Thursday, March 20, 2014

Mengapa Merokok Lebih Berbahaya untuk Wanita

Di sebuah mal di kota tempat tinggal admin, ada tempat makan dan hangout di area terbuka lantai tiga gedung yang selalu ramai pengunjung. Setiap admin berada di tempat ini, sering sekali melihat pengunjung wanita yang merokok, jumlahnya cukup banyak, usianya juga banyak yang masih remaja. Prihatin  melihatnya karena sepertinya jumlahnya terus bertambah. Sekarang admin sudah jarang makan di tempat tersebut karena banyaknya asap rokok membuat suasana kurang nyaman. Pasti lebih menyenangkan jika hangout di area terbuka bisa sambil menikmati udara segar kan? Para perokok remaja cewek itu tahu ngga ya kalau sebenarnya di depan mereka ada berbagai resiko besar yang mengancam?

Semua resiko yang terkait dengan merokok bisa terjadi pada semua kelompok usia dan gender. Contohnya, resiko kesehatan seperti kanker paru-paru dan faktor-faktor yang tidak menyenangkan seperti badan bau asap dan penuaan kulit dini yang kerap kali dikaitkan dengan para perokok, siapapun itu. Dalam hal ini, ada yang harus disadari para wanita yang merokok; ternyata selain resiko merokok yang sudah umum Anda ketahui, masih ada sejumlah resiko tambahan dihadapi perokok wanita. Merokok memang lebih berbahaya untuk wanita!

Yuk, kita simak kemungkinan resiko tambahan berikut :

Pemakai Kontrasepsi
Wanita sudah menikah banyak yang menggunakan kontrasepsi untuk mengendalikan dan mengontrol kelahiran anak dalam keluarga. Jika seorang wanita perokok juga sedang menggunakan metode kontrasepsi tertentu, hal ini dapat menjadi resiko bagi kesehatan mereka.  Sebagai contoh, beberapa kontrasepsi oral telah terbukti dapat meningkatkan tekanan darah, meskipun masih dalam tingkat aman dan minimal. Merokok, terutama jika Anda seorang perokok berat, dapat meningkatkan tekanan darah ke tingkat berbahaya, sehingga kombinasi dari keduanya berpotensi dapat meningkatkan peluang perokok wanita untuk terkena serangan jantung atau stroke.

Kesuburan dan Keselamatan Janin
image:telegraph.co.uk
Wanita yang sedang mengandung atau ingin hamil hendaknya menjauhi merokok. Bahan kimia dalam asap rokok dapat mempengaruhi lingkungan sekitar leher rahim dan rahim secara negatif, berdampak pada lebih sulitnya untuk terjadi kehamilan. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang merokok membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil. Dibandingkan dengan wanita perokok, wanita tidak merokok lebih ‘suburnya’ di atas 70 %. Wanita yang masih merokok ketika berusaha untuk hamil dan baru berhenti ketika mengetahui dirinya sudah mengandung; bahaya bahan kimia asap rokok tetap mengancam keselamatan sang janin.

Resiko yang bisa terjadi pada kelahiran adalah dari lahirnya bayi yang lebih kecil sampai terjadinya bahaya serius seperti keguguran dan kelahiran mati. Pesannya sangat jelas dan sederhana: tidak merokok pada saat berusaha untuk hamil dan saat hamil.

Bagi wanita merokok yang mungkin belum merencanakan kehamilan dalam waktu dekat, merokok ternyata juga dapat meningkatkan peluang terjadinya menopause dini.

Jenis kanker tertentu.
Walau resiko kanker telah lama dikaitkan dengan merokok, ada dua jenis kanker yang lebih sering dialami wanita yaitu kanker leher rahim dan kanker payudara; dimana resiko terkena kanker tersebut jauh lebih besar dialami wanita yang merokok.

Jaringan leher rahim (serviks) yang telah terkontaminasi bahan kimia yang terkandung dalam rokok akan lebih rentan terkena kanker. Sedangkan untuk kanker payudara, merokok meningkatkan resiko terkena kanker ini hingga 75 %. Wanita perokok yang jika kemudian menderita kanker, ada kemungkinan kanker yang diderita lebih agresif dan lebih sulit untuk diobati.

Semua resiko di atas sangat mengerikan ya. Fakta ini hendaknya bisa membuka mata dan kesadaran wanita yang masih merokok untuk lebih termovitasi dan bersemangat untuk menghentikan kebiasaan buruknya, sebelum terlambat. Ini tentu saja berlaku juga untuk para pria, suami dan ayah yang bisa membahayakan orang-orang yang Anda sayangi terkena resiko sebagai perokok pasif.

Buat para remaja cewek yang merokok, yuk hidup lebih sehat, merokok ngga ada hubungannya dengan cara bergaul dan gaya hidup yang keren!

