Sunday, March 23, 2014

Ciri-ciri Komentar Spam

Kolom komentar merupakan komponen yang cukup penting bagi eksistensi sebuah blog. Dengan adanya kotak komentar, administrator dan visitor blog dapat berinteraksi satu sama lain dan biasanya berbuah diskusi yang cukup menarik. Tentu diskusi yang baik, tidak terlepas dari topik artikel dalam postingan, dalam artian terdapat kesesuaian antara topik artikel dengan isi komentar. Dari situlah mengapa banyaknya komentar sangat berpengaruh positif terhadap search engine. Sayangnya tidak semua visitor blog bisa bersikap profesional ketika berkomentar di blog. Sering kali kita menjumpai komentar spam pada kolom komentar. Dan hal itu sangat merugikan bagi administrator blog, karena komentar spam dapat mempengaruhi reputasi blog kita di mata mesin pencari. Oleh karena itu, komentar spam sebaiknya kita cegah sedini mungkin.

Mungkin sebagian dari anda sering dan gemar berkomentar spam di blog orang lain. Modusnya pun beranekaragam, misalnya untuk mendapatkan backlink, promosi produk, dan lain sebagainya. Apapun alasannya, komentar spam adalah tindakan tidak terpuji. Apabila ingin mendapatkan backlink, tidak seperti itu cara melakukannya, namun ada caranya tersendiri. Silahkan baca Cara Mendapatkan Backlink Gratis dan Berkualitas dengan Mudah.
Ciri-ciri Komentar Spam, Karakteristik Spam Comment
Bagi administrator blog, eksistensi komentar spam adalah musibah. Oleh karena itu, apabila terdapat komentar di blog anda, silahkan segera dihapus. Mungkin dari anda belum banyak yang tahu tentang bentuk dan jenis komentar spam, sehingga hal itu perlu saya jelaskan dalam posting kali ini. Berikut merupakan Ciri-ciri Komentar Spam yang perlu diketahui.

Ciri-ciri Komentar Spam

1. Isi Komentar Berupa Link Aktif
Pernahkah anda menjumpai isi komentar dari visitor blog yang berupa link aktif? kalau pernah, itu adalah komentar spam. Silahkan dihapus saja komentar tersebut, karena bisa mempengaruhi reputasi blog anda dimata mesin pencari. Sudah beberapa kali saya menjumpai komentar spam di blog saya, dan kemudian langsung saya hapus.

Sebenarnya hal tersebut tidak perlu dilakukan oleh komentator spam. Toh tidak ada manfaatnya. Malahan anda akan rugi waktu, karena waktu anda terbuang sia-sia untuk berkomentar spam, yang mana ujung-ujungnya komentar anda akan dihapus oleh administrator blog. Sebaiknya berkomentarlah yang baik dan sopan. Tentu harus sesuai dengan topik artikel. Dengan begitu anda akan dihargai. Dan bisa jadi administrator blog akan berkunjung balik ke blog anda. Baca juga Cara Pasang Game Online di Blog dengan Mudah.

2. Isi Komentar Berupa Promosi Produk
Point ini apabila ditinjau sekilas, bukan merupakan komentar spam, karena isi komentar tidak berupa link aktif. Namun, apabila ditinjau secara komprehensif, ternyata isi komentar tersebut masuk ke dalam kategori komentar spam. Kenapa saya bisa bilang seperti itu? Alasannya adalah komentar yang berupa promosi produk biasanya duplikat kontent, yang mana isi komentar selalu sama di blog yang mereka beri komentar. Adapun di internet, yang namanya duplikat konten, itu merupakan spam.

Oleh karena itu, isi komentar yang berupa promosi produk sebaiknya kita hapus dari kolom komentar yang terdapat di blog kita. Karena hal itu akan merugikan eksistensi blog kita. Sebenarnya untuk promosi produk sudah ada tempatnya tersendiri. Misalnya berpromosi di Google AdWords, di KlikSaya, AdsenseCamp, dan lain sebagainya. Baca juga Cara Mengelola Blog yang Baik dan Benar.

