Friday, March 28, 2014

Kiat Pemasaran Online untuk Pembeli Wanita

Berdasarkan data dari id.berita.yahoo.com, pembeli online di Indonesia diperkirakan akan menghabiskan USD 2,60 miliar di tahun 2014 dan akan meningkat hampir dua kali lipatnya di tahun 2016. Terlihat potensi belanja online di Indonesia cukup besar, tapi jika dibandingkan dengan negara Asia lain seperti China (sekitar USD 274,5 miliar) dan Jepang (USD 127 miliar), kok jadi kecil sekali ya. Baca juga Cara Daftar Yahoo Indonesia.

Data di atas belum menyebutkan komposisi pembeli online berdasarkan gender.  Lain halnya dengan yang terjadi di Amerika Serikat dimana sudah diketahui bahwa jutaan wanita di AS berbelanja online setiap hari, bahkan diperkirakan lebih dari 85 persen pembelian barang bermerk dilakukan oleh wanita.

Wanita adalah konsumen utama di AS; kemungkinan besar hal ini juga berlaku di Indonesia. Jika Anda memiliki bisnis online seperti toko fashion dengan target utama pembeli wanita, Anda bisa menggunakan alat pemasaran seperti email marketing dan metode periklanan lainnya untuk membuat wanita tertarik membeli produk Anda. Secara teoritis, sebuah kampanye pemasaran yang terencana dengan baik dapat meningkatkan kesadaran merk (brand awareness), penjualan dan tentu saja profit Anda. Baca juga Kisah Sukses Publisher Google AdSense Indonesia.
Kiat Pemasaran Online untuk Pembeli Wanita
image: theguardian.com
Potensi belanja online yang masih terbatas diperebutkan oleh ratusan toko online di Indonesia. Sebagai pemilik toko online, Anda sebaiknya mengetahui beberapa tips  pemasaran online - khusus untuk target konsumen wanita - yang lebih efektif seperti berikut:

Kiat Pemasaran Online untuk Pembeli Wanita

1.Sampaikan iklan secara jujur.
Banyak iklan online tidak menarik minat wanita karena iklan tersebut tampaknya tidak jujur. Wanita menginginkan mengetahui kebenaran tentang suatu produk. Misalnya, jika Anda menulis review suatu produk di blog bisnis Anda, hindari kata-kata promosi yang berlebihan. Lebih baik berbagi pengalaman pribadi Anda yang berhubungan dengan produk Anda tersebut.  Jangan hanya berfokus pada kelebihan atau manfaatnya saja, jelaskan juga kekurangan atau kemungkinan efek negatif dari produk tersebut.

Jika Anda menggunakan pemasaran email (email marketing), kirimlah pesan menarik yang khusus dirancang untuk pelanggan wanita. Gunakan gaya tulisan yang akrab tapi tetap sopan dan tunjukkan wajah asli Anda. Setiap kali Anda menulis posting blog atau mengirim email, fokus pada tujuan membangun kedekatan hubungan emosional. Perhatikan kebutuhan pembeli produk Anda secara personal. Strategi pemasaran untuk wanita berarti lebih sedikit berbicara, lebih banyak mendengarkan. Baca juga Cara Tepat Promosi Menggunakan Twitter.

2.Sampaikan iklan secara efisien.
Apakah Anda mempublikasikan posting baru di situs Anda, membuat video atau meluncurkan iklan baru, sampaikan materi seefisien mungkin. Jangan membuat pelanggan Anda bingung dengan terlalu banyak paparan informasi yang kurang perlu. Banyak pembeli wanita yang memilih belanja online karena tingkat kesibukan yang tinggi. Mereka tidak punya waktu untuk membaca artikel yang panjang dan kata-kata promosi yang kurang informatif.

3.Pasarkan produk Anda tanpa banyak menyebutkan umur.
Kebanyakan wanita tidak suka berbicara tentang usia mereka sebenarnya. Selain itu, kondisi telah berubah. Anda tidak bisa menganggap bahwa semua wanita berusia di atas 40 tahun telah menikah dan memiliki anak-anak. Sekarang mulai banyak wanita lajang di usia 30-an atau 40-an. Kata-kata pada email pemasaran dan iklan bisa ditujukan untuk wanita pada tahap kehidupan tertentu atau pendekatan lainnya sesuai kebutuhan, tanpa  banyak penekanan pada usia. Baca juga  Kiat Menghindari Handphone KW.