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

34 comments:

  1. merokok memang berbahaya dan tidak ada untungnga bagi kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, tapi yang merokok masih banyak ya :(

      Delete
    2. Yang penting bisa di kurangilah, lagian pemerintah juga masih jualan sih :D

      Delete
    3. Bagi Pemerintah kayaknya dilema juga sih, soalnya perusahaan rokok adalah salah satu pemberi pajak terbesar kan.
      Ya Mas Yobert, kalau untuk pria masih bisa mengurangi rokok dulu dan diimbangi dengan minum vitamin dan olahraga.

      Delete
  2. merokok dapat menyebabkan gangguan janin bagi wanita,apalagi ada peringatan di belakang bungkusnya "merokok membunuhmu"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahkan bisa membunuh janin di kandungan kan. Sekarang peringatan di bungkus rokok memang lebih keras ya Mas Harum. Dulu kan "Merokok bisa mengakibatkan...." jadi "Merokok membunuhmu"

      Delete
  3. yang namanya merokok emang gk ada sehatnya, cuma nikmat sesaat tapi sakit berkepanjangan dan beresiko kematian

    ReplyDelete
  4. rokok tidak ada keuntungannya malah akan merugikan
    jauhilah para wanita dan juga wanita
    hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rokok merugikan dan ngabisin uang ya Mas Onqi :)

      Delete
  5. Merokok itu membunuhmu... begitulah slogan baru yang tertulis dalam bungkus rokok.. dan itu benar.. makasih atas tulisannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slogan yang sangat keras ya Mas.
      Terima kasih kembali Mas Senyum...

      Delete
  6. ternyata seperti itu, terima kasih informasinya, menarik dan bermanfaat, saya paling gak suka sama rokok, dan memang merokok efeknya sangat berbahaya, tidak hanya untuk wanita tetapi untuk semua umur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik gaya hidup sehat ya Mas Aldi...

      Delete
  7. Sekali nyoba rokok, banyak yang ketagihan. Makanya banyak yang ngga bisa lepas. Mending ngga usah coba-coba deh, apalagi nyuruh anak beli rokok di warung -_-

    ReplyDelete
  8. Selamat sore Mbak Lina dan Mbak Ririn yang baik hati, yang selalu
    Berbagi kebaikan, Merokok dari dulu sampai sekarang sangat berbahaya
    Buat semua pecandunya, apalagi bagi Kaum Wanoza (Perempuan)
    Karena kadar Nikotin yang terkandung di dalam asap rokok sangat
    Mengganggu pada jaringan darah dan organ tubuh kita, maaf jika salah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seratus buat Mas Saud, efek rokok lebih berbahaya untuk wanita.

      Delete
  9. ternyata begitu ya, makasih buat penjelasannya mbak....

    jadi, nambah wawasan saya..

    ReplyDelete
  10. banyak sekali bahaya rokok ini ya mbak..tapi walau peringatan di rokok sudah makin keras dan semakin menakutkan pun rata-rata perokok tidak kapok ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas Jery, bahaya rokok banyak sekali. Perlu niat kuat untuk bisa berhenti ya Mas.

      Delete
  11. apapun alasannya untuk merokok, baik itu wanita atau priam atau waria dan tomboy...yang pasti merokok itu sangatlah tidak menyehatkan.......dan sangat sangat berbahaya buat kesehatan...jadi kalau mau mati secara pasti dan cepat...ya silahkan saja merokok....
    keep happy blogging always,,,,salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  12. Tapi sekarang wanita malah banyak banget yang merokok.
    Pada gak menyadari bahayanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin belum pada sadar kali ya mas hmmmm :)

      Delete
  13. disamping berbahaya juga kurang pantes aja mbk kalau wanita merokok, tapi seru juga ya misalnya dalam satu keluarga keduanya (pria&wanita) merokok, kan bisa join gitu. hehee

    ReplyDelete
  14. Masalah yang satu ini (merokok) sejak zaman raja Namruz memang sudah menjadi dilema. Segala propaganda anti merokok di seluruh dunia sudah digalakkan, namun hasilnya...!? selalu saja tidak optimal.
    Malah beberapa ahli mengatakan ada tiga masalah di dunia yang tidak akan terselesaikan sampai akhir zaman, yaitu: Peperangan, prostitusi dan merokok.
    Wah malah tambah ruwet ya teh Lina, namun mudah-mudahan melalui artikel ini, dapat mempengaruhi sebagian kecil saja para perokok (terutama kaum hawa) disekitar kita untuk segera meninggalkan kebiasaan buruknya itu, amin. (~_~)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih banyak mas atas komentar nya, semoga para perokok bisa pada sadar ya karena dampaknya negatif besar sekali ;)

      Delete
  15. waduh... serem banget yak, akibat merokok bagi para wanita. gak bs dibayangin euyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sebaiknya kita menghindari dari merokok agar tidak terkena penyakit ;)

      Delete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  17. Pengendalian asap di lingkungan rumah minimal bisa di lakukan dengan usaha kecil lah ya Mba.

    Salam

    ReplyDelete