3. Isi Komentar tidak Sesuai dengan Topik Artikel
Kita mungkin sering menjumpai isi komentar yang tidak sesuai dengan topik artikel. Mungkin sang komentator agak sedikit terburu-buru atau mungkin tidak bisa berlama-lama dalam berkomentar atau mungkin alasan yang lain, sehingga mengakibatkan komentar yang ia berikan tidak nyambung dengan topik artikel postingan. Isi komentar tersebut bisa dikategorikan sebagai komentar spam, dan juga bisa dikategorikan sebagai komentar bukan spam. Belum ada kepastian dalam hal ini.

Namun, bagi saya pribadi, saya masih bisa memaklumi isi komentar yang demikian. Karena masih dalam tatanan berkomentar dengan baik tanpa ada link aktif dan tanpa promosi produk. Namun, komentar yang demikian, tidak dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan blog kita, karena isi komentar tidak sesuai dengan topik artikel.

Demikian sedikit penjelasan dari saya tentang Ciri-ciri Komentar Spam. Semoga dapat memberikan pamahaman kepada anda sekalian tentang dampak buruk dari komentar spam. Sehingga komentar spam perlu dihindari dan dicegah eksistensinya. Atas perhatiannya saya sampaikan ucapan terimakasih. Jangan lewatkan posting menarik lainnya tentang Cara Daftar Twitter Indonesia.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

45 comments:

  1. manteb mbak ririn,tukeran link yok mampir balik donk mbak

    ReplyDelete
  2. terimakasih banyak mbak Wahyur Pras. :)

    ReplyDelete
  3. benar mbak Ririn, sekarang sering berkomentar dengan hanya sedikit kata untuk basa basi doang.

    ReplyDelete
  4. Salah satu modusnya seperti itu pak, hanya basa-basi saja dalam berkomentar, sehingga isi komentar tidak sesuai dengan topik artikel yang dibahas :)

    ReplyDelete
  5. :) waduh ada bu master.
    Komentar spam dah merajalela mbak.

    ReplyDelete
  6. iya mbak sekarang banyak komentar spam :)

    ReplyDelete
  7. ya, namanya aja kan orang berusaha mba. he he...
    syukur lho tu mba kalau ada komentar spam diblognya.
    berarti blognya terkenal.
    he he..., ebnarkan mba..

    ReplyDelete
  8. di blog saya kadang juga gtu.. ada yg promosi trus masuk spam deh

    ReplyDelete
  9. hehehe yah harus dimaklumi aja mbak eka :) walau sudah terpampang peraturan blog kita mereka tetep aja :d mau gmana lagi hihihi bersabar saja

    ReplyDelete
  10. Mkasih Mbak info ciri-ciri komentar spam-nya, jadi bisa langsung dihapus kalo ad d blog saya...

    ReplyDelete
  11. Komentar spam harus dibasmi, jika ada blogger yang masih memakai sistem blogwalking dengan komentar spam, maka saran saya untuk tidak bersilaturahim dengannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ide bagus itu mas,soalnya sangat merugikan kita :D

      Delete
  12. Selain komentarnya yang OOT dan singkat banget, paling menjengkelkan lagi komentar yang ngiklan mana panjang banget lagi kayak iklan layur hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus lebih selektif ya mas kalau menerbitkan komentar pengunjung ;)

      Delete
  13. link tidak aktifpun bisa dikategorikan spam, kalau menurut saya, seperti mbak, pernah kemarin mengomentari blog saya dengan mencantumkan link.

    Makasih ulasannya.