4.Manfaatkan jejaring sosial (social networks).
Pelanggan wanita lebih mungkin untuk membeli produk dari perusahaan dan merk yang mereka ikuti di suatu jaringan sosial. Gunakan Twitter, Facebook, Pinterest dan situs media sosial lainnya untuk memasarkan merk Anda. Terlebih dulu identifikasi target pembeli, kumpulkan informasi tentang prospek Anda, dan cari tahu apa media sosial yang sering mereka gunakan. Kontak mereka secara online, berbagi konten yang menarik, dan tawarkan voucher atau diskon untuk para fan dan follower bisnis Anda.

Demikian penjelasan secara singkat mengenai Kiat Pemasaran Online untuk Pembeli Wanita. Belum dijelaskan secara detail tapi semoga sudah dapat memberikan sedikit panduan untuk Anda yang memiliki toko online dalam memasarkan bisnis Anda ke pembeli wanita. Jangan lewatkan posting menarik lainnya di Blog Dicintai.com tentang Cara Mudah Memilih Hotel Murah di Kota Kembang Bandung.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

24 comments:

  1. Kiat yang bagus buat referansi marketing online , kalo kiat pelanggan memilih pasar online dibantu donk Bu Admin :) , biar kita tak tertipu dengan penawaran yang ternyata tak sesuai harapan ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tidak mudah ya Mas. Terima kasih untuk sarannya.

      Delete
  2. emang jual beli online sekarang ini sudah menjadi trend yambak,dari barang kosmetik sampai obat obatan,dari kebutuhan anak sampai kebutuhan neneknya anak sekarang udah disediakan ditoko online,tinggal bagaimana kita menyikapi toko online kita agar berhasil menarik hati konsumen,dan dengan artikel ini jadi dapat menambah bahan referensi ni,thx sarannya mbak

    ReplyDelete
  3. oya sekalian mau kasih tau kalau follow sukses mbak,ditunggu folbacknya ya,terimakasih atas kerjasamanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Ririn aja yang follow up ya. Terima kasih kembali.

      Delete
  4. Social Network tuh bagi aku fondasi utama dalam jualan online.. Bisa menjangkau seluruh daerah tanpa harus ngeluarin biaya yang mahal, paling kalo mau lebih profesional ya ngiklan aja. Heheh..

    Tengkyu tipsnya, Mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dengan jejaring sosial sudah bisa menjangkau seluruh daerah, ngiklannya bisa nanti aja ya Mbak Beby. Sukses selalu buat jualan onlinenya.

      Delete
  5. tipsnya cukup mudah di terapkan ya :)

    ReplyDelete
  6. jejaring sosial tampaknya memang sudah tidak diragukan lagi dalam hal pemasaran online yia bos, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul tuh, jejaring sosial memang bisa dimanfaatkan :)

      Delete
  7. perlu cara atau trik tersendiri ya dalam pemasaran online untuk wanita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mas Budi, perlu pendekatan berbeda :)

      Delete
  8. Modal blum ada, tpi ane bookmark dulu nih pos buat panduan nanti kalu udah ada modal :D

    ReplyDelete
  9. hatur nuhun mba,,, heheheheh jadi nambah ilmu,,

    ReplyDelete
  10. Wah.. makasih tips dan sarannya... saya jarang jualan soalnya..

    ReplyDelete
  11. memanfaatkan media sosial itu yg amat efektif menurut saya mba, soalnya banyak yang online heeehee

    ReplyDelete
  12. Menarik sekali mbak ulasannya
    Di harapkan setelah menerapkan trik ini
    Jd hasilnya..sesuai dg apa yg kita harapkannya
    Terima kasih ya :)

    ReplyDelete
  13. tips yg bagus mbk,klo ini pembelinya tertarget untuk wanita saja ya?

    ReplyDelete
  14. menurut saya, dengan menggunakan social network dapat mendongkrak pemasaran online terhadap suatu produk asalkan jangan berlebihan promosinya.. :)

    ReplyDelete
  15. betul bermanfaat cara yang disampaikannya kalau dari sudut psikologi bisnis sih cara ini termasuk efektif.

    jadi saya coba juga buat menerapkannya. ^.^

    ReplyDelete
  16. sebuah referensi yang menarik mbak eka tetapi biasanya kalo berlebihan jadi malah gag percaya

    ReplyDelete