan ada beberapa orang yang ketika sedang mengalami stress karena padatnya pekerjaan kemudian memutuskan berolahraga agar tidak terlalu tertekan.

Namun berolahraga juga harus dilakukan dengan tepat. Hal ini agar tidak terlalu kelelahan dan olahraga yang dilakukan jusru kurang bermanfaat. Nah, ada beberapa orang yang melakukan olahraga karena memang ingin membentuk otot-otot dalam tubuh. Ada pula beberapa orang yang suka mengonsumsi minuman atau makanan tertentu sebelum berolahraga. Misalnya minum suplemen bernutrisi atau makanan khusus sebelum berolahraga yang memberikan manfaat memberikan nutrisi bagi tubuh. Sehingga olahraga yang dilakukan lebih efektif.
Inilah Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga
image by portalkesehatan.com
Sebenarnya makanan atau minuman sebelum berolahraga berfungsi sebagai sumber energi. Namun tidak semua makanan tepat dikonsumsi sebelum berolahraga. Anda bisa mengonsumsi campuran jus sayur atau buah. Bisa juga mengonsumsi yogurt. Sedangkan makanan ada baiknya perlu diperhatikan agar tidak mengganggu olahraga yang dilakukan.

Makanan yang dikonsumsi juga tidak harus diperoleh dari pusat-pusat kebugaran. Anda juga bisa mengonsumsi makanan alami yang mudah diperoleh. Apa saja makanan yang baik dikonsumsi sebelum olahraga, berikut adalah penjelasannya :

1. Pisang
Pisang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh seperti karbohidrat, potasium, dan kalium. Karbohidrat akan menghasilkan energi sehingga tepat ketika dikonsumsi sebelum berolahraga. Kandungan potasium pada pisang juga mampu menggantikan cairan elektrolit dalam tubuh (berfungsi seperti isotonik). Pasokan potasium yang cukup membuat elektrolit dalam tubuh cepat tergantikan. Anda pun tidak perlu mengonsumsi minuman isotonik yang ada di pasaran. Sebagai bukti manfaat pisang untuk berolahraga, di sebuah perlombaan  lari maraton yang pernah saya lihat di televisi, para peserta lari tersebut diberi suapan beberapa potong buah pisang oleh panitia lomba tersebut.

2. Oatmeal
Oatmeal memang dikenal sebagai sumber karbohidrat. Keunikan oatmeal adalah ia memberikan pasokan energi melalui karbohidrat tersebut secara bertahap. Alhasil mengonsumsi oatmeal berarti menyiapkan cadangan energi dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsi oatmeal dan pisang secara bersamaan tentu menjadi perpaduan yang pas sebelum berolahraga. Memiliki cadangan energi sekaligus memenuhi pasokan potasium dalam tubuh.

3. Daging Ikan
Ikan mengandung kreatin yang merupakan suplemen utama untuk membangun masa otot. Ikan juga merupakan sumber protein. Sangat tepat bagi Anda yang berolahraga untuk membentuk otot dalam tubuh.

Nah, jika Anda suka berolahraga, maka tidak ada salahnya jika mengonsumsi beberapa makanan tersebut. Sehingga olahraga yang dilakukan pun tidak hanya mengeluarkan racun dalam tubuh tetapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Olahraga yang dilakukan pun lebih efektif. Selamat mencoba.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

35 comments:

  1. Sorry kawan...pertamax, premium, solar sudah saya borong nie....

    ReplyDelete
  2. Ternyata sebelum berolah raga harus mengkonsumsi makanan yang tepat ya tidak boleh sembarangan, sekarang saya dah jarang berolah raga pantesan badan saya kayaknya rada melar nie hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, biar optimal :D
      usahakan seminggu sekali mas, biar badan sehat :D

      Delete
  3. jadi sebelum olahraga juga ada makanan yang perlu dikonsumsi juga ya. kalau saya lari pagi gitu belum makan apa2 mbk soalnya belum ada apa2. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar gak lemes mas, kalau pingsan pas lari2 kan gawat :D

      Delete
  4. wah seperti nya aku suka kosongin perut nih sblm berolah raga :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kebiasaan juga bisa di mas :)
      tapi ada baiknya mengonsumsi jus buah atau sayur biar olahrga lebih optimal :D
      kalau saya suka makan pisang :D

      Delete
  5. jujur saja, akhir-akkhir ini saya jarang olah raga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari berolahraga, minimal seminggu sekali :D

      Delete
  6. keren infonya, jadi sebelum berolahraga, kita harus makan pisang ya, supaya kuat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, pisang juga enak kok, murah lagi :D

      Delete
  7. Paling saya cuma jalan kaki saja mbak hampir sama la ya..pisang termasuk buah kesukaan jadi ini nggak usah dipaksain...makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalan kaki pun oke mbak :)
      yup! pisang itu buah yg enak dan mudah didapat :)

      Delete
  8. Replies
    1. silakan dicoba mas, sama-sama terimakasih jg sudah berkunjung :)

      Delete
  9. seperti baru tahu nih makan pisang sebelum berolah raga, saya kalau makan pisang biasanya hy habis makan, perlu dicoba tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya malah sebelum makan mas, biar nutrisinya terserap tubuh hehehe, :)

      Delete
  10. Mau coba nih Mbak, makan pisang sebelum olahraga. Paling praktis ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan dicoba mbak lina, pisang paling praktis dan enak :D

      Delete
  11. Yupz pisang mba.. karena pisang sangat cepat untuk diolah dalam tubuh menjadi energi.. hehe

    ReplyDelete
  12. loch...jadi selama ini saya salah dong...soalnya makan ketiga makanan itu justru setelah maen putsal...gimana tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak salah juga mas, kan habis olahraga jg penting mengembalikan energi :D

      Delete
  13. Pisang kayaknya pilihan yang tepat, karena cukup murah dan mudah di dapatkan dibandingkan dengan opsi lain, tapi tidak kalah khasiatnya.

    ReplyDelete
  14. Saya belum kenal oatmeal. Pisang juga jarang dimakan. Olahragapun jarang dilakukan. hiks...hiks..

    Kayanya saya harus sering baca tips hidup sehat dari Mbak Dian nih biar rajin olahraga. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah! ada mas komar hehe,
      oatmeal itu sperti yg bermerk quakeroat itu lho mas :D
      harus olahrga mas, mengimbangi olaraga jarinya :D minimal jalan2 :D

      Delete
    2. He..he.. iya, saya ketemu Mbak Dian dan Mbak Lina di sini juga. Selamat berkarya ya Mbak!

      quakeroat? Makin bingung saya. Nanti lihat di Om Google, apa bahasa sederhananya :)

      Delete
  15. Belum pernah makan oatmeal aku wkwkwkw :v

    ReplyDelete