    ReplyDelete
  14. komentar begitumah langsung masuk tong sampah mba :D

    ReplyDelete
  15. terima kasih informasinya, sangat bermanfaat dan menarik sekali :)

    ReplyDelete
  16. selama ini saya masih bingung, komentar spam itu seperti apa ya, ternya yang seperti itu. terima kasih mbk informasinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini hanya ciri-ciri saja mas. Jadi mungkin ada hal lain yang bisa dikatakan sebagai komentar spam, seperti komentar dari Bots dll :)

      Delete
  17. kenapa ya mbak komentar anonim atau komentar berbahasa inggris sering masuk komentar spam, sebaiknya hapus sj ya mbak isi komentar spam daripada berisiko untuk blog, thx ciri2 komentar spam

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa nya komentar seperti itu yang bikin bukan manusia mas, tapi bisa juga bots yang komentar :)

      Delete
  18. rata" komentarnya g relevan mbak , kyk nice post , nice artikel , mantap gan, dll bnyak yang out of topic juga ...
    tapi salut deh hal" kyk gt bisa juga ya dibuat artikel hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nggak apa-apa mas, mungkin yang komentar masih anak smp atau anak sma,jadi belum bisa nulis komentar panjang-panjang ;)

      Delete
  19. Benar mbak, komentar spam saat ini memang sedang marak terjadi, ini juga terjadi di blog salah satu saya, katanya sih mau nyari backlink lewat komentar tapi caranya salah, Bukan backlink yang di dapat malah yang didapat adalah gelar spammer dari google.. hehe.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. luar biasa mas pengalaman nya . harus hati-hati sama spammer ya ;)

      Delete
  20. Terkadang suka cengar cengir sendiri deh mbak..kalo ngeliat sebuah blog di pasangi tulisan harap jangan nyepam di blognya sendiri..cuma kok malah di blog orang ngelakuin yg d ilarang tadi..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe iya mas lucu juga ya, bikin ngakak guling-guling. Mungkin dia masih belajar ngeblog mas :D

      Delete
  21. Kalo aku ngga pernah nyari backlink di komentar blog yang do follow sekalipun.. Apalagi nyepam. Ibarat buang sampah di halaman rumah orang laen. Heheh..

    Rin, sebaiknya jangan tulis link di komen blog, meskipun bukan link aktif. Karena robot Google akhir-akhir ini sensi banget, bisa ngira kamu nyepam trus ngebanned permanen. Beberapa kasus blogger seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh begitu ya kak. Terimakasih banyak ya atas saran nya, nanti tidak akan diulangi lagi deh. saya janji, makasih kak ;)

      Delete
  22. Sangat bermanfaat nih Mbak Rin infonya terima kasih atas berbaginya :)

    ReplyDelete
  23. benar sekali komen seperti itu langsung masuk sampah hehe

    ReplyDelete
  24. klo ada komentar spam di blog saya langsung penjarakan seumur hidup itu komentar haha..
    emang komen spt itu sering merugikan kita ya,terutama klo link aktif

    ReplyDelete
  25. gitu itu merugikan kita dan yang berkomentar ya mbak

    ReplyDelete
  26. komentar spam memang menyebalkan mbak Ririn..kadang kalau ada waktu saya delete satu2 hahaha..

    ReplyDelete
  27. tertarik buka artikel yang ini, soalnya pengen baca poin no 3 nya...komentar OOT gituh kalo kata anak sekarang mah ya....
    emangnya kalau komentar yang nyambung reward apa yang bakalan didapet dari google?...itu sering jadi pertanyaan saya dalamhati....dalam hati doangan, soalnya sering OOT nih...;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komentar yang sesuai dengan topik artikel bisa menyumbang Keyword artikel di Google Search. Karena Google dalam melakukan indeks pada sebuah blog tidak hanya dari artikel saja, melainkan seluruh komponen yang ada pada blog, yang mana meliputi artikel, widget, isi komentar pengunjung, dan masih banyak lagi :)

      Kalau komentar OOT tidak menyumbang keyword pada artikel.

      Jadi beda nya seperti itu pak :)

      Delete
  28. Wah saya termasuk nyepam nggak mbak?? hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas ditya pandu sih dijamin bukan spammer hehehe :D

      Delete
  29. Saya masih nimbang-nimbang untuk menghapus yang komentar iklan. Ada kasihan karena mereka sedang promosi. Tapi kasihan juga kalau blog saya dinilai spam oleh search engine. Tapa brata dulu ah :)

    ReplyDelete
  30. Ya Tuh.Saya Merasa Kesal Apaagi ama plagiat koment tu jadi mlz nih.tapi untungnya nemuin kod anti spam

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete